Hot Info

10 Monolit Terbesar Di Dunia, Satu Diantaranya Ada Di Indonesia


Monolitmerupakan suatu deformasi unik di atas permukaan bumi berupa bukit/gunung yang tersusun dari batuan tunggal yang masif. Deformasi atau bentukan alami ini biasanya muncul karena proses erosi yang terus menerus selama ratusan tahun, dan menyisakan batuan metamorf yang sangat keras, disebut monolit.

Secara harfiah, monolit berasal dari bahasa Yunani (monolithos), yang artinya batu tunggal. Seringkali monolit di sama artikan dengan bangunan besar (megalith), sehingga para ahli geologis menyarankan penggunaan istilah monadnock atau inselberg untuk menggambarkan bukit/gunung yang berdiri sendiri diantara area sekelilingnya.

Perlu diketahui juga, Mount Augustus yang selama ini dikira monolit (terletak di Australia Barat), sesungguhnya adalah monocline, yakni bukit/gunung yang terdiri dari satu hingga dua batuan yang berbeda. Mount Augustus dikira monolit, karena kepingan batuan kedua berada di bawah lapisan pertama yang tertutupi tanah.

Berikut sepuluh monolit paling besar di dunia, dan salah satunya ada di Indonesia, Enjoy read!!!


10. Ben Amera
Ben Amera, gambar versesofuniverse.blogspot.com
Keberadaanya tersembunyi di tengah-tengah padang pasir, seakan menunggu untuk di temukan oleh para pengunjung di seluruh dunia, The Ben Amera merupakan batu raksasa yang letaknya di Mauritania.

Dari penelitian, monolit ini terdiri dari satu batu utuh yang telah mengalami erosi terus menerus hingga bentuknya seperti saat ini. Terletak 5 km dari Tmeimichat, desa kecil yang letaknya antara Nouadhibou dan Zouerate.


9. Pena de Bernal
Pena de Bernal, gambar mexicocarrental.mx
Pena de Bernal merupakan monolit terbesar di negara Meksiko, tepatnya di San Sebastian Bernal, negara bagian Queretaro. Tingginya sekitar 350 meter diatas permukaan tanah, dan dibawahnya terdapat kota kecil Bernal. 

Diperkirakan, monolit ini terbentuk sekitar 100 juta tahun yang lalu, saat periode Jurassik, dimana kala itu tingginya tiga kali lipat dari tingginya sekarang ini.


8. Rock of Gibraltar
Rock of Gibraltar, gambar insidehook.com
Batu Gibraltar terletak di selatan pesisir negara Spanyol, namun kepemilikannya dibawah naungan kerajaan Inggris. Karena tempat ini begitu strategis, seakan menjadi pintu masuk keluarnya kapal-kapal yang akan singgah ke mediterania, Inggris enggan melepasnya hingga kini.

Memiliki tinggi 426 meter, bukit ini terdiri dari batu kapur tunggal terbesar di dunia. Dibawahnya menjadi rumah sekitar 27.800 jiwa dan diatasnya hidup 250 satwa langka (kera eropa). Berdasarkan mitologi Yunani, batu gibraltar menjadi penanda bagi Herkules keluar masuk dunia nyata dan dewa.


7. Stawamus Chief
Stawamus Chief, gambar widelec.org
Memiliki tinggi 702 meter dari atas permukaan tanah, Stawamus Chief berdiri kokoh dengan tebing curamnya. Penduduk setempat sering menyebutnya Chief saja, dan Stawamus termasuk satu dari 3 monolit batu granit terbesar di Amerika Utara.

Semua puncak Chief dapat diakses melalui jalur yang telah dilewati oleh para hiking. Memang sulit untuk mencapai puncak, namun jika kita berhasil, pemandangan indah Howe Sound dan kota dibawahnya menunggu untuk memanjakan mata para climber yang kelelahan.


6. Bukit Kelam
Bukit Kelam, gambar dreamindonesia.me
Terletak dekat kota Sintang, kalimantan Barat, Bukit kelam atau disebut juga bukit hitam merupakan batu raksasa yang berada di Nusantara. Monolit ini memiliki tinggi sekitar 900 meter.

Menurut dongeng yang beredar tentang batu ini, dikisahkan monster raksasa menginginkan seorang putri Dara Juanti, namun seorang pelindung kerajaan mengutuk monster tersebut hingga mati, dan menjadi batu raksasa. Ada juga yang menceritakan bahwa Bukit Kelam adalah sebongkah batu yang dipikul oleh seorang tokoh sakti bernama Bujang Beji untuk membendung sungai Kapuas, karena sesuatu hal, tali pengikat batu putus sehingga batu yang dipikul Bujang Beji jatuh di kawasan lembah sekarang ini.  Hmmmm!!!

Namun teori yang mendekati yakni Bukit Kelam adalah sebuah batu meteor yang jatuh jutaan tahun lalu.  Hal ini diperkuat dengan kontur tanah menuju Bukit Kelam dari arah Sintang yang bergelombang seakan dijatuhkan dari atas Bumi.


5. El Capitan
El Capitan, gambar divergentmedia.com
Salah satu pemandangan skenik dari taman nasional Yosemite yakni berdirinya monolit batu granit, El Capitan setinggi 910 meter yang tepat berada di lembah Yosemite. 

Keberadaan El Capitan telah menjadi surga bagi para penantang adrenalin untuk memanjat tebing yang dikenal curam ini. Pada tahun 1958, Warren J harding, Wayne Merry dan George Whitmore tercatat sebagai pemanjat pertama puncak El Capitan.


4. El Penon de Guatape
El Penon de Guatape, gambar pinterest.com
El Penon de Guatape merupakan satu buah batu masif setinggi 200 meter yang terletak di atas tanah Guatape, Kolombia. Walaupun tingginya hanya 200 meter, namun hampir seluruh permukaan batu mulus tanpa cacat, kecuali satu patahan yang telah digunakan para climber untuk memanjat.

Di puncaknya terdapat tempat sembahyang penduduk Tahamies Indians, dimana untuk mencapai puncaknya, telah dibangun 649 anak tangga, pada area patahan tadi.


3. Zuma Rock
Zuma Rock, gambar wikimedia
Selain terkenal akan padang pasir saharanya, ternyata benua Afrika pun menyimpan batu-batu besar nan indah, salah satunya Zuma rock. Terletak di Nigeria, tepatnya sebelah utara ibu kota Abuja. Untuk mencapai monolit ini kita cukup berkendera dari Abuja menuju Kaduna, saat diperjalanan batu besar ini pun akan memperlihatkan bentuknya.

Walaupun lebarnya hanya sepertiga dari Uluru, namun tingginya dua kali lipat, yakni 725 meter diatas permukaan tanah. Menariknya,  jika memperhatikan secara teliti, di tengah-tengah batu terdapat gambar wajah seseorang, persis pada bagian putih batu ini. 


2. Uluru/Ayers Rock
Uluru Rock, gambar mostbeautifulspots.com
Uluru atau dikenal juga sebagai Ayers Rock merupakan salah satu monolit terbesar di Australia, tepatnya 335 km barat daya dari kota Alice Springs. Bukit tunggal ini terdiri batu pasir atau paras yang bersatu setinggi 348 meter dan jika diukur panjangnya, mempunyai keliling 9,4 km.

Menariknya, pengunjung dapat melihat perubahan warna merah bata pada monolit satu ini. Perubahan warna terjadi saat terbit dan tenggelamnya matahari.


1. Brandberg
Brandberg, gambar nasa.gov
Brandberg merupakan gunung berbentuk dome raksasa, terdiri dari batuan granit, sisa letusan pada zaman Cretaceous, sekitar 130-132 juta tahun yang lalu. Gunung ini merupakan monolit terbesar di dunia, memiliki tinggi 2.573 meter dari permukaan laut dan luasnya hampir 650 km persegi!!.

Letaknya di barat laut padang pasir Namib, Damaraland, Namibia, Afrika. Nama Brandberg sendiri berasal dari bahasa Jerman-belanda, yang artinya gunung api, sedangkan penduduk setempat menamainya The Damara (gunung terbakar). Penamaan ini datang dari warna merah seperti api/terbakar di kala terkena sinar matahari.

Keeksotisan tempat ini menjadikannya Brandberg menjadi tempat syuting film Mad Max, yang diputar tahun lalu.

Demikian kesepuluh monolit paling besar versi yuukeren, semoga informasi kali ini menambah khazanah wawasan kita semua.

Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/Monolith
https://en.wikipedia.org/wiki/Brandberg_Mountain
http://www.touropia.com/
http://www.cityhangaround.com/

No comments