Hot Info

10 Istana Kerajaan Terindah Yang Masih Berdiri Megah


Daya tarik utama saat kita melihat film keluaran luar negeri yakni rumah-rumah megah yang dibangun zaman dulu, salah satunya istana kerajaan. Istana (palace) merupakan rumah kediaman raja, ratu atau kaisar saat mereka memerintah.

Bentuk istana kerajaan pastinya berbeda, tergantung kepercayaan, sosial dan budaya setempat. Namun, semua istana di seluruh dunia memiliki kesamaan, yakni bangunan tersebut menyimbolkan kemegahan dan kebesaraan raja/ratu/kaisar yang berkuasa kala itu.

Sekarang beberapa istana megah dan indah tersebut telah menjadi salah satu destinasi favorite para turis mancanegara. Dengan berkunjung ke istana kerajaan, para pengunjung seakan berjalan kembali ke masa lampau, mempelajari sejarah kerajaan dan gaya hidup orang-orang kala itu.

Berikut sepuluh istana kerajaan paling indah yang masih berdiri megah di seluruh dunia, Stay tune!

10. Mysore Palace
Mysore Palace, gambar wikimedia.com
Mysore dikenal juga sebagai “Amba vilas palace”, merupakan kediaman keluarga bangsawan India, Wadiyar. Bangsa Wadiyar merupakan bangsa Hindhu-India yang memerintah kerajaan Mysore dari 1399 hingga 1947.

Istana ini sempat mengalami kebakaran saat pesta pernikahan, lalu dikonsruksi ulang pada 1912. Untuk menikmati keindahan Mysore, datanglah pada saat festival Dasara pada bulan September-Oktober, karena pada bulan itu ada parade gajah serta seluruh bangunan istana akan bertaburkan cahaya.


9. Pena National Palace
Pena National Palace, gambar worldfortravel.com
Dibangun diatas reruntuhan bangunan sebelumnya yang terkena gempat besar Lisbon (1755), pada 1842 atas perintah Raja Ferdinand II, maka mulainya dibangun istana baru yang nantinya disebut Pena National Palace.

Kediaman baru Raja Portugal ini masih mempertahankan gaya Roman, cirinya terdapat kubah dan menara. Ciri lain dari pena, yakni warna dinding sengaja dicat merah dan kuning agar bersatu dengan hijaunya tumbuhan yang merupakan simbol bendera Portugal.


8. Schonbrunn Palace
Schonbrunn Palace, gambar alphacoders.com
Memiliki sekitar 1.441 kamar, Schonbrunn merupakan istana yang kemegahannya dapat disandingkan dengan Versailes (Prancis), dan merupakan salah satu daya tarik utama wisata di kota Vienna, Austria.

Schonbrunn dibangun dari tahun 1696 sampai 1712 atas perintah Raja Leopold I, dan  merupakan tempat kegemaran Maria Theresa. Selain bangunannya megah, di sini juga terdapat halaman luas, labyrint atau maze, Gloriette (rumah marmer), bahkan ada kebun binatang paling tua di dunia!!.


7. Chateau de Chambord
Chateau de Chambord, gambar parcduvaldeloire.com
Chateau de Chambord terletak di Loi-et-Cher, Prancis. Istana ini merupakan salah satu tempat di Prancis yang banyak dikunjungi setelah Versailes. Karena hampir semua bangunan masih asli saat pertama kali dibangun.

Dibangun pada zaman pertengahan, nuansa arsitekturnya dipengaruhi semangat Rennaisance kala itu. Dibangun pada 1519 dan diperuntukan untuk Raja Francois I sebagai tempat bermalam sehabis berburu di hutan.

Di dalam Chateau de Chambord terdapat 440 kamar, 365 perapian, dan 84 tangga. Lalu, terdapat juga sebuah kamar besar dan megah, yang tidak lain kamar Francois I saat tinggal disini.


6. Buckingham
Buckingham, gambar wikimedia.org
Sejatinya, Buckingham dibangun sebagai taman untuk tumbuhnya buah mullberry yang dimiliki Raja James I (1603-1625), untuk memproduksi benang-benang sutra dari ulat bulu yang hidup di pohon tersebut. Namun, kesalahan memilih jenis pohon, menyebabkan kegagalan panen, dan akhirnya kompleks tanah tersebut dijual.

Lalu, kompleks tanah tersebut dibeli oleh bangsawan, bernama Buckingham pada 1703, dan diatas tanah tersebut dibangun rumah megah untuk keluarganya. Namun setelah Buckingham meninggal, kompleks ini dibeli lagi oleh pihak kerajaan, tepatnya oleh Raja George III pada 1761 sebagai hadiah untuk sang istri tercinta, Ratu Charlotte.

Semenjak itu, Buckingham mengalami pembangunan dan perluasan hingga terlihat sekarang ini. Hari ini, Buckingham merupakan kediaman resmi ratu Elizabeth II. Istana ini juga menjadi tempat berlangsungnya kegiatan kenegaraan, pernikahan keluarga kerajaan, tempat menyambut tamu negara dan tempat kunjungan pariwisata.


5. Alhambra
Alhambra, gambar gardeningjules.wordpress.com
Sebagian terlihat seperti benteng, sebagian lagi berupa taman, Alhambra merupakan istana indah yang terlihat jelas dari kota Granada, selatan Spanyol. Istana ini dibangun pada abad ke-14 oleh sultan Nasrid.

Keberadaan Alhambra, membuktikan bahwa keterampilan para arsitek muslim dalam membuat bangunan setingkat istana setara dengan arsitek kerajaan Eropa kala itu. Sekarang, Alhambra menjadi salah satu daya tarik turis untuk mengunjungi Spanyol, khususnya ke Granada.


4. Potala
Potala, gambar tibetdiscovery.com
Berada di atas bukit Marpo Ri, 130 meter dari lembah Lhasa, berdiri istana potala setinggi 170 meter, dan merupakan salah satu bangunan paling megah di atas dataran Tibet.

Walaupun konstruksi pertama dimulai pada abad ke-7, bangunan utamanya dibangun pada 1645 pada masa kekuasaan Dalai Lama V, selesai pada tahun 1648. Saat itu bangunan ini disebut Potrang Karpo atau Istana putih.

Antara tahun 1690 dan 1694, dibangun juga the potrang marpo atau bangunan merah. Potala menjadi kediaman resmi Dalai Lama, hingga kerajaan ini hijrah ke India setelah Tiongkok melakukan invasi pada 1959.


3. Topkapi
Topkapi, gambar getyourguide.com
Setelah sultan Mehmed II menaklukan Konstantinopel pada 1453, perintah pertama sultan yakni untuk membangun kediaman pemerintahan baru di sini, yang sekarang dikenal sebagai Istana Topkapi.

Hampir selama empat abad, yakni 1465 sampai 1853, topkapi telah menjadi tempat memerintah para sultan Ottoman. Setiap tahunnya, istana ini mengalami perluasan dan pembaruan.

Saat ini, terdapat empat bagian utama, masing-masing dengan ciri khas islam, yakni kubah-kubah dan menara kecil.


2. Forbidden City
Forbidden City , gambar wikimedia.org
The forbidden city, atau kota terlarang, merupakan istana kekaisaran dinasti-dinasti saat menguasai Tiongkok, tepatnya terletak di kota Beijing. Kota Terlarang ini dibangun pada tahun 1406-1420 atau pada zaman dinasti Ming.

Kompleks ini merupakan bangunan kuno terbesar di dunia. Membentang lebih dari 7 juta kaki persegi dan berisi lebih dari 8,707  kamar. Bangunan ini berumur lebih dari 500 tahun dan dibangun untuk menggambarkan kekuatan politik Tiongkok kala itu.

Total 24 kaisar telah memerintah di sini selama hampir 5 abad, dimana kaisar terakhir adalah Puyi. Sama seperti tembok besar, bangunan ini juga dimasukkan dalam daftar situs warisan dunia UNESCO pada tahun 1987.


1. Versailes
Versailes, gambar youtube.com
Hobi seorang raja zaman dulu tidaklah main-main, bisa menghabiskan anggaran belanja negara!!, buktinya Versailes, istana megah yang ada sekarang ini dululnya merupakan pemondokan yang sengaja dibuat Louis XIII sebagai tempat bermalam sehabis pulang dari hobinya berburu.

Setelah Louis XIV berkuasa, tempat ini mengalami perluasan dan pembangunan di sayap kiri dan kanan bangunan utama, menjadikannya salah satu istana terbesar saat ini.

Lalu pada 1682, versailes resmi menjadi kediaman resmi Louis XIV dan Raja-raja  absolut setelahnya, hingga pada oktober 1789, ketika keluarga kerajaan terpaksa pindah ke Paris saat terjadi revolusi Prancis. 

Sekikan kesepuluh istana kerajaan paling indah yang ada di dunia, semoga informasi kali ini menambah wawasan kita semua.

Referensi:
http://www.happytrips.com/
http://www.wonderslist.com/
http://www.hellotravel.com/

No comments