Hot Info

Teknologi Pertanian Di Indonesia

Teknologi Pertanian memang sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang, penemuan teknologi yang semakin marak ini berdampak positif bagi setiap sektor karena dengan munculnya teknologi di dalam berbagai bidang, maka teknologi tersebut akan mempermudah segala pekerjaan yang ada.

Begitu pula dengan sektor pertanian, dengan munculnya teknologi terbaru dalam bidang pertanian seperti alat-alat pertanian, bibit-bibit unggul hingga budidaya modern dapat membantu meningkatkan efektifitas produksi dan kualitas produksi dalam bidang pertanian.

Seperti hal nya teknologi cangkok yang telah membuat hasil buah dari tanaman yang dicangkok menjadi lebih bagus dari tanaman induknya. Dan teknologi pertanian lain nya seperti traktor yang dapat berguna untuk mengolah tanah, dan hal-hal semacam inilah yang membuat teknologi pertanian menjadi lebih maju dengan hasil melimpah.

Teknologi Pertanian Di Indonesia



Amerika yang sudah lama menggunakan teknologi canggih dalam pertanian, kini telah mampu menjadi pengekspor terbesar di dunia dalam hal pertanian, kenapa Indonesia tidak bisa menjadi seperti amerika dalam hal pertanian ini? Padahal Indonesia adalah Negara agraris, namun kenapa amerika bisa mengalahkan Indonesia yang notabene memiliki tanah yang luas dan bagus.

Semua nya adalah tergantung dari teknologi dan cara bertani nya. Jika para petani Indonesia mampu menggunakan teknologi canggih seperti yang dilakukan amerika, maka bukan tidak mungkin Indonesia mampu bersaing dengan amerika. Dan dalam hal ini peran pemerintah sangatlah penting. Dan berikut langkah dan trobosan yang dapat dilakukan pemerintah:

Penerapan Teknologi Pertanian Di Indonesia


1. Mengadakan proyek untuk pertanian modern pada sejumlah wilayah yang ada di Indonesia, terutama di daerah yang belum terjamah oleh teknologi pertanian, di luar jawa adalah tempat yang masih banyak lahan kosong seperti Kalimantan, Sumatera dan lain-lain. dengan menggunakan nya teknologi canggih pada tempat-tempat ini, maka produktifitas lahan yang ada akan semakin pesat. Dan ini juga dapat membantu petani sekitar untuk bisa mendapatkan panen yang maksimal.

2. Memberikan peluang bagi para pengusaha besar untuk membuka lahan kosong tak terurus untuk dikelola, dengan bantuan pengusaha yang memiliki modal maka akan mudah bagi pemerintah untuk dapat meningkatkan teknologi pertanian.
3. Pemerintah bisa membangun badan penelitian tentang teknologi pertanian yang membantu masyarakat dalam hal pertanian, memberikan panduan tentang teknologi pertanian dan melakukan seminar. Dengan cara ini maka masyarakat bisa mengetahui bagaimana bertani dengan teknologi maju.

4. Setelah para petani atau masyarakat mengetahui tentang teknologi pertanian ini, maka pemerintah bisa mengadakan alat pertanian modern dengan memberikan mereka subsidi, sehingga para petani bisa menggunakan alat tersebut untuk menerapkan pertanian modern di lahan mereka. Dan meningkatkan produktifitas hasil pertanian.

5. Melakukan riset tentang teknologi pertanian, melalui badan yang penelitian yang telah dibangun di desa tersebut, maka pemerintah bisa menggunakan badan tersebut sebagai wadah penelitian tentang pertanian, sehingga jika ditemukan cara baru atau teknologi baru, badan penelitian tersebut bisa memberikan informasinya kepada masyarakat dengan segera.

6. Memfokuskan anggaran pertanian pemerintah dalam hal penerapan teknologi pertanian, sehingga anggaran itu benar-benar efektif dan dapat membangun pertanian Indonesia dengan lebih baik.

7. Mengadakan seminar atau penyuluhan pada setiap masyarakat di suatu desa sehingga masyarakat mau beralih menggunakan teknologi modern dalam bertani, berikan pula gambaran, cara kerja dan hasil yang di dapat apabila menggunakan teknologi pertanian modern.

8. Mendukung dan memfasilitasi berbagai penelitian baik dari mahasiswa, atau badan penelitian lain. sehingga semakin banyak teknologi baru yang ditemukan, semakin cepat pula pertanian Indonesia menjadi maju.

9. Mengadakan pameran tahunan atau pun lomba untuk penemuan teknologi pertanian, sehingga akan banyak orang yang tertarik untuk melakukan nya dan jika hal ini terus berlanjut maka bukan tidak mungkin akan semakin banyak teknologi yang muncul.

Dengan langkah-langkah tersebut, diharapkan Indonesia bisa memaksimalkan hasil pertanian, dan jika hal ini sukses maka para petani akan mampu membangun ekonomi yang kuat. Mereka akan bisa hidup dengan pendapatan yang tinggi. Dan pada akhirnya perekonomian Indonesia juga akan meningkat. Dan harapan Indonesia menjadi Negara maju akan segera terwujud. Namun jika masih menggunakan teknik konvensional maka perekonomian Indonesia akan tetap seperti ini.

Baca juga artikel yang terkait di bawah ini :
  1. 5 Teknologi Tepat Guna Dari Barang Bekas
  2. Teknologi buatan indonesia - New !!
  3. Teknologi Komputer Masa Depan

Demikian informasi seputar perencanaan penerapan teknolog pertanian yang bisa pemerintah lakukan, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda. Jika ingin melihat informasi tentang semua teknologi silahkan kunjungi hometekno.com, Terima kasih.

No comments