Hot Info

10 Terowongan Pohon Terkeren Yang Patut Untuk Dijelajahi

Cover, gambar: suzzstravels.com


Terowongan, lazimnya terbuat dari beton atau pipa logam yang ditanam di bawah permukaan tanah. Namun, di dunia ini ada juga beberapa terowongan yang terbentuk dari sesuatu yang tidak biasa, misalnya pohon.


Ketika pohon yang satu dengan yang lain tumbuh berdekatan, tidak tertutup kemungkinan, jalinan ranting dan dedaunan membentuk sebuah lorong atau terowongan pohon.

Apalagi pohon tersebut membentuk sebuah jalan atau lorong rahasia. Takjub serasa berada di negeri dongeng, mungkin sensasi tersebut akan kita rasakan, mungkin juga ada yang takut karena gelapnya.

Nah, pada kesempatan kali ini yuukeren akan mengulas beberapa terowongan pohon paling cantik, romantik, dan keren yang ada di dunia.

10. Yew Tunnel

Yew Tunnel, gambar: pinterest.com
Terowongan pohon keren pertama terletak di Inggris, tepatnya di Wales. Ditanam oleh keluarga bangsawan sekitar abad ke-18an, ranting-ranting pohon ini tumbuh melengkung hingga mengakar ke tanah, sehingga berbentuk seperti lorong.

Sekilas melihat bentuk lorong yang dibentuk ranting-ranting pohon Yew mengingatkan kita akan cerita di film dongeng bertemakan tentang penyihir jahat. Sekarang, terowongan unik ini menjadi daya tarik sendiri bagi para turis yang ingin berfoto atau berjalan kaki di sepanjang terowongan ini. 

9. Oak Alley

Oak Alley, gambar: dailynewsdig.com
Terowongan ini terbuat dari deretan pohon oak yang merupakan hasil dari program penghijauan pemerintahan New Orleans sejak dulu kala. Terletak dekat sungai mississipi, diluar new orleans, Lousiana. Panjangnya hanya 243 meter, namun saat berjalan di bawah nya sungguh berasa di negeri dongeng.

Diperkirakan pohon oak yang tumbuh telah berusia sekitar 300 tahun, menjadikannya saksi hidup berdirinya New Orleans. Di ujung lorong jalan, tepanya dekat sungai mississipi terdapat Istana yang ramai dikunjungi.

8. Ginkgo Tree Tunnel

Ginkgo Tree Tunnel,, gambar: emili.com
Dari namanya saja, terowongan pohon satu ini terbentuk dari pohon Ginkgo Biloba. Pohon ini menurut tradisi Jepang sana termasuk salah satu pohon suci yang keberadaanya dihargai. 

Makanya, apabila kita berkunjung ke negeri sakura tersebut, kita kan menemukan lebih dari 65 ribu pohon Ginkgo tumbuh disepanjang jalan, halaman membentuk lorong indah, khususnya disekitar kuil Meiji.

Konon, saat kota Hiroshima di bom atom, enam pohon Ginkgo bertahan disana, sedangkan pohon dan organisme lainnya mati. Sampai saat ini pohon tersebut masih dapat ditemui dan menyimbolkan harapan hidup bagi masyarakat jepang paska perang dunia ke-2.

7. Ashdown Forest

Ashdown Forest, gambar: foodandtravel.mx
Terletak di dalam hutan sebelah timur sussex, Inggris, terdapat bagian hutan yang terkenal akan keindahan dan keasriannya. Ashdown, merupakan terowongan pohon yang belum terjamah, misterius dan damai.

Ashdown merupakan satu-satu jalan untuk menuju Halnaker, lahan pertanian di Sussex. Saat melintai ashdown, perasaan magis terasa kental, serasa berada di negeri dongeng. Sehingga, tempat ini pernah dijadikan beberapa adegan film seperti Grimm brohters story.

6. Cherry Blossom Tunnel

Cherry Blossom Tunnel, gambar: emili.com
Cherrry Blossom terletak di Jerman, tepatnya di dalam kota Bonn. Perasaan damai akan terasa saat melintasi jalanan di bawah terowongan pohon yang terbuat dari jalinan ranting daun blossom.

Saat musim semi tiba, bunga pepohonan mulai bermekaran, memenuhi semua ranting yang berbelit diatas. Hanya ada dua jalan yang ditumbuhi pohon ini. Bagi yang ingin berkunjung, perlu diketahui cherry blossom hanya dapat bertahan selama tujuh hingga sepuluh hari, tergantung kondisi cuaca.

5. Jacarandas Walk

Jacarandas walk, gambar: natbg.com
Kepedulian pemerintah Afrika Selatan terhadap lahan hijau patut ditiru, lihat saja rata-rata kota di negara tersebut masih asri. Berkat program 10 juta pohonnya, negara tersebut, khususnya kota Johannesburg menyanding titel sebagai kota dengan hutan buatan paling besar di dunia. Salah satu pohon yang ditanam yakni pohon jacarandas.

Di kota tersebut tumbuh 49 spesies jacarandas di sisi kiri kanan jalan, dengan total 70 ribuan lebih batang pohon. Saat menginjak bulan oktober, ratusan ribu bunga jacarandas bermekaran dan membungkus jalanan di kota Johannesburg, bagaikan terowongan pohon yang atapnya berwarna biru keungu-unguan.

Peristiwa ini tentunya menarik para wisatawan yang sedang berkunjung di Johannesburg, bahkan diantaranya sengaja datang hanya untuk menyaksikan mekarnya bunga yang pohonnya telah berusia ratusan tahun ini.

4. Bamboo Path

Bamboo Path, gambar: travelnall.com
Di kawasan Arashiyama, Jepang, disana terdapat hutan bambu yang disebut Sagano. Panjangnya hanya 500 meter, namun pemandangan indah khas hutan bambu sungguh memanjakan mata yang berjalan di bawahnya.

Tingginya pohon bambu membuat cahaya matahari yang masuk terhalang, sehingga udara di bawah terowongan pohon ini selalu sejuk. Apalagi ketika angin bertiup di sela-sela bambu, kadangkala suara “majestic” terdengar samar-samar.

Pemerintahan setempat memang sengaja menjaga hutan ini, karena tempat ini mengandung nilai historis semasa pemerintahan meiji. Bahkan kementerian budaya setempat menjadikannya destinasi wisata andalan kota Kyoto.

3. Wisteria Tunnel

Wisteria Tunnel, gambar: etstur.com
Terowongan pohon keren pertama berada di negara sakura, tepatnya di kompleks taman Kawachi Fuji, Kityakushu, Jepang. Wisteria tunnel sengaja dibuat sebagai tempat berjalan kaki, dimana tiangnya terbuat dari logam yang dirambati oleh lebih dari 150 jenis tanaman wisteria dari 20 spesies yang berbeeda.

Perpadpuan beberapa macam warna bunga wisteria, yang ditata rapih pada bingkai lorong, menjadikannya destinasi wisata terkenal di Jepang. Waktu terbaik untuk menikmati indanya lorong ini yakni pertengahan april hingga pertengahan mei, karena pada bulan tersebut merupakan puncak bermekarannya bunga-bunga wisteria. 

2. The Dark Hedges

The Dark Hedges, gambar: feel-planet.com
Keberadaan terowongan pohon berikut ini ibaratnya batu permata dari sekian tempat indah yang ada di utara negara irlandia. Rindangnya jalinan pepohonan di sisi kiri kanan jalan, merupakan fenomena alami langka yang sedikit dapat ditemui di dunia ini, salah satunya di the dark hedges.

Saking lebatnya ranting dan dedaunan pohon, cahaya matahari yang mencoba masuk terhalang, sehingga kondisi lorong agak gelap. Tempat ini telah menarik banyak turis mancanegara di seluruh dunia, khususnya para fotografer profesional, para pelukis, hingga para pasangan yang ingin menyatakan cintanya/melamar. 

1. Tunnel of Love

Tunnel of Love, gambar: pinterest.com
Panjangnya hanya 2,8 kilometer, namun jajaran pohon rapih keren di hutan Ukraina membuatnya terkenal sebagai salah satu terowongan pohon paling romantis di dunia. Terowongan ini sebenarnya merupakan jalur kereta api pembawa kayu hasil produksi pabrik di dalam hutan yang akan dibawa ke kota Kleven.

Namun aktivitas industri tidak intensif, hanya beberapa kali dalam seharinya. Nah, sisanya digunakan bagi kereta api khusus turis yang ingin merasakan pemandangan di dalam lorong hutan. Karena suasana romantis saat menyusuri lorong, banyak pasangan melakukan proses lamaran di dalam terowongan pohon ini.

Demikian kesepuluh terowongan pohon keren yang ada di dunia, semoga informasi kali ini menambah perbendaharaan khazanah keilmuan kita semua.
Referensi:
http://www.emlii.com/
http://www.placeaholic.com/
http://www.boredpanda.com/
http://green-landscape.com/

No comments