Hot Info

10 Merk Helm Motor Terbaik Di Dunia


Cepat, gesit dan mesti punya nyali tinggi, itulah beberapa hal yang harus dimiliki seorang pembalap profesional. Tak jarang, nyawa merka pun jadi taruhannya. Resiko yang tinggi ini membuat para manufaktur membuat suatu perlindungan ekstra, salah satunya dalam hal urusan merk helm.

Sebuah helm memiliki peranan vital untuk melindungi kepala seorang pengendara saat terjadi kecelakaan. Apalagi kecelakaan yang terjadi pada suatu balapan, tentunya helm yang harus dikenakan memiliki kekuatan dan ketahanan yang lebih dari helm yang dijual di pasaran.

Sebenarnya untuk menguji seberapa besar kekuatan dan ketahanan sebuah merk helm, yaitu dengan melakukan test terhadap helm keluaran pabrik oleh beberapa lembaga non profit terpercaya, seperti ECE 22.05 (lembaga tes Eropa), DOT (AS), SNELL (AS), SHARP (Inggris). Untuk jelasnya  simaklah video tentang uji helm dari SHARP berikut ini:


Pada dasarnya, semua helm bersertifikasi racing, harus melewati beberapa tahap pengetesan, diantaranya:
  1. Impact Test, tes ini untuk menguji apakah helm mampu menahan benturan saat pembalap mengalami kecelakaan yang membahayakan kepala. 
  2. Positional Stability (Roll-Off) Test, yaitu tes untuk menguji kekuatan tali pengaman yang memastikan helm tidak terlepas saat sang pembalap terjatuh. 
  3. Dynamic Retention Test, tes ini menguji kekuatan tali pengaman rahang untuk menahan kepala pembalap saat terjatuh dan tertarik. 
  4. Chin Bar Test, tes ini untuk mengetahui apakah pelindung dagu pada helm pembalap mampu menahan benturan keras saat terjadi kecelakaan. 
  5. Shell Penetration Test, tes serupa dengan impact test, bedanya, pada tes ini helm diberi beban secara langsung dengan cara ditusuk oleh batang besi. 
  6. ForceShield Penetration Test, tes ini menguji seberapa kuat bagian pelindung wajah mampu menahan peluru yang ditembakan oleh senapan angin. Tujuannya, untuk mengetahui ketahanan pelindung wajah saat serpihan batu/kerikil mengenai bagian ini saat pembalap terjatuh. 
  7. Flame Resistance Test, tes terakhir ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keadaan helm saat berada dalam kondisi balapan di cuaca panas ekstrim.
Apabila helm yang dibuat suatu perusahaan telah lolos tes dari salah satu lembaga terpercaya diatas, berarti merk perusahaan tersebut telah diakui sebagai produsen helm ternama dunia. Nah, merk helm motor mana sajakah yang terbaik di dunia saat ini, berikut ulasan lengkapnya.

10. MT

MT, gambar ebay.co.uk
Manufacturas Tomas S.A atau dikenal dengan MT saja, merupakan produsen helm anti benturan asal Cartagena, Spanyol. MT sendiri menguasai pasaran helm motor terbesar di Spanyol dan peringkat sepuluh di Uni Eropa.

Sejak diluncurkan tahaun 1968, MT langsung berfokus pada pembuatan helm motor berkualitas dan aman yang ditujukan untuk balapan, baik motor, mobil dan mountain bike (MTB).

Dengan nilai tes SHARP sebesar 4/5 membuat helm ini cukup handal dalam menahan segala benturan. Saat ini, produk MT pun merambah ke Inggris, dan Asia, dengan harga yang cukup kompetetif, menjadikan merk helm MT banyak dicari di pasaran dunia.  

9. Nolan

Nolan, gambar pinterest.com
Nolan merupakan salah satu produsen helm ternama dari Italia, didirikan sejak 1973. Helm keluran perusahaan ini telah lolos uji keamanan dari DOT dan SHARP. Saat ini, merk ini tergabung dalam Nolan Group, yang memproduksi merk helm lainnya, seperti X-Lite dan Grex.

Helm ini memiliki nilai tes 4/5 untuk SHARP. Nolan telah diakui dunia, buktinya dengan dipakainya oleh beberapa pembalap MotoGp dan pembalap WSB, diantaranya Jorge Lorenzo dan Marco Melandri.

Semua produk Nolan memiliki masa garansi sekitar 5 tahun, dan garansi terbatas selama 2 tahun.

8. X-Lite

X-Lite, gambar motonews.ru
X-Lite merupakan merk helm dibawah naungan Nolan Group, perusahaan helm mid-hig end asal Italia. Salah satu alasan dibuatnya X-Lite yakni memenuhi permintaan para konsumen yang haus akan helm aman namun trendy.

Saat diuji oleh SHARP, X-Lite berhasil memperolah nilai maksimum sebesar 5/5. dan mengalahkan merk satu groupnya, Nolan. Saat ini, merk ini dijual hingga jauh ke Asia dan Amerika. Untuk versi high-end nya dipakai beberapa pembalap MotoGP, diantaranya Jorge Lorenzo.

7. HJC 

HJC, gambar ebay.co.uk
Merk helm balap terbaik selanjutnya, HJC, mulai diperkenalkan pada 1971 dan menjadi brand populer di Amerika Utara sejak 1992. Produk HJC sangat direkomendasikan untuk dikenakan bagi yang suka memacu kendaraan roda dua merka.

Selama 46 tahun HJC hadir untuk memenuhi harapan para bikers Amerika dan Dunia. Helm ini sangat nyaman, stylish dan memuaskan para bikers. Untuk urusan kualitas, pastinya helm ini telah memenuhi kriteria DOT dan Snell.

6. SHARK

SHARK, gambar ebay.co.uk
Terdepan dalam hal inovasi, SHARK menjelma menjadi salah satu merk helm ternama dan dikenal diseluruh dunia, termasuk di Indonesia. Selain faktor keamanan, helm ini juga memperhatikan desain dan teknologi dalam setiap helm yang dibuatnya.

Didirikan pada 1986 di Marseile, Prancis, SHARK mulai memproduksi berbagai helm berkualitas yang ditujukan untuk keperluan balap, namun berkesan stylish dan elegan. Selain MotoGp, helm ini sangat terkenal di kalangan para pembalap motorcross.

Produk keluaran SHARK sangat berkesan dan aplikatif untuk berbagai macam medan balapan. Saat ini, produk SHARK hanya memproduksi 350 riibu helm setiap tahunnya, yang dijual lebih dari 5000 jaringan sales di seluruh dunia, dan semua helm diberi garansi selama 5 tahun.                                           

5. Arai
Arai, gambar pinterest.com
Arai merupakan salah satu produsen helm terbaik dunia asal Jepang. Didirikan oleh Hirotake Arai pada 1926 di Omiya-ku, Prefecture Saitama. Perjalanan yang cukup panjang untuk sebuah perusahaan helm, menjadikan Arai salah satu merk helm terkemuka saat ini.

Helm Arai dibuat melalui tangan-tangan terampil, dari unit-unit perusahaan keluarga yang berbeda dengan perusahaan helm lainnya. Lalu, bagian-bagian yang terpisah disatukan menjadi sebuah helm utuh dengan kualitas tinggi.

Helm keluaran Arai telah memenuhi standar Snell dan DOT, sehingga merk ini merambah hingga ke benua Amerika. Merk ini juga dikenal sebagai helm dengan sistem ventilasi udara terbaik.

4. Caberg

Caberg, gambar getgeared.co.uk
Satu lagi, merk helm asal italia, Caberg. Didirikan di Bergamo di utara Eropa sekitar tahun 1970an. Merka dikenal sebagai produsen helm berkualitas namun dengan harga yang bersaing.

Merka mempunyai dua kualitas helm, pertama ditujukan untuk para pembalap profesional, dan untuk para pengendara biasa. Khusus untuk helm balapnya, Caberg mampu bersaing dengan helm senegaranya seperti Nolan, X-Lite dan AGV. Tentunya, helm Caberg telah lolos uji SHARP dengan skor yang memuaskan, 5/5. 

3. BELL

BELL, gambar reddit.com
Merk helm balap terbaik selanjutnya diproduksi oleh perusahaan asal Amerika Serikat, dengan merk Bell Helmet. Sejak didirikan pada 1954 di California, perusahaan ini telah melindungi jutaan kepala biker dunia.

BELL menawarkan berbagai tipe helm, mulai untuk balap automobile, balap sepeda, dan tentunya balap motor. Desain helm yang ditawarkan pun memiliki penampilan yang stylish dan ringan dengan faktor keamanan tinggi.

Beberapa produk BELL yang banyak digemari para pembalap, yakni seri Pro Star, Race Star dan Bullitt Carbon.

2. Shoei

Shoei, gambar motoamerica.com
Selain Arai, Jepang masih memiliki merk helm terpopuler di dunia, Shoei. Didirikan pada 1959 di Tokyo. Sejak berdiri, perusahaan ini memang mengkhususkan membuat helm berkualitas kelas hig-end.

Shoei terbilang unggul dalam segi hal inovasi, buktinya pada tahun 1976, merk ini berhasil menciptakan helm berbahan fiber-carbon pertama dunia. Shoei juga menjadi yang pertama, memasukan bahan kevlar (bahan anti peluru) pada konstruksi helmnya.

Berkat  beberapa keunggulan itulah, Shoei menjadi salah satu helm yang banyak dipakai para pembalap profesional, dalam ajang MotoGP, Formula 1 dan kompetisi balap lainnya.

1. AGV

AGV, gambar photos.motogp.com
Terakhir, merk helm terbaik asal menara miring piza yakni AGV. AGV didirikan oleh Gino Amisano, dengan bisnis awal membuat tempat duduk motor berbahan kulit pada 1946.

Barulah setahun kemudian, pada 1947, perusahaan ini mulai memproduksi helm motor pertamanya. Merk ini cukup bergengsi, karena banyak para riders dunia mengenakannya, katakannlah Valentino Rossi dan Giacomo Agostini, keduanya terlihat pernah menggunakan helm besutan AGV.

Selain untuk digunakan pembalap MotoGP, merk ini juga menjadi helm andalan para pengendara formula satu, seperti Niki Lauda, Emerson Fittipaldi dan Nelson Piquet.

Demikian kesepuluh merk helm motor terbaik di dunia saat ini versi yuukeren, semoga informasi kali ini menambah khazanah wawasan kita semua.

Referensi:
http://www.feedmaza.com/
https://helmetadvisors.com/
https://billyscrashhelmets.co.uk/
http://www.pickmyhelmet.com/ http://www.bintang.com/

No comments