Hot Info

Ghost In The Shell (GITS), Film Keren Adaptasi Manga-Anime Jepang


Bagi penggemar manga dan anime jepang pastinya sudah tidak asing lagi mendengar kalimat Ghost in The Shell (GITS). GITS merupakan manga yang muncul tahun 90-an, di tulis dan di gambar oleh Masamune Shirow, dan di terbitkan oleh Kondansha. Karena manganya laris, maka tahun 1995 dibuatlah anime pertamanya dengan judul yang sama, ghost in the shell 1995. Setelah itu menysul GITS 2 Innocence, GITS Arise dan GITS 2015.

Karena cerita GITS cukup menarik dan futuristik, maka Hollywood tertarik untuk mengadaptasinya jadi film Box Ofice. Film ini dibintangi Scarlett Johansson, Pilau Asbaek, Takeshi Kitano, Juliette Binoche dan Michael Pitt. Rencananya akan diluncurkan pada bulan maret tahun depan (2017).
Cover GITS 2017, gambar: annocraft.com

Plot Cerita

Dimasa depan, kemampuan manusia menggabungkan otak/jiwa dan tubuh manusia-robot (cyborg) telah menjadi kenyataan, sehingga manusia bisa hidup lebih lama asalkan otak-nya masih utuh. Otak berisi ingatan dan jiwa (ghost), sedangkan tubuh manusia berupa cyborg (shell), sehingga pada zaman itu bercampurlah manusia dengan tubuh asli dan manusia cyborg.

Pencapaian manusia ini juga dimanfaatkan oleh para penjahat untuk memuluskan aksinya, sehingga dibentuklah satuan khusus kejahatan cybernetik,  dibuat untuk keperluan keamanan nasional Jepang, yang disebut divisi 9.

Cerita Ghost in the shell (di animenya) bermula dari suatu kasus cybernatics yang melibatkan Mayor Kusanagi dan Batou dimana Kusanagi berhasil menggaggalkan penyelundupan rahasia negara ke luar negeri. Namun, dari keberhasilan ini lah muncul lah “the puppet master”, penjahat sebenarnya yang mengontrol semua kejahatan cyber sebelumnya.
Mayor Kusanagi (kiri) dan Batou (kanan) GITS 1995, gambar: wp.com
Selama investigasi berlangsung, kusanagi yang loyal terhadap pekerjaan sebagai orang no 1 di divisi 9, mulai dirundung berbagai macam petanyaan di otaknya, tentang eksistensi manusia cyborg, termasuk jati dirinya sendiri. Lalu melalui investigasi, terungkap ternyata the puppet merupakan sebuah artificial intelijen (AI) yang menganggap dirinya manusia, dan ia tertarik terhadap kusanagi.

Singkat cerita mayor kusanagi terpancing the puppet, dan mengejarnya habis-habisan hingga tangan dan kakinya hancur. Untungnya Batou menolong kusanagi sebelum tank cyborg menghancurkan otak kepalanya.

Tapi disinilah adegan menariknya, setelah tank dilumpuhkan, terdorong rasa penasaran, kusanagi meminta Bataou untuk menghubungkan ghost-nya dengan the puppet demi informasi yang ia cari selama ini. Saat terhubung, the puppet mengambil alih tubuh kusanagi dan ghost-nya diracuni, sehingga jiwa kusanagi dikendalikan oleh the puppet. Cerita lengkapnya tonton anime nya yah sampai tamat^^

Masa-masa produksi Hingga Kini

vimeocdn.com
Ide pembuatan GITS sendiri dimulai pada 2008, dimana melalui Go Fish Picture (selaku distribusi film ghost in teh shell: Innocence untuk daerah US) memuluskan ketertarikan Stevan Spielberg (salah satu CEO DreamWorks Entertainment) untuk membawa GITS ke layar lebar sekelas Box Ofice.

Avi Arad(salah satu pendiri marvel studio) dan Steven Paul (pendiri Crystal Sky Picture) dikonfirmasi sanggup memproduksi film ini. Dengan Jamie Moss sebagai penulis skenarionya. Lalu, pada pada 2014 dikabarkan Rupert Sanders (Snow white and the hunstman) akan menyutradarai langsung film ini dengan syarat William Wheeler ikut andil dalam pembuatan naskahnya. Namun seiring perjalanan, naskah skenario lebih banyak digarap oleh Jonathan Herman dan Jamie Moss.

Pada bulan september 2014, Margot Robbie digadang akan menjadi pemeran utamanya, namun pada 16 oktober 2014, DreamWorks meminang Scarlett Johansson sebagai pemeran utama (mayor motoko kusanagi) setelah Robbie jatuh hati untuk memerankan tokoh Harley Quinn pada film Suicide Squad. Bagi Johansson, ini berarti kedua kalinya ia membintangi film sebuah kejahatan kriminal cybernatik, sejak The Island pada 2005.

Lalu, pada mei 2015 Paramont Pictures juga ikut memproduksi dan memulai segala persiapan. Sementara itu menyusul beberapa aktor yang akan memerankan tokoh GITS, seperti Pilau Asbaek (sebagai Bataou, orang no dua di divisi 9), Michael Pitt (sebagai Kuze, penjahat utama), Takeshi Kitano (Pendiri sekaligus Ketua Daisuke Aramaki/divisi 9). Syutingnya sendiri di Selandia baru, Jordan, dan Hong Kong.

Scarlett Johansson Sebagai Mayor Motoko Kusanagi!!!

Scarlet Johansson (kiri), Mamoru Oshii (kanan), gambar: cgmeetup.net
November lalu, pada festival film di Tokyo, para fans manga dan anime GITS di Jepang dan sejumlah produser film Jepang sana menyayangkan yang memerankan peran sentral, mayor motoko kusanagi adalah Scarlett Johansson, notebane berasal dari wanita barat, mereka inginnya wanita asia yang jadi kusanagi.

Sementara, pihak Hollywood seakan membiarkan para house produksi memakai para aktor papan atas, seperti Scarlett Johansson (seperti kita ketahui, ia pemeran Black Widow pada Avenger, dan beberapa film Box Ofice keren lainnya), untuk menghasilkan film laris tanpa melihat kecocokan dengan budaya Jepang (Asia pada umumnya), seperti GITS ini.

Untungnya trailer pembuka film GITS yang hampir sama dengan konsep animenya pada 1995, dimana memperlihatkan proeses pembuatan shell tubuh mayor kusanagi, cukup membawa angin segar terhadap film ini, kata Kenji Kawai (penilai film di Jepang sekaligus komposer musik GITS). Lalu, Mamoru Oshii, yang dulu pernah menggarap animenya, memilih melihat filmnya nanti, dan mendukung sepenuhnya keberhasilan film ini.
Sementara itu, hampir tidak ada komentar berarti dari Masamune Shirow, si pembuat GITS, saat event di Tokyo berlangsung. Ketika banyak kritikan meluncur pada film ini, Shirow lebih memilih absen dan sibuk dengan pekerjaan dan fans nya.

Terlepas dari kritikan dari sana sini, Melihat trailernya di youtube diatas, ghost in the shell yang akan tayang sekitar bulan maret 2017 ini, memiliki jalan cerita seperti ghost in the shell animenya tahun 1995.

Di manga dan animenya, mayor kusanagi merupakan prajurit no 1 divisi anti kejahatan cybernatic divisi 9, yang loyal terhadap pekerjaan dan tanggung jawabnya. Namun, kasus terakhir yang ditangani kusanagi membawa dirinya mempertanyakan identitas asli nya serta kebenaran di balik teknologi cyborg, dan ini adalah cerita inti dari GITS.

Dengan munculnya ghost in the shell di layar kaca Box Ofice, harapan besar kita dapat menikmati suguhan film berkualitas dengan jalan cerita menarik dan tentunya bernostalgia bagi yang menyukai manga dan animenya. Must watch next year!!!!

Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/Ghost_in_the_Shell_(2017_film)
http://www.forbes.com/sites/olliebarder/2016/11/20/the-live-action-ghost-in-the-shell-needs-to-be-more-than-a-visual-facsimile-in-order-to-succeed/#21e9ae6c5c4c
https://www.theguardian.com/film/2016/apr/15/scarlett-johanssons-role-in-ghost-in-the-shell-ignites-twitter-storm

No comments