Hot Info

10 Buah Langka Asli Indonesia Yang Patut Dijaga Kelestariannya




Keragaman hayati yang dimiliki Indonesia meliputi fauna dan flaura yang tersebar di seluruh nusantara, salah satunya jenis buah-buahan. Banyak sekali buah yang hidup di tanah air, namun tahukah bahwa ada diantara mereka yang sudah masuk kategori langka, sehingga sulit ditemukan di pasaran!!! Nah, pada kali ini 4muda akan mengulas beberapa buah langka yang ada di Indonesia tersebut.

1. Kemang 
Buah Kemang, gambar: head-fi.org
Buah yang bernama ilmiah Mangifera caesia ini masih satu keluarga dengan mangga dengan ciri utama kulit buah tipis kuning dan buah daging berwarna putih. Pohon kemang umumnya tumbuh di daratan rendah di ketinggian sekitar 400 meter diatas permukaan laut (mdpl) sampai 800 mdpl, tumbuh baik di pinggiran sungai yang secara berkala tergenang air. Namun sayang, buah ini sudah agak sulit ditemukan.

Selain enak untuk konsumsi, buah langka ini juga mempunyai berbagai manfaat diantaranya: membantu pembentukan tulang, memelihara sistem pencernaan,hingga meningkatkan stamina. Buah langka ini juga kaya akan vitamin C, sehingga baik untuk  melawan radikal bebas.


2. Sawo Durian 
Buah Sawo Duren, gamabr: pinterest.com
Bentuknya bulat dengan kulit dan daging berwarna sama, Yup Sawo durian atau star aplle (Inggris) merupakan buah langka yang sekarang sudah jarang ditemui di pasaran. Ada dua jenis sawo durian, sawo ungu dan putih yang kedua-duanya memiliki ciri khas, jika buah dibelah terdapat bentuk bintang. Pohon sawo durian berbuah setelah berumur 5-6 tahun, dan biasanya berbuah pada musim kemarau. 

Di luar sana, sawo durian banyak digunakan ssebagai bahan baku es krim. Rebusan daunnya  dipakai untuk menyembuhkan diabetes dan rematik. Kayunya cukup baik digunakan sebagai bahan bangunan dan cabang-cabangnya yang sudah tua dimanfaatkan untuk media tanam bunga anggrek, dan kulit kayunya dapat dijadikan obat kuat dan obat batuk. 



3. Gandaria
Buah Gandaria, gambar: youtube.com
Buah Gandaria atau Bouea Macrophylla menyerupai mangga bulat kecil, dengan ciri buah yang masih muda warnanya hijau, dan kalau sudah matang berwarna kuning, serta bijinya berwarna ungu. Pohon gandaria tumbuh di hutan-hutan atau di tanam di desa-desa sebagai tanaman buah. Pohon gandaria tumbuh dengan baik di  ketinggian 500-800 mdp. Sekarang gandaria termasuk buah langka karena jarang ditemukan di pasaran.

Buah langka ini menyimpan sejuta nutrisi baik, diantaranya vitamin C, betakaroten, niacin, thiamin, riboflavin, serat, kalsium, fosfor, zat besi, protein, lemak serta karbohidrat. Buah gandaria bisa di manfaatkan dalam pembuatan sirup, manisan, sambal hingga asinan. Daunya juga bisa digunakan sebagai sayuran.



4. Menteng
Buah Menteng, gambar: wikimedia.org
Menteng atau Baccaurea racemosa merupakan pohon perdu dengan tinggi bisa mencapai 25 meter dengan diameter 27 centimeter, berkulit kasar agak putih. Daunnya lebih banyak berkumpul di ujung ranting, berbentuk lonjong dengan tepi bergerigi. Buah menteng  berdiameter sektiar dua centimeter, berwarna hijau kekuningan atau kemerahan, kulit buah berwarna hijau dan kekuningan saat masak, buah menteng memiliki rasa asam dan manis.

Pohon menteng dulu biasa ditanam di pekarangan rumah, namun sekarang sudah sulit ditemui akibat desakan penduduk dan penanaman buah lain yang lebih disukai. Manfaat buah menteng adalah sebagai bahan untuk membuat sirup, juga di buat sebagai asinan. Kayu pohon menteng memiliki kualitas untuk di gunakan sebagai kayu untuk kontruksi rumah, perahu, dan mebel. Selain itu kulit dan daunnya digunakan sebagi obat mencret dan untuk pelancar haid.

5. Kecapi
Buah Kecapi, gambar: goodnewsfromindonesia.org


Buah kecapi atau Sandoricum Koetjape diperkirakan berasal dari Indonesia dan semenanjung malaya. Bentuk buah kecapi bulat gepeng, berdiameter sekitar 5-6 cm, berwarna kuning atau kemerahan jika sudah masak. Daging buah bagian luar tebal tak keras menyatu dengan kulit, daging buah bagian dalam lunak dan berair melekat pada biji. 

Buah langka ini mengandung vitamin C sehingga kecapi berguna  untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Serat yang terkandung buah kecapi berguna untuk menjaga kesehatan pencernaan, juga memperlancar buang air besar. Kayu pohon kecapi bagus untuk bahan kontruksi rumah, perkakas dan kerajinan. Rebusan daunnya digunakan sebagai obat penurun demam. 


6. Burahol/Kepel

Buah Burahol, gambar: penyediabibit.com

Burahol atau kepel mempunyai nama ilmiah Stechocarpus Burahol merupakan buah kegemaran puteri keraton di Jawa karena menyebabkan keringat beraroma wangi. Bentuknya bulat lonjong dengan warna kulit agak kecoklatan membungkus daging buah yang agak kuning kecoklatan, dan rasanya manis. Pohon kepel dapat tumbuh di dataran rendah hinggi ketinggian 600 mdpl. 

Di dulu buah kepel di pergunakan sebagai penghilang bau badan, selain itu juga dipercaya sebagai salah satu sarana sterilitas wanita (KB). Kepel juga di percaya mempunyai khasiat memperlancar air kencing, dan mencegah inflamasi ginjal. Kayu pohon kepel dapat digunakan bahan perabot rumah tangga dan bahan bangunan. Daun kepel bias juga dimanfaatkan untuk mengatasi asam urat dan mampu menurunkan kadar kolestrol.


7. Bisbul

Buah Bisbul, gambar: goodnewsfromindonesia.org

Bisbul atau Diospyros blancoidi kenal juga sebagai velvet apple(Inggris), atau buah mentega di Indonesia. Buah langka ini berkerabat dekat dengan kesemek dan kayu hitam. Bisbul tumbuh di daerah ketinggian  0-800 mdpl. Buah muda berwarna cokelat kemerahan yang berubah menjadi merah kusam jika sudah matang. Sedangkan daging buah berwarna keputihan, agak keras, padat, serta kering. 

Di dalam buah langka ini terkandung berbagai vitamin seperti vitamin A, C, thiamin dan riboflavin. Lalu beberapa mineral seperti kalsium, fosfor, dan zat besi. Semua nutrisi bisbul ini ternyata berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh, memperbaiki saluran pencernaan, menghaluskan kulit, menjaga kesehatan mata, dan menjaga sembelit.



8. Jambu Mawar
Jambu Mawar, gambar: pinterest.com
Jambu mawar atau Eugenia jambos merupakan tanaman keluarga jambu-jambuan yang tumbuh subur di daerah Asia tenggara. Buah ini dulunya adalah makanan para bangsawan, Raja jawa, dikarenakan jambu ini memiliki aroma wangi yang kuat seperti bunga mawar.

Jambu mawar berbentuk agak bulat, kulitnya licin dan keras. Buah yang telah matang akan berwarna kuning kehijauan. Daun jambu mawar dapat digunakan sebagai obat cacar air, juga dapat digunakan obat menurunkan panas pada tubuh. Bijinya dapat digunakan untuk obat disentri, diare, dan radang selaput lendir di hidung atau tenggorokan.


9. Terap
Buah Terap, gambar: vendio.com
Terap adalah sejenis pohon buah dari marga pohon nangka (Artocarpus), buahnya serupa nangka yang kecil, dengan bau wangi yang kuat. Pohon terap tingginya mencapai 25m, dan batangnya dapat mempunyai diameter sampai 40 cm. Sayangnya, buah ini kian langka di pasaran. 

Kandungan kalsium yang tinggi pada terap sangat baik bagi tulang. Vitamin C, dapat meyembuhkan sariawan. Buah terap memiliki kandungan zat yang dapat mengusir gas dalam perut yang menyebabkan perut kembung dan buah ini juga berguna memperlancar buang air besar.

10. Jamblang
Buah Jamblang, gambar: maygola.com


Jamblang disebut juga jambu keling atau duwet adalah sejenis pohon buah dari keluarga jambu-jambuan (Syzgium). Ciri utama buah ini yakni warna kulit ungu kemerah-merahan, dan jika dilihat dari kejauhan buah ini seperti bauh anggur. Buah ini tumbuh subur di daerah tropis, namun sayangnya buah ini tiap tahun kian sulit ditemui di pasaran.

Walaupun berasa asam, jamblang kaya akan vitamin A dan C sehingga baik dikonsumsi untuk kesehatan mata dan kulit. Bahkan di luar negeri, buah ini dijadikan bahan untuk membuat jeli dan minuman sejenis anggur. 

Demikian sepuluh buah langka asli Indonesia yang keberadaannya sulit ditemukan di pasaran. Semoga informasi kali ini menyadarkan kita semua untuk mencintai dan memelihara keberadaan buah asli Indonesia ini, agar kelak tidak diklaim oleh negara lain!!!

Referensi:
https://www.goodnewsfromindonesia.org/2015/06/22/pernahkah-melihat-buah-buahan-asli-bumi-indonesia-ini/2015/06/22/@GNFI
https://www.brilio.net/life/15-buah-buahan-langka-yang-kini-banyak-dirindukan--151202o.html
http://sehat-aja-yuk.blogspot.co.id/2011/05/10-buah-buahan-langka-asal-indonesia.html
http://terselubung.in/11-buah-asli-indonesia-yang-telah-langka/




No comments