Hot Info

Cara Mudah Memperbaiki Memory Card Yang Tak Terbaca


Memory Card  merupakan salah satu medua penyimpanan data yang paling sering banyak di gunakan untuk melakukan penyimpanan data. Seiring dengan perkembangan zaman, kapasitas memory card pun juga semakin besar dan bisa menyaingi kapasitas  yang dimiliki oleh flashdisk.

Karena hal ini lah, sebagian besar orang mulai menggunakan memory card untuk menjadi salah satu media penyimpanan data utama selain flashdisk. Namun, terkadang ada kendala mengenai mengenai hardware penyimpanan yang satu ini.

Salah satunya adalah memory card yang tak terbaca. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memperbaiki memory card yang tak bisa terbaca sama sekali. Langkah yang mudah  pertama adalah berkaitan dengan penyebab erornya memory card itu sendiri.


Kadang kala ada memory card yang mengalami eror karena tak bisa lagi diperbaiki karena memang secara fisik memory card tersebut telah mengalami kerusakan. Apabila hal tersebut terjadi, memory card sama sekali tidak bisa di perbaiki.

Yang kedua berkaitan dengan kemungkinan data diselamatkan. Probilitas data bisa diselamatkan dengan sempurna adalah cenderung lebih kecil seiring dengan semakin parahnya kerusakan yang dialami oleh memory card.

Lalu, bagaimana cara memperbaiki memory card yang tidak bisa terbaca? 

Berikut ini trik mudahnya!

Mencoba di Komputer Lain

Langkah yang pertama untuk memperbaiki memory card yang tak terbaca sama sekali ini adalah dengan memastikan bahwa memory card yang kamu miliki masih berfungsi. Caranya sangat sederhana yakni dengan melihat apakah memory card tersebut masih bisa terbaca di computer yang lainya. Apabila memory card tersebut masih terbaca maka kemungkinan  besar bahwa memory card kamu tak memiliki masalah berarti.

Namun jika memory card tak juga terbaca di computer yang lainya ada baiknya untuk memastikan apakah kondisi fisik memory card-mu bermasalah atau tidak. Coba untuk mencabut dan memasukkan kembali memory card ke pord memory card computer dan beberapa computer yang lain untuk memastikan betul bahwa bukan komputernya yang bermasalah.

Pastikan Format Partisi Bisa Dibaca Oleh Sistem Operasi

Langkah berikutnya adalah dengan memiliki format partisi yang bisa dibaca oleh computer. Misalnya apabil memory card memiliki format partisi ext4, maka pastikan bahwa partisi tersebut bisa dibaca oleh system operasi yang kamu install di laptop.

Membersihkan Dengan Karet Penghapus

Ada kalanya, memory card tak bisa dibaca sama sekali disebebkan karena maslaah kotoran yang menempel pada bagian perangkat keras untuk mengubungkan antara Memory Card dengan pembara memory card di laptop.

Oleh karena itu cara yang ketiga adalah dengan membersihkan bagian perangkat keras di memory card sekaligus di computer atau laptop yang kamu gunakan untuk membaca memory card tersebut. kamu bisa membersihkanya dengan menggunakan karet penghapus  ataupun dengan karet gelang.

Mengganti Card Reader

Card Reader yang rusak bisa menyebabkan memory card tak bisa terbaca. Mungkin Card Reader kamu mengalami masalah atau rusak dan tentu saja solusinya adalah menggantu card reader tersebut.

Melakukan Format Ulang

Cara yang terakhir ini memang cukup beresiko karena apabila kamu tak memiliki backup data penting yang ada di memory card, besar kemungkinan data yang ada dalam Memory Card tersebut tak bisa direcover dengan sempurna. 

Melakukan format ulang terhadap memory cardmu bisa digunakan untuk mengatasi masalah memory card yang tidak terbaca sama sekali disebabkan karena adanya master partisi yang rusak pada partisi memory card yang kamu miliki.

No comments