Hot Info

Inilah Pulau Buatan Manusia Yang Keren Abis (Bag.1)

Terbatasnya tanah di dunia menyebabkan para pengembang properti atau pemerintah setempat akhirnya membuat pulau sendiri. Selain itu, dengan pulau buatan mereka bebas berkarya membuat pulau sesuai dengan impian mereka.

Pulau buatan merupakan pulau yang dibangun atau dibuat oleh manusia bukan oleh alam itu sendiri. Pulau-pulau ini dibuat dengan cara memperluas pulau kecil, membangun di atas terumbu-terumbu karang yang sudah ada, atau menggabungkan beberapa pulau kecil menjadi sebuah pulau besar.

Pulau buatan pada jaman dulu awalnya mencakup bangunan yang mengambang di atas air, atau bangunan kayu atau bangunan batu yang didirikan di perairan dangkal. Di jaman modern pulau buatan biasanya dibentuk dengan cara reklamasi tanah, tapi ada juga beberapa pulau buatan yang dibentuk dengan tidak sengaja akibat pembangunan kanal atau banjir yang menimpa suatu daerah hingga ada tanah yang terisolasi hingga menjadi sebuah pulau.

Berikut yuukeren akan mengulas 10 pulau buatan yang keren abis dan tersebar di beberapa bagian negara di dunia (bag.1)

1. Île aux Cygnes (Pulau Cygnes), Prancis

Pulau Cygnes, gambar wikimedia.org
Pulau Cygnes atau Pulau Angsa ini merupakan pulau buatan yang ada di sungai Seine di Paris, Prancis. Pulau ini dibentuk pada tahun 1872 untuk melindungi pelabuhan Grenelle. Pulau ini merupakan rumah dari tiga jalan “l’Allée des Cygnes”, dan juga tempat dimana replika Patung Liberty berada. Patung setinggi 72 kaki ini merupakan pemberian dari komunitas Amerika di Paris. 

Awalnya Patung Liberty tersebut menghadap ke timur, menghadap Menara Eiffel. Tapi akhirnya, di tahun 1937, pada saat World Fair di Paris, patung ini diputar arah menghadap ke barat, menghadap kota New York.

2. Our Lady of The Rocks, Montenegro

Our Lady of The Rocks, gambar 360monte.me
Merupakan sebuah pulau buatan kecil yang berlokasi di Teluk Kotor, Montenegro. Pulau ini merupakan tempat dimana sebuah gereja Katolik bernama Our Lady of The Rock berada. Gereja tersebut merupakan rumah bagi 68 lukisan cat minyak para penguasa di jaman Baroque, dan lebih dari 2.500 tablet emas dan perak. Untuk mencapai pulau tersebut, pengunjung tinggal naik perahu dari Perast dan membayar ongkos jalan sekitar 3 euro.

3.  Pulau Kamfers Dam, Afrika Selatan

Pulau Kamfers Dam, gambar gawkerassets.com
Pulau berbentuk huruf S raksasa ini terletak di Danau Kamfers, utara Kimberley, Afrika Selatan. Pulau yang dibangun tahun 2006 ini telah menjadi tempat berkembang biaknya hewan flamingo.

Pulau ini sangat penting terutama bagi flamingo kecil. Bahan yang dibutuhkan untuk membangun pulau ini sebanyak 26.000 ton. Sekitar 50.000 flamingo tinggal di pulau ini. Namun pulau ini sekarang dalam bahaya karena meningkatnya permukaan air dan memburuknya kualitas air.

3. Burj Al Arab, Dubai, Uni Emirat Arab

Burj Al Arab, gambar forbes.com
Dengan tinggi 1,053 kaki, Burj Al Arab mendominasi langit Dubai sebagai hotel tertinggi ke empat di dunia. Bangunan ini berdiri di atas sebuah pulau buatan yang berjarak 920 kaki dari pantai Jumeirah, sebuah jembatan mengubungkannya dengan pulau utama. 

Untuk mengamankan pondasi di atas pulau, kontraktor menancapkan beton-beton sepanjang 130 kaki ke dalam pasir. Para insinyur menciptakan lapisan permukaan bebatuan besar, dilingkari dengan pola beton seperti sarang lebah yang berbentuk heksagonal, yang dapat melindungi pondasi dari erosi.

Tinggal di Burj Al Arab membutuhkan uang yang sangat banyak karena hotel ini merupakan hotel yang paling mahal di dunia. Semua kamarnya terdiri dari dua lantai dan tempat mandi yang berpusaran air, sehari-hari dan makan dilayani oleh kepala pelayan. Salah satu kamarnya, Royal Suite, berharga 18.716 dollar Amerika per malam.

4. Pulau Danube, Austria

Pulau Danube, gambar fest300.com
Terletak di pusat kota Vienna, Austria, di antara Sungai Danube dan kanal New Danube, Pulau Danube (Donauinsel) merupakan tempat dari klub, bar, restoran, dan musik festival yang populer.

Pembangunan pulau ini sudah dimulai sejak awal tahun 1970an. Bahan-bahan ditumpahkan di antara New Danube dan sungai yang ada untuk menciptakan sebuah pulau buatan dengan panjang 13 mil. Sistem pengendali banjir telah didesain untuk melindungi pulau dari banjir yang dapat mengalir hingga 14.000 meter kubik per detik. 

Sekitar 2 juta pohon dan semak-semak ditanam antara tahun 1974 dan 1988. Dewasa ini, pulau buatan ini dibagi menjadi tiga area, area alami di utara dan selatan, sementara itu area taman kota ada di tengah.

5. Pulau Uros, Peru

Pulau Uros, gambar youtube
Orang-orang Uros di Peru tinggal di atas pulau terapung yang terbuat dari alang-alang yang tumbuh sepanjang sisi Danau Titicaca, Puno. Orang-orang Uros memanen alang-alang kemudian mengikatnya erat-erat dan membangun dasar pulau terapung. Tiap-tiap pulau memiliki beberapa rumah sederhana dari alang-alang dan pulau yang terbesar memiliki menara pengawas.

Pulau yang lebih besar didiami sekitar 10 keluarga, sementara pulau yang lebih kecil (lebar sekitar 98 kaki) didiami dua atau tiga keluarga. Menurut Kementrian Industri, Energi, dan Turisme Spanyol, Pulau Uros berkedudukan pada 1,246 kaki di atas permukaan laut dan 3 mil ke barat dari pelabuhan Puno.

6. Peberholm, Denmark

Peberholm, gambar wikimedia.org
Peberholm dibangun sebagai titik persimpangan antara jembatan Oresund dan terowongan yang menghubungkan Denmark dan Swedia. Terowongan tersebut sudah dibangun sejak jembatan Oresund ada untuk menghubungkan Malmo, Swedia dan Kopenhagen, Denmark.

Peberholm dibangung untuk tujuan pelestarian ekologi. Para ilmuwan memprediksi bahwa alam akan mengkoloni pulau tersebut tanpa campur tangan manusia. Hanya para ahli biologi yang boleh masuk ke pulau tersebut. 

Pada bulan Juni 2007, para ilmuwan dari Masyarakat Biologi Lund sudah mendaftarkan 454 spesies tanaman dari pulau tersebut. Pulau tersebut juga merupakan rumah dari 8-10 spesies burung dan laba-laba yang langka.

8. Palm Jumeirah, Dubai, Uni Emirat Arab

Palm Jumeirah, gambar greenhouse.ae
Palm Jumeirah merupakan bagian dari Pulau Palem yang didesain mengikuti bentuk pohon palem. Pulau ini menggambarkan sebuah pohon palem yang terdiri dari barang, mahkota dengan 16 cabang, dan dikelilingi pulau-pulau berbentuk bulan sabit yang merupakan lokasi dimana resor mewah Palm Atlantis Hotel berada. 

Palem ini dibangun dengan menggunakan 7 juta ton batu. Pada tahun 2009, Palm Jumeirah monorail dibuka untuk umum. Monorail ini merupakan yang pertama di Timur Tengah, yang menghubungkan batang palem dengan pulau bulan sabit.

9. Pulau Amwaj, Bahrain

Pulau Amwaj, gambar klimg.com
Merupakan sekelompok pulau buatan yang dibangun di Teluk Persia, tepatnya di timur laut Bahrain, dekat pantai pulau Muharraq, yang memiliki luas wilayah sekitar 30 juta kaki persegi. Pulau ini merupakan proyek pendahulu di Bahrain, proyek yang menawarkan kepemilikan tanah 100% bagi ekspatriat yang ingin tinggal di Kerajaan bahrain.

Proyek Pulau Amwaj dimulai pada tahun 2002, pulau-pulau ini direklamasi dimulai dari perairan yang relatif dangkal hingga timur laut Pulau Muharraq. Untuk melindungi pembangunan pulau ini dari badai dan erosi air laut, terumbu karang penahan gelombang pun dibuat di sekeliling pulau dari barat ke timur yang terletak di sisi timur proyek, berdasarkan pernyataan dari DesignBuild-Network. 

Elemen kunci proyek ini adalah penggunaan pasir dan batu berisi “geotube” untuk membentuk garis keliling pulau. Pulau ini ini berisi tempat tinggal, pusat perdagangan, hotel, dan kota terapung yang mengingatkan kita akan Venesia yang diberi nama Al Marsa.

10. The World Islands (Pulau Dunia), Dubai, Uni Emirat Arab

The World Islands, gambar pinterest.com
Pulau buatan ini merupakan kepulauan yang terdiri dari 300 pulau kecil yang merupakan mega proyek yang nantinya akan menjadi lokasi hotel dan perumahan mewah. Pembangunannya sempat terhenti beberapa kali karena krisis global. 

Pada bulan Februari 2010, NASA mengambil gambar pulau ini dari luar angkasa dan menunjukan tanda-tanda penggabungan juga tenggelam akibat erosi. Sementara itu para ahli linkungan memperingatkan tentang naiknya permukaan laut dapat menenggelamkan pulau bernilai jutaan dollar Amerika tersebut.

Sekian kesepuluh pulau buatan manusia yang keren abis bagian pertama, semoga informasi kali ini menambah wawasan kita semua.
Sumber:
wikipedia.org
gizmodo.com

No comments