Hot Info

10 Kastil Paling Indah Yang Pernah Dibangun Manusia


Sebuah kastil lumlrah dibangun pada zaman pertengahan di benua Eropa dan sebagian Asia Timur oleh para bangsawan. Bentuknya menyerupai istana, terbuat dari batu, terlihat kokoh, megah dan dapat berfungsi sebagai benteng, menjadikannya bangunan serbaguna pada waktu itu.

Sepanjang sejarah, tidak sedikit kastil yang dibangun berkaitan erat dengan kejadian peristiwa  besar, seperti windsor kastil yang sekarang dijadikan istana kerajaan Inggris, dulunya merupakan benteng terkuat untuk mempertahankan kota London dari serangan yang berasal dari aliran sungai Thames.

Biasanya, riwayat sebuah kastil selalu diiringi dengan berbagai kisah menarik kehidupan pemilikinya, seni dan teknologi pembangunan, peperangan, dan motif yang melatarbelakangi pembuatan sebuah kastil, sehingga menjadi sebuah legenda.

Berikut sepuluh kastil paling indah yang pernah dibangun manusia yang patut untuk dikunjungi. Enjoy read!!

10. Hohenwerfen Castle
Hohenwerfen, gambar markmarissink.com
Hohenwerfen castle disebut juga hohensalzburg telah ada sejak abad ke-11 dan diperluas pada abad ke-14. Disekeliling Hohenwerfen, terlihat pegunungan Alpen, dan gunung Tennengebirge, menjadikannya lokasi favorite untuk wisata alam di Austria.

Dengan panjang bangunan 250 meter dan lebar 150 meter, Hohenwerfen dibangun di atas kota Werfen, tepatnya diatas lembah Salzach. Karena dibangun diatas tebing, kastil ini dapat dilihat dari kejauhan kota Werfen, sungguh sedap dipandang mata.


9. Kilkennya Castle
Kilkenny castle, gambar deviantart.net
Terletak di Irlandia, dibangun sekitar abad ke-12 oleh William Marshal, pendiri pertama kerajaan Irlandian. Kastil ini melilndungi wilayah utara irlandia sepanjang sungai Nore dan beberapa wilayah sekitarnya.

Ciri utama bangunan ini yakni terdapat menara dengan diameter besar di setiap sudut, dan bentuk bangunan seperti hruf u. Sekarang, bangunan ini sering dikunjungi dan tempat berlangsungnya konfrensi serta perayaan nasional.


8. Château de Chambord
Château de Chambord, gambar paris10.ru
Salah satu kastil paling populer di dunia, karena seni bangunannya, sangat kentara dengan zaman renaissance. Terletak di prancis, bangunan ini sejak awal dibangun sampai sekarang, belum komplit secara keseluruhan.

Dibangun oleh raja Franqois I, dibangun untuk keperluan pemondokan raja saat berkunjung ke chambord untuk berburu. Sekarang dibuka untuk umum sejak 2007 silam, dan telah menarik turis mancanegara sebesar 700 ribu setiap tahunnya.


7. Durham Castle
Durham castle, gambar panoramio.com
Sebuah benteng pertahanan Inggris di utara, pertama kali dibangun atas perintah William si penakluk sekitar abad ke-11. Mengalami beberapa perombakan, hingga menjadi sebuah kastil sekaligus garis depan pertahanan utama bangsa Inggris waktu itu.

Bentuk bangunan segi enam atau hexagonal, terletak diatas bukit, menjaga kota yang ada di belakangnya. Karena nilai historis dan keindahannya, UNESCO menjadikannya salah satu bangunan arsitektur yang dilindungi.


6. Edinburgh Castle
Edinburg castle, gambar anglotopia.net
Latar belakang pembangunan Edinburgh castle sampai saat ini masih diliputi misteri. Dari sajak cerita setempat, bangunan yang terbuat dari batu keras ini diisyaratkan telah ada sejak abad ke-6. Pada akhirnya dikuasai oleh bangsa scottish, menjadi pusat kekuatan kerajaan skotlandia pada abad ke-12.

Untuk mencapai Edinburgh castle, sekarang pengunjung dapat melewati Portcullis gate amidst, dan diperjalanan menuju kastil, kita akan melihat berdirinya patung Robert the bruce dan william wallace, pahlawan skotlandia.


5. Alcazar of Segovia
Alcazar of Segovia, gambar archidom.info
Kastil terbuat dari tumpukan batu putih, Segovia castle, bentuknya seperti haluan kapal, cukup unik dan berbeda dengan semua kastil yang ada di Eropa. Terletak di atas bukit bebatuan, Alcazar telah berdiri sejak abad ke-12 .

Awalnya, bangunan ini diperuntukan sebagai istana kerajaan, namun seiring berjalannya waktu, tempat ini pernah dijadikan sebagai penjara dan akademi militer. Saking uniknya, Segovia castle telah menginspirasi Walt Disney dalam pembuatan film Cinderella.


4. Windsor Castle
Windsor castle, gambar wikimedia.org
Sempat disinggung diatas, Windsor castle dulunya merupakan sebuah benteng yang dibangun demi melindungi kota London dari serangan musuh yang memanfaatkan aliran sungai Thames. Dari utara, saat itu ancaman pemberontak dari bangsa skotlandia, dan dari selatan invasi Prancis.

Seiring berjalannya waktu, Windsor mengalami pembangunan fisik, dan akhirnya dijadiakan kediaman resmi raja-raja Inggris, Saat ini hampir 500 orang bekerja dan hidup di Windsor castle.


3. Prague Castle
Prague castle, gambar thousandwonders.net
Salah satu kastil paling megah, tua dan indah di dunia, Prague castle, masih berdiri kokoh di Republik Ceko. Dibangun sekitar abad ke-9, memiliki panjang total 570 meter dan lebar 130 meter.

Semua struktur bangunan mengikuti gaya Romania abad ke 10 dan arsitektur Gothic dari abad ke 14. Dibangun atas perintah pangeran Borivoj dari dinasti Premyslid, Di dalam kastil, terdapat gereja St. Vitus dan St. George Basilica, yang memberikan kesan agamis.


2. Neuschwanstein Castle
Neuschwanstein Castle, gambar holiday-tips.com
Kastil paling romantis, sebutan ini cocok disandang Neushwanstein castle, karena keindahan puncak menaranya serta ciri khas menara-menara kecil asli Bavaria. Disamping itu, letaknya yang berada paling atas, di wilayah Hohenshwangau, menjadikannya tempat favorite raja Ludwig II.

Dibangun pada zaman keemasan bangsa Eropa, dimana seni diwujudkan dalam bentuk nyata, yakni sebuah bangunan megah, menjadikan kastil ini paling indah di tengah-tengah Benua Eropa.

Dari atas menara, kita bisa melihat panorama menakjubkan, lembang pegunungan Alpen, apalagi sambil minum, makan dan ngobrol, seperti berada di negeri dongeng. Dengan dinding putihnya, bangunan ini banyak menginspirasi industri besar, misalnya maskot Disneyland.


1. Mont Saint Michel
Mont Saint Michel, gambar yahoo.com
Unik, indah, dan menarik, mungkin tiga kata ini tepat untuk menggambarkan keberadaan Mont Saint Michel. Terletak di Prancis, dikatakan unik karena dibangun diatas secuil pulau, batu tidal dengan tinggi 92 meter, yang sering terjadi pasang surut air laut.

UNESCO telah menetapkan kastil Normandy ini sebagai salah satu warisan dunia, dan sekarang hanya dihuni beberapa belas orang saja, namun setiap tahunnya bangunan ini dikunjungi lebih dari 3 juta turis. Menariknya, kastil ini hanya dapat dikunjungi dengan berjalan kaki saat terjadi surut air laut.

Arsitekturnya pun cukup indah dan unik, untuk mencapai bangunan utama yang ada di tengah atas, kita harus berjalan mengelilinginya setengah lingkaran, bolak-balik. Konon, arsitektur Mont Saint Michel menginspirasi JRR Tolkien dalam mendisain kota imajinasi, Minas Tirith, pada legendarium middle earthnya.

Sekian kesepuluh kastil paling indah yang pernah dibangun manusia, semoga informasi kali ini menambah wawasan dan inspirasi pembaca semua.

Referensi:
http://wikimedia.org/
http://www.huffingtonpost.com/
http://10mosttoday.com/

No comments