Hot Info

10 Museum Terpopuler Di Dunia

Tidak hanya sebagai tempat tersimpannya berbagai barang unik, indah dan berestetika tinggi, saat ini Museum juga berfungsi sebagai salah satu destinasi pariwisata sebuah kota bahkan negara untuk menarik jutaan pengunjung tiap tahunnya.

Banyak alasan para traveler yang pergi ke luar negeri, sengaja hanya untuk mengunjungi museum, diantaranya karena adanya pameran lukisan dari maestro ternama sekelas Michael Angelo, sampai ingin memuaskan rasa penasaran akan sejarah suatu bangsa.

Namun, sebelum kita berkunjung ke sebuah museum, hendaknya kita mengetahui terlebih dahulu jenis museum yang akan kita kunjungi. Berdasarkan benda yang dipamerkan, ada beberapa jenis museum, yakni:
  1. Museum Arkeologi, merupakan museum yang khusus memajang artefak arkeologi (barang hasil galian manusia, seperti fosil manusia purba, dinosaurus, artefak dan dan sejenisnya). Misalnya, museum Trowulan di Jawa timur. 
  2. Museum Seni, merupakan museum yang khusus memamerkan benda berestetika tinggi hasil karya maestro, seperti lukisan, gambar abstrak, patung dan seni sejenisnya. Contohnya museum Affandi di Yogyakarta. 
  3. Museum Biografi, merupakan museum yang khusus membahas kehidupan seorang figur atau sekelompok orang yang memiliki pengaruh besar terhadap dunia. Contohnya, museum Sasmitaloka Jendral Besar DR A.H. Nasution di Jakarta. 
  4. Museum Anak, merupakan museum yang khusus ditujukan untuk menstimulasi pengalaman informal anak. Misalnya museum anak kolong di Yogyakarta. 
  5. Museum Universal, merupakan museum yang bersifat umum, didalamnya memamerkan barang asli maupun tiruan, yang dapat memberikan informasi pengetahuan kepada para pengunjung. Misalnya museum British di London. 
  6. Museum Etnologi, merupakan museum yang khusus memamerkan artefak yang berhubungan dengan etnis atau suku tertentu. Misalnya museium TMII di Jakarta. 
  7. Museum Sejarah, merupakan museum yang memamerkan berbagai koleksi yang berkaitan dengan masa lalu, masa sekarang dan masa depan, mulai berupa artefak, dokumen, hingga miniatur. 
  8. Museum Militer, merupakan museum yang khusus membahas sejarah militer suatu kesatuan hingga memamerkan peralatan perang yang telah tidak terpakai. Misalnya museum nasional angkatan laut AS.
Nah, pada hari ini yuukeren akan mengulas beberapa museum terpopuler di dunia yang banyak dikunjungi turi mancanegara.

 

10. Rijks Museum

Rijiksmuseum, gambar clearedready.blogspot.co.id
Rijiks museum (museum nasional Belanda) merupakan museum berjenis umum, seni dan sejarah dengan koleksi barang terbanyak di dunia, hampir satu juta objek. Konon beberapa dokumen penting milik Indonesia pun ada Rijiks museum.

Museum yang didirikan pada 31 Mei 1800 ini memiliki koleksi terbanyak dari pelukis Belanda pada jaman keemasan, yakni Vermeer dan Rembrandt. Pada tahun 2013 silam, gedung museum sempat direnovasi namun gedung utama tetap dipertahankan keasliannya.

Museum ini salah satu daya tarik kota Amsterdam, buktinya pada tahun 2016 lalu, museum ini telah dikunjungi sebanyak 2,2 juta penjunjung, menjadikannya salah satu museum terpopuler di dunia.

9. Tokyo National Museum

Tokyo National Museum, gambar japanesesearch.com
Museum terpopuler selanjutnya terletak di negara sakura, yakni museum nasional tokyo. Museum ini terletak di Taman Ueno, Tokyo dan didirikan pada 1872, sehingga termasuk museum tertua di Jepang.

Museum ini berjenis arkeologi sekaligus sejarah Jepang dan Asia pada umumnya. Di dalam kompleks museum, kita dapat menjelajahi lima bagian, pertama ada gedung utama (galeri Jepang),  Toyokan (galeri Asia), Heiseikan (arkeologi Jepang), Hyokeikan (ruang pameran khusus) dan Horyu-Ji (galeri barang pusaka). Selain kelima gedung itu, ada juga gedung perpustakaannya juga lho.

Koleksi barang yang dimiliki museum ini pun terbilang banyak, yakni sekitar 110 ribu buah, 87 diantaranya pusaka nasional Jepang dan 610 peninggalan budaya penting, seperti baju perang asli para samurai hingga Shogun.

8. Prado Museum

Prado Museum, gambar wikimedia.org
Museum paling top di Spanyol dan salah satu museum terpopuler di dunia, Prado Museum. Museum yang didirikan pada 1819 ini berjenis seni dan sejarah. Tak heran di sini tersimpan berbagai koleksi seni lukis dan patung dari berbagai negara Eropa dari abad 12 hingga abad 19.

Salah satu karya masterpiece yang dimiliki prado museum yakni lukisan cat minyak karya Velazquez yang berjudul Las Meninas. Selain itu, ruangan yang lebar serta nyaman untuk dijelajahi, membuat para pengunjung betah berlama-lama di dalam gedung sambil menikmati karya-karya dari Goya dan Velazquez. Pada tahun lalu, museum ini dikunjungi sekitar tiga juta pengunjung, menjadikannya salah satu museum terpopuler di dunia.

7. Metropolitan Museum of Art

Metropolitan Museum of Art, gambar wikimedia.org
Didirikan pada 13 April 1870, Metropolitan Museum of Art merupakan museum terpopuler di dataran Benua Amerika, yakni sebanyak 6,7 juta  pengunjung pada tahun 2016 lalu.

Sering disebut “The Met”, museum yang berlokasi di New York ini memiliki style gedung ala gothic, karena memang dibangun saat zaman Renaissance. Diketahui, ada sekitar dua juta koleksi benda seni dan artefak yang dimiliki museum ini, yang terbagi dalam tujuh departemen kurasi berbeda disetiap sudut gedung.

Sayangnya, berbeda dengan British museum, kita harus merogoh kocek sekitar 12 hingga 25 dollar untuk menikmati semua hasil karya seni dari para pelukis ternama di seluruh dunia.

6. British Museum

British Museum, gambar fosterandpartners.com
Jika ada yang bertanya, museum apa yang menyimpan barang koleksi terbanyak didunia, mungkin jawabannya British Museum, karena koleksi barang nya mencapai 8 juta item, yang berasal dari benda seni dan artefak penting di seluruh belahan dunia.

Didirikan 264 tahun lalu, tepatnya 1753, sejak awal dibuka, museum ini memiliki fungsi sebagai museum universal, menyimpan peradaban manusia sejak awal hingga sekarang. Untuk memasuki museum ini, para pengunjung tidak dipungut biaya seperserpun, di buka setiap hari mulai jam sepuluh pagi hingga setengah enam sore.

Dengan jumlah koleksi yang banyak dan tanpa biaya sepersepun, tak heran setiap tahunnya Bristish M banyak dikunjungi, yakni hampir tujuh jutaan pada 2015 silam, menjadikannya salah satu museum terpopuler di dunia.

5. State Hermitage Museum

State Hermitage Museum, gambar visionsoftravel.org
Museum yang didirikan pada 1764 oleh Catherine the Great ini menyimpan setidaknya tiga juta koleksi seni, dimana koleksi lukisannya paling banyak di dunia. Lokasinya terletak di Saint Petersburg, kota indah dan bersejarah Rusia.

Beberapa lukisan hasil karya para pelukis terkenal berada di sini, seperti lukisan dari Rembrandt, Leonardo da Vinci, Michaelangelo, Reubens dan banyak lagi. Semua koleksi tadi, di pajang, terbagi kedalam enam bangunan megah. Salah satunya berada di Winter Palace, yang tadinya adalah kediaman Kaisar Rusia.

Sama seperti The Met, untuk memasuki museum ini kita harus merogoh kocek setidaknya 120 ribuaan. Namun, semua itu tidak ada artinya dengan semua pengalaman yang akan kita rasakan saat menjejal setiap jengkal lantai museum terpopuler di Rusia ini.

4. Vatican Museum

Vatican Museum, gambar wikimedia.org
Sebutan Vatikan sebagai negara kecil di dunia memang tidak salah lagi, karena museum terpopuler pun ada di Vatikan. Didirikan oleh Paus Julius II pada abad ke-16, museum ini tergolong ramai dikunjungi yakni sekitar 6 juta pengunjung tiap tahunnya.

Salah satu daya tariknya yakni, tangga spiral yang melingkar, Ruangan Raphael dan dekorasi unik lainnya. Selain itu, dibawah arahah Paus Julius II juga, Michelangelo melukis langit-langit ruangan dengan indah dalam rentang 1508 hingga 1512.  Hari ini, lukisan yang berjudul “the last judgment” ini merupakna salah satu koleksi andalan museum ini.

3. Egyptian Museum

Egyptian Museum, gambar pinterest.com
Jika ingin merasakan atmosfer berbeda saat mengunjungi museum, cobalah mengunjungi museum terpopuler selanjutnya di Kairo, Mesir. Di sini tersimpan sekiar120 ribu item kuno mesir asli. Sedikitnya barang, disebabkan banyaknya barang yang dijarah saat mesir dikuasai oleh beberpa kerajaan besar masa silam, seperti Romawi dan Ottoman.

Pada lantai dasar, terdapat koleksi papirus (seni patung) dan artefak seperit koin yang digunakan pada masa mesir kuno. Lalu, pada lantai satu terdapat artefak yang berasal dari dua dinasti mesir kuno. Selain artefak khas mesir, disini juga kita dapat melihat mumi raja Firaun. Total, terdapat 27 mumi raja-raja Firaun dari berbagai dinasti.

2. Palace Museum

Palace Museum, gambar wikimedia.org
Walaupun didirikan pada 1922, National palace museum atau museum istana yang lokasinya bersebelahan dengan forbidden city di Beijing, Tiongkok, pada tahun lalu menempati posisi pertama sebagai museum paling banyak dikunjungi wisatawan, yakni 16 juta penjunjung.

Museum ini berjenis museum seni dan sejarah perkembangan bangsa Tionkok dari waktu ke waktu. Di sini terdapat berabagai macam artefak mengaggumkan, seperti keramik, lukisan, segel, dan berbagai macam artefak dari logam dan lainya, dengan total seluruh koleksi sekitar 1.807.558 item.

Salah satu koleksi berharga museum ini yakni 340 ribu piece keramik porselen yang dulunya merupakan koleksi pribadi kaisar dari dinasti Tang dan Song. Tak heran, dengan koleksi sebanyak itu, national palace masuk jajaran museum terpopuler di dunia.

1. Louvre

Louvre Museum, gambar ricksteves.com
Terakhir, daftar museum terpopuler di dunia versi yuukeren jatuh pada Louvre yang lokasinya berada di tengah-tengah kota Paris, Prancis. Museum ini didirikan pada 1793 ditempat bekas Istana yang didirikan Raja Philip II pada abad ke 12. 

Namun istana ini dirubah fungsinya oleh Raja Prancis yang memerintah pada abad ke 16an, raja Louis XIV, karena memindahka ibu kota kerajaanya ke Istana Versailes, sehingga Louvre dijadikan tempat untuk menyimpan berbagai koleksi kerajaan kala itu.  

Setelah terjadi revolusi Prancis, tepatnya 100 tahun berikutnya, Louvre besrta isinya ditetapkan sebagai milik rakyat Prancis (bukan Raja). Salah satu daya tarik museum ini yakni bangunan khas berbentuk piramida yang terbuat dari kaca khusus, sebagai jalur masuk utama ke museum.

Walaupun koleksi barang yang dimiliki Louvre tidak sebanyak National Palace, yakni hanya 400 ribuan item, namun para turis mancanegara, khususnya para ahli seni sangat berhasrat mengunjungi museum ini karena adanya karya master-piece dari pelukis dan pemikir jenius, Leonardo da Vinci, yakni lukisan Mona Lisa. Menjadikan Louvre pada tahun lalu dikunjungi sebanyak 7,3 juta turis.

Demikian kesepuluh museum terpopuler di dunia yang banyak dikunjungi wisatawan mancanegara, semoga informasi kali ini menambah wawasan kita semua.

Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_most_visited_art_museums#List

No comments