Hot Info

10 Buku Unik Paling Mahal Yang Pernah Di Jual Sepanjang Sejarah


Terbatasnya daya ingat seseorang, mendorong manusia untuk menulis apa yang mereka anggap penting ke dalam suatu media, misalnya kulit pohon, kulit binatang, hingga kertas. Nantinya, manusript-manusript tadi dikumpulkan menjadi satu bagian utuh yang disebut dengan buku.

Sebelum ditemukannya kertas, komputer dan mesin percetakan, kegiatan menulis dan menyusun sebuah buku memerlukan waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Namun, sekarang untuk menghasilkan satu buah buku cukup dalam hitungan menit saja.

Sejatinya harga sebuah buku tidak akan menghabiskan kantong uang jajan atau gaji satu bulan, namun beberapa buku berikut memiliki harga yang cukup fantastis untuk dimiliki seukuran sebuah buku. Berikut yuukeren akan mengulas beberapa buku unik yang memiliki haraga jual paling mahal sepanjang sejarah.

10. Gutenberg Bible (US$ 4,9 Juta)

Gutenberg Bible, gambar: history.com
Gutenberg Bible dikenal juga sebagai Injil 42 garis, the Mazarin, atau B42. Ditulis oleh Johannes Gutenberg di Mainz, menggunakan alat ketik kuno dan menggunakan bahasa latin sekitar tahun 1455. Injil ini dihargai 4,9 juta dollar!!

Injil ini memiliki seni tulis dan kualitas yang artistik, pernah dimiliki oleh toko buku terkenal Jepang, Maruzen Co.Ltd di tempat lelang Chritie’s, dan sekarang kitab ini berada di kota Stuttgart, Jerman. Sejak ditulis pertama kali, terdapat 49 kopi Gutenberg, 31 diantaranya dalam kondisi sempurna, namun yang paling lengkap hanya ada di kota Stuttgart.

9. Shakespeares Comedies, Histories & Tragedies (US$ 6,1 Juta)

Shakespeares Comedies, Histories & Tragedies, gambar: newberry.org
Pertama kali terbit pada 1623, setelah kematian Wiliam Shakespears. Buku ini mengandung 36 skenario cerita oleh Shakespears dengan genre komedi, sejarah dan dan tragedi, disusun oleh teman dekatnya yakni John Heminges dan Henry Condell. Telah terjual seharga 6,1 juta dollar dari Christie’s, dan sekarang dimiliki oleh mantan pendiri Microsoft, Paul Allen.

Material buku berisi masterpiece Shakespears, disusun dengan literatur Inggris. Masterpiece ini dikenal juga sebagai “the first folio Mr. Wiliam”.  The first folio memiliki berbagai versi, salah satunya yang berisi 20 plays, itupun dihargai sekitar 4-5 juta poundsterling, sedangkan plays yang tidak utuh memiliki harga yang cukup murah.

8. Canterbury Tales (US$ 7,5 Juta)

Canterbury Tales, gambar: exodusbooks.com
Canterbury tales merupakan buku terbitan abad ke-15, dimana edisi pertamanya terjual dengan harga 7,5 juta dollar di tempat lelang pada juli 1998. Pengarang Canterbury sendiri adalah Geoffery Chaucer.

Isinya terdiri dari 24 cerita dalam bentuk puisi dan prosa, membahas zaman perang seratus tahun antara Inggris dan Prancis. Ditulis dalam bahasa Inggris zaman pertengahan dan mengalami tujuh kali kali pengeditan. Wiliam Caxton dipercaya orang yang pertama kali mengkopi pada tahun 1477 dari edisi pertamanya, dan sampai saat ini kopiannya masih ada dua di dunia.

7. The Birds of America (US$ 11,5 Juta)

The Birds of America, gambar: duke.edu
Pertama kali terbit pada 1827-1838 di Edinburg dan London. Buku ini bercerita tentang kehidupan burung-burung di Amerika, ditulis dan di lukis oleh John Audubon. The bird telah terjual di Sotheby’s London dengan harga 11,5 juta dollar pada desember 2010 lalu.

Mungkin yang membuatnya mahal ialah ditulis secara langsung oleh Audubon, ahli burung dari Prancis. Lalu, ukuran bukunya pun terbilang jumbo, karena Audubon melukisnya dengan ukuran tubuh burung asli. Burung yang dilukis diantaranya: Parakeet, Labrador Duck, Esquimaux Curlew, Passenger Pigeon, Great Auk dan Pinnated Grouse.

6. Gospels of Henry The Lion (US$ 11,7 Juta)

Gospels of Henry The Lion, gambar: dw.com
Gospel dibuat oleh seorang yang berkuasa saat itu, oleh Duke of Saxony, dipersembahkan untuk gereja St Blaise Abbey di Brunswick Catedral. Masterpiece ini berisi kumpulan naskah kitab injil yang disusun pada abad ke-12.

Kitab ini dibeli pemerintahan jerman dari tempat lelang seharga 11,7 jtua dollar pada desember 1983, menjadikannya buku dengan harga jual termahal saat itu. Gospel of Henry The Lion merupakan naskah lengkap, terdiri dari 50 lembar halaman.

5. Rothschild Prayer Book Hours (US$ 13,6 Juta)

Rothschild Prayer Book Hours, gambar: wikimedia.org
The Rothschild Prayer Book merupakan naskah paling lengkap tentang manuscript Flemish Illuminated. Banyak penulis terkenal yang menyelesaikan buku ini antara 1500 hingga 1520. Berisi 254 folio dengan ukuran 228 x 160 mm. Harganya sekitar 13,6 juta dollar, dibeli di tempat pelelangan oleh orang Australia bernama Kerry Stokes.

4. Bay Psalm Book (US$ 14,165 Juta)

Bay Psalm Book, gambar: luxurylaunches.com
Yang menjadikan Bay Psalm Book mahal karena berisi potongan sejarah Amerika Serikat sewaktu awal-awal kemerdekaan. Dibuat di Amerika utara (Inggris) dan ditulis oleh koloni (masyarakat inggris yang hijrah ke benua amerika). Edisi pertama diterbitkan di Cambridge pada 1640, dan satu kopi buku yang masih dalam keadaan baik, sekarang berada di Amerika, terjual di tempat pelelangan dengan harga 14.165.000 juta dollar.

3. St Cuthbert or Stonyhurst Gospel (14,3 Juta)

St. Cuthbert Gospel, gambar: richestlifestyle.com
Mendekati abad ke-8, injil berukuran kecil ditulis dalam bahasa latin, dan naskah ini telah berbentuk sebuah buku. Injil ini bersampulkan kulit binatang, dan satu-satunya kitab injil yang masih dalam kondisi baik pada zamannya.

Kitab ini pernah berada di gereja  Cuthbert di Lindisfane, sebelah utara laut Inggris, tersimpan didalam kuburan pada 1687. Dan sekarang, kitab ini dimiliki oleh Perpustakaan Nasional Inggris dengan, setelah membelinya dari pelelangan dengan harga 14,3 juta dollar pada April 2012 silam.

2. Magna Carta (exemplar) (US$ 21,3 Juta)

Magna Carta, gambar: worldstopmost.com
Sewaktu kita belajar sejarah, mungkin kita pernah mempelajari dasar-dasar demokrasi!! Salah satu naskah paling terkenal yang menjadi dasar kebebasan berpendapat yakni Magna Carta Libertatum.

Naskah ini memiliki nilai historis tinggi, karena pengarang nya sendiri adalah raja Inggris kala itu, Raja John, dibantu oleh para bangsawan seperti Stephen Langton. Kabar terkahir, Magna Carta dimiliki oleh keluarga David Rubenstein setelah membelinya dari Sothebys’s New York dengan harga 21,3 juta dollar.

1. Codex Leicester (US$ 30,8 Juta)

Codex Leicester, gamabr: thecostly.com
Codex Leicester atau dikenal juga sebagai Codex Hammer, merupakan kumpulan naskah berjumlah 72 halaman yang berisi tulisan Leonardo da Vinci. Namanya sendiri menyesuaikan dengan pemilik sebelumnya, saat dimiliki Thomas Coke dinamai Codex, lalu berpindah tangan ke Earl pada 1719 (di Leicester), dikenal menjadi Codex Leicester.

Di dalam naskah terdapat 30 jurnal penemuan Leonardo, seorang seniman sekaligus ilmuan yang hidup pada abad renaisans, ditulis dengan tangannya sendiri menggunakan bahasa italia dan dilengkapi dengan gambar dan diagram. Saat ini Codex Leicester dimiliki oleh orang paling kaya se-dunia, yakni Bill Gates, diperoleh dari pelelangan Christie’s pada 11 November 1994 dengan harga 30.802.500 juta dollar. Wuihhh!!

Kesimpulannya, mahalnya suatu buku bukan dari bagus atau tebalnya halaman, namun disebabkan oleh nilai agamis, historis, artistik, dan nama besar pengarang buku tersebut. Demikian kesepuluh buku unik dengan harga jual paling mahal sepanjang sejarah, semoga informasi kali ini menambah wawasan kita semua.

Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_most_expensive_books
http://www.abcnewspoint.com/top-10-expensive-books-world/
http://www.strongestinworld.com/most-expensive-books-in-the-world/

No comments