Hot Info

10 Stasiun Kereta Api Tersibuk Di Dunia


Jenis transportasi ini sangat populer di semua negara, termasuk Indonesia. Mengapa tidak? Dari segi ketepatan waktu hingga budgetyang harus dikeluarkan sangat pas sekali untuk isi dompet kalangan menengah ke bawah. Bahkan di negara maju, moda transportasi ini digandrungi oleh semua lapisan masyarakat, alasannya tidak ada istilah “macet” saat kendaraan ini melaju.


Saking populernya moda transportasi ini, stasiun kereta api, yang menjadi titik pemberangkatan, selalu ramai pada jam jam sibuk seperti pada pagi hari dan sore hari, bahkan untuk di beberapa negara, stasiun kereta buka 24 jam. Jika kita mendaftar sepuluh kereta api tersibuk di dunia, menurut anda, stasiun kereta api mana sajakah yang masuk? Berikut ulasan lengkapnya dari yuukeren.

Shinjuku Station
Stasiun Shinjuku, gambar: tokyoconsult.blogspot.co.id
Jepang adalah salah satu negara yang mayoritas penduduknya menggunakan moda transportasi kereta api. Menurut penelitian, stasiun kereta api jepang enam belas kali lebih sibuk  dibandingkan stasiun stasiun kereta api di amerika utara. Salah satu Stasiuin tersibuk di Jepang yaitu Shinjuku Station. Stasiun ini menjadi terminal utama yang menghubungkan kota tokyo dengan kota kota satelit, digunakan lebih dari 3,64 juta orang per harinya. Stasiun ini memiliki 36 pintu masuk dengan 17 diantaranya untuk kereta api bawah tanah. Diperkirakan sekitar 1,26 miliar orang menggunakan stasiun ini tiap tahunnya, sejak dibuka pada tahun 1885.

Howrah Junction Station
Stasiun Howrah Juction, gambar: kolkataonline.in
India memiliki stasiun kereta api sejak dulu, jaringannya luas dan tersibuk di asia selatan. Nama nya stasiun Howrah Jucntion. Lebih dari satu juta penumpang menggunakannya tiap hari pada 23 pintu masuk yang tersedia. Stasiun ini dibuka pada 1854, dan stasiun ini mampu mengatur 600 perjalanan tiap hari, yang kebanyakan melayani rute kota kota besar di India.

Paris Nord  Station
Stasiun paris nord, gambar: info24.fr
Paris Nord dikenal juga dengan The Gare du Nord, merupakan stasiun kereta api tersibuk di Benua Eropa dan peringkat ke 24 tersibuk di Dunia. Diperkirakan 190 juta pelancong menggunakan stasiun ini tiap tahunnya, Stasiun ini menjadi titik terminal yang menghubungkan Prancis dengan negara-negara di sekitarnya, seperti Jerman, Belgia dan Inggris. Stasiun ini mulai di buka pada 1864.

Taipei Station
 
Stasiun taipei, gambar: antoniotajuelo.com
Stasiun ini adalah stasiun utama pada sistem kereta api Taiwan, melayani rute di dalam kota taipei (138.000 penumpang tiap hari), kemudia melayani juga rute taipe dengan kota satelit yang terhubung pada Taipei Metro system (310.000 penumpang tiap hari), dan terakhir melayani rute khusus kota taipei dengan bandar udara Taiwan, Taoyuan International Airport (73.000 penumpang tiap hari). Stasiun mulai di buka pada 1891.

Roma Termini Station

 
Stasiun Roma termini, gambar: eatingitalyfoodtours.com
Stasiun ini merupakan stasiun utama negara italia, yang melayani baik rute domestik maupun rute cepat antara kota Roma dengan kota kota di Eropa seperti Vienna, Paris, Munich dan Geneva, terdapat 33 pintu masuk yang dilewati lebih dari 150 juta penumpang tiap tahunnya. Secara resmi stasiun ini dibuka pada 1862.

Hamburg Central Station

 
Stasiun Hamburg, gambar: 365.tfaltings.de
Hamburg, adalah stasiun kereta api utama negara Jerman, yang digunakan 480.000 penumpang tiap harinya. Stasiun ini tersibuk kedua di Eropa setelah Nord Paris. Sebelum dijadikan stasiun utama Jerman pada 1906, Hamburg telah lebih dulu beroperasi pada 1842. Luas bangunannya hampir 300.000 kaki2, memiliki rute perjalanan terpanjang dan terpadat tiap harinya.

Zurich Main Station

Stasiun Zurich, gambar: en.rail.cc
Zurich merupakan stasiun terbesar di Swiss. Menjadi pintu masuk utama ke negara tetangga seperti Jerman, Italia, Austria dan Prancis. Hampir 3.000 perjalanan kereta api dilayani stasiun ini tiap harinya, yang digunakan oleh lebih 414.000 penumpang. Mulai dibuka pada 1847, dan pernah direnovasi pada 1990.

Milano Central Station

Stasiun Milano, gambar: gettyimages.com
Milano, merupakan stasiun utama kedua italia, yang menghubungkan semua kota kota  di Italia, termasuk sistem kereta api cepat ke Turin, Venice, Rome, Naples dan kota domestik lainnya. Stasiun ini juga menjadi penghubung kota milan dengan kota  kota di Eropa seperti Swiss, Austria, German, Prancis dan Monaco. Diperkirakan 320.000 penumpang menggunakan stasiun ini. Awal nya stasiun ini dibuka pada 1864, namun mulai digunakan secara maksimal pada 1931.

Shanghai Hongqiao Station

Stasiun Shanghai, gambar: skyscrapercity.com
Satu dari tiga stasiun utama di Cina yakni Shanghai Honqiao, merupakan stasiun kereta api terbesar di Benua Asia. Dengan total wilayah 1,3 juta m2, stasiun ini mampu melayani 10.000 penumpang sekali jalan. Diperkirakan 210.000 penumpang menggunakan jasa stasiun ini tiap harinya. Stasiun mulai beroperasi pada 2010.

Penn Station


Stasiun Penn, gambar: takingnote.blogs.nytimes.com
Melayani lebih dari 600.000 penumpang tiap harinya, menjadikan stasiun Penn, transportasi  tersibuk bagi pengguna fasilitas kereta api di negara negara Ameriak Utara. Pada sistem stasiun Penn, terdapat 21 track/jalur kereta api, tujuh diantaranya melewati terowongan. Stasiun ini melayani 1.200 perjalanan kereta per hari dan letak Penn strategis berada di tengah tengah Koridor Northeast, menjadi titik hubung Boston, Philadelphia, dan Washington D.C.  Stasiun ini mulai di bangun pada 1910 dan direnovasi pada 1964, untuk pembangunan jaluar bawah tanah.


Demikian kesepuluh stasiun kereta api tersibuk di dunia, semoga ulasan ini bermanfaat bagi kita semua.


Sumber:

http://en.rocketnews24.com/2013/01/30/the-51-busiest-train-stations-in-the-world-all-but-6-located-in-japan/

http://tracks.lionel.com/12-of-the-worlds-busiest-train-stations/

No comments