Hot Info

10 Patung Ikonik Paling Terkenal Di Dunia



Patung atau statuetelah dibuat oleh manusia jauh-jauh hari sejak peradaban manusia mulai berkembang. Dengan berbagai macam tujuan dan bentuk, patung kuno pertama yang dibuat manusia berukuran 29,6 cm, dengan pahatan indah, bernama the lion man diperkirakan dibuat pada 32.000 tahun yang lalu.

Seiring berkembangnya jaman, kemampuan manusia dalam hal membuat patung pun semakin terasah, puncaknya dua statue di dunia termasuk kedalam tujuh keajaiban dunia versi kuno, yakni The Colossus of Rhodes dan The Statue of Zeus di olimpik, Yunani. 

Pada jaman ini pun, patung telah dipakai oleh beberapa masyarakat modern untuk mempresentasikan agama, sejarah hingga status seseorang, bahkan telah menjadi ikon identitas suatu negara. Berikut yuukeren  akan mengulas sepuluh patung ikonik paling terkenal di dunia.

1. Leshan Giant Buddha

Leshan Giant Buddha, gambar: youtube.com
Dibangun sekitar abad ke-8, Leshan giant buddha adalah patung buddha terbesar di dunia yang terbuat dari batu tebing, dimana dengan memahat sebuah tebing raksasa oleh para biksu, menjadikannya salah satu warisan dunia dan tempat spiritual para kaum Buddha di Leshan, Tiongkok.

Awalnya terdapat struktur kayu berlapis emas hingga 13 lantai menghiasi statue, namun emas tersebut raib digondol saat orang Mongol datang kesana. Statue ini sangatlah besar, dimana pada bahunya saja dapat dibuat lapangan basket, Wuiih. Tidak hanya itu saja, sistem perairan nya pun telah didisain secara matang, agar air hujan tidak merusak statue ini.

2. Statue of Liberty

Liberty, gambar: statuecruises.com
Jika ada yang bertanya, dimana letak patung liberty, hampir semua orang tahu bahwa liberty berada di Amerika Serikat. Namun bukan berarti dibuat oleh orang Amerika asli, ternyata liberty merupakan pemberian dari orang prancis untuk merayakan hari jadi negara Amerika yang ke-100 tahun.

Liberty berwujud seorang perempuan menggunakan pakaian stola, mahkota, memakai sendal, menginjak rantai putus, sambil mengangkat obor pada tangan kanan, dan memegang tabula ansatapada tangan kirinya. Liberty dibangun di prancis pada juli 1884 dan dipasang pada sebuah pulau dekat kota Manhattan pada 28 oktober 1886.  

3. Christ the Redeemer

Christ the Redeemer, gambar: youtube.com
Christ the Redeemer merupakan patung yesus kristus di Rio de Janeiro, Brazil. Berdiri di atas puncak perbukitan corovado setinggi 700 meter, statue ini menghadap ke arah utara pelabuhan Guanabara hingga selatan Lagoa Rodrigo de Freitas. 

The Redeemer sendiri memiliki tinggi 39,6 meter, meliputi 9,5 meter alasnya, dan 30,1 meter tinggi patungnya. Panorama indah yang ada di bawah perbukitan corovado, membuat mahakarya ini banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara, dan menjadi ikon kota Rio de Janeiro.

4. The Great Sphinx

The great Sphinx, gambar: wondermondo.com
Terletak di kompleks piramida Giza, dekat kota Kairo, mesir, the great spinx merupakan salah satu statue tertua di dunia. Dibalik kepopulerannya, ternyata singa berkepala manusia ini masih menyimpan misteri, siapa yang mendisain, membuat serta tujuan dibuatnya spinx tersebut.

Namun beberapa ahli sejarah berspekulasi, patung ini ada untuk melindungi makam raja-raja mesir yang dikubur didalam kompleks piramid. Terlepas benar tidaknya pendapat ini, faktanya the great spinx dibangun sekitar tahun 25.000 tahun sebelum masehi setelah piramida giza rampung dibangun. 

5. The Mother Russia Statue

The-Mother-Land-Statue, gambar: lazerhorse.org
The mother russia statue disebut juga the moherland calls, merupakan patung ikonik milik negara rusia di Mamayev Kurgan, Volgograd, yang dibangun untuk mengenang peristiwa stalingrad, yakni perlawan bangsa uni soviet terhadap invasi tentara nazi jerman, demi mempertahankan kota stalingrad atau sekarang volgograd.

Saat rampung dibangun pada 1967, the mother russia, merupakan statue paling tinggi saat itu, tingginya sekitar 85 meter dari alas hingga ujung pedang, dimana patungnya sendiri 52 meter dan panjang pedangnya 33 meter. Untuk mencapainya, kita harus menyusuri 200 anak tangga, yang menyimbolkan lamanya peperang waktu itu.

6. The Merlion of Sentosa

The Merlion of Sentosa, gambar: straitstimes.com
Sebagian dari kita pastinya pernah melihat patung ini bukan? Yap, karena alasan promosi parawisata Singapura, merlion ini sangatlah ikonik untuk negaranya. Memiliki tinggi 37 m, statue ini menggambarkan seekor Merlion. Merlion, adalah mahluk mitologi yang digambarkan memiliki bentuk setengah singa pada bagian atas dan setengah ikan pada bagian bawah. 

Mereka dipercaya sebagai mahluk yang melambangkan kemakmuran bagi negara Singapura. Legenda mengatakan bahwa Merlion akan mengunjungi Sentosa (singapura) setiap tahunnya dan dikatakan pada suatu malam tiba-tiba badai besar menyambar pulau tersebut. Untungnya Merlion melawan badai besar itu dengan kekuatan magis dan hingga sekarang menjaga pulau tersebut.

7. Guan Yu, God of War Statue

Guan Yu, God of War Statue, gamabr: reddit.com
Pernah mendengar nama ini? Ya, beberapa dari kita mungkin sudah pernah mendengar nama Guan Yu atau Guan Gong sebagai Jenderal ternama Tiongkok dari novel zaman tiga kerajaan (Romance of The Three Kingdom). Berkat kepiawaiannnya dalam hal berperang, pemerintah Tiongkok membangun patung Guan Yu, God of War di taman Jingzhou.

Statue ini memilki tinggi 58 meter dan berat 1320 ton, dan dilapisi perunggu sebanyak 4000 lapisan. Didisain oleh Han Meilin, yang telah berhasil mendisain beberapa venue pada perhelatan olimpik game di Beijing. Selain menikmati keindahan patung Jendera Guan yu, uniknya tepat dibawah terdapat museum seluas 8000 meter persegi!!.

8. Hermann Statue, Teutoburger Wald

Hermann Statue, Teutoburger Wald, gambar: imgur.com
Pada abad ke 19 dibangun Hermann statue di kawasan hutan dekat kota Detmold, Jerman. Nama Hermann sendiri diambil dari seorang tokoh penting nasional Jerman, karena jasanya dalam perang varus pada abad ke-9, atas keberhasilannya mengalahkan pasukan Romawi. 

Di desain oleh Ernst von Bandel, dan diresmikan pada 16 Agustus 1875. Memiliki tinggi 26,57 meter, jika ditambah alas keseluruhan menjadi 53,46 meter, dari tahun 1875 sampai 1886  statue ini  merupakan paling tinggi di Jerman, juga tertinggi di dunia.

9. Mount Rushmore Monument

Mount Rushmore Monument, gambar: pinterest.com
Pahatan wajah di Gunung Rushmore mungkin yang paling ikonik bagi negara Amerika,  sosok yang dipahat merupakan empat presiden Amerika paling revolusioner, yakni George Washington, Abraham Lincoln, Thomas Jefferson, dan Theodore Roosevelt. 

Yang mengagumkan adalah bahwa untuk memahat semua statue tersebut di sebuah gunung tentu bukanlah hal yang mudah, butuh waktu 14 tahun agar semua muka tersebut dapat dipahat. Dimulai dari menggunakan dinamit hingga 400 pekerja yang memahat sebuah gunung menjadi patung populer hingga saat ini.

10. Spring Temple Budha

Spring Temple Budha, gambar: youtube.com
Inilah patung ikonik terakhir selanjutnya, terkenal karena kesakralan dan tinggi bangunannya, yaitu Spring Temple Buddha. Bagaimana tidak? Patung ini memiliki tinggi total 128 meter dimana sudah termasuk lotus di bawahnya namun jika ditambahkan lagi dengan semua sanggaan tempat berdirinya, maka total tinggi patung ini adalah 153 meter. Secara resmi adalah patung tertinggi yang ada di dunia!!!.

Terletak di provinsi Henan, butuh waktu sebelas tahun untuk mewujudkan statue ikonik yang sudah menjadi landmark terkenal di Tiongkok ini. 

Demikian kesepuluh patung paling ikonik di dunia, semoga informasi kali ini menambah wawasan kita semua.

Referensi:
http://10mosttoday.com/10-most-famous-statues-in-the-world/
http://www.dw.com/id/patung-patung-terkenal-di-eropa/g-17041026
https://themysteriousworld.com/top-10-tallest-statues-in-the-world/
http://wikimedia.org


No comments