Hot Info

10 Ngarai Paling Indah Di Dunia, Satu Diantaranya Ada Di Indonesia


Ngarai atau canyonmerupakan jurang dalam diantara tebing atau rangkaian pegunungan, dan umumnya terbentuk akibat aktivitas erosi secara terus menerus, mengikis bebatuan di bawahnya dalam kurun waktu yang lama hingga menghanyutkan bebatuan yang mudah tergerus oleh air.

Erosi tersebut berasal dari air sungai yang meluap, air hujan bahkan bisa berasal dari air laut yang terperangkap selama jutaan tahun lalu (teori terbentuknya grand canyon di AS). Di dunia ini banyak sekali ngarai yang telah tebentuk dan menjadikan permukaan bumi indah dan sedap dipandang mata.

Berikut 10 ngarai terindah yang ada di permukaan bumi ini, dan salah satunya ada di Indonesia


10. Fjaðrárgljúfur Canyon, Islandia
Fjaðrárgljúfur, gambar Pinterest.com
Ngarai ini berlokasi di tenggara negara Islandia, dan merupakan salah satu canyon terindah di dunia. Dengan ketinggian hingga 100 meter dan panjang 2 km, canyon ini dibentuk oleh erosi aliran sungai Fjaðrá, dipercaya air sungai berasal dari cairal gletser yang memotong bebatuan palagonite yang menghadang selama jutaan tahun.

Saat menelusuri ngarai, kita akan menemukan sisi tebing terlihat licin, dengan alur berkelok-kelok dan sempit. Jika beruntung, jauh di hulu sungai, kita akan menemukan air terjun.


9. Colca Canyon, Peru
Colca canyon, gambar sueniolatinuamericano.blogspot.com
Colca canyon merupakan ngarai yang terbentuk akibat erosi aliran sungai Colca selama jutaan tahun pada bebatuan pegunungan Andes. Selatan negara Peru. Jurang Colca Canyon dua kali lebih dalam dari Grand Canyon miliki Amerika, namun dinding ngarai kurang curam. 

Salah satu hal yang membuat Colca menarik yakni, pemandangan yang sungguh memanjakan mata, yakni burung langka, Andean Condors. Selain itu akibat perubahan suhu,  dinding pegunungan andes  seakan berwarna warni.


8. Ngarai Sianok, Indonesia
Ngarai sianok, gambar indonesia.travel
Di Indonesia juga terdapat ngarai yang cukup indah dan unik karena dinding tebing ditumbuhi sejumlah tumbuhan, Yup, ngarai Sianok, terletak di Bukittinggi, Sumatera Barat, telah menjadi destinasi wisata populer di pulau sumatera.

Di dalam ngarai terdapat sungai sianok yang membentang sepanjang 15 km, dengan tinggi tebing 100 meter, dengan sudut kemiringan 90 derajat pada beberapa sisi.  Karena ditutupi pepohonan, disini terdapat beberapa hewan liar khas sumatera, seperti monyet sumatera, burung kuau raja, hingga kerbau.


7. Todra Gorge, Maroko
Todra, gambar amusingplanet.com
Jurang Todra terletak di sekitar timur sisi pegunungan tinggi Atlas, dan merupakan salah satu tempat populer para turis yang melancong ke negara Maroko. Saat menjelajahi Todra, kita akan dibuat kagum dengan ketinggian tebing yang bisa mencapai 600 meter, dengan jarak antar tebing sekitar 10 meter di bawah, namun melebar ke atas hingga selebar 160 meter di puncaknya.


6. Antelope Canyon, AS
Antelope, gambar wikimedia.org
Dinding tebing seakan diukir rapi dan dapat memantulkan berbagai warna orange dan ungu, Antelope canyon merupakan salah satu tempat yang banyak diburu fotografer dunia karena keindahan dan keunikannya. Di sini terdapat dua area yang biasa dijelajahi para turis sekaligus fotografer, yakni di atas canyon dan di dasarnya.

Bagian atas maupun bawah Antelope, jarak antar dindingnya cukup berdekatan dan beberapa bagian ada yang bersentuhan satu sam lain. Walaupun ngarai ini sungguh mempesona, para turis yang datang ke sini diimbau untuk berhati-hati, karena pada 1997 silam, pernah terjadi banjir dadakan dan menewaskan 11 pelancong saat sedang berada di area bawah.


5. Blyde River Canyon, Afrika Selatan
Blyde river, gambar zuidafrikaspecialist.nl
The Blyde River Canyon terletak di Mpumalanga di Afrika Selatan, dan merupakan salah satu destinasi para fotografer di seluruh dunia. Faktanya, ngarai ini menyediakan berbagai bentuk ngarai yang berbeda-beda yang tebentang sejauh 25 km dengan jurang rata-rata setinggi 750 meter. Tentunya ini menjadikan Blyde River salah satu ngarai terbesar di dunia.

Hal unik lainnya, karena pada bebeapa bagian dinding ngarai sangat berjauhan, maka di dalam lembah ditumbuhi berbagai jenis fauna dan flaura yang menambah memperkaya keindahan Blyde River Canyon.


4. Gorge du Verdon, Prancis
Gorges Du Verdon, gambar vacancesvuesdublog.fr
Ini dia ngarai unik dan indah selanjutnya, The Gorge du Verdon, terletak di tenggara Prancis. Pada dasar jurang terdapat sungai verdon membentang sepanjang 25 km dengan di batasi dinding lereng setinggi 700 meter, menjadikannya destinasi favorite penduduk eropa dan turis mancanegara.

Dinamakan sungai verdon, karena warna sungai seperti warna batu emerald (biru muda), yang terkesan mewah. Tempat ini sering dijadikan beberapa adegan film, serta tempat untuk memanjat, berjalan, hingga water sport seperti rafting, kayaking, sailing, danwater skiing.


3. Copper Canyon, Meksiko
Copper canyon, gambar bvtravel.com
Faktanya, The Copper Canyon merupakan beberapa ngarai yang terpisah, dan jika disatukan akan lebih besar dari grand canyon di amerika. Copper canyon sendiri terletak di Chihuahua, Meksiko. Naman Copper sendiri diambil dari warna dinding yang kelihatan berwarna merah bata seperti tembaga, saat memantulkan sinar matahari.

Salah satu jalan terbaik untuk menikmati keindahan copper, yakni dengan menggunakan kereta api “Chihuahua al Pacifico”.  Saat menjelajahi cooper canyon, kerata api ini akan melewati setidaknya 37 jembatan dan menerobos 86 terowongan, serta mendaki sampai ketinggian 2.400 meter di atas permukaan laut. Di jendela kereta kita akan melihat berbagai pemandangan indah yang tidak ada pada ngarai lain.


2. Tiger Leaping Gorge, Tiongkok
Tiger leaping gorge, gambar wpadminpost.com
Teh Tiger Leaping merupakan salah satu ngarai paling dalam dan indah yang ada di dunia, terletak di Jinsha River, dekat kota Lijian, Yunan, Tiongkok. Ngarai ini terbentang sepanjang 15 km, didalamnya terdapat sugai yangtze, membelah rangkaian pegunungan di yunan yang mempunyai ketinggian lebih dari 3.000 meter.

Disamping terkenal sebagai ngarai terdalam di dunia, Tiger Leaping juga terkenal sebagai tempat bermukim suku Naxi, yang hidup di sela-sela jurang, tersebar di dusun-dusun kecil. Mereka hidup dengan mengandalkan kesuburan lahan seperti menanam gandum dan tentunya para turis yang berkunjung kesana.


1. Grand Canyon, AS
Grand canyon, gambar wallpapercave.com
Siapa yang tidak tahu Grand Canyon? Saking terkenalnya, banyak iklan ber-setting kan latar belakang ngarai indah ini. The Grand Canyon terletak di utara Arizona dan merupakan salah satu wisata populer para turis yang datang ke Amerika.

Ngarai ini terbentuk sejak jutaan tahun yang lalu oleh erosi sungai Colorado. Namun beberapa ahli ada yang berpendapat, Grand Canyon terbentuk oleh air laut yang terperangkap akibat pergerakan lempeng.

Ngarai ini terbentang sejauh 466 km dengan tebing paling tinggi 1,6 km. The Grand Canyon bukan ngarai terpanjang maupun terdalam di dunia seperti disangka banyak orang, namun bentuk yang menarik, ukuran super besar, dan warna ngarai yang unik menyebabkan menarik banyak turis mancanegara.

Selain sepuluh ngarai diatas, sebenarnya masih ada beberapa jurang nan indah lainnya, mungkin akan dibahas pada kesempatan yang lain. Akhir kata, semoga ulasan kali ini bermanfaat bagi kita semua.

Referensi:
https://id.wikipedia.org
http://www.redbull.com/
https://www.buzzfeed.com/
http://www.touropia.com/
http://www.wonderslist.com/

No comments