Hot Info

Inilah Beberapa Cara Mengatasi Kesepian Paska Putus/Cerai


Apa kalian pernah merasa sendiri saat berada di tengah tengah keramaian? Jika pernah, berarti kamu sedang menderita kesepian. Banyak diantara kita dengan berbagai tingkatan, mengalami perasaan sepi atau merasa dijauhi, walaupun hanya sebentar. Berikut akan diulas beberapa cara untuk mengatasi kesepian setelah diputusin atau mengalami perceraian, yang semoga dapat menolong memperbaiki suasana hati kalian.
Cara Mengatasi Kesepian Saat Diputusin Pacar atau Perceraian

1. Sepi merupakan sebuah bentuk emosi
Ketika orang merasa sendiri, sesungguhnya saat itu otak anda terpicu kenangan tentang perasaan di masa lalu, terlepas dia sedang sendiri atau di dalam keramaian. Otak didisain untuk mengenali rasa sakit atau bahaya, termasuk perasaan sedih tentang kenangan. Kemudian, jadilah kita merasa sendiri. Sekali otak mulai membuka sedikit demi sedikit kenangan masa lalu, rasa sepi pun mulai datang, dan biasanya diikuti dengan berbagai pertanyaan di benak. Seperti: kenapa aku merasa sepi? Mungkin tidak ada seorangpun mencintai saya?. Keadaan ini akan menjadi masalah besar, jika kamu menerima perasaan tersebut tanpa melakukan tindakan untuk menanggulanginya. 

2. Keluar dari “kotak pikiran”
Mayoritas orang-orang yang kesepian dihadapkan pada perasaan bersalah dan kalah, kemudian mewujud jadi perasaan sepi berkepanjangan. Sebelum hal itu terjadi, sebaiknya kamu melawan perasaan sepi dengan pikiran positif. Lawanlah pkiran negatif, perasaan bersalah dan rasa kalah kamu dengan pikiran positif. Seperti: Melakukan hobi yang paling disukai, curhat sama teman dekat, berolahraga di pagi hari dll, yang pada dasarnya menjauhi “kotak pikiran” tempat keluarnya perasaan sepi kamu.

3. Membuat rencana untuk melawan kebiasaan mental buruk itu (rasa sepi)
Sekali kamu berhasil mengatasi kebiasaan mental buruk ini, buatlah rencana untuk menghadapi rasa sepi ini di kemudian hari. Karena curhat sama teman dekat pun masih kurang, kamu harus mulai mendekati orang-orang disekitar kamu, mulai ngobrol walaupun perasaan depresi dan sepi menghalangi kamu untuk melakukannya. Langkah ini berdampak positif terhadap proses penyembuhan.

4. Mengontrol perasaan
Maksudnya, dengan sedikit perhatian terhadap perasaan kamu sendiri, kamu juga akan sedikit merasa sepi. Disini kamu harus bisa menyibukan diri sendiri, agar perhatian kamu teralihkan ke pada hal-hal lain.

5. Sibukan diri dengan pekerjaan
Sebenarnya hampir mirip dengan cara diatas. Tetap menyibukan diri dengan perkerjaan, sungguh cara paling ampuh untuk mengobati rasa sepi. Jika kamu  berada pada situasi tidak ada pekerjaan, kamu bisa menjadi tenaga sukarela pada hal-hal yang kamu suka, misalnya ikut organisasi palang merah. Yang penting, kamu menjauhi perasaan dengan hal-hal positif.

6. Temukan seseorang yang seperti kamu
Memang sulit menemukan orang yang memiliki kepribadian sama, tapi jika ketemu maka akan sangat membantu proses penyembuhan. Jaman sekarang, banyak medsos yang dapat digunakan untuk ngobrol tanpa ketemu langsung. Kamu dapat mencari seseorang yang memiliki hobi yang sama. Mudahnya kamu ikut suatu grup, sebagai langkah awal menjalin hubungan pertemanan.

7. Sayangilah Dirimu Sendiri
Ketika mencari cara mengatasi kesepian, maka cobalah untuk lebih percaya dan menyayangi diri sendiri. Kenapa? Rendahnya rasa percaya diri dan menyayangi diri sendiri dapat menghambat kamu bersosialisasi. Sedangkan sosialisasi penting agar kamu cepat sembuh dari kesepian.

8. Kebaikan dari kejujuran
Jujur disini maksudnya, mencoba terbuka kepada teman karibmu, bilang pada mereka kegelisahan dan ketakutan yang kamu alami saat ini. Jika kamu tidak mau membagi perasaan dan emosi pada teman, maka kamu harus lebih percaya diri bahwa kamu bisa melewati masalah ini.

9. Matikan sebentar elektronikmu
Mungkin aga kurang nyambung, faktanya menonton TV,main game, denger musik, ngoprek gadget dapat mengatasi rasa sepi mu, namun hanya sementara. Elektronik merupakan hiburan yang sifatnya satu arah, berbeda dengan ngobrol sama teman atau keluarga, mereka bisa membuat kamu menghadapi kesepian secara permanen, karena ada ikata emosi yang dibentuk. Harusnya, elektronik dijadikan perantara agar bisa ngobrol sama orang-orang terdekat mu, misalnya, jika kamu punya film yang ingin ditonton, ajaklah teman untuk nonton bareng di rumah, itu lebih dapat mengatasi kesepian kamu.

10. Olahragalah
Ketika ingin mengatasi rasa kesepian, pertama kamu harus fokus pada tubuh dan pikiran.  Saat tubuh sehat, perasaan sehat akan hinggap, dan pikiran pun terasa nyaman. Karena menurut penelitian, olahraga dapat  meningkatkan endorphin, senyawa “senang” yang baik untuk kinerja otak.

11. Mengikuti Kursus
Ada yang hobi bernyanyi atau bermain gitar? Di luar sana banyak jenis kursus yang sesuai minat kalian. Dengan mengikuti kursus secara tidak langsung kamu berinteraksi di dalam kelompok, ngobrol dan berbagi cerita. Hal ini sangat bermanfaat, disamping rasa sepi hilang, suasana didalam kelompok menstimulasi kreativitas dan mendorong kamu untuk melihat kedepan.

12. Terbuka pada keluarga
Apabila mencari teman baru atau mengikuti kursus dirasa sulit, keluarga adalah tempat terbaik mencari dukungan tanpa takut tanggapan mereka nanti, karena 100%  pasti mendukung kamu. Disamping itu, anggota keluarga merupakan orang yang telah memperhatikan kamu dari kecil hingga tumbuh dewasa, dan pastinya mereka memahami karakter dan emosi kamu.

13. Memelihara Binatang peliharaan
Beberapa binatang peliharan, seperti kucing, anjing, dan burung sangat menolong di saat seperti ini. Mereka dapat memberikan hiburan, menemani dan mengisi perasaan sepi kamu.

14. Ngobrol atau menelepon seseorang yang kamu percaya
Berbicaralah pada seseorang yang kamu percaya atau teman dekat, mendengar beberapa saran dan simpati dari mereka, tentang perasaan dan pikiran mereka terhadap masalah kamu, sangat membantu menjauhi rasa sepi, dan mungkin saja, diantara mereka adalah pengganti “si dia” selanjutnya…

15. Menangis
Kenapa tidak? Jika menangis membuat kamu lebih baik, jangan malu, menangislah, karena hal itu alami sekaligus obat pelepas sepi.

16. Mulailah Ngeblog
Jika kamu suka menulis dan bercerita, ga ada salahnya kamu mulai ngeblog dan menyibukan diri dengan mengetik. Perlihatkan isi pikiran kamu, undang teman untuk menyukai blogmu dan berbagi pengetahuan dengan orang lain.

17. Perkuat ikatan pertemanan
Kadang-kadang kamu tidak sadar bahwa banyak orang disekeliling kamu, yang siap mendampingi dan menolong kamu. Jadi, jangan lupa perkuat hubungan ikatan pertemanan yang pernah kamu buat sebelumnya. Karena mereka akan selalu memberi saran dan masukan positif dikala kamu lagi kesepian.

18. Banyak berdoa
Banyak orang telah membuktikan kekuatan doa. Dekatkan diri pada yang maha kuasa, sambil introspeksi diri dan menerima kenyataan, sangatlah dianjurkan melawan perasaan kesepian paska putus/perceraian.

Pada dasarnya, kunci utama mengatasi rasa kesepian paska putus/cerai yakni selalu  berpikiran positif dan konsentrasi terhadap semua hal yang kamu lakukan sendiri, dan jangan beranggapan bahwa kamu sendirian. Demikia ulasan kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Sumber:
http://www.keepinspiring.me/25-creative-and-surprising-things-to-do-when-you-feel-lonely/
http://www.huffingtonpost.com/jackie-pilossoph/being-alone-after-divorce_b_3560504.html

No comments