Hot Info

10 Negara Dengan Akses Internet Paling Cepat di Dunia. Keren..!!!


Dua puluh tahun lalu internet merupakan barang langka, namun sekarang internet sudah menjadi kebutuhan pokok kita saat ini. Hampir semua aspek kehidupan kita bisa dipermudah dengan adanya internet. Mau makan, tinggal pesan via internet. Mau beli baju, pake alternatif online shop. Bahkan untuk membangun rumah, pesan arsitek (dan bahan bangunannya sekalian :D) bisa lewat internet juga. Hebat, kan?

Sayangnya, salah satu masalah yang kerap kita hadapi adalah konektivitas yang kurang baik. Hal itu bisa disebabkan bandwidth (ukuran transfer data bitperdetik-bps) yang disediakan ISP (penyedia jasa layanan internet) masih kurang stabil atau dalam tahap pembangunan. Bila diibaratkan bandwidth sebuah pipa yang dilalui air, jika ukuran pipa tersebut semakin besar, maka data yang dikirim pun akan semakin besar pula.

Untungnya seiring tumbuhnya teknologi, sekarang kita telah memasuki zaman 4G, dimana kecepatan internet bisa mencapai puluhan mbps. Tanpa basa basi lagi, berikut sepuluh negara dengan kecepatan internet paling cepat di dunia.!!

10. Finlandia

Finlandia, gambar: panavision-tours.es
Bukan hanya terkenal sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik dunia, Finlandia juga dikenal sebagai salah satu negara terbaik dilihat dari sisi koneksi internet yang luar biasa. Kecepatan internet yang biasa dinikmati warga Finlandia sendiri bisa mencapai 17.7 mbps!!!

Semua itu terjadi pada 2010 silam, menteri informasi dan telekomunikasi setempat menginginkan seluruh penduduk Finlandia merasakan manfaat internet sedikitnya 1 Mbps. Betapa perhatiannya menteri Finlandia sama penduduknya, hmmmm!!!

9. Ceko

Ceko, gambar: studieropa.com
Republik Ceko? Oh! Ternyata negara ini juga tidak luput dari daftar sepuluh negara dengan akses internet tercepat di dunia. Nikmatilah berselancar di dunia maya dengan kecepatan internet yang tak jauh berbeda dengan kecepatan internet di Finlandia, yaitu sekitar 17.8 mbps. Bahkan kecepatan internet di Ceko lebih tinggi dari USA. Menonton video HD pun tanpa takut terkena delay.

8. Belanda

Belanda, gambar: pinterest.com
Negara yang terkenal dengan seribu kincir ini juga dikenal sebagai salah satu negara yang cukup memanjakan warganya dengan akses internet cepat. Di sini, kita bisa menikmati koneksi internet hingga 17.9 mbps. Negara ini juga tercata sebagai pengguna internet rumah terbanyak se-Eropa pada 2014.

7. Jepang

Jepang, gambar: wikimedia.org
Negara matahari terbit ini juga tidak mau ketinggalan dalam memberikan fasilitas terbaik bagi warganya. Cukup jadi surga dunia bagi kamu yang hobi melalang buana di dunia maya. Sebenarnya, koneksi internet di sini bisa mencapai 100 gbps namun sayangnya warga pada umumnya baru bisa menikmati sekitar 18.2 mbps. Tapi, bukankah angka ini masih fantastis dibandingkan kondisi kecepatan internet yang ada di dalam negeri kita.

6. Latvia

Latvia, gambar: cloudfront.net
Negara satu ini mungkin tak banyak terdengar oleh kamu, tapi percayalah, akses internet di sini cukup membahagiakan dengan kecepatan yang mencapai 18.3 mbps atau sekitar tiga kali lebih cepat jika dibandingkan dengan kecepatan internet dunia pada umumnya.

5. Swiss

Swiss, gambar: pinterest.com
Negara ini terkenal akan adanya pegunungan Alpen yang indah, dan mungkin sebagian dari kamu berpikir bahwa tekstur geografis negara ini tak memungkinkan untuk menyediakan akses internet dengan kecepatan tinggi. Faktanya, negara ini menyediakan fasilitas akses internet dengan kecepatan mencapai 18.7 mbps, dan ini meningkat 25% dari tahun sebelumnya. Wuiih!!!

4. Hong Kong

Hong Kong, gambar: petapixel.com
Bukan hanya terkenal sebagai negara yang patut dikunjungi di kala liburan, Hong Kong juga bisa jadi destinasi negara yang kamu idamkan karena memiliki akses internet yang jauh lebih cepat dibandingkan koneksi internet di Indonesia, yakni mencapai 19.9 mbps.

3. Swedia

Swedia, gambar: cdn.ar.com
Bosan kerap menemui freezeatau loading yang terlampau lama kalau mengakses di lingkungan Indonesia? Ya, boleh lah pindah ke Swedia yang diketahui memiliki akses internet hingga 20.6 mbps. Lumayan untuk mengurangi dosa karena sering marah-marah sendiri sama smartphone-nya.

2. Norwegia

Norwegia, gambar pletwal.eu
Negara ini menduduki peringkat dua sebagai negara dengan akses internet tercepat di dunia. Kecepatan internet yang bisa kamu dapatkan di sana adalah dalam kisaran 21.3 mpbs. Merupakan angka yang cukup fantastis mengingat angka ini ternyata merupakan hasil peningkatan signifikan dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 68%.

1. Korea Selatan

Korea Selatan, gambar: pinteres.com
Ternyata negara dengan koneksi internet tercepat ada di benua Asia, yap, korea selatan menduduki peringkat pertama dunia sebagai negara dengan bandwidth internet tercepat. Rata-rata kecepatan nya bisa mencapai 29 mbps, dan ini 4,6x kecepatan internet rata-rata dunia saat ini.

Bayangkan, saat kita ingin mendownload film kesayangan versi HD, sebesar 5GB atau 5.000 Mb, dengan kecepatan 29 mbps, kita hanya butuh waktu 2,8 menit. Wuihh Mantap!!! Walaupun 80% penduduk korea selatan memiliki akses internet cepat, namun penggunaanya sendiri dibatasi, dengan berbagai maksud, khususnya menyangkut SARA dan Pornografi.

Demikian kesepuluh negara dengan internet paling ngebut di dunia, data diatas diambil dari Akami report, semoga informasi kali ini bermanfaat dan menambah wawasan seluruh pembaca setia yuukeren.

Referensi:
http://www.aldhinya.com/2016/07/pengertian-dan-perbedaan-bandwidth-dan-throughput.html
http://www.businessinsider.com/the-countries-with-the-fastest-internet-speed-2016-7?IR=T

No comments