Hot Info

10 Air Terjun Paling Tinggi Di Dunia


Salah satu spot paling banyak dicari para traveler, yakni air terjun. Air terjun merupakan formasi geologi dari arus air yang mengalir melalui suatu formasi bebatuan yang mengalami erosi dan jatuh ke bawah dari ketinggian tertentu. Di alam banyak sekali jenis maha karya yang unik ini, mulai dari keindahannya, lebarnya, besarnya hingga dari ketinggiannya.

Proses terbentuknya pun sungguh unik, mereka terbentuk dalam waktu jutaan tahun. Ada beberapa faktor terjadinya air terjun:
1. Adanya sumber air (hulu sungai), bisa berupa pegunungan, danau, hingga gletser.
2. Adanya aliran sungai,
3. terjadi erosi yang berkelanjutan,
4. deformasi tanah yang dilalui aliran sungai ekstrim, seperti tebing atau ngarai.

Berikut sepuluh air terjun paling tinggi, yang wajib dijelajahi para traveller-adventure dunia

10. Browne Waterfall
Browne Falls, gambar wondermondo.com
Ini dia air terjun yang pertama kali ditemukan oleh seorang fotografer aerial/udara saat menjelajahi dan mengambil foto di sekitar danau Browne melalui helikopter, Browne waterfall.  Terletak di taman nasional Fiordland, South Island, Selandia Baru. Ketinggian Browne sekitar 836 meter, dan menjadikannya sebagai air terjun paling tinggi di selandia baru dan ke sepuluh di dunia.

Hal unik dari browne waterfall yakni tidak timbulnya gemuruh air, sehingga browne termasuk ke dalam the doubtful sound waterfall atau air terjun tanpa suara, dan di Selandia Baru sendiri, terdapat total tiga doubful sound, yakni browne falls, alice falls, dan helena fall.


9. James Bruce Waterfall
James Bruce Falls, gambar uniworldnews.org
James bruce waterfall merupakan air terjun paling tinggi di benua amerika bagian utara, tepatnya di Taman nasional Princess Louisa Marine, British Colombia, Kanada. Dengan tinggi total 840 meter, menjadikannya tertinggi kesembilan di dunia.

Sumber air james bruce berasal dari gletser yang mencair dan membanjiri dinding batu ngarai terjal sebelum sampai di teluk Princess Louisa. Untuk menikmati indahnya James burce, para traveling harus mencapainya melalui perahu boat, dilanjutkan mendaki hingga bukit agar mencapai titik pandang ideal.
 
 
8. Pu’uka’oku Waterfall
Pu’uka’oku, gambar allamazingplaces.com
Posisinya agak tersembunyi di dalam cekungan tebing yang langsung mengarah ke lautan pasifik, pu’uka’oku waterfalls merupakan salah satu air terjun paling tinggi dan indah di pesisir timur laut Molokai, Hawai, dengan ketinggian 840 meter.

Pu’uka’oku terbentuk karena retakan di dalam poros bebatuan di atas tebing, akibat aktvitas vulkanik, sehingga air seakan keluar dari dalam tebing. Hal ini yang menyebabkan sulitnya melihat secara langsung, disamping itu jalan setapak ke sana belum ada. Satu-satunya jalan untuk mengunjungi pu’uka’oku yakni dengan jalur udara.


7. Balaifossen/Skorga Waterfall
Balaifosen, gambar muudu.com

Nah ini dia salah satu air terjun yang sumber air nya berasal dari lelehan es di puncak gunung, balaifossen waterfall. Balaifossen atau skorga falls terletak di Osafjord, Ulfik, Norwey dan merupakan air terjun tertinggi kedua di Norwegia dan ketujuh di dunia, dengan ketinggian 864 meter.

Karena bersumber dari es dan gletser, waktu terbaik untuk menikmati balaifossen yakni saat musim panas tiba, dimana lelehan es dari pegunungan di Ulfik mulai mencair dan meluncur menjadi aliran air.


6. Vinnufossen/Vinnufallet Waterfall
Vinnufossen, gambar naukrinama.com
Kesan pertama melihat Vinnufosen yaitu seperti bukan sebuah air terjun, karena airnya seakan menempel di dinding tebing saat jatuh ke bawah. Hal itu dikarenakan, kemiringan tebing yang landai serta banyaknya rekahan pada dinding tebing yang membuat air masuk ke sana.

Vinnufosen merupakan air terjun paling tinggi di daratan eropa dan ke enam di dunia, yakni setinggi 865 meter. Terletak di desa Sunndal, More og Romsdal, Norwegia. Air Vinnufosen berasal dari aliran sungai Vinnu yang bersumber dari pegunungan Vinnufjellet. Vinuufosen telah menjadi tempat wisata populer di Norwegia.


5. Yumbilla Waterfall
Yumbilla, gambar bolopakistan.pk
Bertingkat-tingkat dan indah dipandang mata, yup yumbilla waterfall memiliki ketinggian total 896 meter, menjadikannya air terjun tertinggi ke lima di dunia. Yumbilla terletak di daratan Amazon dekat kota Cuispes, Peru, dan termasuk air terjun bertingkat terindah.

Untuk mencapai yumbilla kita membutuhkan seorang pemandu, karena lokasinya berada di dalam hutan, dan belum ada penunjuk jalan. Biasanya traveling menginap terlelbih dahulu di kota kecil Cuispes, lalu melakukan pendakian selama satu setengah jam.


4. Olo’upena Waterfall
Oloupena, gambar olukai.com
Masih perawan dan sulit dijangkau, mungkin kata ini cocok untuk menggambarkan air terjun satu ini. Yup, Olo’pena, untuk bisa mencapai puncaknya, para traveling harus menggunakan helikopter, karena tidak adanya track atau jalan setapak untuk kesana.

Terletak di molokai, Hawai, Olo’pena termasuk yang paling tinggi ke-empat di dunia dan paling tinggi bagi Amerika serikat, dengan ketinggian 900 meter. Rindangnya hutan tropis yang menutupi puncak tebing membuat air terjun ini sedap dipandang mata.


3. Tres Hermanas Waterfall
Tres hermanas, gambar pitapanama.com
Terletak di taman nasional Otishi, Junin region, Peru, Tres hermanas atau three sisters falls termasuk air terjun tertinggi ketiga di dunia. Uniknya, sebelum air sampai ke dasar tebing, air mengalami benturan dengan permukaan tebing sebanyak tiga kali, dua diantaranya terlihat jelas namun satu lagi nyaris terhalang rindangnya pohon, tinggi totalnya 914 meter.

Tres Hermanas dikelilingi oleh hutan hujan tropis lebat, dimana pepohonan bisa tumbuh sampai 30 meter. Daya tarik lainnya, disini terdapat the pavirontsi natural bridge, yaitu salah satu jembatan alami yang terbuat dari jalinan pepohonan terbesar di dunia.


2. Tugela Waterfall
Tugela, gambar pinterest.com
Tugela adalah air terjun tertinggi kedua di dunia, terletak di taman nasional Drakensberg of Royal Natal, KwaiZulu-Natal, Afrika Selatan. Dengan tinggi total 947 meter, air meluncur di atas tebing dengan sudut vertikal, namun sekitar 200 meter, air membentur tebing, lalu meluncur kembali hingga ke dasar tebing.

Dibutuhkan waktu sekitar 6 jam perjalanan dari dasar tebing untuk mencapai puncak tugela. Namun, usaha para hiker akan terbayar setelah melihat indahnya aruman air di atas jurang.


1. Angel Waterfall
Angel-Falls, gambar allamazingplaces.com
Dengan tinggi total 979 meter, Angel waterfall masih memegang gelar sebagai air terjun paling tinggi di dunia. Letaknya di taman nasional Canaima, bersumber dari mata air pegunungan Auyan tepuy lalu jatuh melalui tebing bersudut 90 derajat ke bawah, menjadikan nya destinasi utama para traveling dunia ke Venezuela. Bulan juni hingga desember adala waktu paling tepat untuk menikmati percikan serta gemuruh air terjun ini, karena saat itu air sungai melimpah.

Awal penemuan, menjelang abad ke-20, saat Ernesto de Santa Cruz sedang mencari tempat yang diindikasi tambang emas di pegunungan Auyun, dan secara tak sengaja saat menelusuri hutan Canaima, mendengar deruman air dan terlihat dari kejauhan seperti benang putih malaikat yang jatuh dari langit, sehingga sekarang disebut Angel waterfall.

Demikian sepuluh air terjun tertinggi di dunia, semoga informasi kali ini menambah khazanah wawasan kita semua.

Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_waterfalls_by_height
http://www.mapsofworld.com/
http://adventure.howstuffworks.com/
http://www.world-of-waterfalls.com
http://www.touropia.com

No comments