Hot Info

25 Merek Jam Tangan Pria Terbaik Tahun 2017


Jam tangan (arloji) merefleksikan gaya hidup setiap orang, termasuk pria. Keberadaannya tidak hanya sekedar alat untuk melihat waktu, namun lebih dari itu, jam tangan dapat menunjukan karakter pemakainya, selera dan gengsi. Salah satu cara untuk memenuhi hasrat itu, yakni dengan memilih merek jam tangan terbaik yang sesuai dengan passion pemiliknya.

Faktanya, saat ini para eksekutif muda mulai memperhatikan apa yang mereka pakai, termasuk merek jam tangan mereka. Hal itu, mendorong bergairahnya industri jam tangan mewah. Bentuk dan model nya pun berkembang mengikuti perkembangan jaman

Berikut Dua Puluh Lima Merek Jam Tangan Pria Terbaik Tahun 2017


25. Casio

Casio, gambar photobucket.com
Casio didirikan oleh Tadao Kashio pada 1964. Perusahaan ini menghasilkan berbagai macam produk elektronik, salah satunya jam tangan elektronik. Jam tangan elektronik digemari karena memiliki banyak fitur, salah satunya mampu menampilkan hari, tanggal, tahun, stopwatch, cahaya, water resistance dan lain-lain.

Salah satu produk andalam Casio dalam urusan jam tangan yakni G-Schock. Merek jam tangan ini dikenal karena ketahannaya terhadap berbagai guncangan yang memang dirancang untuk para pria yang memiliki segudang aktivitas, mulai olahragawan, petualang outdoor dan militer. Hampir semua G-Schock memiliki fitur Stopwatch, penghitung waktu mundur, cahaya dan kedap air.

24. Breguet

Breguet, gambar premiumswitzerland.com
Breguet adalah salah satu merek jam tangan mewah di dunia, didirikan pada tahun 1775 oleh Abraham - Louis Breguet. Mereka yang menemukan teknologi yang disebut dengan Tourbillon (tekhnologi pada jam mekanik baik manual ataupun automatic, yang bertujuan untuk menjaga tingkat akurasi dari pengaruh gaya gravitasi bumi).

Salah satu konsumen penting Breguet yakni Ratu Marie Antoniette. Saat ini, brand ini tergabung dalam Swatch Group (perusahaaan aksesoris mewah). Bersama perusahaan Vacheron Constantin, mereka berdua termasuk dua merek lama yang bertahan hingga kini.

23. Roger Dubuis

Roger Dubuis, gambar perfectclones.co
Termasuk salah satu pendatang baru, Roger Dubuis menggebrak dunia jam tangan mewah dengan karya yang mereka tawarkan, setelah Roger Dubuis berhasil mengajak Carlos Dias (ex desainer Franck Muller) untuk mendisain jam tangan bersama-sama.

Mereka mengenalkan merek Roger Dubuis  pada tahun 1980, tepatnya 14 tahun setelah Roger membantu perkembangan inovasi dari jam tangan Patek Philippe. Sekarang, merek ini tergabung dalam group Richemont (perusahaan barang-barang mewah yang didirikan 1988 oleh Johann Rupert).

22. Hublot

Hublot, gambar monochrome-watches.com
Hublot merupakan merek jam tangan mewah yang didirikan oleh pembuat jam dari Italia, Carlo Crocco pada 1980. Saat ini, merek Hublot tergabung dalam group LVMH, group barang mewah dari Prancis.

Walaupun pendirinya orang Italia, namun ia memindahkan tokonya ke Nyon, Swiss. Salah satu ciri khas jam tangan keluaran Hublot yakni tali pengikat terbuat dari kare alami yang dikembangkan perusahaan selama 3 tahun.

Desain yang menarik membuat jam tangan ini terkenal, misalnya desain yang berbentuk segiempat mengerucut, dan segiempat berlengkung. Jam tangan Hublot menjadi sponsor jam tangan resmi pada FIFA World Cup. Kesuksesannya dicapai melalui seri Big Bang, Classic Fusion, Masterpiece, dan King Power.

21. Tissot

Hublot, gambar monochrome-watches.com
Tissot didirikan oleh Charles Felicien Tissot dan putranya Charles-Emile Tisson di Le Locle, Swiss pada 1853. Awalnya, mereka ingin membuat jam dinding dan rumahan. Seiring berkembangnya mobilitas penduduk, dan keaadaan perang, maka kebutuhan jam praktis pun dibutuhkan, Tissot pun berinovasi dengan menciptakan jam tangan pocket .

Saat ini, merek ini cukup populer di dunia, beberapa bintang tahun 70an, pernah keliatan mengenakan merek ini, seperti Elvis presley dan Sarah Bernhardt. Politikuspun pernah mengenakannya, seperti Nelson Mandela.

20. Audemars Piguet

Audemars Piguet, gambar theswissmonster.blogspot.co.id
Jam tangan super mewah dengan brand Audermars piguet merupakan salah satu model arloji terunik yang ada dipasaran. Di dirikan pada 1875 oleh Jules-Louis Audemars dan Edward-Auguste Piguet, merek jam tangan mewah ini hanya diproduksi 36 ribu buah setiap tahunnya.

Faktanya, Tiffany & Co and Bulgari menggunakan merek ini untuk menjual produk mereka. Merek jam tangan mewah ini juga termasuk salah satu arloji yang menggunakan baja mahal bergaya sport. Pada 1972, mulai dikenalkan desain baru bernama Royal Oak yang lebih modern, sporty dan mewah. Bisa dibilang, dengan cabang merek baru ini (Royal Oak Offshore), Audemars Piguet semakin mantap menjadi produsen jam tangan kelas dunia.

19. Vacheron Constantin

Vacheron Constantin, gambar darakjian.com
Salah satu pemain lama pembuat jam tangan mewah, Vacheron Constantin, di dirikan oleh Jean-Marc Vacheron sekitar tahun 1755 di Jenewa, Swiss. Merek jam tangan ini merupakan salah satu anggota Richemont Group.

Yang memiliki jam tangan buatan vacheron constantin seakan akan membawa “barang pusaka” pada lengannya. Dengan bentuk tradisional yang detail dan presisi, namun tetap berkelas, membuat merek jam tangan ini tidak seperti brand mewah lainnya. Bahkan beberapa tokoh besar pun pernah mengenakan jam tangan buatan Vacheron contantin, seperti Napoleon Bonaparte dan Harry Truman.

18. Patek Phillippe

Patek Phillippe, gambar quillandpad.com
Pada tahun 1839, pembuat jam tangan dari Polandia, Antoni Patek mulai membuat jam tangan saku atau pocket watches di Jenewa. Lalu, pada 1845, Patek bekerjasama dengan pembuat jam dari Prancis bernama Adrien Philippe, dimana Philippe ialah seoarang penemu “key-less winding mechanism” yakni salah satu elemen mesin jam tangan modern.

Akhirnya mereka berdua mendirikan perusahaan bernama Patek Philippe & Co pada 1851. Merek jam tangan asal Swiss ini bergaya kontemporer-elegan dan siapa pun yang memakainya seakan kembali hidup melewati sejarah pembuatannya. Bentuk dan model sengaja dipertahankan se-unik dan se-klasik mungkin, menjadikan merek jam tangan ini memiliki segmen penggemar sendiri.

17. Blancpain

Blancpain, gambar blancpain.com
Blancpain merupakan merek jam tangan mewah yang didirikan pada era 1735 oleh Jehan-Jacques Blacpain. Memasuki abad ke-19, blancpain berkembang menjadi salah satu produsen jam tangan mewah, melalui inovasi model dan bentuk pada wristwatch mereka. Di pasaran, jam tangan ini memiliki banyak varianya mulai dari disain yang minimalis hingga disain yang lebih berkelas, mewah dan elegan. Sekarang, merek ini bagian dari Swatch Group.

Sesuai slogan yang menempel pada brandnya “manufacture de haute horlogerie”, perusahaan ini tidak pernah memproduksi jam tangan bertipe quartz maupun jam tangan digital. Sehingga untuk menjaga kualitas, kapasitas produksi Blancpain sekitar 30 jam per hari, yang dibuat oleh seorang watchmaker (empunya jam).

16. Chopard

Chopard, gambar chopard.com
Mula nya dikenal sebagai pembuat jam tangan mewah, sekarang Chopard dikenal juga sebagai penghasil pernak pernik perhiasan. Di dirikan sekitar tahun 1860an oleh Louis-Ulysse Chopard, si pembuat jam tangan dari Swiss, Chopard masih mempertahankan identitasnya sebagai pembuat jam klasik dan super detail.

Namun, perkembangan teknologi, membaut Chopard berinovasi dengan menggabungkan teknik pembuatan mesin rahasia mereka dengan art dan teknologi, sehingga menghasilkan model terbaru yang lebih indah.

15. Ulysse Nardin

Ulysse Nardin, gambar moneyinc.com
Sejak pertama kali didirikan pada 1846 di Le Locle, Swiss, Ulysse Nardin telah menciptakan jam tangan unik, mewah berbeda dengan merek jam tangan lainnya. Karena memang pendirinya ahli dalam meracik jam tangan pria, dari memilih material yang digunakan, aksesoris, hingga pemilihan warna.

Salah satu karya master piece yang dihasilkan merek ini yakni “trilogy of tme” yang mencerminkan tiga penemuan astronomi dari tiga ilmuan (Galileo, Copernicus dan Kepler). Sekarang pun, keluaran jam tangan terbaru dari Ulysse Nardin selalu dinanti para pelanggan setianya, dari generasi ke generasinya.

14. Jaeger-LeCoultre

Jaeger-LeCoultre, gambar deployant.com
Membahas merek jam tangan mewah, tidak lengkap tanpa memasukan Jaeger-LeCoultre. Sejak dulu Jaeger-Lcoultre berdiri 1833, merek ini dikenal sebagai pembuat jam tangan mechanicalsdengan ornamen muka jam unik dan detail. Oleh karena itu, merek ini terbilang memiliki banyak penggemar dan mengakar hingga ke hati.

Didirikan oleh Antoine LeCoultre, mulanya bermula dari bengkel kecil yang ia sewa di Le Sentier, berkat skill nya dalam horological, maka banyak yang memesan jam buatan LeCourtre. Lalu, saat cucu Antoine yang bernama Jacques-David LeCoultre memegang kendali usaha kakenya, mereka mulai berkolaborasi dengan pembuat jam dari Paris bernama Edmond Jaeger pada 1937, hingga terkenal hingga sekarang.

13. A.Lange & Sohne  

A.Lange & Sohne, gambar monochrome-watches.com
Merek A.Lange & Shone didrikan oleh Ferdinand Adolph Lange pada 1845 di kota Glashutte dekat Dresden, Jerman. Mulanya, perusahaan keluarga ini memproduksi jam saku berkualitas atau pocket watches. Saat Jerman terlibat perang dunia II,anak-anak Lange, Emil dan Richard, membuat jam tangan untuk para tentara Jerman.

Setelah perang usai, tepatnya saat perang dingin brand ini seakan tenggelam, namun setelah reunifakasi dua Jerman pada 1990, melalu cucu Lange, Walter, bersama temannya Gunter Blumlein menghidupkan kembali industri jam Jerman. Sekarang Perusahaan ini lebih memfokuskan membuat jam tangan bertipe mechanical daripada quartz, kecuali beberapa jam tangan edisi khusus. Merek ini juga tergabung dalam group Richemont.

12. Panerai

Panerai, gambar 0024watchworld.com
Salah satu merek jam tangan dari Italia, Panerai, telah mulai menciptakan jam pocket sejak 1860. Berpusat di Milan, Panerai dikenal sebagai perusahaan yang memproduksi jam tangan bergaya bold, simple numeric dengan disain tak membosankan.

Saat didirikan pertama kali oleh Giovanni Panerai, perusahaan ini telah mampu menyuplai kebutuhan jam tangan dan mesin presisi lainnya untuk tentara laut Italia. Kemampuan itu berkat kerja sama penerus Panerai dengan perusahaan sebesar Rolex SA.

11. Piaget SA

Piaget SA, gambar esplendido.net
Piaget SA merupakan perusahaan jam tangan dan perhiasan mewah yang berasal dari Swiss, didirikan pada tahun 1874 oleh Georges Piaget di kota kecil, La Cote aux Fees. Merek jam tangan ini tergabung juga dalam grup Richemont.

Para pembuat jam tangan Piaget mampu memilih material unik dan mewah seperti batu lapis-lazulil, turqoise, onyx dan tiger’s eye untuk dirangkai menjadi jam tangan mewah bergaya simple dan tipis. Pada tahun 2014 lalu, Piaget mengeluarkan produk terbaru nya, yang digadang sebagai jam tangan tipis sedunia, bernama Altiplano 900p.

10. Cartier

Cartier, gambar cartier.com
Merek jam tangan mewah selanjutnya terletak di Paris, Prancis. Didirikan pada 1847 oleh Louis-Francois Cartier, sejak dulu perusahaan ini dikenal sebagai produsen perhiasan dan jam tangan mewah di kalangan para artis dunia. Perusahaan keluarga ini pun mencapai puncak kesuksesan saat dikelola oleh generasi ketiga Cartier (Louis, Pierre dan Jacques).

Walaupun saat ini perusahaan sudah berada diluar kendali keluarga pendirinya, tetapi nama Cartier tetap dipertahankan. Ciri utama jam tangan ini yakni penggunaan bahan bermaterial khusus dan angka jam bergaya romawi. Perusahaan ini juga tergabung dalam grup Richemont.

9. Breitling

Breitling, gambar watchtime.com
Didirikan pada 1884, merek jam tangan mewah, Breitling dikenal karena ketahanannya yang luar biasa dan kepresisiannya. Jam tangan ini terinspirasi oleh dunia penerbangan dan militer sehingga banyak pengguna jam ini berasal dari pilot pesawat terbang. Merek ini juga mengeluarkan disain khusus untuk para penyelam.

Saat breitling didirikan oleh Leon Breitling di Saint-Imier, Berneses Jura, Swiss. Model yang dikeluarkan kebanyakan menggunakan sistem Automatic winding atau pure mecahnical. Prestasi besar merek ini, saat seorang astronot dari program Mercury, bernama Scott Carpenter, meminta Breitling untuk membuat jam tangan dengan Navittimer skala 24 jam.

8. Bell & Ross

Bell & Ross, gambar monochrome-watches.com
Merek mewah asal Prancis, Bell & Ross didirikan oleh Bruno Belamich (sebagai disainernya) dan Carlos A. Rosilo (bisnissman). Produk pertama mereka rilis pada tahun 1992, dengan pembuat jam berasal dari Jerman.

Disain jam tangan Bell & Ross meniru instrumen kokpit pesawat terbang. Ciri lainnya, bentuk dan frame jam tangan detail dan kompleks. Merek ini juga menyediakan jam tangan bagi para penyelam profesional dengan ketahanan sampai 1000 meter.

7. IWC Schaffhausen

IWC Schaffhausen, gambar ablogtowatch.com
International Watch Company atau IWC didirikan oleh Florentine Ariosto Jones pada 1868 di Schaffhausen, Swiss. Saat pertama kali didirikan, jam tangan ini memang memposisikan diri sebagai pembuat jam tangan premium di kelas menengah keatas.

Merek jam tangan IWC telah dikenal sebagai pembuat jam yang mampu mengkombinasikan presisi mesin dengan desain eksklusif. Ruang angka pada jam tangan pun terlihat detail dan indah pada bingkai material yang elegan. Respon pecinta merek jam tangan satu ini pun cukup positif berdatangan di seluruh dunia.

6. Omega

Omega, gambar kingofwallpapers.com
Satu lagi merek jam tangan mewah dari Swiss, Omega. Didirikan oelh Louis Brandt pada 1848, Omega memposisikan perusahaanya sebagai spesialisasi jam tangan pribadi yang mewah, elegan dan bergengsi.

Saat ini, Omega tergabung dalam the swatch group. Beberapa bintang Holywood pun terlihat mengenakan jam tangan merek ini, seperti Daniel Craig, Pierce Brosnan. Michel Schumacher pun tidak ketinggalan pernah memakai jam tangan mewah ini. 

5. Bremont

Bremont, gambar timelessluxwatches.com
Walaupun terbilang merek baru, Bremont telah berhasil melebarkan sayap sebagai penghasil jam tangan pribadi yang mewah dan elegan. Sejak didirikan oleh dua saudara Nick dan Giles English pada 2002 silam, mereka mengakui, inspirasi awal dalam jam tangan mereka adalah bertemakan pesawat terbang dan mekanik.

Saat ini, mereka berfokus pada model dan detail jam tangan yang mempresentasikan tempat kelahiran mereka, yakni Inggris.

4. TAG Heuer

TAG Heuer, gambar youtube.com
Merek jam tangan mewah ini didirikan pada tahun 1860 oleh Edouard Heuer di Swiss. Selain jam tangan, perusahaan ini juga memproduksi kacamata, handphone dan sejumlah aksesoris untuk kepentingan sporty.

Populernya merek ini tiada lain, banyaknya para olahragawan kelas dunia yang mengenakan jam tangan TAG heuer dalam setiap kesempatan. Merek ini juga banyak memenangkan penghargaan atas disain jam yang selalu inovatif.

3. Louis Moinet

Louis Moinet, gambar timetransformed
Louis Moinet adalah penemu Chronograph (stopwatch), juga seorang pemikir dan seniman horologist, sculptor dan pelukis. Berkat inspirasi nama besar inilah, merek jam tangan yang didirikan oleh Jean-Marie Schaller muncul.

Merek jam tangan mewah ini terletak di Swiss dan berdiri sendiri, tidak tergabung dalam kelompok besar. Walaupun begitu pemasaran nya terbatas, Jam tangan yang dibuat sangat eksotis dan inovatif.

2. Rolex

Rolex, gambar ablogtowatch.com
Mendengar namanya saja, pikiran kita langsung tertuju pada jam tangan, Rolex, memang salah satu merek jam tangan mewah yang sudah memiliki banyak penggemarnya di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Perlu diketahui, Rolex didirikan oleh Hans Wilsdorf dan Alfred Davis di London, Inggris, namun kantor pusatnya berada di Jenewa Swiss, mengikuti trend produsen jam tangan dunia.

Nama rolex seakan telah menjadi jaminan terhadap kualitas jam tangan yang dihasilkannya. Saat ini banyak varian jam tangan Rolex diseluruh dunia, mulai dari klasik, modern hingga berteknologi tinggi. Forbes pun menobatkan, Rolex sebagai salah satu brand jam tangan paling berpengaruh di dunia. Saat ini, kapasitas produksi –nya sekitar 2 ribu jam tangan perhari.

1. Seiko

Seiko, gambar seiko-lord.com
Siapa yang tidak kenal merek jam tangan satu ini, Seiko. Didirikan oleh Kintaro Hattori di Ginza, Tokyo, Jepang pada 1881, mulanya dikenal sebagai perusahaan perhiasaan aksesoris, alat presisi dan jam tangan dengan brand Seikosha.

Pertama kali nama seiko di gunakan pada tahun 1924 saat perusahaan tersebut telah incorporated (diakui oleh pemerintah setempat pada 1917). Seiko sendiri dalam bahasa Jepang memiliki arti indah-menit-sukses. Merek ini telah dikenal dan menyebar diseluruh dunia, beberapa produk jam tangannya pun terbilang tidak kalah dengan merek asal Eropa.

Prestasi seiko di kancah jam tangan dunia, yakni saat mengenal jam tangan bertipe quartz pertama di dunia, Astron, pada 1969. Lalu, pada tahun berikutnya, seiko menemukan mesin quartz chronograph pertama di dunia. 

Lalu, pada 1980, Seiko mengenalkan jam tangan kinetik, yakni menggabungkan automatic watch dengan keakuratan quartz. Saat ini, jam tangan yang mereka buat pun memiliki tiga versi, quartz, mechanical dan gabungan quartz-mechanicals..

Demikian kedua puluh lima merek jam tangan pria terbaik pada 2017, semoga informasi kali ini menambah wawasan kita semua.

Referensi:         
https://en.wikipedia.org
https://www.thetrendspotter.net/
http://www.brostrick.com/
http://www.tahupedia.com/
https://prelo.co.id/
http://www.icutweb.com/

No comments