Hot Info

Aktor Hollywood Pemeran Karakter LOTR Dan The Hobbit



Sebagai film aksi, fiksi, petualangan terlaris, LOTR dan The Hobbit sampai saat ini masih eksis di cari-cari penggemarnya di seluruh dunia. Di adaptasi dari novel fiksi laris karangan JRR Tolkien, Film ini langsung mengambil hati penikmat film-film sejenis, seperti Narnia, Harry Potter dan lain-lain.  

Disutradarai oleh Peter Jackson, cerita LOTR dan The Hobbit sungguh apik di tampilkan dalam layar lebar. Hal tersebut tidak terlepas dari kemampuan para aktor hollywood memerankan tokoh-tokoh yang digambarkan di dalam novel, mulai dari perawakan, sifat karakter, hingga akting yang memukau. Pada kesempatan kali ini, Yuukeren akan mengulas beberapa aktor hollywood pemeran karakter LOTR dan The Hobbit.

1. Elijah Wood

Jika ditanya, siapakah karakter utama dalam film LOTR? Jawabannya tidak lain Frodo Baggins. Yup, Elijah Wood memerankan karakter si pembawa cincin dengan sifat: supel, bersahabat dan berani. Dari film ini, nama Wood mulai terkenal dan menjadi kata kunci utama google untuk LOTR.

Karir profesional Wood sendiri telah dimulai saat umurnya sembilan tahun, saat ia bermain pada film Back to the future part II, nah masih inget ngga.?? Itu loh yang mobil bisa kembali ke masa lalu lalu balik lagi ke masa depan, namun di sini Wood masih muda, perannya belum menonjol.

2. Viggo Mortensen

Karakter Aragorn pada novel LOTR memang pantas diperankan oleh Viggo. Kenapa tidak? Lihat saja penampilannya di Film, ia seakan akan masuk ke dalam cerita sebagai seorang strider/pengembara yang sedang mencari jati dirinya, yang memang strider ini merupakan keturunan Dunedain, keturunan raja-raja bangsa Numenor. 

Perjalanan Viggo menapaki dunia akting tidaklah mudah. Setelah lulus kuliah, ia terbang ke eropa untuk mencari peruntungan, mulai dari menjadi supir truk hingga menjual bunga. Namun, hidupnya berubah setelah ia bertekad untuk menjadi seorang artis di Hollywood, dan puncaknya ia berhasil menjadi Aragorn pada film LOTR.

3. Ian McKellen

Dibalik topi runcing berwarna kelabu, McKellen berhasil memerankan karakter Gandalf the Greypada kedua Film racikan Peter Jackson’s. Akting McKellen mampu menyihir penonton terbawa suasana masuk ke dalam cerita, yang memang karakter Gandalf ini menjadi centre karakter kunci pada LOTR dan The Hobbit.

Pengalaman McKellen dalam dunia akting sudah tidak di ragukan lagi. Buktinya dia menerima banyak penghargaan: dari Lurance Oliver Award (6x), Tony Award (1x), Golden Globe Award (1x), Screen Actors Guild Award (1x), BIF Award (1x), Saturn Award (2x), Drama Desk Award (4x), Critic’s Choice Award (2x), Academy Award (2x), BAFTA (4x), Emmy Award (5x). McKellen juga dikenal sebagai pemeran Magneto, karakter superhero Marvel pada film X-Men.  

4. Orlando Bloom

Berperawakan jangkung, rambut pirang panjang, dengan senjata utamanya busur, Orlando berhasil memerankan karakter Legolas pada kedua film. Legolas ialah seorang pangeran elf dari greenleaf, salah satu kerajaan bangsa elf yang masih bertahan di middle earth. Legolas adalah perwakilan dari bangsa elf untuk melindungi ring bearer pada film LOTR pertama, dan menjadi pemeran sentral saat bersama Aragon dan Gimli mempertahankan Helms deep dan Minas Tirith pada film LOTR selanjutnya. 

Saat memerankan Legolas di LOTR, nama Orlando langsung melejit dan dikenal oleh pencinta film. Kesuksesan Orlanda tidak hanya di kedua film ini, sederetan film keren telah dibintanginya, seperti Black Hawk Down (2001), Pirates of the Caribbean (2003, 2006, 2007), Troy (2004), Kingdom of Heaven (2005), The Three Masketeers (2011), dan yang sedang proses pembuatan yakni Unlocked (2016) dan Pirates of the Caribbean: Dead Men Tell No Tales (2017).

5. Sean Bean

Bertubuh besar kekar, selalu membawa pedang dan tameng serta membawa Horn of Gondor, Sean Bean berhasil merebut hari penonton dalam perannya sebagai Boromir, kapten dari kerajaan Gondor. Boromir di kisahkan menjadi salah satu penjaga cincin saat mengawal frodo dkk ke mordor. Namun, godaan untuk membawa cincin utama ke kerajaan Gondor serta nafsu ingin memiliki cincin untuk dirinya sendiri, membuat dirinya dikuasai aura jahat yang dimiliki cincin, dan Boromir terkena imbasnya.

Jam terbang Sean Bean dalam dunia film begenre historical sci-fic tidak diragukan lagi. Sebelum ia memerankan Boromir, ia telah berhasil memerankan Richard Sharpe dalam serial TV Sharpe. Bahkan namanya lebih terkenal saat ia berhasil memerankan Ned Stark dalam serial TV yang disiarkan HBO, Game of Throne. Selain itu, suaranya yang khas, membuat Sean sering dipakai untuk mengisi berbagai karakter film dan game. Karya terbaru nya, ia menjadi pengisi suara King Regis pada film Final Fantasy XV: Kingsglaive  dan game Civilization VI serta beberapa serial TV seperti The Frankenstein Chronicles, The Untamed dan Wasted.

6. Sean Astin

Sahabat setia frodo sejak sekecil yang ikut membantu membawa cincin sauron hingga ke gunung maut, yup Samwise Gamgee, apik diperankan oleh Sean Astin. Peran Sam dalam film LOTR termasuk peran pembantu, namun peranannya dalam menghancurkan cincin sauron tidak bisa dianggap enteng. Sempat frodo tergoda untuk menyimpan cincin itu untuk dirinya sendiri, namun sam berhasil meyakinkan frodo agar tetap menghancurkannya.

Kepiawaian Sean dalam trilogy LOTR, telah mengantarkannya memperoleh berbagai penghargaan. Diantaranya, mendapat saturn award untuk nominasi pendukung aktor terbaik, penghargaan dari the Las Vegas Film Critics Society, lalu dari the Seatle Film Critics, dan masih banyak lagi. Perlu diketahui, pada adegan dimana sam beserta istri dan anaknya berpisah dengan frodo, gandalf dan bilbo di heaven dekat dermaga, aktor yang menjadi elanor anak sam, ternyata asli anak Sean Astin!!!.

7. Liv Tyler

Berwajah cantik, putih dan berperawakan jangkung, serta anak dari kerajaan Rivendell, Liv Tyler berhasil memerankan karakter Arwen Undomiel pada film LOTR. Demi cintanya pada Aragon, ia rela menanggalkan karunia Eru pada dirinya, untuk menjadi manusia fana, karena pada jaman ke-empat dunia middle earth adalah hijrah terakhir bangsa elf ke valinor, daratan para valar.

Mungkin darah artis yang dimiliki Liv lah, membuat ia selalu bisa dalam segala akting film. Lihat saja, ayahnya seorang penyanyi rock terkenal, Stevan Tyler (penyanyi Aerosmith) dan ibunya seorang model, Bebe Buell, membuat dirinya dikarunia bakat alami. Selain LOTR, beberapa film yang melambungkan nama Liv diantaranya: Armagedon (1998), the stranger (2008), dan the incredible Hulk (2008).

8. Cate Blanchett

Berwibawa, anggun, namun terkesan mengerikan, karena memang ia adalah Galadriel, ratu dari kerajaan Lorien, berhasil diperankan oleh Cate Blancheet. Galadriel termasuk elf terdahulu yang pernah hijrah ke aman, daratan para valar, dan merasakan masa-masa kegelapan Morgoth. Ia termasuk pengguna cincin kekuasaan, namun haitinya tidak dikuasai oleh sauron.

Mungkin kesan pertama saat pertama melihat Cate ialah warna matanya yang hijau, dan itu menjadi nilai tambah saat ia memerankan Galadriel. Akting Cate terbilang cukup baik, walaupun bukan dari keluarga aktor, karena ibunya seorang bisnis properti sedangkan ayahnya berasala dari tentara angkatan laut.

9. Christopher Lee

Selalu memegang tongkoat putih, memakai baju putih panjang dengan rambut putih, Yup, saruman si putih diperankan oleh Christopher Lee. Saruamn termasuk salah satu jenis maia seperti gandalf, bahkan yang terkuat dari golongannya. Namun, karena pengaruh cincin sauron dan nafsu diri sendiri yang ingin menyerupai sauron memerintah middle earth, maka gelar penyihir putih berpindah pada gandalf.

Jika berbicara sejarah hidup Christopher Lee, sungguh panjang. Ia mengawali karir dari dunia kemiliteran, karena ayahnya seorang kolonel. Saat remaja, Lee dihadapkan pada peperangan dunia kedua, maka ia pun sempat menjadi sukarela pilot saat uni soviet menyerang. Setelah pensiun dari Royal Air Force, Lee mulai terjun ke dunia film, walaupun tidak sepamor pemain LOTR yang lain. Namun, perlu diketahui, Christopher Lee adalah satu-satunya pemeran LOTR yang pernah bertemu langsung dengan JRR Tolkien, empunya LOTR, The hobbit dan Silmarillon.

10. Bernard Hill

Pada LOTR: Two Tower, terdapat raja yang dipengaruhi oleh sihir saruman, melalui penasehat licik Grima Wormtongue, ia adalah Theoden raja dari kerajaan Rohan, berhasil diperankan secara apik oleh Bernard Hill. Selepas dari cengkraman sihir, Theoden bersama-sama dengan Aragon, Legolas serta Gimli mengangkat pedang untuk membebaskan penduduk Rohan dari cengkraman saruman yang kala itu telah berpihak pada saruman, dan terjadilah bentrokan pertama di Helm’s deep.

Pengalaman Bernard dalam dunia film tak diragukan lagi. Di luar sana ia telah dikenal sebagai pemeran Yosser Hughes dalam serial TV Boys from the Blackstuff yang tayang di BBC. Ia pun pernah bermain sebagai Captain Smith dalam film Titanic. Selain akor, ia pun sering mengisi berbagai suara karakter film dan game, seperti pada game WOW: Wrath of the Lick King, dan Fable III.
To be Continue….

Referensi:
http://lotr.wikia.com
https://en.wikipedia.org

No comments