Hot Info

10 Stadion Olahraga Terbesar Di Dunia


Stadion olahraga di jaman sekarang ini telah menjadi suatu tempat strategis untuk menyelenggarakan berbagai event berskala nasional bahkan internasional. Mulai dari konser musik, pembukaan event olahraga seperti PON, Asian Games, Olimpiade dan tentunya pertunjukan olahraga seperti sepak bola.

Pemerintah yang baik tentu saja akan memperhatikan kebutuhan rakyatnya terutama di bidang kesehatan, salah satunya pembangunan stadion olahraga. Dan di zaman sekarang, setiap negara pun seakan merasa wajib dan berlomba untuk membangun stadion olahraga dengan taraf internasional.

Kita yang tinggal di Indonesia tentu sudah hapal dengan Gelora Bung Karno yang merupakan stadion terbesar di Indonesia dan satu-satunya stadion berstandar Internasional di Indonesia. Stadion berkapasitas sekitar 89 Ribu penonton ini ternyata bukan yang terbesar di dunia.

Berikut yuukeren akan mengulas 10 stadion olahraga terbesar di dunia berdasarkan kapasitasnya.

10. Melbourne Cricket Ground (MCG) (Australia)

Melbourne Cricket Ground, gambar: ukintpress.com
Stadion olahraga yang juga dikenal dengan sebutan sederhana yaitu “The G”, merupakan sebuah stadion olahraga yang berlokasi di Yarra Park, Melbourne, Victoria, Australia, dan merupakan kandang bagi Klub Kriket Melbourne. 

Stadion ini merupakan stadion terbesar ke 10 di dunia, terbesar di Australia, lapangan kriket terbesar kapasitasnya, dan memiliki menara cahaya tertinggi di tempat olahraga apa pun. Sejak dibangun pada tahun 1853, MCG telah mengalami pembaharuan yang konstan sehingga pada akhirnya mencapai total kapasitas 100,024.

9. Stadion Darrell K Royal–Texas Memorial (Amerika Serikat)

Stadion Darrell K Royal–Texas Memorial, gambar: photobucket.com
Stadion yang awalnya bernama War Memorial Stadium, Memorial Stadium, dan Texas Memorial Stadium ini berlokasi di Austin, Texas, dan telah menjadi kandang bagi tim futbal Austin Longhorns Universitas Texas sejak tahun 1924. Kapasitas resmi tempat duduknya adalah 100,119 membuat stadion ini menjadi stadion terbesar kedua di negara bagian Texas, stadion terbesar ke-9 di Amerika Serikat, dan terbesar ke 9 di dunia.

8. Stadion Bryant–Denny (Amerika Serikat)

Stadion Bryant–Denny, gambar: fikespix.com
Berlokasi di Tuscaloosa, Alabama, Amerika serikat, merupakan stadion kandang bagi tim futbal Crimson Tide Universitas Alabama. Stadion ini dibuka pada tahun 1929 dan awalnya diberi nama Stadion Denny untuk menghormati George H. Denny, presiden sekolah tersebut mulai 1912 hingga 1932. 

Pada tahun 1975, legislatif Alabama menambah namanya dengan pelatih futbal Paul “Bear” Bryant pada nama stadion ini. Kapasitas tempat duduknya 101,821, dan merupakan stadion terbesar ke-7 di Amerika Serikat dan ke-8 di dunia.

7. Stadion Tiger (Amerika Serikat)

Stadion Tiger, gambar: youtube.com
Populer sebagai Death Valley, stadion ini merupakan sebuah stadion luar ruangan yang berlokasi di Baton Rouge, Louisiana. Stadion ini dikenal juga sebagai kandang dari tim futbal Tiger Universitas Louisiana State. Stadion Tiger dibuka dengan kapasitas 12,000 di tahun 1924. 

Renovasi dan pengembangan telah membawa stdaion ini kapasitas yang sekarang yaitu 102,321, membuatnya menjadi stadion olahraga terbesar ke-7 di dunia. Ketika kapasitasnya penuh, Stadion Tiger menjadi “kota” dengan populasi terbesar kelima di negara bagian Louisiana.

6. Stadion Neyland (Amerika Serikat)

Stadion Neyland, gambar: pinterest.com
Sebuah stadion olahraga di kota Knoxville, Tennessee, Amerika Serikay, yang juga merupakan kandang dari tim futbal Tennessee Volunteers. Kapasitas resmi stadion ini adalah 102,455. Dibangun pada tahun 1921, stadion ini telah mengalami 16 proyek pengembangan hingga mencapai kapasitas 104,079 sebelum dikurangi sedikit demi sedikit di decade berikutnya. Stadion ini dinamai sama dengan pelatih legendaris UT yaitu Robert Neyland (1892–1962).

5. Stadion Kyle Field(Amerika Serikat)

Kyle Field Stadium, gambar: fssta.com
Merupakan stadion futbal yang berlokasi di kampus Universitas Texas A&M di College Station, Texas. Stadion ini merupakan kandang dari tim futbal Texas A&M Aggie dalam bentuk sederhana sejak tahun 1904, dan sebagai sebuah stadion yang lengkap sejak tahun 1927. Stadion ini dikenal sebagai “Home of the 12th Man”. 

Kapasitas tempat duduknya mencapai 102,733 di tahun 2015 membuat stadion menjadi yang stadion terbesar kelima di Amerika Serikat dan stadion non-balapan ke-6 di dunia. Lapangan Kyle menjadi permainan terbesar yang didatangi, sekitar 110,631 orang ketika Texas A&M kalah dari Ole Miss Rebels dengan skor 20–35 pada tanggal 11 Oktober 2014.

4. Stadion Ohio (Amerika Serikat)

Stadion Ohio, gambar: pinterest.com
Dikenal juga sebagai “The Horseshoe” atau “The Shoe” atau “The House that Harley built”, merupakan sebuah stadion futbal Amerika di Columbus, Ohio, Amerika Serikat, di kampus Universitas Ohio State. Fungsi utamanya adalah sebagai ‘kandang’ dari tim futbal Ohio State Buckeyes dan Marching Band Universitas Ohio State. 

Stadion ini dibuka pada tahun 1922 sebagai pengganti Lapangan Ohio dan memiliki kapasitas tempat duduk 66,210. Hingga pada tahun 2014, penambahan tempat duduk mencapai akhirnya dengan kapasitas 104,944.

3. Stadion Beaver (Amerika Serikat)

Stadion Beaver, gambar: post-gazette.com
Sebuah stadion futbal luar ruangan perguruan tinggi di Universitas Park, Pennsylvania, Amerika Serikat, di kampus Universitas Pennsylvania State. Nama stadion diambil dari nama James A. Beaver, mantan gubernur Pennsylvania (1887–91) dan presiden dewan pengawas universitas. 

Dibuka pada tanggal 17 September 1960, Stadion Beaver memiliki kapasitas tempat duduk 106,572, membuatnya menjadi stadion terbesar kedua di Western Hemisphere dan stadion olahraga terbesar ketiga di dunia.

2. Stadion Michigan (Amerika Serikat)

Stadion Michigan, gambar: globespotter.website
Disebut juga “The Big House” atau rumah besar, merupakan sebuah stadion futbal untuk Universitas Michigan di Ann Arbor, Michigan. Stadion ini merupakan stadion terbesar di Amerika Serikat, stadion terbesar kedua di dunia dan tempat olahraga terbesar ke 34. 

Kapasitas resminya adalah 107,601 namun bisa menampung hingga 115,000. Stadion Michigan dibangun pada tahun 1927 dan menghabiskan biaya sekitar 950,000 dollar (setara dengan 12.9 juta dollar di tahun 2016) dengan kapasitas awal sekitar 72,000.

1. Stadion 1 Mei Rungrado (Korea Utara)

Stadion 1 Mei Rungrado, gambar: chosun.com
Merupakan sebuah stadion multi fungsi yang berlokasi di Pyongyang, Korea Utara. Stadion olahraga ini selesai dibangun pada tanggal 1 Mei 1989. Stadion ini merupakan stadion olahraga terbesar di dunia dengan kapasitas 150,000 orang dengan luas sekitar 20.7 hektar. 

Stadion ini biasanya digunakan untuk pertandingan sepakbola, beberapa perlombangan atletik, tapi seringkali digunakan untuk pertunjukan Arirang (dikenal juga dengan Mass Games atau Permainan Massal).

Kesimpulannya, hampir semua stadion diatas memiliki kapasitas duduk lebih dari 100ribu tempat duduk. Sekian 10 stadion olahraga terbesar, semoga informasi kali ini menambah wawasan kita semua.
Sumber:
https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_stadiums_by_capacity
http://www.worldatlas.com/articles/50-largest-stadiums-in-the-world.html

No comments