Hot Info

Manfaat Dulse Yang Belum Banyak Diketahui Orang


Seiring bertambahnya peralatan menjelajah seperti perahu, manusia mulai menggali dan menemukan hal-hal baru, misalnya makanan yang berasal dari dalam laut yang disebut Dulse.

Dulse (Palmaria palmata) merupakan sejenis red alga atau alga merah (Rhodophyta), yang tumbuh subur di dalam lautan atlantik dan pasifik. Bentuk mereka seperti lembaran kertas tebal berwarna merah, agak berbeda dengan jenis alga merah lainnya.

Perlu diketahui, di lautan terdapat alga bersel satu dan alga bersel banyak. Lalu, alga bersel banyak, bentuknya pun bermacam-macam, ada yang seperti talus, benang, rumput, berkas dan lembaran. Selain itu, alga pun dibedakan berdasarkan pigmen (zat warna) yang dimilikinya, diantaranya:
1.   Alga Hijau (Chlorophyta), ialah alga yang mengandung pigmen hijau (klorofil).
2.  Alga merah (Rhodophyta), ialah alga yang mengandung pigmen merah  (fikoeritrin).
3.  Alga Coklat/Pirang (Phaeophyta), ialah alga yang mengandung pigmen xantofil lebih banyak dibandingkan klorofil dan karoten.
4.  Alga Coklat Keemasan (Chrysophyta), ialah alga yang mengandung pigmen xantofil (dominan) dan karoten lebih banyak dibandingkan klorofil.
5.  Alga Kuning-Hijau (Xanthophyta), ialah alga yang mengandung pigmen karoten (dominan) dan xantofil lebih banyak dibandingkan klorofil.

Sedangkan untuk Alga merah sendiri (Rhodophyta) memiliki 5.200 jenis di alam, diantaranya: Palmaria palmata atau dulse (berbentuk lembaran), Chondrus crispus (berbentuk pipih), Coralina officinalis (berbentuk talus beruas-ruas) dan lain-lain.

Di Eropa utara sendiri, dulse dikenal sebagai cemilan menyehatkan, misalnya di Islandia disebut Sol, masyarakat sana telah mengkonsumsinya beratus-ratus tahun karena baik untuk pencernaan perut dan kesehatan pada umumnya.

Nah, pada kesempatan kali ini YuuKeren akan mengulas beberapa manfaat dulse yang belum banyak diketahui masyarakat kita, keep read!!!

1. Membangun dan Menguatkan Tulang

Salah satu manfaat penting, mengapa kita harus mengkonsumsi dulse, karena makanan ini baik untuk pertumbuhan tulang dan membuatnya kuat. Dulse kaya akan kalsium, zat besi dan magnesium

Mineral yang dimiliki alga merah ini berkontribusi positif dalam memadatkan tulang. Lebih jauh, dengan mengkonsumsi makanan ini secara teratur, dipercaya dapat menurunkan resiko terkena osteoporosis pada saat lanjut usia kelak.

2. Memelihara Tekanan Darah

Berkat kandungan potasiumnya, dulse bermanfaat juga untuk memelihara tekanan darah agar tetap sehat. Seperti kita ketahui, potasium bekerja sebagai vasolidator, artinya, keberadaan potasium mampu mengurangi tekanan yang dapat merusak lapisan pembuluh darah, penyebab tekanan darah tinggi.

ketika tekanan darah berkurang, hal tersebut secara langsung melawan berbagai penyakit seperti serangan jantun, strok, dan atherosclerosis. Selain itu, potasium juga dapat meningkatkan aliran darah ke otak.

3. Meningkatkan Kesehatan Mata

Dulse juga kaya akan kadar vitamin A-nya. Hal itu membuat makanan ini solusi ideal untuk mengatasi berbagai gangguan mata sekarang ini. Vitamin A bertindak sebagai anti-oksidan dan dapat mencegah serangan radikal bebas yang menyerang jaringan mata. Vitamin A juga dapat memperlambat gangguan mata akibat faktor usia.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat penting dari alga merah ini yakni mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara menyeluruh. Karena di dalam dulse terkandung vitamin A dan C sekaligus. Kedua zat ini merupakan kunci agar tubuh tetap bugar dan sehat.

Vitamin C pada dulse juga mampu meningkatkan sel darah putih baru dan memperbaiki sel darah putih yang rusak. Selain itu, vitamin C juga mampu mendorong produksi kolagen, yang baik untuk kulit.

5. Menyehatkan Kelenjar Tiroid

Hampir semua orang lupa akan pentingnya asupan zat iodin untuk kesehatan tubuh. Dan ketika tenggorokan terasa ada gangguan, alasan utama pastinya tubuh kekurangan zat iodin tadi.

Dari penelitian, kandungan iodin pada dulse cukup tinggi dan mampu memelihara kinerja kelenjar tiroid secara normal. Lebih jauh, iodin pada alga merah ini dapat mengobati gangguan tiroid jika diberikan secara intensif.

6. Mengobati Sistem Pencernaan

Tidak salah jika orang Islandia mengkonsumsi dulse secara rutin, karena memang secara klinis mampu mengobati sistem pencernaan yang sedang terganggu secara alami. Keampuhan ini berkat serat tak larut dan serat terlarut didalam dulse.

Kedua serat ini mampu menolong seseorang dari gangguan diare, susah bab, atau gangguan pencernaan lainnya. Serat pada alga merah ini juga mampu menstimulasi pergerakan peristaltikotot-toto usus halus dan usus besar.

7. Menguatkan Sistem Saraf dan Otak

Kebanyakan orang tidak mengetahui pentingnya asam lemak tak-jenuh ganda bagi tubuh. Keberadaan asam lemak ini sangat dibutuhkan bagi kesehatan jantung, otak dan saraf. Salah satu sumber asam lemak penting ini terdapat pada dulse.

Dari beberapa studi, diketahui hubungan erat antara ketersedian asam lemak tak-jenuh ganda (omega3) terhadap meningkatnya kinerja sistem saraf dan otak.

8. Meningkatkan Sistem Kardiovaskular

Seperti halnya pada rumput laut, kandungan zat besi yang cukup melimpah ditemukan juga pada dulse. Seperti kita ketahui, zat besi memerankan peranan penting untuk memproduksi hemoglobin.

Lebih jauh, jika kita rutin mengkonsumsi alga merah ini, secara klinis dapat menolong meningkatkan sitem sirkulasi darah (kardiovaskular). Sebaliknya, jika kita kekurangan zat besi, kemungkinan besar tubuh kita akan rentan terserang anemia, sakit kepala, dan gangguan sejenis lainnya. Jadi, makanlah dulse sebagai sumber zat besi harian anda.

9. Mempercantik Kulit

Ini dia salah satu manfaat luar biasa dari mengkonsumsi dulse, yakni dapat menyehatkan sekaligus mempercantik kulit. Kemampuan ini berkat kandungan vitamin dan mineral pada tumbuhan laut ini terbilang lengkap.

Selain dikonsumsi, ternyata alga merah ini dapat dikeringkan dan dijadikan bubuk kosmetik untuk luluran!!. Tidak salah, industri kosmetik melirik bahan satu ini sebagai salah satu bahan aman perawatan kulit masa depan.

10. Mengobati Kerontokan Rambut

Kerontokan seringkali menjadi mimpi buruk bagi sebagian kalangan kaum hawa. Beberapa diantara mereka bahkan menghabiskan jutaan rupiah untuk mengobati, mencegah terjadinya gangguan rambut satu ini.

Berdasarkan penelitian, kandungan beberapa mineral pada dulse, seperti zat besi, zinc, mangan, dan beberapa vitamin seperti B6, B12, C, E dan A, semuanya berguna untuk mencegah terjadinya kerontokan.

Demikian mafaat dulse yang belum banyak diketahui orang, semoga informasi kali ini menambah wawasan kita semua.

Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Alga
https://en.wikipedia.org/wiki/Palmaria_palmata
https://www.organicfacts.net/health-benefits/other/dulse.html

No comments