Hot Info

10 Pulau Tidal Keren Yang Menarik Untuk Dikunjungi



Pulau tidal ialah sepotong daratan kecil, yang terhubung dengan daratan utama saat air laut surut pada waktu tertentu, sehingga daratan tersebut dapat di capai dengan berjalan kaki. Namun, saat air laut pasang, otomatis secuil daratan tersebut terpotong dengan daratan utama-nya dan menjadi sebuah pulau.

Apabila pulau tersebut terhubung dengan daratan utama, ini menjadi waktu paling tepat bagi para turis mengakses pulau tersebut, sebelum air laut pasang kembali. Jadi, mengecek berapa lama terjadi air laut surut, sangat penting jika ingin meninggalkan pulau itu dalam keadaan kering, atau siap-siap berenang jika mendadak terjadi air pasang.

Namun tahukah sahabat yuukeren, ternyata di dunia ini terdapat beberapa pulau tidal keren yang telah menjadi destinasi wisata favorit para turis mancanegara, berikut ulasan lengkapnya.

10. Enoshima

Enoshima, gambar: youtube.com
Enoshima merupakan pulau tidal yang teletak dari Prefecture Kanagawa, tepatnya 4 km dari aliran sungai katase, yang bermuara di pantai Sagami, Jepang. Daratan ini aslinya bagian dari kota Fujisawa, yang dihubungkan dengan daratan utama oleh jembatan sepanjang 600 meter, dan saat air laut surut, kita bisa berjalan kaki menuju pulau ini diatas hamparan pasir pantai.

Berdekatan dengan pantai Tokyo dan Yokohama, membuat pulau ini dan pesisir pantai disekitarnya ramai dikunjungi wisiatawan, karena memang di sini terdapat area resort populer. Diantaranya yang paling terkenal yakni Enospa Hot Springs dan The Botanical Garden, yang dikembangkan oleh pedagang Inggris pada 1880an, sekarang jadi daya tarik satu juta turis setiap tahunnya.

9. Castle Tioram

Castle Tioram, gambar: moidart.com
Kastil Tioram merupakan reruntuhan kastil yang masih berdiri di atas pulau tidal Eilean Tioram, terletak di Loch Moidart, Skotlandia. Walaupun berdiri di atas lautan, pada masa jayanya, kastil ini mengontrol akses menuju Lock Shiel. 

Dinding kastil dipercaya telah ada sejak abad ke-13, sementara menara dan interior bangunannya sendiri dibangun antara abad ke-15 sampai 17 Masehi. Untuk mencapai kastil ini, kita dapat berjalan kaki saat air laut surut, akan tetapi kita tidak diperbolehkan mengakses bagian dalam kastil, demi faktor keamanan.

8. Lindisfarne

Lindisfarne, gambar: wallpaperswide.com
Lindisfarne merupakan sebuah pulau tidal yang terletak di pesisir timur laut Inggris. Pulau ini dikenal juga sebagai pulau suci. Sekitar 635 Masehi, pihak kerajaan Inggris menemukan Lindisfarne sebagai base kamp bagi penganut kristiani murni di utara Inggris. Pada tahun 793, bangsa viking mendarat di utara inggris, lalu menyebabkan ketakutan di seluruh daerah ini, termasuk Lindisfarne, dan memaksa hijrahnya para kristiani ke arah barat, dan dimulailah zaman Viking di daratan Inggris.

Sebuah kastil kecil dibuat diatas pulau sekitar abad ke-16. Sekarang, pulau tidal ini menjadi destinasi favorit turis lokal maupun mancanegara. Para turis untuk mengunjungi pulau ini disarankan berjalan pada jalan yang telah ditandai, dan mengecek datangnya air laut, serta kondisi cuaca, demi faktor keselamatan.

7. Koh Nang Yuan

Ko Nang Yuan, gambar: kohtaocompleteguide.com
Surga yang tak terpisahkan dari Thailand, mungkin sebutan itu pantas bagi Koh Nang Yuan, yaitu sebutan tiga buah pulau tidal yang banyak dikunjungi wisatawan. Saat air laut surut, ketiga pulau seakan dihubungkan oleh jembatan pasir putih, yang dapat dijelajahi dengan berjalan kaki oleh para turis.

Sepuluh meter dari pantai, di daerah ini terdapat kompleks batu karang koral dimana ikan-ikan hias berenang bebas disana, terlihat jelas diatas jernihnya air laut. Selain ada area diving, tempat ini juga menyediakan resort dengan full facility, di pulau tidal ke-2 (bagian tengah).

6. Haji Ali Dargah

Haji Al Dargah, gambar: wikimedia.org
Terletak pada pulau kecil dipesisir pantai Mumbai India, the Haji Ali Dargah merupakan sebuah mesjid yang dialamnya terdapat sebuah dargah atau makam yang banyak dikunjungi oleh ribuan orang setiap minggunya. Tidak sembarang makam, disana terdapat peristirahatan Haji Pir Ali Shah Bukhari, pemuka agama islam di sana (setingkat wali jika di Indonesia).

The Haji Ali Dargah dibangun sekitar tahun 1431 oleh pemuka islam sekaligus pedagang muslim kaya, atas nadarnya sebelum ia berangkat pergi menunaikan haji ke Mekah. The Dargah juga menjadi salah satu bangunan arsitektur unik, karena memadukan budaya india dan timur tengah. Pulau ini terpisah sekitar satu kilometer dari daratan utamanya, dan dapat di akses dengan berjalan kaki diatas jalan yang dibangun pemerintah setempat.

5. Saint Michael’s Mount

Saint Michael’s Mount, gambar: youtube.com
St Michael’s Mount merupakan sebuah pulau tidal yang terletak 366 meter dari bibir pantai Cornwall, sebelah barat daya Inggris. Pulau ini terhubung dengan daratan utama melalui jalan setapak buatan manusia, terbuat dari tumpukan batu granit, dan hanya dapat dilalui saat air laut mulai surut.

Di atas pulau terdapat gereja St Michael, yang dibangun sekitar abad ke-15, memiliki sebuah menara pengawas, salah satun menara kecilnya berfungsi untuk mengarahkan kapal-kapal yang akan berlabuh. Dari penelitian, erosi yang disebabkan terjangan gelombang air laut, dapat merusak pesisir pantai Cornwall, termasuk pulau tidal ini.

4. Jindo & Modo

Jindo & Modo, gambar: caeli.wordpress.com
Jindo dan Modo merupakan dua buah pulau terletak di barat daya korea selatan. Menariknya, dua kali dalam setahun secara alami dua pulau ini terhubung oleh surutnya air laut selama satu jam. Jalan yang muncul ke permukaan saat air laut surut bisa sepanjang 3 km dan lebarnya sekitar 40 meter.

Sebagai ungkapan rasa kagum terhadap fenomena ini, masyarakat setempat selalu menyelenggarakan perayaan The Jindo Sea-parting atau Jindo Moses Miracle setiap satu tahun sekali. Perayaan ini juga menarik para pengunjung turis lokal maupun mancanegara untuk melihat fenomena menakjubkan ini atau merasakan berjalan kaki diatas jalan yang muncul setahun sekali ini.

3. Eilean Donan

Eilean Donan, gambar: youtube.com
Eilean Donan merupakan sebuah pulau tidal kecil, terletak di Loch Duich, sebelah barat dataran tinggi Skotlandia. Pulau ini terhubung oleh jembatan yang sengaja dibuat oleh manusia, sepanjang setengah mil (0,8 km) dari desa Dornie. Di atas pulau terdapat kastil zaman pertengahan yang masih berdiri kokoh. Kastil tersebut diperkirakan dibangun sekitar abad ke-13, berfungsi sebagai benteng pertahanan melawan bangsa Viking.

Sekarang, kastil ini menjadi salah satu tempat berburu para fotographer dunia, dan tempat populer pembuatan foto pre-wedding. Tempat ini juga pernah jadi saksi pembuatan film-film beken, seperti Highlander dan The World is Not Enough.

2. Sveti Stefan

Sveti Stefan, gambar: carrier.co.uk
Sveti Stefan merupakan pulau tidal yang disulap menjadi sebuah resort laut di pesisir barat Montenegro, tepatnya di Budva Rivera. Pada abad ke-15, pulau ini adalah desa kecil para penangkap ikan. Namun, sekitar 1950an, penduduk terakhir di desa tersebut di usir, lalu Sveti Stevan dirubah menjadi pulau mewah. Jalanan, bangunan, dinding, atap, dan fasilitas serta interior lainnya disulap menjadi sangat modern, nyaman dan mewah, sekelas hotel bintang lima.

Saat masa jayanya, katakanlah, Marilyn Monroe, Sophia Loren, Kirk Douglas, dan Claudia Schiffer pernah bermalam disini. Sempat mengalami kemunduruan, karena Montenegro melepas diri Federasi Yugoslavia, namun sekitar tahun 2007, operator resort asal Singapura memenangkan kontrak untuk mengelola kembali Sveti Stevan selama 30 tahun. Dan sekarang, tempat ini ramai kembali seperti dulu kala.

1. Mont Saint Michel

Mont Saint Michel, gambar: dronestagr.am
Mont Saint Michel merupakan sebuah pulau tidal kecil terletak di pesisir utara Perancis, tepatnya di wilayah Normandy. Pulau ini terkenal juga sebagai tempat digojloknya para biarawan dan biarawati Norman, karena di atas pulau ini berdiri kokoh gereja St Michel. Menariknya, gereja ini berdiri di atas formasi batuan paling atas, dan dibawahnya terdapat asrama dan bangunan khas zaman pertengahan, lalu bagian paling bawahnya terdapat dinding kokoh, sehingga sekilas pulau ini seperti benteng pertahanan.
Mont Saint Michel, gambar: seagriculture.eu
Sekitar tahun 1067, pihak gereja mendukung bangsawan Normandy, William, untuk mengklaim tahta kerajaan Inggris (perlu diketahui, dulu Inggris dan Prancis terlibat perang selama 100 tahun). Salah satu pendekatannya, yakni dengan membangun gereja yang hampir sama modelnya di barat daya Cornwall, yakni St Mihael’s Mount. Saat ini, Saint Michel telah menjadi destinasi wisata religi-sejarah menarik di dunia.

Demikian kesepuluh pulau tidal mengagumkan yang menarik tuk dikunjungi, semoga informasi kali ini menambah wawasan kita semua.

Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/Tidal_island
http://www.touropia.com/mysterious-tidal-islands/
https://weather.com/travel/news/places-visit-low-tide-photos

No comments