Hot Info

10 Aliran Sungai Terbaik Untuk Disinggahi


Aliran sungai sangatlah penting bagi kehidupan manusia, mulai sebagai sumber air bersih, irigasi lahan pertanian, jalur transportasi masyarakat hingga sebagai pembangkit listrik ramah lingkungan, sebuah sungai ibaratnya “pembuluh nadi” yang menghidupi planet bumi kita.
Mereka juga dapat jadi salah satu tempat menyenangkan di bumi untuk di jelajahi. Daya tarik setiap aliran sungai di permukaan bumi bermacam-macam, bisa dari keliarannya/kealamiannya, arus airnya, desa yang dilaluinya hingga pemandangan yang tidak dapat ditemui di tempat lain.
Seperti kesepuluh aliran sungai terbaik berikut, yuukeren membuatnya berdasarkan:
  • Scenic: kecantikan fisik sungai, ada tidaknya air terjun, warna, drama yang membentuk panorama sungai tersebut.
  • Wildlife: Keragaman dan kepadatan flora dan faunanya.
  • Culture: Keragaman, dalam tidaknya akses kultur lokal, seperti desa-desa yang belum terjamah, peninggalan zaman pertengahan.
  • Adventure: Faktor tantangan topograpi aliran sungai.
  • Activity Option: Berperahu (rafting), melihat binatang liar, berjalan kaki (hiking), bersepeda (biking), dan lain-lain. (Data dari cnn.com)

10. Sungai Volga 

Sungai Volga , gambar: youtube.com
Scenic: 3
Adventure: 2
Wildlife: 2
Culture: 3
Activity: 2


Berdasarkan pepatah penduduk setempat, seseorang belum mengenal Rusia jika belum mengenal Volga. Aliran sungai Volga melilit di tengah-tengah Rusia, penduduk disana menyebutnya “Mother Volga” , karena memang aliran sungai ini melewati 11 dari 20 kota besar di Rusia, termasuk ibu kota Rusia, Moskow.

Untuk menikmati aliran sungai volga ini, para turis biasanya mengambil rute dari utara Moskow hingga kota St.Petersburg, atau sebaliknya. Cabang sungai Volga masuk kedalam dua kota ini, yang memiliki banyak bangunan bersejarah, semisal gereja dengan kubah seperti bentuk bawang mencolok. Yang perlu diketahui, kunjungilah Volga saat musim panas tiba, karena saat musim dingin, airnya membeku.

9. Sungai Nil

Sungai Nil, gambar: cloudinary.com
Scenic: 4
Adventure: 3
Wildlife: 3
Culture: 4
Activity: 2
Aliran sungai nil melewati hampir 11 negara di benua Afrika, dan dinobatkan sebagai sungai paling panjang di dunia. Sungai ini dimulai dari kota Alexandria, tepatnya lembah para raja, lalu mengitari monumen kuil Luxor, sungai nil telah menjadi bagian sejarah yang tidak terpisahkan dari negara Mesir.

Jalan terbaik untuk menikmati sungai ini, yakni dengan menumpang kapal wisata yang banyak ditawarkan disana, duduk manis sambil melihat aktivitas penduduk di sepanjang sungai, yang telah menemani kehidupan mereka dari generai ke generasi hampir 5000 tahun lamanya.

8. Rio Futaleufu

Rio Futaleufu, gambar: bbxrafting.com
Scenic:3
Adventure: 5
Wildlife:  3
Culture: 1
Activity: 4
Sumber airnya berasal dari lelehan danau gletser, aliran sungai Rio Futaleufu merupakan jeram sungai yang patut untuk di taklukan bagi para penyuka olahraga ekstrim. Cabang sungai melewati rangkaian pegunungan Andes dan riamnya jauh sampai ke selatan negara Cili.

Dari kejauhan, aliran ini kelihatan sempit melewati hutan lebat dan tebing granit khas daratan Patagonia. Jalur air ini juga terkenal sebagai tempat memancing, memanjat, hiking, bersepeda dan berkukda, karena memang pemandangan di sekitar sungai sungguh memanjakan mata.

7. Sungai Gangga

Sungai Gangga, gambar: routern.com
Scenic:3
Adventure: 4
Wildlife: 1
Culture: 5
Activity:  3
Terkenal sebagai salah satu tempat terpadat di India, sungai gangga bukanlah aliran sungai yang cantik dan bersih, namun daya tariknya berasal dari kesakralan tempat ini bagi penganut agama Hindu.

Banyak peziarah yang berkunjung ke bagian sungai gangga (kota suci Varanasi) untuk bersuci (mandi) atau menebarkan abu hasil kremasi keluarganya. Mereka meyakini, air sungai gangga adalah menolak bala dan sebagai jalur ke tempat alam akherat. Terlepas dari itu semua, bagian sungai gangga, khususnya di kota Rishikesh memiliki aliran yang cukup terkenal sebagai tempat rafting/berperahu.

6. Sungai Kenai

Sungai Kenai, gambar: history.com
Scenic: 4
Adventure: 4
Wildlife: 5
Culture: 1
Activity:  3
Memiliki panjang 132 kilometer membelah Alaska, aliran sungai Kenai merupakan destinasi wisata populer di negara bagian Amerika paling utara tersebut. Sumber air nya berasal dari lelehan gletser, sehingga kualitas airnya bersih dan baik untuk memancing.

Setiap tahunnya, ribuan ikan salmon bermigrasi dari hilir ke hulu, dan kesempatan ini tidak di sia-siakan oleh beruang coklat Grizzly, yang merupakan raja hutan disana. Tempat ini dapat ditempuh selama tiga jam bekendara dari kota Anchorage. Namun, bagi yang suka tantangan, menggunakan kayak adalah pilihan tepat untuk menikmati keperawanan sungai Kenai.

5. Danube dan Rhine

Danube dan Rhine, gambar: panoramio.com
Scenic: 5
Adventure: 3
Wildlife: 2
Culture: 5
Activity: 2 
Ini dia salah satu aliran sungai di Eropa yang patut dijelajahi, yakni sungai Danube dan Rhine. Kedua sungai ini terkoneksi baik dengan 12 negara di seluruh Eropa. Disepanjang bantaran sungai banyak berdiri bangunan khas zaman pertengahan, mulai dari gaya baroque, gothic dan renaissance. Semuanya dapat dinikmati melalui kedua sungai tersebut.

Sangat dimungkinkan menjelajahi kedua sungai ini dengan menggunakan kapal pesiar, karena sungai nya cukup lebar. Diatas kapal kita dapat melihat pemandangan menakjubkan beberapa kota besar seperti Melk di Austria, Bratislava di Slovakia, Budapest di Hongaria dan Vidin di Bulgaria.

4. Sungai Sepik

Sungai Sepik, gambar: ropemaker.net
Scenic: 3
Adventure: 5
Wildlife: 3
Culture: 5
Activity:  2
Sering disebut Amazonnya Asia-Pasifik, Sungai sepik yang berada di dalam negara Papua Nugini menawarkan pengalaman penjelajahan kelas dunia. Keragaman ekosistem di perairan tersebut, ibaratnya seperti keberadaan gunung Alpen di Benua Eropa.

Aliran sungai bersumber dari mata air pegunungan, melewati rindangnya pepohonan hutan hujan tropis, berikut kawasan mangrove yang berhilir ke utara Papua Nugini, dan akhirnya keluar ke laut Bismarck. Aliran Sepik disebut-sebut sebagai salah satu perairan yang belum berubah selama ratusan tahun. 

3. Rio Cahabon

Rio Cahabon, gambar: flickr.com
Scenic: 4
Adventure: 5
Wildlife: 3
Culture: 2
Activity:  5
Hampir semua orang belum pernah mendengar sungai ini, Rio Cahabon terletak di Amerika tengah, tepatnya di Guatemala. Penduduk setempat sering menyebutnya Semuc Champey, karena aliran sungai nya diapit oleh bukit batu kapur, dan disini terdapat jembatan batu yang biasa dilintasi para hikers.

Untuk menjelajahi sungai ini, para pemandu menawarkan jasa sewa perahu. Melalui mereka juga kita akan mengetahui bahwa ada beberapa cabang sungai ini yang mengarah ke gua-gua rahasia, menjadikannya salah satu sungai yang patut untuk di jelajahi.

2. Zambezi

Zambezi, gambar: shearwatervictoriafalls.com
Scenic: 5
Adventure: 5
Wildlife: 4
Culture: 4
Activity:   4
Pemandanga liar yang ditawarkan oleh jernihnya perairan Zambesi, plus panorama cantik dari air terjun Viktoria, menjadikannya kandidat kedua aliran sungai yang patut di jelajahi.
Di tengah aliran sungai ini, tepatnya di perbatasan Zambia dan Zimbabwe, terdapat area bungee jump off, tepat di air terjun paling tinggi di Afrika.

Yang perlu diperhatikan, kita harus selalu didampingi pemandu, karena pada beberapa titik aliran sungai, terdapat hewan liar seperti kuda nil dan buaya. 

1. Amazon  

Amazone, gambar: guim.co.uk
Scenic: 5
Adventure: 5
Wildlife: 5
Culture: 4
Activity:  5
Siapa yang tidak tahu sungai Amazon? Sungai yang memiliki banyak cabang (anak sungai) ini, merupakan kawasan penting di Planet Bumi, karena hutan hujan tropis yang tumbuh di sepanjang aliran sungai adalah cadangan paru-paru dunia. Selain itu, ekosistem Amazon adalah pengerem laju pemanasan global.

Sungai Amazon melewati sembilan negara di Amerika latin, menjadi rumah lebih dari 400 suku asli dan hidupnya beberapa spesies yang belum diketahui. Bagi para petualang, menjelajahi Amazon menggunakan kayak atau sampan merupakan pengalaman yang tidak dapat ditemui di aliran sungai lainnya di seluruh dunia.

Demikian kesepuluh aliran sungai terbaik untuk dijelajahi, semoga informasi kali ini menambah khazanah wawasan kita semua.

Referensi:
http://cnn.com
http://www.telegraph.co.uk

No comments