Hot Info

Manfaat Pola Makan Sehat Saat Remaja



Biasanya remaja tidak pernah banyak memikirkan makanan apa yang mereka makan, kandungan gizi makanan, sampai kapan harus makan. Mereka lebih mengkhawatirkan tentang sekolah, teman dan pacar. Untuk makanan, mereka memakan semua yang dianggap enak dan kenyang, tanpa mengetahui manfaat atau tidaknya makanan tersebut. Namun sebenarnya, membiasakan memilih makanan sehat hingga pola makan sedini mungkin akan memberikan dampak positif di masa depan mereka kelak.

Hari ini sudah banyak informasi tersedia disekitar kita (iklan dari tv, internet, majalah dll) yang memperlihatkan makanan yang sehat maupun tidak. Namun kebanyakan remaja cenderung mengkonsumsi makanan yang kurang sehat, walaupun dimakannya enak, dan kenyang. Biasanya junk food mendominasi makanan populer para remaja. Apabila makanan seperti ini terus dikonsumsi setiap hari, maka dikhawatirkan berdampak negatif bagi kesehatan di masa depan. Apalagi ditambah pola makan yang tidak teratur. 

Berikut yuukeren akan mengulas keuntungan menjaga pola makan saat remaja yang dampaknya akan terasa di masa depan kelak.

1 Mendorong Pertumbuhan dan Perkembangan Secara Optimal
Masa remaja merupakan periode tercepat saat tubuh mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Namun, proses pertumbuhan setiap anak berbeda-beda tergantung banyak faktor, salah satunya termasuk pola makan. Menolong para remaja agar memperoleh tinggi tubuh adalah salah satunya. Biasakanlah sarapan di rumah sebelum berangkat sekolah, makan di waktu istrahat, dan makan malam. Makanan buatan ibu biasanya selalu sehat dan bergizi.

2. Kebugaran Tubuh Tetap Terjaga
Salah satu ciri penerapan pola makan sehat yakni dengan sarapan pagi di rumah sebelum berangkat ke sekolah. Sarapan pagi yang sehat dapat meningkatkan konsentrasi saat belajar di kelas, dan menjaga mereka dari 5L (letih, lelah, lesu, lunglai dan lapar). Sebagai hasilnya, mereka dapat belajar dengan baik dan lancar saat ujian. Bagi yang tidak sarapan, kemungkinan besar saat pelajaran berlangsung mereka lapar dan lesu, karena rendahnya gula dalam darah. Waktu sarapan yang sebentar menjadi alasan klasik para remaja tidak sempat sarapan. Nah untuk menyiasatinya, sarapannlah dengan makanan praktis seperti selai roti, telur rebus dan segelas susu.

3. Tubuh Senantiasa Energik
Manfaat lain menjaga pola makan sehat bagi remaja yakni tubuh senantiasa berenergi, sehingga dapat beraktivitas sepanjang hari. Deretan aktivitas padat telah menanti mereka di sekolah, mulai dari mengikuti belajar di kelas, praktek di laboratorium, hingga olahraga di lapangan, yang semuanya memerlukan energi yang banyak. Makanlah makanan kaya protein dan mineral seperti gandum, sayuran dan buah buahan untuk mengembalikan level energi kesediakala.

4. Menjaga Memelihara Berat Badan
Berdasarkan penelitian, pola makan yang tidak sehat pada saat remaja memiliki resiko tinggi terkena obesitas. Hal ini karena mereka lebih menyukai jajanan di sekolah/junk food daripada makanan buatan rumah. Jajanan di sekolah memang lezat dan mengenyangkan, namun dibalik itu semua, kandungan gizi dan kalori kurang terkontrol. Disamping itu, perubahan hormon pada masa pubertas, sangat mempengaruhi tubuh, pola makan yang salah pada periode ini, dapat memperbesar/memperkecil berat badan. Dengan makanan sehat seperti sayuran, buah-buahan, nasi, roti atau gandum sangat menolong mereka menyeimbangkan kebutuhan kalori harian tubuh dan pada akhirnya mengontrol berat badan mereka.

5. Kulit Tubuh Selalu Cerah
Memiliki kulit lebih cerah adalah salah satu keuntungan menjaga pola makan sehat pada remaja. Kulit yang merupakan bagian terbesar tubuh kita, membutuhkan asupan nutrisi agar tetap sehat. Makanan berlemak, seperti junk food membuat kulit cepat menua, kasar dan mudah terkelupas. Makanlah makanan yang fresh dan alami, seperti sayuran dan buah-buahan agar kulit tetap sehat.

6. Meningkatkan Mood
Dibarengi dengan olahraga rutin dan pola makan teratur dapat meningkatkan rasa mood. Apalagi pada remaja, masa pubertas, sangat rentan terhadap masalah perilaku sosial. Penerapan pola makan yang sehat sangat membantu meningkatkna rasa mood mereka saat berinteraksi di keluarga, teman dan di masyarakat. Makanan yang sehat kaya akan nutrisi seperti serotonin yang berperan sebagai zat pemberi rasa nyaman, kalem, merupakan makanan sehat yang dianjurkan.

7. Mencegah “Kecacatan Fisik”
Diantara para remaja, khususnya para wanita yang menginginkan bentuk tubuh langsing, biasanya melakukan diet tanpa memperhatikan nutrisi harian mereka. Bahkan ada yang rela sampai makan hanya satu kali dalam sehari demi memiliki tubuh yang langsing. Jika dibiarkan terus menerus tubuh akan kekurangan karbohidrat, protein, nutrisi dan mineral, yang dibutuhkan saat masa pertumbuhan. Pada beberapa kasus dapat menyebabkan “kecacatan fisik” bagi remaja tersebut di masa depan. Makanya, membiasakan pola makan sehat dapat mencegah remaja dari kecacatan fisik akibat kekurangan nutrisi penting.

8. Menabung Untuk Kesehatan Tulang
Tulang mengalami pertumbuhan pesat dan menjadi kuat pada saat masa remaja. Membiasakan pola makan yang teratur disertai makanan kaya akan kalsium pada periode ini sangat dianjurkan. Lebih jauh, kebiasaan ini dapat mengurangi resiko osteoporosis di masa depan.

9. Memiliki Sikap Yang Baik Terhadap “Makanan”
Maksudnya makanan disini yakni semua aspek tentang makanan, meliputi makanan apa yang sehat bagi tubuh, kapan harus makan dan tidak (pola makan), menghindari makanan Junk food. Sebagai contoh, remaja perempuan kebanyakan mengalami pola makan yang buruk demi kelihatan langsing. Kebiasaan ini jika terus dilakukan, maka sampai dewasa ia akan terus menerus tidak pernah memperhatikan tentang “makanan” yang baik untuk dirinya.

10. Memelihara Kesehatan Tubuh serta Mengurangi Resiko terkena penyakit
Salah satu manfaat terbesar menerapkan pola makan sehat yakni memiliki tubuh yang sehat dan jauh dari penyakit. Penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi, serangan jantung, stroke, diabetes dan kanker dapat menyerang siapa saja, khususnya yang tidak menerapkan pola makan sehat. Menurut anjuran agama pun disarankan agar kita makan sesuai pola tertentu dan memilih makanan yang baik-baik serta tidak berlebihan saat memakannya.

Itu tadi sepuluh keuntungan menerapkan pola makan sehat bagi remaja. Tidak salahnya sedini mungkin membiasakan hidup sehat dengan bangun pagi, makan tiga kali sehari, cukup istirahat, jauhi rokok, cukup olahraga, jauhi begadang dan perhatikan makan yang kita makan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Sumber:
http://www.livestrong.com/article/263709-benefits-for-teenagers-to-eat-healthy/
http://www.livescience.com/35876-kids-healthy-eating-tips.html

No comments