Hot Info

10 Keju Termahal Di Dunia

Cover, gambar eatwisconsincheese.com

Gurih, creamy dan yummy, mungkin tiga kata ini sangat tepat untuk menggambarkan bagaimana kelezatan sepotong keju. Selain enak, kandungan protein pada keju cukup penting bagi pertumbuhan anak-anak dan kesehatan ibu hamil serta janinnya. Juga praktis sebagai teman sepotong roti, sarapan di pagi hari.


Keju (cheese) merupakan sebuah makanan yang dihasilkan dengan memisahkan zat-zat padat dalam susu melalui proses pengentalan atau koagulasi. Proses pengentalan ini dilakukan dengan bantuan bakteri baik atau enzim tertentu yang disebut rennet.

Secara umum, ada lima tahapan utama dalam membuat keju, yakni: Pengasaman, susu dipanaskan untuk membunuh mikroba-mikroba awal. Lalu Pengentalan, Bakteri rennet ditambahkan ke dalam susu yang telah mulai menggumpal, sambil dipanaskan. Ketiga, Pengolahan Dadih, Setelah dadih terkumpul, dadih-dadih tadi dicincang dengan mesin atau manual untuk memperoleh tektur keju yang diinginkan.

Kemudian, Persiapan Sebelum Pematangan, sebelum pematangan, dadih akan melalui proses pencetakan, penekanan dan pengasinan. Terakhir, Pematangan, merupakan proses perubahan dadih-dadih segar menjadi keju yang penuh dengan rasa. Waktu pematangan bervariasi, mulai dari beberapa hari hingga beberapa minggu.

Diperkirakan, terdapat kurang lebih 500 jenis keju di berbagai negara di dunia!!. Variasi jenis keju ini di dapatkan dari penggunaan jenis susu, jenis bakteri, dan lamanya proses pematangan. Selain itu, makanan yang dimakan oleh binatang yang akan diambil susunya pun berpengaruh terhadap keju yang akan dihasilkan. Oleh karena itu, beberapa jenis keju tergolong super mahal.

Berikut, yuukeren akan mengulas sepuluh keju paling mahal di dunia.

10. Winnimere ($30/pound)

Winnimere, gambar flickr.com
Winnimere merupakan keju bercita rasa lezat yang banyak digemari masyarakat Amerika beberapa tahun belakangan ini. Selain itu, jika dibandingkan dengan keju lainnya di dunia, cita rasa winnimere lebih unggul. 

Tak heran permintaan yang banyak menyebabkan winnimere termasuk salah satu keju termahal di dunia. Rata-rata satu pound atau sekitar 0,45 kg, keju winnimere dijual dengan harga 30 dollar atau sekitar 390 ribu rupiah (1$=Rp.13.000)

9. Gorau Glas ($40/pound)

Gorau Glas, gambar cookpedia.co.uk
Gorau glas merupakan keju yang dihasilkan oleh peternakan sapi di Inggris, tepatnya dari perkumpulan peternakan Anglesey. Keju ini memiliki ciri adanya lapisan biru tipis dalam setiap potongannya.

Teknik pembuatan Gorau glas pertama kali ditemukan oleh Margaret Davies saat mencoba teknik baru dalam membuat keju bercita rasa unik dan lezat.

8. Beaufort d’ete ($45/pound)

Beaufort d’ete, gambar achat-ville.com
Beaufort d’ete termasuk jajaran keju termahal, disebabkan lokasi pembuatan keju ini terletak di wilayah Beaufort di pegunungan Alpen, Prancis.  Berdasarkan waktu pembuatan, maka ada tiga jenis keju Beaufort, pertama saat musim semi (beaufort d’ete), saat musim dingin (beaufort d’hiver) dan terakhir saat musim kapan pun (beaufort d’alpage).

Diantara ketiga jenis tersebut, beaufort d’ete merupakan yang paling digemari. Untuk membuat satu kilogram keju jenis ini, maka dibutuhkan setidaknya 11 liter susu sapi segar perternakan setempat dan waktu pembuatan selama 12-15 bulan.

7. Old Ford ($65/pound)

Old Ford, gambar flickr.com
Salah satu keju termahal di dunia dibuat di dalam kawasan lama ibu kota Inggris, Old Ford. Keju di tempat ini terkenal, karena bercita rasa kuat dan agak pahit. Namun, justru itu yang membuat keju di Old ford mahal.

Susu yang digunakan pun berasal dari kambing, yang diolah secara manual oleh tangan-tangan ahli dan butuh waktu lama agar keju di tempat ini matang. Namun, semua itu sebanding dengan harga yang ditawarkan, yakni sekitar 65 dollar/pound.

6. Caciocavallo Podolico ($70/pound)

Caciocavallo Podolico, gambar saporilucani.com
Walaupun Caciocavallo podolico mempunyaia arti “keju dari kuda”, tetapi keju khas dari negara Italia ini terbuat dari susu sapi asli. Dinamakan Caciovallo podolico, karena keju dibentuk menyerupai kendi untuk minum yang diikat dan dikeringkan diatas kandang kuda (dulu).

Susu sapi yang digunakan berasal dari sapi liar, atau sapi yang diberi makanan khusus, seperti strawberi, bluberry, cheery dan buah-buahan lainnya serta tentu saja rerumputan hijau.

Berkat makanan yang dikonsumsi sapi beraneka ragam dan bergizi, susu yang dihasilkan pun memiliki kualitas yang tinggi juga. Rata-rata keju caciocavallo podolico dijual dengan harga 70 dollar/pound.

5. Extra Old Bitto ($150/pound)

Extra Old Bitto, gambar alux.com
Extra Old Bitto terkenal sebagai keju andalan dari peternakan sapi Italia, namun sebenarnya teknik pembuatan keju ini berasal dari Hongkong (Tiongkok). Salah satu tekniknya, yakni dengan cara mencampurkan sekitar 10% susu kambing dalam pembuatannya.

Pada 1997, keju ini diproduksi secara khusus oleh para peternak Italia dan memerlukan waktu cukup lama untuk menghasilkan keju extra old bitto yang lezat. Makanya, tak heran bitto termasuk jajaran keju termahal di dunia.

4. Wyke Farms Cheddar ($200/pound)

Wyke Farms Cheddar, gambar thinkingjuice.co.uk
Keju jenis cheddar merupakan keju paling awal yang dikenal di Inggris dan banyak digunakan di dapur rumah atau restauran, karena keju ini memang bercita rasa lezat-gurih yang dapat masuk dalam setiap menu masakan.

Namun, di salah satu desa kecil di Inggris, Wyke, keju cheddar dibuat dengan masa pematangan agak lama hingga berbulan-bulan, menyebabkan keju cheddar dari desa ini termasuk keju termahal di dunia, yakni sekitar 200 dollar/pound.

3. Clawson Stilton Gold ($450/pound)

Clawson Stilton Gold, gambar lenta.ru
Terkesan mewah, mungkin kata tersebut cocok untuk menggambarkan keju termahal satu ini, Clawson Stilton Gold. Keju yang terbuat dari susu sapi ini, dibuat di salah satu desa kecil, Long Clawson, Leicestershire, Inggris.

Keju stilton asali hanya diproduksi di Inggris saja, di tiga tempat, yakni di Derbyshire, Leicestershire dan di Notinghamshire. Stilton sendiri memiliki dua jenis, pertama blue stilton yang berbau kuat tapi bercita rasa lezat dan white yang berada dibawahnya. Beberapa stilton yang diproduksi di Long Clawson ada yang dicampur dengan emas, menjadikannya salah satu keju termahal di dunia.

2. Moose Cheese ($455/pound)

Moose Cheese, gambar elitereaders.com
Untuk memperoleh keju Moose kita harus mengunjungi Bjursholm, desa kecil di Swedia. Disana terdapat Elk House, atau semacam peternakan Moose, Moose sendiri adalah rusa besar yang hidup liar disana.

Faktanya, keju jenis ini hanya dibuat secara rumahan oleh tiga orang, bernama Gullan, Haelga dan Juna. Dari mereka hanya dihasilkna sekitar 600 pound atau 270 kg keju moose tiap tahunnya dengan harga satu pound –nya sekitar 455 dollar, menjadikannya salah satu keju termahal di dunia.

1. Pule Cheese ($576/pound)

Pule, gambar serbia.com
Keju termahal ternyata diambil dari peternakan di Serbia, bukan terbuat dari susu sapi, kambing, domba, banteng atau rusa, namun berasal dari keledai. Untuk membuat satu kilogram keju jenis pule ini, dibutuhkan setidaknya 25 liter susu keledai. 
Bayangkan, untuk mencicipi satu pound keju ini, kita harus merogoh kocek sekitar 576 dollar atau Rp. 7.488.000 untuk setiap setengah kilonya.

Demikian kesepuluh keju termahal di dunia, semoga informasi kali ini menambah wawasan kita semua.

Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Keju#Macam-macam_keju
https://www.youtube.com/
http://mentalfloss.com/article/63844/15-worlds-most-expensive-cheese/
http://dailynewsdog.com/gourmet-cheese/

No comments