Hot Info

10 Jenis Lovebird Yang Paling Banyak Dicari Penggemar Burung Di Nusantara



Bagi yang memiliki hobi memelihara hewan peliharaan, khususnya burung, pastinya sudah tidak asing lagi dengan lovebird atau burung cinta. Apalagi belakangan, masyarakat kita lagi “demam” memelihara burung dengan waran bulu cantik satu ini.

Perlu diketahui, lovebird (Agapornis) merupakan burung cantik yang habitat aslinya berasal di benua Afrika. Di sana burung ini terdiri dari sembilan jenis utama, yakni Lovebird :
1. Muka salem (Agapornis roseicollis)
2. Topeng (Agapornis personata)
3. Nyasa (Agapornis lilianae)
4. Pipi Hitam (Agapornis nigrigenis)
5. Fischer (Agapornis fischeri)
6. Abisnia (Agapornis taranta)
7. Madagaskar (Agapornis cana)
8. Muka merah (Agapornis pullaria)
9. Kerah hitam (Agapornis swinderniana)

Namun seiring berjalannya waktu, hasil beberapa penyilangan menghasilkan warna mutasi yang berbeda dengan warna dasarnya. Biasanya loverbird yang sering disilangkan yakni dari jenis muka salem, fischer, dan topeng.

Apabila hasil persilangan berhasil, lovebird anakan akan menghasilkan lovebird dengan warna yang baru, misalnya: lutino, ausralian cinnamon, biru pastel, blorok/pied, albino, blue, partial blue dan  lain-lain.

Selain bulunya yang indah dan cantik, memelihara burung satu ini bisa mendatangkan rupiah. Karena jika kita menyilangkan lovebird, memperoleh warna langka, seperti partial blue, maka satu ekornya saja bisa dihargai 15 sampai 20 juta. Bahkan lovebird yang memenangkan suatu kontes, harganya bisa melambung tinggi, hingga ratusan juta rupiah!!!.

Berikut 10 jenis lovebird yang paling banyak dicari penggemar burung di  Nusantara!!!


10. Pastel
Pastel, gambar pinterest.com
Jenis pastel sering kali menjadi incaran para penggemar lovebird di tanah air. Pasalnya, warna bulunya cenderung lebih kalem dan lembut jika dibandingkan dengan yang lain. Apabila warna lovebird itu hijau tua dan kuning, maka lovebird pastel akan tampil dengan warna hijau muda dan kuning muda.

Walaupun begitu, ada jenis lovebird yang warnanya lebih muda dari pastel, yakni Dilute. Lovebird jenis dilute sering disebut dengan lovebird yang memiliki warna bulu yang telah mencair.

Nah, lovebird pastel yang paling umum dijumpai di Indonesia antara lain, lovebird pastel ijo (Pasjo), lovebird pastel kuning (Paskun), lovebird pastel biru (Pasblue).

9. Cobalt
Cobalt, gambar sendirimu.xyz
Lovebird cobalt lebih dikenal masyarakat Indonesia dibandingkan jenis lainnya karena varian warnanya banyak. Bersama-sama dengan lovebird jenis biru, mereka hampir banyak dicari dan pelihara.

Ciri utama jenis cobalt yakni hampir keseluruhan bagian tubuhnya berwarna biru (telur asin), kecuali bagian kepala hingga leher yang berwarna abu-abu. Namun, ada jenis burung lain yang mirip dengan Cobalt, yakni biru-violet.

Jenis lovebird biru-violet sama-sama memiliki bulu berwarna biru, hanya saja bagian kepalanya berwarna hitam lengkap dengan kaca mata yang indah. Kemudian bagian leher dan dada biasanya berwarna putih.

8. Batman
Batman, gambar birdsplanet.com
Pernahkah mendengar jenis lovebird Batman? Seperti namanya, lovebird ini memiliki warna yang cenderung gelap yaitu hitam dan abu-abu. Meski tidak sepenuhnya berwarna gelap atau hitam, tapi banyak penggemar burung yang menyebutnya lovebird ini Batman. Kalau sudah dewasa, jenis lovebird ini akan terlihat seperti Batman sungguhan. Pasalnya, bagian sayapnya telah berubah menjadi hitam pekat.

7. Olive
Olive, gambar burunglovers.blogspot.co.id
Olive merupakan salah satu dari tiga jenis lovebird berwarna hijau. Lovebird warna hijau ada tiga jenis, di antaranya Hijau Standard (Wild Colour), Dark Green (Hijau Tua), dan Double Dark Green (DD Green) atau biasa disebut Olive.

Jadi, apabila kita memiliki lovebird dengan warna hijau yang sangat tua, sudah pasti itu adalah Olive. Bagian warna hijau ini tidak menyelimuti keseluruhan tubuhnya, melainkan hanya bagian dada, sayap, punggung, hingga ujung ekor saja. Untuk kepalanya sendiri, biasanya berwarna orange, kuning, abu-abu atau hitam dan pink.

6. Australian Cinnamon
Australian Cinnamon, gambar beaksqueaks.com
Australian cinnamon lebih mirip dengan jenis pastel, di mana warna bulunya lebih soft dan kalem. Namun, bila keduanya disejajarkan, maka yang paling terlihat soft adalah lovebird Australian cinnamon.

Pasalnya, hampir keseluruhan warna tubuh jenis lovebird ini terlihat lebih muda dan bersih dari warna bulu lovebird yang lain. Kalau dilihat dari jarak jauh, sepertinya varian warnanya tidak akan terlihat dan lebih jelas terlihat warna putihnya saja.

5. Albino
Albino, gambar burunglovers.blogspot.co.id
Mungkin beberapa dari kita pernah melihat atau bahkan memiliki jenis lovebird satu ini, Albino. Yup, lovebird dengan warna bulu putih polos ini memang cukup unik karena tidak memiliki variasi warna lain. Sebagian orang menyukai burung jenis ini karena terlihat bersih.

Lovebird albino cukup langka di Indonesia, tetapi harganya tidak semahal lovebird Merah. Kalau harga Lovebird Merah mencapai Rp 1 jutaan ketika masih muda, maka harga Lovebird Albino hanya Rp 700 ribuan saja.

4. Lutino
Lutino, gambar burunglovers.blogspot.co.id
Jenis lovebird ini dikenal memiliki warna bulu dominan kuning, merah atau orange. Biasanya, bagian tubuhnya berwarna kuning, sementara bagian kepala berwarna merah atau orange.

Lutino termasuk jenis lovebird dengan nilai jual paling tinggi, karena warnanya yang cerah. Lovebird lutino berusia 2 – 3 bulan dijual seharga Rp 2 jutaan, sementara lutino usia 5 – 6 bulan bisa mencapai Rp 7 jutaan. Lovebird jenis ini juga sering diikutkan lomba, terutama lomba kecantikan warna dan kicauan.

3. Blorok
Blorok, gambar burunglovers.blogspot.co.id
Blorok termasuk salah satu jenis lovebird yang unik, sebab warna bulunya tidak selalu memiliki dominan warna tertentu. Warna bulu blorok biasanya tumpang tindih antara warna putih dengan warna yang lain.

Beberapa jenis blorok diantaranya lovebird parblue blorok dan lovebird merah blorok. Jenis lovebird ini sangat mudah dikenali karena warnanya terlihat seperti gradasi dari warna-warna yang lain. Karena fakto inilah, harga jual nya pun cukup tinggi, untuk parblue blorok dipatok sekitar 5-8 juta/ekor.

2. Parblue
Parblue, youtube.com
Parblue atau partial blue (sebagian biru) merupakan primadona lovebird, karena siapa saja yang memeliharanya dipastikan banyak yang mengincarnya. Jenis lovebird ini termasuk kategori langka dan unik.

Keunikannya berasal dari warna bulu dari punggung hingga ekor belakang berwarna biru sedangkan dada dan kepala berwarna putih, kuning atau orange. Parblue pertama kali ditemukan oleh Felix de Valle dari Amerika. Setelah itu, Parblue dikembangkan di daratan Eropa, hingga akhirnya sampai ke Indonesia.

Jenis lovebird Parblue yang paling terkenal di dunia adalah fischer parblue dan personata parblue. Harganya pun mulai diatas 10 jutaan!!.

1. Halfsider
Halfsider, gambar flickr.com
Terakhir jenis lovebird paling banyak dicari yakni halfsider. Halfsider merupakan lovebird yang paling langka dan sangat sulit dikembangbiakkan. Lovebird jenis ini mempunyai perpaduan warna yang unik, yakni pembagian warna pada badan, punggung, sayap dan ekor tepat di tengah-tengah.

Jadi, kalau dilihat dari samping, seperti terdapat dua ekor burung dalam satu sangkar. Untuk harga, tak perlu ditanyakan lagi, harganya bisa lebih mahal dari partial blue.

Demikian kesepuluh lovebird paling banyak dicari di pasaran, semoga informasi kali ini menambah wawasan kita semua.

Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Burung_cinta
https://en.wikipedia.org/wiki/Lovebird

No comments