Hot Info

10 Negara Monarki (Kerajaan) yang Masih Ada Hingga Saat Ini



Kepala pemerintahan yang dipegang oleh seorang raja atau ratu secara turun temurun merupakan ciri utama negara kerajaan atau monarki. Sistem pemerintahan kerajaan merupakan sistem pemerintahan tertua bahkan terawal di dunia.

Pada dasarnya, kekuatan monarki terdiri dari monarki mutlak/absolut dan monarki konstitusional. Tetapi ada juga negara yang memberlakukan monarki demokratis, seperti Malaysia yang memberlakukannya di samping monarki konstitusional.

Monarki mutlak (absolut) merupakan bentuk monarki yang berprinsip raja mempunyai kuasa penuh untuk memerintah kerajaannya. Contoh negaranya adalah Brunei, Oman, Qatar, Saudi Arabia, Swaziland, dan Vatikan.
 
Peta Negara Monarki di Dunia, gambar: wikipedia.com
Monarki konstitusional merupakan sistem monarki yang mengakui Raja, Ratu, atau Kaisar sebagai kepala negara, simbol eksekutif yang bertahta secara turun temurun. Karena kepala negara hanyalah simbol, maka yang memerintah negara adalah Perdana Menteri yang berkuasa dalam masa tertentu dan dipilih oleh rakyat. Contoh negaranya adalah Britania Raya, Australia, Belgia, Thailand, Swedia, Spanyol, Jepang, Monako, Belanda, Maroko, dsb.

Monarki demokratis merupakan sistem monarki yang kekuasaan rajanya tidak berlaku seumur hidup dan bergilir di kalangan beberapa raja. Seperti contohnya Malaysia yang memilih Yang di-Pertuan Agong (Raja Malaysia) dari Sembilan Sultan secara keturunan dari negara-negara Melayu dengan masa jabatan selama lima tahun.

Berikut yuukeren akan mengulas 10 Monarki atau Kerajaan yang paling terkenal di dunia dan masih ada hingga saat ini.

10. Vatikan

Paus Fransiskus, gambar: aktual.com
Kota Vatikan atau Negara Kota Vatikan (Stato della Città del Vaticano) merupakan negara merdeka terkecil di dunia. Vatikan adalah sebuah contoh dari sebuah kerajaan yang kepala negaranya, yaitu Paus, tidak diwariskan secara turun temurun melainkan dipilih oleh Dewan Kardinal untuk masa jabatan seumur hidup. Kepala negaranya kini adalah Paus Fransiskus dan kepala pemerintahannya adalah Giuseppe Bertello.

Vatikan diakui kemerdekaannya pada tanggal 11 Februari 1929 yang ditandatangani oleh Kardinal Gaspari yang mewakili Pius XI dan Benito Mussolini yang mewakili Raja Victor Emmanuel III. Kota Vatikan pada tahun 1984 masuk ke dalam situs warisan dunia UNESCO.

9. Spanyol

Raja Felipe VI, gambar: cnn.com
Kerajaan Spanyol (Reino de España) merupakan negara maju yang terletak di Eropa Barat Daya. Pada awal periode modern, Spanyol menjadi imperium global yang sangat berpengaruh dan meninggalkan warisan lebih dari 500 juta penutur, sehingga bahasa Spanyol menjadi bahasa nomor dua yang paling banyak diucapkan di dunia.

Negara matador ini menganut sistem monarki konstitusional, yang pemerintahannya berbentuk parlementer. Raja Spanyol saat ini adalah Felipe VI dan Perdana Menterinya adalah Mariano Rajoy.

Selain dikenal dengan matador dan sepakbolanya, tempat paling terkenal dari negara ini adalah Istana Alhambra di Granada, kediaman raja Spanyol “Real Palacio” di Madrid, Gereja Sagrada Familia di Barcelona, dan pantai La Concha.

8. Thailand

Raja Maha Vajiralongkorn, gambar: nbcnews.com
Kerajaan Thai (Ratcha Anachak Thai atau Prathēt Thai) dahulunya dikenal dengan nama Siam hingga tanggal 11 Mei 1949. Kerajaan ini adalah satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah oleh Negara Eropa.

Revolusi tidak berdarah di tahun 1932 membuat dimulainya monarki konstitusional di negara ini. Raja di Thailand tidak mempunyai kuasa penuh mengatur negara, Raja dihormati dengan besar dan dianggap sebagai pemimpin dari segi moral, yang telah dimanfaatkan pada beberapa kesempatan sebagai penyelesai krisis politik. Yang berkuasa untuk mengatur pemerintahan adalah junta militer atau pemerintahan yang dikepalai oleh seorang perwira militer. Raja Thailand yang sekarang adalah Raja Maha Vajiralongkorn.

Thailand terkenal dengan tempat wisatanya seperti Phuket, Grand Palace, Wat Arun, Wat Pho, Chatuchak, dan Khao San Road.

7. Malaysia

Sultan Abdul Halim Muadzam Shah, gambar: padu.edu.my
Beribukota Kuala Lumpur, Malaysia merupakan sebuah negara federasi yang terdiri dari tiga belas negara bagian dan tiga wilayah persekutuan di Asia Tenggara. Pusat pemerintahan persekutuannya terletak di Putrajaya. Malaysia menjadi negara pada tanggal 16 September 1963 yang sebelumnya bernama Federasi Malaysia setelah mencapai kemerdekaanya pada tanggal 31 Agustus 1957.

Malaysia menganut sistem monarki konstitusional, tapi karena yang menjadi raja dipilih dan hanya menjabat selama 5 tahun maka bisa disebut juga dengan monarki demokratis. Raja Malaysia terkini adalah Yang Di-Pertuan Agong Sultan Abdul Halim Muadzam Shah, dan Perdana Menterinya adalah Najib Tun Razak.

Petronas merupakan menara kembar salah satu landmark terkenal di dunia. Di dalamnya terdapat mall dan bioskop. Sirkuit Sepang yang beberapa kali dijadikan arena sirkuit Formula 1 juga menjadi salah satu ciri Malaysia.

6. Monako

Pangeran Albert II, gambar: womansday.com.au
Monako yang secara resmi bernama Kepangeranan Monako (Principauté de Monaco) terletak di Côte d’Azur di Eropa Barat. Monte Carlo adalah kota terbesar di Monako, tapi bukan merupakan ibu kotanya. Ibu kota dari negara Monako adalah Monaco-Ville.

Monako adalah sebuah kepangeranan yang diatur dalam monarki konstitusional sejak tahun 1911 dengan Pangeran Monako sebagai kepala negaranya. Kepala pemerintahannya adalah seorang Menteri Negara. Menteri Negara adalah warga negara Perancis yang ditunjuk oleh pangeran dari calon yang diajukan oleh pemerintah Perancis hingga tahun 2002, setelahnya Menteri Negara dapat berupa orang Perancis atau Monegasque (penduduk asli Monako). Kini Pangeran Monako adalah Pangeran Albert II dan Menteri Negaranya adalah Michel Roger.

Nama Monako menjadi terkenal karena menjadi lokasi sirkuit Formula 1 dan syuting tiga film James Bond : Casino Royal, Golden Eye, dan Never Say Never Again di daerah Monte Carlo. Pernikahan aktris Hollywood Grace Kelly dengan Pangeran Rainier III di tahun 1956 juga membuat Monako terkenal.

5. Jepang

Kaisar Akihito, gambar: Beritagar.id
Negara yang sering disebut Nippon (Nihon atau Nihonkoku) ini merupakan negara yang terkenal dengan makanan khas-nya yaitu sushi, juga manga dan anime. Rakyat Jepang terkenal dengan tradisinya yang kuat. Walau sudah dipengaruhi oleh budaya barat, ciri Jepang-nya masih bisa terlihat dan dikenal.

Jepang yang terletak di atas Lingkaran Api Pasifik menyebabkan sering terjadinya gempa bumi dan sesekali letusan gunung berapi yang kadang bisa menyebabkan tsunami. Hal ini membuat pemerintah Jepang memberlakukan latihan antisipasi menghadapi gempa menjadi kurikulum wajib bagi siswa sekolah dasar.

Menurut mitologi, Jepang didirikan oleh Kaisar Jimmu pada abad ke-7 SM. Manurut Konstitusi Jepang pada tahun 1947, Jepang adalah negara monarki konstitusional di bawah pimpinan Kaisar Jepang dan Parlemen Jepang. Kaisar Jepang yang sekarang adalah Kaisar Akihito dan Perdana Menteri Shinzo Abe.

4. Belanda

Raja Wilem-Alexander, gambar: interest.com
Kerajaan Belanda yang sering disebut Holland ini terletak di Eropa Barat Laut. Disebut juga Nederland yang artinya negeri-negeri berdaratan rendah karena secara geografis merupakan negara berpermurkaan rendah dengan kira-kira 20% wilayahnya dan 21% populasinya berada di bawah permukaan laut, dan 50% tanahnya kurang dari satu meter di atas permukaan laut.

Belanda menganut sistem monarki konstitusional sejak tahun 1815 dan demokrasi parlementer sejak tahun 1848. Raja Belanda merupakan kepala negara dengan kekuasaan yang terbatas. Kini yang menjabat sebagai kepala negara adalah Raja Willem-Alexander dan kepala pemerintahannya adalah Perdana Menteri Mark Rutte.

Belanda terkenal dengan dam (bendungan), bunga tulip, kincir angin, sepatu kayu clog, masyarakatnya yang terbuka dan liberal.

3. Brunei

Sultan Haji Hassanal Bolkiah, gambar: ibtimes.co.uk
Brunei Darussalam adalah salah satu negara maju di Asia Tenggara selain Singapura berdasarkan Indeks Pembangunan Manusia. Forbes juga menempatkan Brunei sebagai negara terkaya kelima dari 182 negara. Kerajaan Brunei didirikan pada tahun 1363 dan memiliki corak pemerintahan monarki absolut. Kini Sultan yang memerintah adalah Haji Hassanal Bolkiah Mu’izzaddin Waddaulah yang merupakan kepala agama Islam di negara itu.

Penghasilan utama negara Brunei didapat dari penjualan minyak bumi dan gas. Karena pendapatan minyak dan gas-nya lebih besar daripada pembiayaan negara, penduduk Brunei memperoleh subsidi penuh untuk pengobatan, sekolah, beras, dan perumahan. Untuk biaya berobat rakyat hanya membayar 1 dollar di awal, selanjutnya negara yang menanggung. Untuk biaya sekolah dari SD hingga SMA, warga hanya membayar 5 dollar setiap tahunnya. Bahkan negara memberi “gaji tua” bagi penduduk yang berusia di atas 60 tahun sebesar 250 dollar atau sekitar 5 juta rupiah setiap bulan.

2. Saudi Arabia

Raja Salman bin Abdul Aziz Al Saud, gambar: aawsat.com
Merupakan negara yang beriklim gurun dan sebagian besar wilayahnya terdiri dari gurun pasir (sahara) dengan gurun pasirnya yang terbesar adalah Rub Al-Khali. Kerajaan Arab Saudi (Al-Mamlakah Al-‘Arabiyah Al-Su’udiyah) yang beribu kota di Riyadh ini, diproklamasikan pada tanggal 23 September 1932 oleh Abdul Aziz bin Abdurrahman Al-Sa’ud. Arab Saudi menganut monarki mutlak dengan hukum yang diberlakukan adalah hukum syariat Islam.

Raja yang bertahta saat ini adalah Salman bin Abdulaziz Al Saud yang menggantikan raja sebelumnya, Abdullah bin Abdulaziz Al Saud yang mangkat pada tanggal 23 Januari 2015 kemarin karena penyakit pneumonia.

Yang terkenal dari Arab Saudi adalah kota Mekah yang merupakan tempat kelahiran Nabi Muhammad saw. dan Ka’bah.

1. Britania Raya

Ratu Elizabeth II, gambar: express.co.uk
Kerajaan Bersatu Britania Raya dan Irlandia Utara (United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland atau United Kingdom) ini dikenal juga dengan nama Inggris Raya. Kerajaan yang beribu kota di London ini terdiri dari empat negara yang berdiri sendiri yaitu Inggris, Irlandia Utara, Skotlandia dan Wales.

Britania Raya adalah sebuah negara kesatuan di bawah monarki konstitusional yang dikepalai oleh seorang Ratu yaitu Elizabeth II (memerintah sejak 6 Februari 1952) yang juga mengepalai 15 negara persemakmuran lainnya. Kepala pemerintahannya adalah seorang Perdana Menteri, seorang aggota parlemen yang dipilih oleh mayoritas anggota House of Commons (Dewan Rakyat). Perdana Menteri yang memerintah saat ini adalah David Cameron MP.

Yang terkenal dari Britania Raya selain Ratu Elizabeth II adalah anggota keluarga kerajaannya seperti Pangeran Charles, Lady Di, William, Harry, dan Kate Middleton. Ada juga tokoh-tokoh populer seperti Charlie Chaplin, J. K. Rowling, The Beatles, Coldplay, Spice Girls, dan One Direction.

Referensi:
wikipedia.org

No comments