Hot Info

10 Manfaat Bawang Bagi Kesehatan Tubuh



Bawang (Onion) telah dipercaya turun temurun menjadi obat alami untuk penyembuh berbagai macam penyakit. Tumbuhan ini dapat ditemui di setiap negara dan bisa dikonsumsi matang atau mentah-mentah. Seiring waktu, menambahkan bawang dalam setiap makanan seolah-olah menjadi suatu keharusan, namun di makan mentah pun masih banyak, misalnya dijadikan acar. 

Disamping menjadikan masakan tambah nikmat, tidak satupun yang menyangkal manfaat menakjubkan dari bawang, yang memberikan sejuta manfaat kesehatan, dimana kamu bisa beraktivitas dan hidup terlindungi dari berbagai ancaman penyakit. Pada kesempatan kali ini, yuukeren akan mengupas sepuluh manfaat kesehatan yang dapat diterapkan untuk memelihara keseharian tubuh anda.

1. Mengandung zat aktif dengan kalori rendah
Tak dapat disangkal bahwa bawang memiliki nutrisi super dengan kalori rendah. Untuk lebih jelasnya, dalam satu siung bawang merah (28 gram), bawang mempunyai: Mangan, Vitamin C, Selenium, Vitamin B6, Fiber, Copper, Calcium, Phosphorus, Potassium, Vitamin B1, Iron, 42 kalori, 9 gram karbohidrat dan 1,8 gram protein.
Kemudian, dalam bawang pun terkandung begitu banyak nutrisi esensial yang dibutuhkan tubuh.

2. Menolong melawan rasa dingin, meriang sampai masuk angin
Mungkin hampir semua pembaca tahu bahwa salah satu manfaat utama bawang ialah kemampuan spesial yang dapat mendongkrak sistem kekebalan tubuh agar berfungsi optimal. Berdasarkan penelitian menunjukan bahwa jika kita mengkonsumsi bawang secara teratur setiap harinya, hal itu dapat menurunkan resiko terkena meriang+masuk angin sebanyak 63% dibandingkan dengan placebo

Lalu, dampak positif mengkonsumsi bawang yang lain ialah menurunkan resiko terlepasnya suhu tubuh ke lingkungan sebanyak 70%. Fakta lain menunjukan, jika kita mengkonsumsi bawang sebanyak 2,56 gram setiap hari, secara signifikan akan menurunkan resiko terkena sakit sebanyak 61%. Wuihhhh mantapp!!!

3. Mengurangi tekanan darah

Ilustrasi tekanan darah, gambar: vkool.com
Salah satu pembunuh mematikan di dunia yakni penyakit cardiovascular atau sistem peredaran darah. Jenis penyakitnya yakni stroke dan serangan jantung mendadak. Diantara kita mungkin telah mengenal bahwa hipertensi atau darah tinggi, adalah salah satu penyakit berbahaya yang dapat menyerang siapa saja.
Walaupun begitu jangan panik, berita baiknya berdasarkan penelitian telah terbukti bahwa penyakit darah tinggi dapat dihindari dengan mengkonsumsi bawang secara rutin. Zat aktif Atenolol dipercaya ampuh untuk menurunkan tekanan darah.  

4. Mengurangi resiko terkena serangan jantung
Kolesterol tinggi dan plak yang melekat pada dinding arteri sangat meningkatkan risiko penyakit jantung dan komplikasi terkait seperti stroke dan serangan jantung mendadak. Kabar baik pula, pada bawang terkandung zat penurun tingkat LDL dan kolesterol pada darah. Dengan mengkonsumsi bawang secara rutin, dapat mengurangi resiko terkena serangan jantung sebesar 15%. Zat Atenolol yang terdapat hampir pada semua jenis bawang ini dikenal sebagai zat ampuh penurun LDL.

5. Menolong terhindar dari Alzheimer
Adakah yang tahu bahwa proses penuaan di sebabkan oleh paparan oksidatif yang kamu terima dari radikal bebas? Nah, Ketika kita memakan makanan yang didalamnya ada bawang, kita secara tidak langsung melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Setiap kita mengkonsumsi bawang tubuh akan menstimulasi enzim antioksidan guna menurunkan tekanan oksidatif yang diterima tubuh.
Tidak salah ketika bawang mampu melawan radikal bebas, maka bawang pun secara tidak langsung menolong beberapa kinerja otak agar tidak terkena penyakit Alzheimer atau penuaan otak/pikun. 

6. Memperpanjang umur
Mungkinkah bawang dapat memperpanjang umur seseorang? Kenapa tidak, bawang dapat menghambat penuaan dini, menurunkan tekanan darah hingga menurunkan resiko terkena serangan jantung merupakan bukti nyata bahwa bawang mampu memperpanjang usia.
Lalu, keistimewaan bawang yang lain yakni bawang dapat dijadikan obat infeksi luar saat tubuh terluka, dan bagi lanjut usia bawang mampu memperbaiki disfungsi sistem immune

7. Meningkatkan performa fisik
Ilustrasi tekanan darah, gambar: vkool.com
Tak disangka bawang merupakan makanan pertama untuk menolong seseorang meningkatkan performa fisik. Berdasarkan penelitian, tumbuhan ini mampu mengurangi kelelahan yang dialami tubuh serta memicu  semangat seseorang saat memulai pekerjaan.

Dari laporan administratif olimpik di yunani beberapa tahun lalu, menyebutkan atlet-atlet yang ruitn mengkonsumsi acar bawang pada menu makanan mereka, terlihat adanya peningkatan performa fisik. 

8. Menolong mensterilkan tubuh dari logam berat
Untuk beberapa kasus keracunan logam berat, bawang mampu melindungi organ-organ dalam tubuh dari kerusakan, sebab kandungan sulfur yang dimilikinya. Dari penelitian, sebuah studi selama empat minggu terhadap para karyawan pabrik accumulator mobil, dimana resiko terkena logam berat tinggi, menunjukan bahwa mereka yang mengkonsumsi bawang sebagai suplemen harian memiliki resiko terpapar logam berat  hanya 19%. Kelebihan lainnya, bawang menolong mengurangi keracunan darah dan sakit kepala saat bekerja.

9. Menguatkan tulang
Beberapa studi menunjukan efek lain dari rutin mengkonsumsi bawang sebagai supleman harian. Ditemukan bawang mampu menguatkan tulang, walaupun tidak signifikan. Namun jika dikonsumsi secara terus menerus atau paling tidak selalu disertakan kedalam bumbu masakan, maka secara tidak langsung kita menabung untuk kesehatan tulang dimasa tua.

10. Mencegah Kanker
Kemampuan melawan radikal bebas merupakan kunci terhindar dari tumbuhnya sel-sel kanker. Bawang mengandung sejumlah zat baik yang larut dalam air, antioksidan berupa vitamin C serta jenis flavonoid yang disebut quercetin, yang juga memiliki sifat antioksidan kuat. Secara kolektif, vitamin C dan quercetin membantu melindungi sel-sel tubuh, jaringan dan organ dari radikal bebas. Selain itu, bawang putih mengandung sulfur alami yang disebut senyawa organosulfur yang memiliki efek anti-kanker yang kuat.

Kesimpulannya, bawang merupakan tumbuhan ajaib yang ada disekeliling kita, mudah didapat tapi sering dilupakan. Walaupun terdapat zat yang dapat memicu bau badan, bawang dapat dikonsumsi secara aman oleh siapa saja dengan cara di buat bumbu sebagai bahan pengguggah selera. Sekian ulasan kali ini, semoga bermanfaat bagi kia semua.

Referensi:
wikipedia.org
vkool.com
http://www.buzzfeed.com

No comments