Hot Info

10 Pulau Di Tengah Danau Terbesar Di Dunia

anywaytravel.com

Pulau di tengah danau merupakan salah satu tujuan wisata yang patut kita kunjungi. Pulau seperti ini biasanya terbentuk dalam waktu jutaan tahun. Ada beberapa sebab kenapa terbentuk pulau di tengah danau:

  • Karena terjadi sedimentasi signifikan dalam waktu lama di tengah tengah danau.
  • Karena erosi dari salah satu bagian danau, kemudian berkumpul membentuk pulau.
  • Atau karena perubahan deformasi permukaan bumi, hasil akibat gempa bumi, tumbukan meteor atau aktivitas vulkanik.
Pulau di dalam danau akibat letusan gunung api, seperti pulau Samosir yang ada di dalam danau Toba, yang dipercaya dulunya danau toba merupakan gunung api raksasa yang meletus hingga menyisakan kadera maha luas, dan di tengahnya tertinggal pulau Samosir. Berikut akan di ulas sepuluh pulau terbesar yang letaknya di tengah tengah danau.


1. Manitoulin
wikipedia.org
Pulau Manitoulin terletak di negara Kanada, dengan luas 2.766 km2, menjadikan pulau di tengah danau terbesar di dunia. Manitoulin terletak di tengah tengah danau Huron, provinsi Ontario. Dulunya pulau ini hanya dihuni oleh suku asli kanada, Anishinaabe dan imigran Eropa dulu. Objek wisata yang dapat dikunjungi diantaranya: Air terjun Bridal, Pantai Providence, Pantai Gore.


2. Rene-Levasseur


wikipedia.org
Rene-Levasseur menjadi pulau di dalam danau terbesar selanjutnya, dengan luas 2.020 km2. Pulau ini terletak di tengah tengah danau Manicougan, Quebec, Kanada. Pulau ini bentuknya hampir bulat sempurna, dan jika dilihat di luar angkasa, seolah olah air danau seperti cincin. Pulau ini terbentuk akibat tabrakan meteor 214 juta tahun lalu, berdiameter 5 km. Pulau ini disebut juga pulau buatan, karena Lubang hasil tabrakan meteor tersebut baru di aliri air pada 1970.
 
3. Soisalo
basementgeographer.com
Soisalo merupakan pulau yang terletak di kelilingi oleh empat danau sekaligus, danau kallavesi, Unnukka, suvasvesi, dan kermajarvi. Pulau ini terletak di negara Finlandia. Luas daratannya 1.638 km2, menjadikan pulau terbesar di dalam danau ke tiga di dunia.


4. Olkhon
mmletloose.files.wordpress.com
Olkhon adalah pulau di dalam danau terbesar keempat, dengan luas 730 km2. Pulau ini terletak di dalam danau Baikal, Siberia, Rusia. Permukaan tanah di Olkhon beragam, dari yang tertinggi, puncak Zhima 818 m dari permukaan air danau, sampai lembah yang di tumbuhi taiga, steppa, dan bahkan ada gurun kecil di sebagian tempat.


5. Isle Royale

nature.nps.gov
Isle Royale terletak di dalam danau Superior atatu Great lake, di negara bagian Michigan, Amerika Serikat. Dan pulau ini bersama 450 pulau kecil lainnya termasuk ke dalam taman nasional Isle Royale. Luas daratanya 541 km2, menjadikannya pulau terbesar ke lima di dunia. Pulau ini tercipta akibat aktivitas vulkanik.


6. Ukerewe
freerepublic.com
Pulau di dalam danau selanjutnya yakni Ukerewe, yang terletak di dalam danau Victoria, di negara Tanzania. Memiliki luas 530 km2, menjadikannya pulau terbesar ke enam di dunia. Pulau ukerewe dikelilingi pantai landai, yang menjadikannya tempat bermukim terbaik bagi suku afrika yang suka berburu ikan.


7. St. Joseph
airphotona.com
St. Joseph merupakan pulau di dalam danau ketujuh terbesar selanjutnya, terletak di danau Huron, Kanada. Luas daratannya 365 km2. Pulau ini memainkan peranan penting dalam memperjuangkan kemerdekaan rakyat Inggris amerika utara, saat terjadi perang pada 1812. Beberapa tempat wisata di pulau ini yakni, taman nasional kanada dan museum St. Joseph.


8. Drummond
diyachthaven.com
Drummond adalah sebuah pulau dengan kota kecil di tengah danau Huron, dan menjadi perbatasan antara pemilik pulau (AS) dengan kanada. Luas pulau ini 347 km2, menjadikannya pulau di dalam danau terbesar ke delapan. Dulunya pulau ini sempat dimiliki kerajaan Inggris, sebagai post penjagaan saat terjadi peperangan dengan Inggris utara (kanada), dan pada 1828 melalui perjanjian Ghent, pulau ini diberikan lagi ke Amerika Serikat.


9. Idjwi
wikimedia.org
Idjwi merupakan pulau di dalam danau terbesar kesembilan di dunia, dengan luas 340 km2. Pulau ini terletak di danau Kivu, Kongo. Dulunya pulau ini berada dibawah pengaruh kerajaan Rwanda, namun pada abad 18, pulau ini masuk dalam teritorial Kongo. Jumlah populasi pulau ini sekitar 252.000 Jiwa (2013).


10. Ometepe
wikimedia.org
Ometepe merupakan pulau yang di dalamnya terdapat dua gunung berapi, dan terletak di dalam danau Nikaragua, Republik Nikaragua. Nama Ometepe sendiri diambil dari nama “ome” yang berarti “dua” dan tepeti artinya “gunung”. Luas daratannya sekitar 276 km2, menjadikannya pulau di dalam danau terbesar kesepuluh.  



Demikian kesepuluh pulau terbesar di dunia, yang letaknya di dalam danau, baik danau buatan maupn danau alami. Yang semuanya merupakan anugrah dari sang pencipta, yang harus kita syukuri dan jaga kelestariannya.

Sumber:
https://en.wikipedia.org/wiki/Lake_island


No comments