Hot Info

10 Makanan Bernutrisi Padat “Se-Planet” Bumi



bandt.com.au

Makanan bisa diibaratkan bahan bakar pada kendaraan, menyediakan tenaga pada manusia untuk beraktivitas. Agar kendaraan bisa bergerak, setiap hari harus di isi, sama halnya dengan manusia yang harus makan tiap hari agar bisa beraktivitas normal.  

Sekarang banyak orang memperhatikan nutrisi makanan yang mereka makan, hingga makanan apa yang bagus buat diet. Walapun begitu, beberapa makanan bernutrisi tinggi hanya dimiliki beberapa jenis makanan. Beberapa makanan tersebut dikenal sebagai bintangnya kandungan nutrisi, atau beberapa makanan yang dapat menolong fungsi badan agar lebih sehat, melindungi anda dari beberapa penyakit kronis. 
Berikut sepuluh makanan bernutrisi tinggi "se-planet" Bumi.


1. Yogurt Yunani

doctoroz.com
Nutrisi penting yang terkandung di dalam Yogurt dari Yunani ini, menjadikannya makanan yang sempurna layak dikonsumsi setiap hari. Bakteri “baik” yang terkandung menguntungkan menjaga kesehatan anda. Hal itu dikarenakan kandungan tinggi protein, yang mudah diserap tubuh, dan beberapa nutrisi lainnya, kalsium, folic acid, lactic acid, vitamin B, potasium, magnesium, phosphorus, zinc dan iodine.
 
Selain memelihara sistem ketahanan tubuh, mengkonsumsi yogurt yunani ini dapat juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menyembuhkan infeksi ringan pada saluran kemaluan, memelihara berat badan, mencegah darah tinggi, menguntungkan kesehatan mulut dan menurunkan kolesterol. Untuk memperoleh hasil maksimal, disarankan mengkonsumsi Yogurt Yunani segelas satu hari, dapat juga di konsumsi bersama potongan buah buahan yang anda suka.


2. Bayam

rosannadavisonnutrition.com
Makanan bernutrisi padat selanjutnya yakni bayam. Yup, bayam merupakan tumbuhan berdaun hijau, yang dapat ditemukan hampir setiap musim di semua tempat di planet Bumi, kecuali di kutub, ya iyalah dingin hee. Tumbuhan ini sumber terbaik vitamin K, C dan A. Kandungan  terbaiknya zat besi, kalsium, potasium, tembaga, serat, zinc, selenium, vitamin E, dan magnesium. Selain itu, di dalam bayam juga terkandung dua zat anti-oksidan, meliputi zeaxanthin dan lutein, yang bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda.

Nutrisi pada daun bayam dapat mencegah dan mengontrol banyak kasus kasus kesehatan serius, seperti diabets, kerapuhan tulang, serangan jantung, stroke, dan beberapa gejala kanker. Bahkan dapat mengobati detoxifikasi, mengurangi peradangan meningkatkan kesehatan mata, dan mencegah anemia.Untuk memperoleh itu semua, anda dapat mengkonsumsi bayam sebagai lalaban, atau di buat jus.


3. Blueberry

gosanangelo.com
Walaupun semua jenis buah berry bagus bagi kesehatan, tapi blueberry adalah yang terbaik. Buah berry banyak mengandung vitamin C dan K, mangan dan serat. Nutrisi lain yang terkandung pada blueberry yakni vitamin A, riboflavin, niacin, magnesium, potasium, tembaga, folat, zinc, dan besi. Keunggulan lainnya, buah ini terdiri dari 85% air dan rendah kalori.

Blueberry juga kaya zat anti-oksidan, berfungsi melindungi tubuh dari gangguan molekul radikal bebas, yang nantinya berkontribusi dalam penuaan dini dan pencegahan kanker. Buah ini juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengontrol berat badan, memelihara kesehatan jantung, meningkatkan kinerja otak, mendukung kesehatan mata, mengontrol kadar gula dalam darah, dan memelihara sistem pencernaan.

Caranya, bisa dimakan langsung atau mengolahnya menjadi jus, atau memasukan dalam menu makan pagi dan sore, atau memakannya bersama sama dengan yogurt yunani.


4. Lemons

today.com
Makanan lain yang masuk daftar makanan bernutrisi padat yaitu lemon. Satu buah lemon sudah cukup memenuhi kebutuhan vitamin C harian anda, Wuihh..pantas mendapat gelar buah dengan zat anti-oksidan terkuat "se-planet" Bumi. Disamping itu, lemon juga mengandung kalsium, magnesium, besi, potasium, vitamin B-kompleks, dan vitamin A. Dan juga dalam lemon terkandung zat anti bakteri, peningkat sistem imune, dan zat anti virus. Wuihh mantap!

Mengkonsumsi lemon dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari serangan bakteri dan virus. Juga membantu mengontrol berat badan, memelihara kesehatan usus, mengurangi resiko stroke, meningkatkan kesehatan kulit, melawan timbulnya kanker, mencegah asma, meremajakan sel darah, dan menurunkan resiko tekanan darah tinggi.

Untuk mendapatkan itu semua, disarankan mengkonsumsinya dalam bentuk jus, caranya setengah buah lemon diperas dan disatukan dalam satu gelas air hangat plus madu. Diminum setiap hari pada pagi hari sebelum sarapan pagi. 


5. Apel

farmtek.files.wordpress.com
Pepatah lama bilang, jika mencari buah bernutri tinggi, pastilah apel. Apel kaya vitamin C, serat, vitamin B-kompleks (thiamin, vitamin B6, dan riboflavin). Apel juga mengandung phytonutrients yang dapat menolong tubuh anda dari serangan radikal bebas. Beberapa mineral dari apel mengandung kalsium, phosphorus, dan potasium. Buah ini tidak mengandung kolesterol atau zat yang membuat anda gemuk.

Dengan mengkonsumsi apel tiap hari, dapat mengurangi resiko terserangnya kanker, diabetes, serangan jantung, dan darah tinggi. Dan apel juga dapat meningkatkan kesehatan sistem saraf, mengontrol kolesterol, mencegah pikun, memelihara kesehatan mulut, dan menguatkan tulang.
Sekarang apel dapat anda temui dalam bentuk snack atau keripik apel, namun baiknya apel dikonsumsi langsung atau dibuat jus.


6. Almond

baycitizen.org
Berasal dari tanaman almond, biji yang berbentuk lonjong pepat ini mengandung bermacam nutrisi. Biji almond sangat kaya akan vitamin E, zat tembaga, protein tinggi dan magnesium. Disamping itu, almond mengandung juga serat, zat besi, kalsium, aneka macam asam amino esensial, dan riboflavin. Juga terkandung phosphorus dan tembaga.

Biji almond tinggi akan zat anti-oksigen yang dapat melindungi sell anda dari serangan oksidatif, yaitu proses resiko penuaan dini dan serangan kanker. Berdasarkan penelitian, almond dipercaya dapat mengontrol kinerja jantung, menurunkan kolesterol, memlihara berat badan, mencegah diabetes, mencegah sistem pernapasan, menguatkan tulang, dan meningkatkan kinerja otak. Biji almond juga membantu merawat kesehatan kulit, dan mencegah kerontokan rambut. 

Anda bisa mengkonsumsi biji almond sebagai camilan atau yang sudah diolah dengan bahan lainnya. Peringatan: apabila anda mempunyai masalah ginjal, jangan memakan almond, karena almond mengandung oxalates, yang tidak baik buat ginjal anda.


7. Flaxseed


therenegadepharmacist.com
Mungkin terdengar asing, Flaxseed merupakan sejenis sereal yang diperoleh dari biji bunga Flax, yang terdapat di Benua Amerika. Flaxseed kaya akan lignan, zat yang berfungsi memblok penerima hormon estrogen pada sell, mengandung serat, dan asam omega 3. Flaxseed juga mengandung vitamin B1, mangan, tembaga, magnesium, phosphor, zinc, selenium, dan protein, dan biji ini bebas dari gluten.

Mengonsumsi flaxseed secara teratur dapat menolong anda dari serangan kanker yang ada hubungannya dengan hormon, seperti kanker payudara. Selain itu, biji ini sangat efektif untuk mengurangi kolesterol, meringankan gangguan penglihatan, meningkatkan produksi sel darah merah, memelihara sistem pencernaan, dan melindungi dari serangan jantung. Caranya, anda mengkonsumsi flaxseed dalam bentuk seral ataupun di campur dalam yogurt, sop, salad atau jus.


8. Ekstrak Minyak Kelapa Muda

healthynaturalworld.com
Ekstrak minyak dari kelapa muda, telah dipercaya sebagai “salah satu minyak kesehatan di planet Bumi” , karena berbagai alasan tertentu. Salah satunya, sebagai penggemuk badan yang sehat, kandungan senyawa triglyserin dipercaya jadi penyebabnya. 

Dalam minyak ini terkandung asam amino esensial (asam lauric, asam caprylic, dan asam capric), zat anti-mikrobiologi, anti-oksidan, anti-virus, anti-bakteri, dan zat anti-fungal. Juga membantu usus dalam menyerap beberapa mineral.

Minyak kelapa membantuk meningkatkan berat badan, memelihara kesehatan jantung, meningkatkan fungsi tiroid, memelihara sistem pencernaan, sistem metabolisme, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Juga dapat memelihara kesehatan rambut dan kulit.
Untuk memperoleh itu semua, anda bisa menggunakan ekstrak minyak kelapa muda ini (1-3 sendok makan) dalam memasak atau membuat kue. 


9. Brokoli

elvocero.com
Diantara sayuran populer dan penting sekali yaitu Brokoli, memiliki segudang kandungan nutrisi dan menawarkan banyak manfaat dibalik warna hijaunya. Di dalam Brokoli terkandung sumber vitamin C dan K, asam folat, serat, kalsium, magnesium, potasium, phosphor, besi dan sedikit zinc, namun rendah kolesterol dan mencegah dari kegemukan.

Sayuran ajaib ini dapat mengobati keracunan, memelihara kesehatan peredaran darah, mencegah kanker, memelihara tekanan darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, merawat kinerja otak, mencegah penuaan, menguatkan tulang, dan memelihara kesehatan mata.
Untuk memperoleh semua itu, disarankan mengkonsumsi brokoli sebanyak dua atau tiga kali selama seminggu.


10. Oats

eatdrinkpaleo.com.au
Apabila kita berbicara tentang makanan bernutrisi padat se-planet Bumi, maka jangan lupakan oats. Oats atau gandum-ganduman dapat dijadikan bahan makanan utama bagi yang melakukan diet. Oats juga sumber dari serat yang dapat larut dalam air, beta-glucan, komponen utama di dalam Oats.

Faktanya, serat ini baik sekali bagi kesehatan, dikarenakan mampu mengontrol kolesterol, memelihara kadar gula dalam darah, mengontrol berat badan, mengurangi tekanan darah tinggi, meningkatkan sistem imune, mengurangi stress, dan melindungi dari serangan kanker. Anda dapat memakan oats pada menu pagi hari atau menjadikannya bahan utama dalam membuat kue. 

Untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, selain mengkonsumsi sepuluh makanan diatas, jangan lupa olahraga yang teratur yah... Demikian kesepuluh makanan bernutrisi padat yang ada di planet Bumi.

Sumber:
http://vkool.com/most-nutrient-dense-foods/
http://www.flaxseed.web.id/p/faq.html

No comments