Hot Info

10 Kota Kuno Yang Masih Eksis Dihuni Hingga Sekarang


Kemajuan peradaban suatu bangsa seringkali disimbolkan dengan kemegahan kota yang mereka bangun. Katakanlah, kota memphis dan thebes dibangun saat peradaban mesir kuno berkembang, dan kota babel saat peradaban babilonia berkembang di irak, merupakan contoh kota-kota megah yang pernah dibangun manusia.

Tidak sedikit kota-kota tua berusia ribuan tahun pada akhirnya lenyap ditelan kemajuan zaman. Namun tahukah, diantara kota kuno tersebut masih ada yang tetap eksis dihuni hingga kini dan tetap berkembang? Nah, berikut yuukeren akan mengulas beberapa kota kuno tersebut.

10. Jerusalem, dihuni sejak 2.800 SM

Jerusalem, gambar: farewow.com
Kota kuno ini merupakan tempat paling bersejarah dan tempat berekembangnya agama besar dunia, yakni islam, kristen dan yahudi. Dibangun sejak 5.000 tahun yang lalu atau sekitar  2.800 SM, kota ini telah menjadi rumah bagi 800 ribu jiwa dengan luas 123 km persegi. Sepanjang sejarahnya, Jerusalem telah dihancurkan dua kali, dikepung 23 kali, diserang 52 kali dan dikuasai ulang 44 kali.

Jerusalem merupakan kota suci di dunia, dikarenakan di dalam kota terdapat Al-Aqsa tempat suci agama Islam, lalu tembok ratapan tempat suci agama Yahudi, terakhir ada gereja makam kudus tempat suci agama Kristen. Kota bersejarah ini telah dilindungi oleh UNESCO sejak 1981 sebagai salah satu kota warisan dunia.

9. Plovdiv, dihuni sejak 4.000 SM

Plovdiv, gambar: yvelkov.com

Aslinya Plovdiv adalah tempat kediaman asli bangsa Thracian, yaitu salah polis atau kota satelit Yunani, sebelum kekaisaran Romawi berkuasa atas daerah ini dan menjadikannya salah satu kota utama. Kota ini juga sempat ditaklukan oleh kerajaan Ottomans beberapa tahun lamanya.

Di dalam kota terdapat reruntuhan kuno seperti Amphitheatre, Stadion kuno Philippopolis dan kamar mandi khas timur tengah. Walaupun telah berdiri selama 6.000 tahun, kota ini masih dihuni dan menjadi kota kedua terbesar di Bulgaria dengan meninggalkan kekayaan sejarah Yunani, Romawi dan Ottoman.

8. Sidon, dihuni sejak 4.000 SM

Sidon, gambar: flickr.com
Sidon merupakan salah satu kota paling terkenal dan berjaya pada masanya, dan kota kuno bangsa Fenisia yang hidup antara tahun 4.000 SM sampai 6.000 SM. Kota ini terletak di sebelah timur perairan Mediterania atau disebelah barat wialyah Libanon. Dikarenakan letaknya yang strategis, telah banyak kerajaan yang menaklukan kota ini,, mulai dari Assyiria, Babilonia, Yunani, Mesir dan Ottomans.

Jika kita membaca sejarah, kota ini telah banyak disinggahi orang-orang penting, seperti Nabi Isa, Alexander,  dan St. Paul. Saat ini, Sidon adalah salah satu kota tebesar di Libanon dengan populasi 200 ribu jiwa, dan menjadi kota wisata yang banyak dijelajahi oleh turis mancanegara.

7. Faiyum, dihuni sejak 4.000 SM

Faiyum, gambar: travyde.com

Kota kuno yang masih eksis berikutnya terletak di Mesir, Faiyum, terletak 100 km barat daya dari kota Kairo. Didalam kota terdapat situs kuno Chrocodilopolis dan Arsinoe, sekarang Faiyum menjadi ibu kota provinsi Al Fayyum.

Masyarakat setempat percaya kota ini masih tetap ada karena dilindungi makhluk mistik Chrocodile Petsuchos. Terlepas benar tidaknya, kota ini telah dihuni  sejak 6.000 tahun yang lalu, dan termasuk paling tua di benua Afrika.

6. Aleppo, dihuni sejak 4.300 SM

Aleppo, gambar: syx-gf.blogspot.co.id
Diperkirakan, kota kuno ini telah dihuni sejak 8.000 tahun yang lalu, tetapi bukti baru dari penggalian artefak 25 km di utara kota ini, menunjukan wilayah tersebut telah didiami manusia sekitar 13.000 tahun silam. Artinya, Aleppo dikelilingi wilayah lebih tua yang belum diketahui asal usulnya.

Walaupun termasuk kota kuno, populasi manusai di Aleppo terbilang cukup tinggi, sekitar 4,4 juta. Dikarenakan letaknya nya yang cukup strategis, antara lautan Mediterania dan Mesopotamia, atau dulunya disebut jalur sutra, menjadikan Aleppo salah satu pusat peradaban kuno yang masih bertahan hingga kini. Sekarang Aleppo merupakan salah satu kota modern di Suriah.

5. Byblos, dihuni sejak 5.000 SM

Byblos, gambar: tours42plus.com

Walaupun tidak sebesar Sidon, Byblos termasuk jajaran kota kuno yang masih setia dihuni oleh manusia. Kota kuno ini dibangun saat bangsa Fenisia menguasai wilayah Libanon saat itu. Diperkirakan, Byblos berusia 7.000 tahun.

Sejak bangsa Yunani menemukan kota ini sekitar 5.000 tahun lalu, mereka menyebutnya Bible yang kemudian dikenal sebagai Byblos. Sekarang, Byblos terletak 40 km utara Beirut, dekat pesisir laut Mediterania. Di sini terdapat banyak situs kuno penting, seperti kastil Crusader dan reruntuhan kota kuno Fenisia.

4. Ray, dihuni sejak 6.000 SM

Rey, gamabr: mnn.com
Ray atau Rey, merupakan bagian penting dari kota Modern Tehran, ibu kota negara Iran. Diperkirakan keberadaan reruntuhan kota Ray sudah ada sejak 8.000 tahun silam. Semasa perjalanannya, kota kuno ini pernah dikuasai bangsa Arab pada 641 M dan pada 1220 dihancurkan bangsa Mongol.

Situs penting yang masih ada di wilayah ini yakni Bukit Chesmeh Ali (5.000 tahun), Menara Tughrul (abad ke-12), kastil Gebri (3.000 tahun), dan yang paling penting yakni reruntuhan kota suci Zoroastrians.

3. Athens, dihuni sejak 7.000 SM

Athens, gambar: thousandwonders.net

Ibu kota Yunani, Athena, merupakan salah satu kota paling tua di dunia, dengan populasi sekitar 3 juta jiwa. Di kota ini pula konsep demokrasi yang dipakai hampir seluruh negara di dunia tercipta. Banyak para pelopor filsuf, penulis, drama keilmuan, berasal dari kota ini. Sehingga, Athena saat itu menjadi pusat politik, pendidikan, budaya dan ekonomi terkemuka.

Kota kuno ini dipenuhi berbagai peninggalan bersejarah, mulai dari reruntuhan kuil, New Acropolis,Chritian Museum, dan National Archaelogical Museum.

2. Jericho, dihuni sejak 9.000 SM

Jericho, gambar: cloudfront.net
Kota kuno yang masih dihuni berikutnya terletak di Palestina dekat sungai Jordan dan dipercaya sebagai yang paling tua di dunia. Sejak dihuni 11.000 tahun yang lalu, kota kuno ini telah menjadi rebutan dari 20 klan/bangsa!!! Jericho juga terkenal akan tanahnya yang kering walaupun lokasinya dibawah permukaan laut. Di sini terdapat banyak situs penting, seperti tembok Jericho, dan  kuburan Nabi Musa.

1. Damaskus, dihuni sejak 8.000 SM -11.000 SM

Damascus, gambar: drbill.net

Daftar terakhir dari kota kuno yang masih dihuni hingga sekarang jatuh pada kota Damaskus. Damaskus adalah ibukota Suriah, memiliki usia yang amat tua nyaris mendekati 11.000 SM atau 13.000 tahun yang lalu. Saat ini, Damaskus merupakan kota kedua terbesar di Suriah, dengan populasi sekitar 4  juta jiwa.

Terletak di daerah subur, dimana sungai Barada mengalir di tengah-tengah kota, Damaskus di masa lampau selalu menjadi sasaran empuk raja-raja yang ingin menaklukkannya. Dinding tua kota langsung berhadapan dengan lembah, arsitektur indah dan halaman hijau, membuat wisatawan mancanegara ingin merasakan suasana hidup di Damaskus tempo dulu. 

Demikian kesepuluh kota kuno yang masih eksis dihuni hingga sekarang, semoga informasi kali ini menambah wawasan kita semua.

Referensi:
http://Wikipedia.com
http://www.mnn.com/lifestyle/eco-tourism/stories/12-oldest-continuously-inhabited-cities
http://www.strongestinworld.com/oldest-cities-in-the-world/
http://www.wonderslist.com/10-oldest-continuously-inhabited-cities
http://hedisasrawan.blogspot.co.id/2014/07/20-pengertian-kota-menurut-para-ahli.html
http://www.bbc.com/indonesia/majalah/2014/04/140418_majalahlain_yerusalem

No comments