Hot Info

12 Manfaat Menyanyi Bagi Kesehatan & Kehidupan Kita



Seperti kita ketahui, saat menyanyikan suatu lagu, aktivitas tersebut membawa perasaan senang bagi diri sendiri maupun orang di sekelilingnya. Namun, tahukah bahwa aktivitas bernyanyi juga dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita!!! 

Dari penelitian, seseorang yang melakukan aktivitas ini secara rutin, ternyata berdampak positif terhadap  beberapa faktor kesehatan tubuh.  Apalagi jika kita mempunyai lagu favorite, pastinya ingin setiap hari mendengarnya maupun menyanyikannya.

Pada kesempatan kali ini, yuukeren akan mengupas beberapa manfaat menyanyi bagi kesehatan dan kehidupan kita.

1. Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Berdasarkan penelitian dari Universitas Frankfurt, aktivitas menyanyi dapat mendorong sistem kekebalan tubuh. Peneliti mengambil sampel darah dari seorang angggota paduan suara profesional sebelum dan setelah menyanyikan lagu Mozart’s yang berjudul ‘Requiem Mass in D minor’ selama satu jam. 

Dari penelitan itu didapat data, bahwa kandungan protein yang berkaitan dengan sistem immune orang itu meningkat secara instan. Protein itu dikenal sebagai anti-bodies atau immunoglobulin A, meningkat secara signifikan setelah satu jam bernyanyi. Jadi, dari penelitain ini, terbukti bahwa bernyanyi sangat berdampak positif terhadap sistem kekebalan tubuh.

2. Meningkatkan Postur Tubuh

Selain menyenangkan, aktivitas menyanyi ini ternyata mampu memperbaiki postur tubuh seseorang. Saat bernyanyi, posisi berdiri tegak lurus merupakan bagian terpenting dan teknik tepat agar suara keluar secara maksimal. Jika hal ini jadi kebiasaan, ternyata sangat baik untuk memperbaiki posisi tulang belakang ke keadaan normal. Fakta ini telah terbukti, lihat saja para penyanyi profesional memiliki postur tubuh ideal saat manggung.
 

3. Menolong Seseorang Untuk Tertidur

Dari penelitian, diperoleh bahwa aktivitas menyanyi dapat membantu mengencangkan otot-otot rongga mulut dan tenggorokan, yang nantinya bermanfaat melawan gangguan tidur seperti sleep apnea dan dengkuran. Manfaat ini sangat menolong orang-orang yang sangat sulit mengalami tidur di malam hari.
Ini adalah salah satu manfaat terbaik dari bernyanyi bagi kesehatan manusia, cobalah untuk menyanyikan suatu lagu favorit mu setiap hari, selain bikin happy, menyanyi juga bikin tidur lebih sehat.

4. Membantu Menurunkan Tingkat Stress

Faktanya, dengan mendengarkan musik saja membuat tubuh relax, apalagi bernyanyi!! Sebagian besar dari kita, memilliki lagu andalan yang dapat membuat diri merasa kalem dikala dirundung gelisah ataupun stress. Bernyanyi adalah salah satu cara ampuh untuk melepaskan ketegangan otot dan menurunkan tingkat stress di dalam darah. 

Saat ktia bernyanyi, hormon anti-stress meningkat di dalam tubuh, sehingga aktivitas ini sangat dianjurkan para terapis, bahkan bernyanyi dipakai sebagai cara efektif mencairkan suasana pada beberapa tempat rehabilitasi.

5. Merupakan ‘obat alami’ anti-depresant

Selain dapat menurunkan stress, bernyanyi juga mampu menjadi anti-depresant alami. Dengan bernyanyi, otak melepaskan endorphins, yaitu senyawa kimiawi yang dapat memberi perasaan bahagia dan optimis. 

Berdasarkan penelitian, beberapa organ tubuh yang dekat denga telinga akan terpengaruh dengan frekuensi suara nyanyian, dan ini memberi dampak instan terhadap perasaan dan mental. Dengan kata lain, bernyanyilah saat permasalahan datang dalam hidup, karena dapat mengembalikan moodbaik seperti sedia kala.
 

6. Meningkatkan Ketajaman Mental

Nah ini dia salah satu manfaat dari bernyanyi yang harus kita ketahui, khususnya bagi beberapa orang yang sedang menderita Alzheimer dan dementia. Telah disinggung diatas, aktivitas bernyanyi dapat menolong memperlancar aliran darah, karena saat menyanyikan suatu lagu, kita akan menghirup napas dalam-dalam, dan ini sungguh melatih paru-paru untuk memperoleh oksigen lebih banyak. 

Lalu, bernyanyi juga melatih konsentrasi, mempertajam mental, dan daya ingat. Faktanya, beberapa panti jompo profesional, menggunakan aktivitas ini sebagai latihan otak, untuk menolong mempertahankan daya ingat dan mengurangi  laju kepikunan/Alzheimer.

7. Menolong Meringankan Penderita Parkinson’s

Selain bermanfaat bagi penderita Alzheimer dan dementia, bernyanyi juga bermanfaat untuk menolong meringankan pasien parkinson’s. Dari penelitian, menunjukan bahwa dengan bernyanyi dapat meningkatkan tingkat kesehatan para pasien parkinson’s, diantaranya membantu melatih otot mulut, dan menyeimbangkan hormon dan kestabilan emosi mereka.

8. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Faktanya, saat bernyanyi kita akan menarik napas dalam dalam, lalu menyimpan udara di dalam paru-paru sebanyak mungkin, yang nantinya hal ini membantu meningkatkan sirkulasi oksigen di dalam darah. Ada dua faktor yang mempengaruhi keremajaan kulit, yaitu nutrisi dan oksigen. Bernyanyi juga bermanfaat melatih otot-otot wajah agar lebih kencang dan tidak mudah keriput.

9. Menambah Rasa Kepercayaaan Diri

Perasaan takut seringkali menghinggapi beberapa orang tatkala berbicara di depan publik, termasuk aktivitas menyanyi. Sebenarnya kebiasaan bernyanyi sendiri di rumah atau bersama teman teman merupakan langkah efektif membangun rasa kepercayaan diri saat berbicara di depan publik. Itulah kenapa, sejak dari dini, TK dan SD, kita diajarkan bernyanyi, dimana tujuannya untuk melatih rasa percaya diri.

10. Meningkatkan Skill Dalam Berkomunikasi

Berdasarkan penelitian, mendengarkan sebauh lagu pada bayi, sungguh menolong otaknya mempersiapkan keterampilan berbahasa di masa depan kelak. Lalu, musik juga sangat penting bagi remaja, karena dapat melatih keterampilan menulis dan membaca, yang nantinya berguna mencegah gangguan berkomunikasi. Bahkan beberapa musisi terkenal, mulai menulis lirik lagu ciptaanya saat usianya masih remaja, misalnya Justin Beiber.

11. Menambah Teman

Tak dapat dipungkiri, seorang penyanyi profesional, kelompok paduan suara hingga bernyanyi bersama teman di tempat karaoke, aktivitas ini dapat meningkatkan kehidupan sosial mereka, salah satunya menambah banyak teman. Lalu, banyak contoh, terjalinnnya ikatan pertemanan dimulai dari rasa suka terhadap lagu atau musik tertentu, bahkan menciptakan suatu ikatan emosional berupa komunitas musik tertentu, seperti Slanker, Baladewa dan lain-lain.

12. Lebih Dekat Dengan Si-Doi

Selain menambah teman, aktivitas bernyanyi juga mampu meningkatkan ikatan emosional dengan pasangan hidup. Dari penelitian terhadap penyanyi yang terlatih maupun tidak terlatih, kedua kelompok ini sama-sama menunjukan peningkatan kadar oxytocinsetelah mereka bernyanyi. Oxytocin merupakan hormon yang akan dilepaskan saat seseorang menemui/berdekatan dengan orang yang dicintainya. 

Sebenarnya hubungan antara musik dan perasaan cinta telah ada sejak ribuan tahun lalu, makanya sebagian orang menjalin kasih melalui kegemaran mereka terhadap suatu musik tertentu. Nah, setelah mengetahui fakta ini, cobalah bernyanyi bersama pasangan anda, dengan terlepasnya oxytocin saat bernyanyi, dapat memperdekat ikatan emosional anda dengan pasangan!!!.

Sekian dua belas manfaat bernyanyi bagi kesehatan dan kehidupan kita, semoga informasi kali ini menambah wawasan kita semua.

Referensi:
http://takelessons.com/blog/health-benefits-of-singing
http://guitarhippies.com/benefits-of-singing/
http://www.lifehack.org/288228/11-amazing-benefits-singing-you-may-not-know

No comments