Hot Info

10 Roller Coaster Paling Mengerikan Yang Ada Di Bumi



Menegangkan, bikin jantung copot, hingga untuk yang punya nyali besar, yap roller coaster telah menjadi wahana populer di kalangan para adrenaller. Seperti telah menjadi barang wajib, setiap taman bermain pastinya memiliki sebuah roller coaster di dalamnya. 

Nah, bagi mereka yang suka pengalaman yang ekstrim dan menyenangkan, menaiki roller coaster merupakan suatu hal yang mesti dicoba, apalagi di dunia ini terdapat beberapa roller coaster yang berkategori super scary roller coaster. Nah, yuukeren akan mengulas sepuluh roller coaster paling mengerikan dan tercepat di dunia.

 10. Top Thrill Dragster, AS


Top thrill dragster termasuk roller coaster berangka baja tertinggi kedua di dunia, setelah kingda ka. Roller coaster ini terletak di Cedar point Amusement park, Ohio, Amerika Serikat. Roller coaster ini dibuat oleh Intamin AG dan di buka pada 2004 silam.

Saat menyusuri lintasan top thrill dragster, kita akan dilontarakan dengan tekanan gas super kuat dari hidrolik dan naik ke puncak pada ketinggian 420 kaki. Setelah itu, kita akan meluncur dengan kecepatan super cepat, melintasai lintasan seperti bukit, dan akan diputar lagi dalam lintasan spiral 270 derajat. Dari meluncur hingga finish, hanya butuh 17 detik, namun kepuasaan yang menegangkan tetap bertahan, dan ingin mencoba nya lagi.

9. The El Toro, AS


Roller coaster ini merupakan jenis roller coaster berangka kayu tercepat kedua di dunia, dengan kecepatan maksimum 70 mil/jam. El Torro terletak di six flag great adventure, New Jersey, Amerika Serikat.
Karena rangka lintasan terbuat dari kayu, maka tidak banyak putaran seperti roller coaster yang terbuatt dari logam. Walaupun tanpa putaran, roller coaster kayu ini mampu bersaing dengan roller coaster logam di dunia, karena sensasi getaran saat melintasai lintasan yang terbuat dari kayu inilah yang membuat penumpang merasa tertantang.

8. Goliath, AS

Jika ditanya, apa roller coaster berangka kayu tercepat di dunia? Jawabannya ialah Goliath. Yup, roller coaster ini masih populer di six flag great adventure, Ilinois, Amerika Serikat. 

Pada roller coaster ini terdapat putaran mengerikan yang mampu membuat adrenalis penumpang terpacu. Dari ketinggian 180 kaki, kecepatan kereta roller coaster dipacu hingga 72 mil/jam, dengan sudut tikungan mencapai 85 derajat, menjadikan roller coaster kayu tercepat sekaligus mematikan.

7. Intimidator 305, AS


Intimidator 305 terletak di taman bermain Kings Dominion, Virginia, Amerika Serikat. Dibuka pada 2010, sebagai roller coaster terbesar di AS bagian utara. Puncak tertingginya 305 kaki dan saat menuruni lintasan kecepatannya bisa mencapai 90 mil/jam.
Nama intimidator sendiri berasal dari julukan seorang pembalap terkenal NASCAR, Dale Earnhardt. Begitu pun warna lintasan yang berwarna kuning dan merah terilhami warna mobil Dale.

6. Steel Dragon 2000, Jepang

Terletak di prefektur mie, Nagashima Spa Land, Jepang, steel dragon 2000 ini menawarkan roller coaster dengan lintasan terpanjang di dunia, yakni 8000 kaki lebih dengan kecepatan maksimum 95 mil/jam.
Saat mendakit puncak pertama, roller coaster ini butuh waktu yang cukup lama, namun hal itu terbayar setelah penumpang meluncur dari turunan dengan kecepatan dan cukup tinggi. Konon biaya pembangunan steel dragon 2000 sebesar USD$ 50 juta.

5. Eejaineka, Fuji-Q Higland, Jepang

Eejaineka, terkenal sebagai salah satu dari dua roller coaster empat dimensi (satu lagi dinoconda di cina), disebut 4thdimensi karena kuris duduk penumpang bisa berputar 360 derajat dari depan ke belakang. 

Putaran kursi dikontrol oleh rantai baja, saat kereta melaju pada lintasan menanjak atau turun.  Kombinasi mematikan ini, mengundang pengunjung untuk menguji nyali mereka di wahana ini. Eejaineka termasuk salah satu roller coaster ke tujuh yang ada di Fuji Q Higland Park.

4. Kingda Ka, AS

Roller coaster ini terletak di six flag great adventure, di taman Jackson, New Jersey, Amerika serikat.  Dibuka pada 2005 silam, dan terus menarik banyak orang yang ingin memacu adrenalin mereka. 
Saat menyusuri lintasan Kingda ka, kita akan dilontarkan dengan tekanan gas superkuat, melesat dengan kecepatan 144 mil/jam, hingga kereta mampu mendaki lintasan dengan kemiringan sangat ekstrim, 90 derajat setinggi 456 kaki. Lalu setelah mencapai puncak, kereta meluncur lagi dengan kemiringan serupa, dihempaskan menuju bukit lintasan setinggi 416 kaki, melambat lalu berhenti. Kingda ka merupakan roller coaster  dengan lintasan baja tertinggi di dunia.

3. The Sky Scream, Jerman

The sky scream terletak di Holiday Park, Jerman, dan dibuka pada 2014. Walaupun puncaknya tidak tinggi, namun kombinasi aneh pada lintasannya, membuat ngeri bagi yang ingin mencobanya. 
Saat menyusuri lintasan sky scream kita akan merasakan pengalaman mengerikan karena kita akan berputar keatas, lalu berputar kebawah, terakhir putaran horizontal sebanyak dua kali. Kombinasi putaran ini dipercaya membuat pengalaman naik roller coaster sangat berbeda dan tentunya menegangkan.

2. Formula Rossa, Uni Emirat Arab

Roller coaster tercepat di dunia saat ini, Yup Formula Rossa, terletak di Ferrari World di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Kecepatan roller coaster ini bisa mencapai 150 mil/jam hanya dalam waktu 5 detik. 

Kemampuan ini berasal dari sistem peluncur hidrolik, dan menurut kabar kita bisa merasakan sensasi g-force mengendarai mobil formula F1 saat menaiki roller coaster ini. Saking cepatnya, penumpang wajib memakai kaca mata pelindung saat meluncur. Dibuka pada 2010, konon track lintasan Formula Rossa di ilhami dari sirkuit Autodromo Nazionale Monza.

1. The Gravity Max, Taiwan

The Gravity Max, terletak di Lihpao, taman bermain di Taiwan. Roller coaster ini termasuk paling mengerikan di dunia. Lihat saja saat kereta berhenti pada ketinggian 114 kaki di atas permukaan tanah, tiba-tiba lintasan di belakang kereta terpotong dan bergerak memutar kedepan dengan sudut 90 derajat, menukik ke bawah seakan-akan kereta keluar dari lintasan, namun sebenarnya lintasan menyatu dengan lintasan yang ada di bawahnya. Ini menjadikannya roller coaster paling unik sekaligus mengerikan di dunia.
Sebenarnya masih banyak lagi kereta-kereta pemacu adrenalin yang ada di muka bumi, yang tidak disebtukan di sini, bahkan beberapa roller coaster sedang dalam tahap pembangunan konstruksi. Sekian kesepuluh roller coaster paling mengerikan di Bumi yang mampu membuat detak jantung seakan copot.

Referensi:
http://www.lifebuzz.com/roller-coaster/
http://www.mnn.com/green-tech/transportation/stories/the-10-scariest-roller-coasters-in-the-world
https://en.wikipedia.org/wiki/Intimidator_305
http://www.ultimaterollercoaster.com/coasters/eejanaika_fuji-q-highland

No comments