Hot Info

10 Kota Wisata Paling Banyak Dikunjungi Turis Mancanegara


Nilai historis, sosial dan budaya yang dipadu dengan teknologi masa kini-lah yang membuat sebuah kota layak untuk dikunjungi. Selain itu, keamanan pun menjadi faktor utama yang tidak terpisahkan, jika suatu kota ingin disebut sebagai kota wisata.

Berdasarkan MasterCard ranking (data 2016/2017), kota wisata yang banyak dikunjungi wisatawan mancanegara, kebanyakan berasal dari benua Asia, bahkan peringkat no satu di duduki benua hijau ini.

Nah, kota mana sajakah yang mempunyai predikat kota destinasi wisata dunia? Berikut ulasan lengkapnya.

10. Istanbul

Istanbul-Hagia Sopia, gambar tourmakerturkey.com
Berada di persimpangan utama benua Asia dan Eropa, Istanbul merupakan kota strategis yang banyak dikunjungi wisatawan mancanegara di wilayah bumi tengah. Diperkirakan sekitar 9,16  juta turis mengunjungi kota bersejarah ini.

Walaupun sempat turun peringkat dari posisi lima dari tahun sebelumnya, pada tahun 2016, namun turis yang mengunjungi kota ini naik 0,9% pada tahun 2017. Istanbul masih masuk peringkat sepuluh besar, bercokol di posisi ke-10.

Kebanyakan para turis mengunjungi tempat-tempat bersejarah seperti Hagia Sophia, istana Tokapi, Mesjid Sultan Ahmed (mesjid biru) dan Grand Bazaar, yakni pasar tertua dan terbesar di kota tersebut.

9. Tokyo

Tokyo, gambar wikimedia.org
Ibu kota negara matahari terbit ini pada tahun sebelumnya berada di diluar peringkat 10 besar, karena turis yang mengunjungi HongKong menurun pada 2016, Tokyo merangsek masuk dan menduduki peringkat ke-9 sebagai kota wisata dunia, tumbuh 12,2%.

Dari data, total turis mancanegara yang mengunjungi kota ini sebanyak 11,15 juta pengunjung. Kebanyakan, mereka mengunjungi kuil-kuil indah dan istana kaisar pada zaman edo.

8. Kuala Lumpur

Kuala Lumpur, gambar layoverguide.com
Kota yang terletak di semenanjung malaya ini merupakan salah satu kota yang banyak dikunjungi wisatawan dunia, khususnya turis yang berasal dari Asia tenggara dan Australia.
Diperkirakan sekitar 11,28 juta wisatawan mancanegara mengunjungi Kuala Lumpur pada 2016. Sebagian besar mereka mengunjungi menara kembar petronas, taman kota dan pusat perbelanjaan, the forest research institute of malaysia, dan petaling street.

7. Seoul

Seoul, gambar travelpast50.com
Salah satu alasan kenapa banyak turis mancanegara mengunjungi ibu kota korea selatan ini yakni, karena nilai historisnya, seperti istana kerajaan yang dipadu dengan kebudayaan modern K-pop nya, menjadikannya kota wisata ke-10 pilihan masyarakat dunia.

Dari data, pada 2016 sebanyak 12,39 juta turis mancanegara memasuki kota ini, kebanyakan mengunjungi Gyeongbokgung, istana kerajaan dari era Josen, lalu pasar tradisional Dongdaemun dan Namdaemun. Dari kunjungan ini, mereka menghabiskan uang dengan total 9,38 miliar dollar.

6. New York

New York, gambar longwallpapers.com
Salah satu kota penting di Amerika Serikat ini telah menjadi kota wisata sekaligus bisnis sebelum kota-kota pencakar langit lain bermunculan. Kota pelabuhan ini memiliki deretan gedung pencakar langit paling banyak, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para turis yang berkunjung.

Diperkirakan sekitar 12,70 juta turis mancanegara telah mengunjungi kota ini pada 2016, dengan membawa uang sebesar 17,02 milira dollar. Kebanyakan mereka berasal dari Amerika Utara dan Eropa. Tempat yang mereka kunjungi diantaranya, the big apple, metropolitan museium of art, neue galerie, dan  Broadway.

5. Singapore

Singapore, gambar wanderingislander.com
Kota sekaligus negara maju yang letaknya di dalam teluk semenanjung malaya ini selalu mempertahankan posisinya sebagai kota wisata dunia, karena memang hidup matinya kota ini tergantung dari industri pariwisata.

Sempat turun peringkat pada tahun sebelumnya, pada 2016, singapura naik peringkat lagi ke posisi enam, dengan jumlah turis sebanyak 13,11 juta pengunjung. Kebanyakan mereka mengunjungi wilayah selatan singapura, seperti Garden by the bay, verdant area, supertree struktures. Lalu, pusat perbelanjaan di Orchard Road pun banyak dikunjungi para turis yang ingin membeli oleh-oleh.

4. Dubai

Dubai, gambar miriadna.com
Sebagai pendatang baru jajaran kota wisata dunia, Dubai harus diacungi jempol, karena mampu menyulap wilayah yang tadinya sepi pengunjung menjadi tempat serbuan para wisatawan yang ingin menghabiskan uang mereka di kota ini. Diperkirakan sebanyak 14,87 juta wisatawan mengunjungi kota ini pada 2016 lalu.

Keberhasilan Uni Emirat Arab mengelola kota Dubai sebagia kota wisata tidak lain visi dan misi pemerintahan setempat untuk menjadikan Dubai sebagai tempat destinasi wisata dunia. Usaha UEA pun berhasil dengan terus mendatangkan pundi-pundi uang dari sektor pariwisata, diperikirakan devisa sebanyak 28,50 miliar dollar dihasilkan dari sektor ini.

Di tunjang dari penghasilan migas, pemerintah UEA mulai membuat proyek-proyek ambisius seperti, Burj khalifa (bangunan paling tinggi di planet bumi), The world island (pulau yang dapat di miliki dengan harga selangit), dan Palm Jumeirah (resor mewah di tengah laut plus monorail). 

Apabila megaproyek lainnya seperti Dubailand (tempat hiburan 3x lebih besar dari walt disney) sudah rampung 100%, diprekdiksi pada tahun 2020, Dubai akan menjadi kota wisata no satu di dunia.

3. Paris

Paris, gambar getyourguide.com
Negara yang sempat mendapat teror bom pada 2015 lalu, sempat membuat takut para turis yang berkunjung kala itu. Namun keadaan pulih memasuki tahun 2016, buktinya kota fesyen ini menduduki peringkat ke tiga sebagai kota wisata dunia, dengan jumlah turis sebanyak 15,45 juta pengunjung.

Paris kaya akan nilai sejarah dan tempat menarik seperti menara eifel, gedung kesenian dan tempat berbelanja fesyen. Selain itu kulinernya pun sungguh menggoda lidah para pengunjung. Tempat kuliner yang sering diburu yakni Le Meurice.

2. London

London, gambar condenast.co.uk
Selama delapan tahun, London selalu berada di posisi lima besar sebagai kota wisata dunia versi MasterCard, dan pada 2016 lalu, kota ini  berada di peringkat ke dua dengan jumlah kunjungan sekitar 19,06 juta orang.

Ibu kota negara Inggris ini memiliki nilai sejarah paling tinggi yang diterlihat dari bangunan para baron (bangsawan), kastil, istana, gereja dan jembatan yang tetap di jaga, berpadu dengan bangunan modern lainnya. Hal itu membuat para turis tidak pernah bosan menjelajahi setiap jengkal kota kerajaan ini.

1. Bangkok

Bangkok, gambar asiawebdirect.com
Siapa yang tak mengira, ternyata kota wisata dunia tujuan para turis mancanegara berada di Asia tenggara, Yap, Bangkok merupakan ibu kota negara Thailand, kota seribu candi.

Diperkirakan sebanyak 19,41 juta turis mengunjungi Bangkok pada tahun lalu. Sebagian besar mereka mengunjungi bangkok karena kota ini menyediakan banyak pilihan untuk menghabiskan uang, mulai dari berbelanja, makan, hingga mengunjungi tempat bersejarah.

Namun sesungguhnya, keramahan orang setempat, dan jaminan keamanan lah yang membuat kota ini ramai di kunjungi setiap tahunnya.

Demikianlah sepuluh kota wisata paling banyak dikunjungi wisatawan dunia, semoga informasi kali ini menambah khazanah wawasan para pembaca setia yuukeren.

Referensi:
https://en.wikipedia.org
https://newsroom.mastercard.com/press-releases/defining-what-makes-a-city-a-destination/
https://theculturetrip.com/

No comments