Hot Info

10 Buku Novel Fantasy Terpopuler Yang Sayang Untuk Dilewatkan



Membaca buku adalah gerbangnya ilmu. Tidak sedikit para ilmuan besar dunia terilhami dari buku-buku yang mereka baca, salah satunya buku fantasy atau fiksi ilmiah. Misalnya, pelopor si pembuat roket, terilhami novel  ‘from the earth to the moon’.

Selain bikin pandai, kegiatan membaca buku pun menyehatkan fungsi otak, yang bermanfaat mencegah proses kepikunan atau Alzheimer. Dari sekian banyak jenis buku, buku bergenre fantasy yang banyak dicari orang, karena isinya yang menarik, imajinatif dan bikin penasaran.

Pada kesempatan kali ini, yuukeren akan mengulas sepuluh buku novel fantasy terpopuler di dunia yang sayang untuk dilewatkan.

1. The Lord Of The Ring’s, JRR Tolkien

the lord of the rings, gambar: tolkienbookshelf.com
JRR Tolkien bisa dibilang pelopor dari berbagai pengarang buku bergenre fantasy. Mulai dari dunia ciptaannya, middle earth, bangsa fiktif, seperti elf, dwarf, orc, ent, hingga bahasa untuk setiap bangsa diciptakan oleh Tolkien secara apik. Bahkan dari berbagai sumber, bahasa ciptaan Tokien ini ada mata pelajarannya di luar negeri sana.

Secara garis besar Lord of The Ring’s bercerita tentang perjalanan tujuh rombongan untuk menghancurkan cincin sakti kepunyaan sauron, yang telah menipu seluruh bangsa di middle earth agar tunduk terhadap sauron melalui cincin lain yang dibuat sauron. Saking menariknya, novel ini telah diadaptasi menjadi film box ofice pada 2001 silam.
Judul Buku:
The Fellowship of The Ring
The Two Tower
The Return of The King

2. A Song Of Ice and Fire, George RR Martin

A Song Of Ice and Fire, gambar: gumtree.com_
George R.R Martin berhasil membuat novel fantasy populer yang bercerita tentang petualangan tragis,  ketamakan, dan perang untuk menyatukan tujuh kerajaan yang berada di selatan The Wall. Martin mempunyai kemampuan mengaggumkan dalam hal menyatukan berbagai elemen cerita, mulai dari pendalaman karakter, petualangannya, mitos, ambisi, cinta dan sihir.
Saking menariknya, novel fantasy ini telah diangkat ke dalam layar kaca oleh HBO Entertainment, yang sekarang telah memasuki season ke tujuh. Bagi pecinta buku, pastinya tidak boleh melewatkan untuk membaca versi novelnya, karena di dalam film hanya diceritaka garis besarnya saja.
Judul Buku:
A game of Throne
A Clash of Kings
A Strom of Sword
A Feast for Crows
A Dance with Dragons
The Winds of Winter
A Dream of Spring


3. The Harry Potter, JK Rowling

Harry Potter, gambar: Barnesandnoble.com
Imajinatif, magik dan bikin penasaran mungkin tiga kalimat tersebut cocok untuk menggambarkan novel ini. Bahkan masyarakat dunia seakan tersihir saat Harry potter diangkat pertama kali ke layar lebar. Hal ini membuat nama JK Rowling semakin dikenal dunia.

Aslinya Harry potter merupakan seorang anak laki-laki yang hidup seatap dengan bibi dan pamannya, karena kedua orang tua harry telah meninggal saat kecelakan mobil. Di rumah, sering diganggu oleh sepupu gendut, Dudley, dan begitu seterusnya sampai Harry menerima surat undangan agar ia sekolah sihir di Hogwarts. Dari sekolah inilah petualangan Harry dimuai.
Judul Buku:
Harry Potter and the Philosopher’s Stone
Harry Potter and the Chamber of Secrets
Harry Potter and the Prisoner of Azkaban
Harry Potter and the Goblet of Fire
Harry Potter and the Order of the Phoenix
Harry Potter and the Half-Blood Prince
Harry Potter and the Deathly Hallows


4. The KingKiller Chronicle, Patrick Rothfuss

The kingkiller chronicle, gambar: tracking-board.com
Dari judul nya saja sudah nampak menarik. Benar saja, the kingkiller merupakan salah satu novel fantasy populer yang sayang untuk dilewatkan. Walaupun hanya tiga volume, cerita the kingkiller sangat kompleks dan penuh kejutan di setiap bab nya.

Alkisah, diceritakan seorang pemuda  berkelana dan belajar untuk menjadi seorang ahli sihir, dimana situasi dunia sedang genting. Daripada penasaran, baca novelnya yah hehe
Judul Buku:
The Name of the Wind
The Wise Man’s Fear
The Slow Regard of Silent Things

5. The Stromlight Archive, Brandon Sanderson

The Stromlight Archive, gambar: patrickrothfuss.com

Melalui usaha yang keras, akhirnya Brandon berhasil meracik sebuah novel fantasy, dimana dunia sihir dilihat dari sudut pandang berbeda di dalam novel ini. Dunia the stromlight pun sangat apik dengan kedalaman sejarah yang kental, dan tentunya peperangan masif. Namun dengan sentuhan yang berbeda, brandon membuat novel fantasy yang sayang untuk dilewatkan.
Judul Buku:
The Way of Kings
Words of Radiance
Oathbringer (2017)

6. The Sword Of Shannara Trilogy, Terry Brooks

The Sword Of Shannara Trilogy, gambar: agelesspagesreviews.blogspot.co.id
Entah terpengaruh oleh novel lord of the rings atau tidak, the sword of shannara merupakan novel fantasy klasik, epik dan imajinatif. Terry brook sendiri mengaku sebagai pengemar karya-karya Tolkien.
Dalam shannara, diceritakan bangsa elf, quest dan dark lord sedang mencari cari pedang myhtology, yakni pedah shannara. Hanya dengan pedang inilah dark lord mampu dimusnahkan.
Judul Buku:
The Sword of Shannara
The Elfstones of Shannara
The Wishsong of Shannara


7. The Broken Empire, Mark Lawrence

The Broken Empire, gambar: concurringopinions.com
Sempat mendapat cibiran dari para pecinta novel fantasy, karena karakter utama nya, The broken empire series telah merebut sebagian hati para pembaca dunia. Inti cerita, Jorg, seorang pangeran dari kerajaan Thorn, merupakan seorang psikopat yang tak terhentikan. Demi menuntaskan balas dendam atas pembunuhan ibu kandungnya, Jorg melakukan aksi kekerasan dan brutal di seluruh penjuru kerajaan.
Judul Buku:
Prince of Thorns
King of Thorns
Emperor of Thorns

8. The Farseer Trilogy, Robin Hobb

The Farseer Trilogy, gambar: epicfantasybooks.com
Robin Hobb merupakan pengarang dengan kemampuan unik dan imajinatif dalam meracik novel fantasy kuno berseri yang direncanakan berjumlah 13 buku. Hobb menulis dengan gaya yang indah dan karakter yang ciptakanya seakan nyata dan ada di dunia nyata. Hobb termasuk salah satu penulis modern fantasy populer yang masih hidup.

Pada seri pertama, kita akan bertemu Fitz, seorang pengelana yang mampu ke dunia lain melalui sihir milikinya sendiri, bersama binatang peliharaanya demi tugas imbalan tertentu. Oleh sebab tertentu,  Fitz diangkat oleh keluarga bangsawan, dan ia harus hidup dengan tata cara yang baru, termasuk membunuh orang.
Judul Buku:
Assassin’s Apprentice
Royal Assassin
Assassin’s Quest

9. The Chronicles of Thomas Covenant, Stephen R Donaldson

The Chronicles of Thomas Covenant, gambar: romania-inedit.3xforum.ro

Novel ini diluar perkiraan para pecinta buku. Stephan telah membuat novel fantasy yang lingkup kehidupan yang luas, dengan pendekatan psikologi yang belum pernah dicapai pengarang lain. Pada novel ini,  diceritakan selain bumi, terdapat bumi lain atau dunia lain yang dihuni oleh makhluk asing.  Di sinilah dimulai petualangan Thomas sebagai manusia bumi.
Judul Buku:
Lord Foul’s Bane
The Illearth War
The Power That Preserves
The Wounded Land
The One Tree
White Gold Wielder
The Runes of the Earth
Fatal Revenant
Against All Things Ending
The Last Dark

10. Malazan Book Of The Fallen, Steve Erikson

Malazan Book Of The Fallen, gambar: pinterest.com

Ketika Malazan Book of The Fallen pertama kali terbit, banyak yang menyangsikan keberhasilannya sebagai novel fantasy aksi petualangan, seperti halnya The Chronicles of Thomas Covenant. Namun, semua dugaan itu salah, Erickson berhasil membuat novel fantasy yang kaya akan sejarah dan kultur nyata dunia kita.

Kisah inti, mengisahkan peperangan yang tiada kunjung berakhir antara Raja Anomander dengan para pemberontak yang dipimpin oleh Tiste Andii, di sebuah kerajaan Malazan.
Judul Buku:
Garden of the Moon
Deadhouse Gates
Memories of Ice
House of Chains
Midnight Tides
The Bonehunters
Reaper’s Gale
Troll the Hounds
Dust of Dreams
The Crippled God

Bagi yang hobi membaca, kesepuluh novel fantasy diatas bisa jadi referensi bacaan menarik di akhir pekan, dan bagi pemula, bisa jadi penyemangat untuk memulai membaca buku. Akhir kata, semoga informasi kali ini bermanfaat bagi kita semua.
Referensi:
https://www.buzzfeed.com/awesomer/fantasy-forever?utm_term=.weQqOMEOA#.au8e2m621
http://www.fantasybookreview.co.uk/blog/top-10-fantasy-series/
http://www.bestfantasybookshq.com/hqs-top-10-must-reads/

No comments