Hot Info

10 Jalan Raya Paling Indah Yang Pernah Dibangun Manusia



Jalan merupakan infrastruktur vital penggerak perekonomian suatu negara. Kemajuan suatu peradaban atau bangsa, bisa dilihat dari berapa banyak jalan yang telah dibangun. Rata-rata negara maju, seperti Amerika, Jepang serta beberapa negara Eropa memiliki jaringan jalan raya paling panjang dan terawat dibandingkan negara berkembang.

Dari berbagai sumber, diperkirakan sekitar 20 juta kilometer jalan telah dibangun di seluruh permukaan bumi. Namun faktanya, hanya beberapa jalanraya yang terawat bagus dan pantas untuk dijelajahi, dikarenakan keindahan landscape dan keunikan lainnya.

Di dunia, terdapat banyak jalanraya terkenal, mulai dari paling panjang, sampai paling berbahaya. Pada kesempatan kali ini, yuukeren akan mengulas jalan raya paling indah yang pernah dibangun manusia.

10. Stelvio Pass, Italy

Stelvio pass terletak di utara negara italia, merupakan jalan yang dibuat diatas ketinggian 2.757 meter diatas permukaan laut. Jalur ini dibangun di sebelah timur pegunungan Alpen. Bentuk jalan yang unik, dengan banyak turunan zig-zag, dan pemandangan indah pegunungan Alpen, membuat stevio pass jadi salah satu jalan raya paling indah di dunia. 
 
Saking indahnya, setiap tahun pada minggu terakhir bulan agustus atau minggu pertama bulan september, pada jalur ini digelar Stelvio Bike Day. Diadakan pada hari sabtu, lomba dimulai dari Bormio dan Prad menuju Santa maria hingga Umbrail pass.

9. Furka Pass, Switzerland

Satu lagi jalan indah yang memotong pegunungan Alpen, Furka pass, merupakan jalur yang terletak di negara Swiss. Dibangun pada ketinggian 2.429 meter, jalur ini menghubungkan Gletsch, Valais dengan Realp, Uri.  

Saat menyusuri furka ke arah Obralp-Bahn, pengendara akan melewati sebuah terowongan sepanjang 2.100 meter. Lalu, saat jalur akan memasuki Alpen, jalanan dibuat zig-zag dan banyak tikungan hampir 180 derajat. Saking indahnya landscape disini, furka pass pernah jadi latar belakang adegan film James Bond berjudul Goldfinger. 

8. Pasific Coast Highway One, California

Salah satu jalur permata Amerika paling indah, Pasfic Coast Highway, membentang sepanjang lebih dari 190 km, menghubungkan Monterey dengan Morro Bay. Saat menyusuri jalur ini, kita akan dihadapkan pada dua landscape berbeda, sisi pertama tebing indah dari pegunungan di california, dan sisi lain jurang bebatuan yang menahan ombak lautan pasifik.

Saking indahnya, banyak fotografer profesional mengabadikan landscape di sini, dan spot yang banya diburu yakni antara monterey peninsula dan bixby bridge.     

7. Atlantic Road, Norway

Seakan berkendara diatas lautan, mungkin itu kesan pertama saat menyusuri atlantik road di Norwegia. Jalanraya sepanjang 8,3 kilometer ini memakan waktu enam tahun dalam pembangunannya. Terdapat delapan jembatan yang indah dipandang mata, dan sering dipakai para pencari adrenalin untuk melakuakn atraksi berbahaya mereka.

Disepanjang atlantik road, kita akan disuguhkan terhadap pemandangan indah yang hanya ada di Norwegia, jika beruntung kita dapat melihat hewan liar seperti ikan paus dan anjing laut berenang di sepanjang jalur. Lalu, rute atlantik road pun ditumbuhi tumbuhan hijau dan bebatuan indah.

6. Hana Highway, Hawaii, AS

Negara bagian Amerika ini mempunyai banyak jalur indah, namun Hana Highway merupakan paling indah di Hawaii. Dengan panjang total 104 kilometer, jalan raya ini paling panjang dari rute 36 dan 360. Rute ini menghubungkan Kahului dengan kota Hana di timur Maui.

Butuh waktu dua jam setengah dan melewati 59 jembatan untuk menyusuri Hana Highway. Rute ini telah menarik banyak perhatian turis mancanegara, karena keindahan alamnya, khusus pada tikungan 629, di sini terdapat banyak air terjun, landscape lautan dan hutan perawan yang sayang untuk dilewatkan.

5. Transfagarasan Highway, Romania

Salah satu jalur pegunungan terbaik di Eropa, Transfagarasan Highway, merupakan jalur yang sering dijadikan olahraga drifting mobil balap. Jalur ini memiliki banyak tikungan menantang dan berbahaya, dengan terowongan hitammnya yang sering disebut ‘drakula territory’ sepanjang 800 meter.

Saat menyusuri Transfagarasn dari Cartisoara menuju selatan Curtea de Arges, kita akan menemui jalur seperti lilitan ular, kemudian menjadi zigzag saat keluar dari  Transylvania menuju Muntenia, terakhir, rute akan menanjak 2.034 meter menuju puncak tertinggi di Rumania, Moldoveanu.

4. Ruta, Argentina

Jalur ini dikenal juga degnan rute nasional 40 atau RN 40 atau Ruta 40. Jalan raya ini paling panjang di dunia, terletak di pesisir barat Argentina. Jalur ini memiliki kondisi yang cukup menantang, dengan jalur panjang, pengemudi harus selalu sigap dalam mengendarai kendaraanya, pemula tidak disarankan untuk mengemudi pada jalur ini.

Ruta 40 mulai dibangun pada 1953 dan panjangnya mencapai 5.000 km, berarti sama dengan 5x panjang pulau Jawa!!!. Saat menyusuri RN 40, kita akan melewati 18 sungai dan 20 taman nasional. Saking indahnya, ruta dijadikan rute wajib tahunan untuk di jajal para turis mancanegara yang berkunjung ke Argentina. 

3. Chapman’s Peak Drive, South Afrika

Panjangnya hanya delapan kilometer, namun keindahannya landscape pemandangan yang disajikan sungguh memukau banyak pengendara. Jalur ini berada di atas sisi pegunungan Chapman, dimana dibawahnya lautan lepas.

Terletak di pesisir barat Cape penisula, Chapman peak memiliki 114 tikungan, sehingga pengendara harus lebih berhati-hati saat melewati jalur ini. Mungkin ini salah satu jalur berbahaya, namun sayang untuk tidak dicoba.

2. Tianmen Mountain Road, Tiongkok

Berlokasi di dalam taman nasional Tianmen, provinsi Hunan, Tianmen mountain road, merupakan salah satu jalan paling skematik dan indah di Tiongkok maupun dunia. Dengan panjang total 11 kilometer, jalanan yang berkelok menaiki perbukitan hijau, membuat perjalanan menuju puncak Tianmen jadi menyenangkan. 

Diatas pegunungan pun terdapat gua yang cukup indah. Selain menggunakan kendaaraan pribadi, pemerintah setempat telah membangun kereta gantung untuk mencapai puncak Tianmen.

1. Milford Road, New Zealand

Jalan raya berikutnya yang termasuk skenik adalah rute jalanan di Selandia Baru, khususnya jalur Milford Road. Dibangun sekitar tahun 1929, dan hampir terbelangkalai saat meletus perang dunia kedua, akhirnya selesai dirampungkan pada tahun 1953.

Berkat keindahan alam yang unik dan masih perawan, salah satu adegan Lord of The Rings diambil dekat milfrord road. Saking indahnya pemandangan di sisi milford road, banyak turis mancanegara yang sengaja berhenti untuk berfoto ria. 

Demikian kesepuluh jalan raya paling indah yang pernah dibangun manusia, semoga informasi kali ini manambah khazanah keilmuan kita.

Referensi:
https://youtube.com
https://theluxurytravelexpert.com/2014/06/30/top-10-most-scenic-drives-in-the-world/
http://10mosttoday.com/10-most-beautiful-drives-in-the-world/
http://www.shortlist.com/shortlists/10-greatest-drives

No comments