Hot Info

10 Film Johnny Depp Terbaik Hingga Saat Ini



Misterius dan berkarakter, mungkin dua kata tersebut tepat untuk menggambarkan sosok artis yang memiliki nama lengkap John Christopher Depp II. Ia terkenal akan kemahirannya dalam memerankan belbagai ragam tokoh dengan karakter yang berbeda-beda, yang paling terkenal yakni sebagai Jack Sparrow.

Depp lahir di Ownsboro, Kentucky sekitar 53 tahun yang lalu, tepatnya 9 Juni 1963. Saat ini ia termasuk jajaran aktor Box Ofice terbaik dengan bayaran termahal ke delapan sepanjang sejarah. Depp juga sering masuk nominasi Oscar, yakni sebanyak tiga kali, namun sayangnya belum ada yang jebol.

Kesuksesan seorang Johnny Depp tidak serta merta di dapatkan dengan mudah. Saat Depp berumur 15 tahun, ia harus merasakan bagaimana rasanya hidup tanpa seorang ayah, ia ikut bersama ibunya, yang menikah lagi dengan seorang penyanyi Rock asal Inggris, Robert Palmer (Bob Palmer). Bagi Depp, Bob adalah inspirasinya.

Saat masa-masa sulit itu, Depp jarang masuk sekolah dan akhirnya drop out. Berbekal gitar dari hadiah ibunya, ia memilih jalan sebagai musisi dan ia bersama teman-temannya sukses manggung di kafe-kafe, dengan nama Six Gun Method, namun sayangnya band ini tidak sampai ke dapur rekaman. Akhirnya, Depp berkolaborasi dengan band Rock City Angels, dan ambil bagian dalam pembuatan lagu “Mary”.

Saat karir Depp di dunia musisi dimulai, ia jatuh hati pada adik pemain Bass, yang bernama Lori Anne Alisaon, akhirnya mereka menikah pada 20 Desember 1983. Karir filmya terbuka saat istrinya mengenalkannya dengan aktor beken kala itu, Nicolas Cage. Sayangnya, pernikahan Depp berakhir pada 1985.

Sebelum Johhny Depp masuk ranah Box Ofice, ia dikenal sebagai teen idol pada akhir 1980an pada serial TV 21 Jump Street. Saat itu, Depp memerankan seorang polisi tampan bernama Tom Hanson. Filmnya sendiri berjenis drama kriminal dengan total 103 episode dan disiarkan sekitar dari tahun 1987 sampai 1991 pada jaringan Fox.

Berikut sepuluh film Johnny Depp terbaik hingga saat ini


10. Edward Scissorhands
Edward Scissorhands, gambar thefilmexperience.com
Bisa dibilang film satu ini merupakan langkah awal Johnny Depp dalam menancapkan cakarnya pada dunia Box Ofice. Edward Scissorhands merupakan film keluaran tahun 1990 berjenis fantasi-dark romantis, yang disutradarai oleh Tim Burton. Ceritanya sendiri berasal dari Caroline Thompson dan Tim Burton.

Film ini menerima banyak tanggapan positif dan keuntungan dari sisi finansial. Buktinya, film Edward menerima banyak penghargaan, mulai dari masuk nominasi Oscar sebagai film dengan best makeup, british academy, saturn awards, BAFTA awards sampai memenangkan Hugo Award untuk best dramatic presentation.

Inti kisah, menceritakan seorang manusia buatan seperti zombie bernama Edward yang memiliki jari-jarinya berupa gunting. Sebelum Edward selesai dibuat, perancangnya meninggal dan ditingal sendirian dalam sebuah rumah di atas bukit. Hari demi hari, tahun demi tahun Edward lewati sendirian, dan kesepian Edward mendadak sirna tatkala ada sesosok wanita yang datang ke rumah dan mengajak Edward untuk tinggal di rumahnya.

Pada film ini, karakter Edward seakan hidup dan detail, mulai dari rasa polosnya, naif dan kemisteriusannya hal itu menjadiakn Johnny Depp mendapat apresiasi dari berbagai kalangan pemerhati film.

9. Finding Neverland
Finding Neverland, gambar youtube.com
Film keluaran tahun 2004 ini mempertemukan aktor kawakan, Johnny Depp dengan Kate Winslet (pemeran Rose dalam Titanic). Di sini Depp memerankan James Barrie, seorang penulis (salah satu karya legendarisnya Peter Pan).

Kate winslet sendiri memerankan seorang janda bernama Sylvia Llewelyn Davies yang mempunyai empat orang anak. Barrie yang telah kehilangan inspirasi, merasa hidup kembali setelah berkenalan dengan Sylvia dan keempat anaknya tersebut.

Finding neverland, bisa dibilang cerita sebelum terciptanya Peter pan atau cerita yang melatarbelakangi terciptanya karakter Peter pan dan cerita di dalamnya. Berkat akting Johnny Depp yang cukup memuaskan, melalui film ini Depp masuk nominasi oscar untuk kategori aktor terbaik.

8. Sweeney Todd: The Demon Barber of Fleet Street
Sweeney Todd_ The Demon Barber of Fleet Street, gambar photobucket.com
Tim Burton akhirnya memanggil kembali Johnny Depp dalam film Sweeney Todd: The Demon Barber of Fleet Street. Film berjenis historis-musical bercampur horor ini berdasarkan karya buku, sekaligus musik racikan Hugh Wheeler dan Stephen Sondheim.

Film ini mengisahkan kehidupan seorang pemangkas rambut di Era Victorian yang bernama Sweeney Todd. Di balik profesinya sebagai tukang cukur ternama di London, ternyata ia ingin membalas dendam kepada orang-orang yang telah memenjarakannya saat dulu sampai ia kehilangan istri dan anak nya.

Peran Johnny Depp sebagai Todd sungguh diperankan secara total, ia mampu memperlihatkan sisi gelap si tukang cukur dengan baik yang tidak segan-segan menghabisi nyawa para pelanggannya dengan sadis. Berkat aktingnya ini, Deep memperoleh nominasi oscar untuk kategori aktor terbaik pada tahun 2007.

7. Charlie and the Chocolate Factory
Charlie and the Chocolate Factory, gambar theredlist.com
Lagi-lagi Tim Burton menggunakan servis Johnny Depp dalam film Charlie and the Chocolate Factory. Film keluaran tahun 2005 ini merupakan adaptasi dari buku karangan Roald Dahl dengan judul yang sama. Di dalam film ini, Depp memerankan Willy Wonka, seorang pemilik perusahaan coklat terbesar di dunia.

Inti kisah, Wonka menyelipkan tiket emas pada coklat buatanya, dan barang siapa yang mendapatkannya, mereka akan diajak tour gratis ke dalam pabrik, dimana semua peserta dibuat berdecak kagum dengan segala hal yang berbau coklat. Selain Depp, Freddie Higmore juga memerankan Charlie Bucket yaitu salah satu pemenang golden ticket.

6. Dark Shadows
Dark Shadow, gambar alienationmentale.wordpress.com
Film Johnny Depp selanjutnya berjenis horor-komedi keluaran tahun 2012 . Film berlatar belakang abad pertengahan ini, mengangkat tema vampire yang tadinya terkesan angker menjadi agak lucu dan konyol.

Cerita awalnya, Barnabas Collins (Johnny Depp) dicintai oleh seorang wanita bernama Angelique Bouchard (Eva Green), namun ditolaknya karena perbedaan status. Namun, tak disangka, Angelique merupakan seorang penyihir yang mampu mengutuk Barnabas menjadi seorang vampire dan harus hidup dengan menanggung aib sebagai vampire selama ratusan tahun.

5. Public Enemies
Public Enemies, gambar deppimpact
Berdasarkan kisah nyata, public enemies menceritakan upaya seorang agen FBI, Melvis Purvis (diperankan Christian Bale) untuk menangkap penjahat kelas kakap, John Dilinger (diperankna Johnny Depp) yang berkuasa pada masa krisis ekonomi AS sekitar era- 1900an.

Adu akting antara Bale dan Depp pada film ini patut diacungi jempol, pasalnya sepanjang film, kita akan disuguhi dengan berbagai macam aksi kejar-kejaran yang seru dan menegangkan. Terlebih lagi teknologi HD pada masa itu telah mumpuni, sehingga setiap suara dan gambar yang dihasilkan begitu nyata dan sempurna.

Film besutan Unversal picture ini disutradarai oleh Michael Mann, yang sebelumnya sukses meracik film serupa, seperti the insider (1999), Heat (1995) dan Collateral (2004). Film ini dirilis sekitar tahun 2009.

4. Mortdecai
Mortdecai, gambar avclub.com
Jika kita ingin melihat peran Johnny Depp seperti Jack Sparrow yang dapat mengundang tawa, maka Mortdecai salah satunya. Pada film ini, Depp akan berperan sebagai seorang lelaki flamboyan berwajah tampan dengan kumis kebanggaannya.

Profesi ia sebagai art dealer, lukisan kuno di rumahnya yang ia jual belikan ke seluruh dunia. Namun, ia diberitahu seseorang bahwa, pada sebuah lukisan yang telah ia jual beberapa saat lalu, terdapat kode rahasia yang nilainya jutaan dollar, dan hal ini membuat istrinya bergegas mendapatkan kembali lukisan yang sudah dijual tersebut.

Walaupun film ini berjenis aksi-komedi, sisi humornya cukup dominan. Apalagi, kelakuan Depp saat memerankan Charlie Mortdecai, yang memiliki logat aksen Inggris kentara, dengan kepribadian kalem namun selalu mujur, dijamin membuat perut penonton tertawa.

3. Transcendence
Transcendence, gambar adventuresinbackstory.wordpress.com
Bagi penyuka film sci-fi ilmiah bercampur aksi, cobalah nonton transcendence. Film yang disutradarai Wally Pfister ini dijamin membuat para penontonya terbawa suasana menuju masa depan, namun masih dapat di nalar akal sehat.

Singkat cerita, Dr.Will Caster (Johnny Depp) memiliki impian menciptakan sebuah teknologi komputer super canggih yang memiliki AI (kecerdasan buatan) lebih besar dari otak manusia (yang mampu berkembang secara otodidak).

Saat usahanya berhasil, Dr.Will ditembak mati oleh sekelompok anti-teknologi, dan membuat istrinya, Evelyn (Rebecca Hall) menghubungi teman dekatnya, Max (Paul Bettany) untuk memindahkan otak Will ke dalam chip yang telah dikembangkan Will sebelumnya.

Usaha Max dan istrinya ini ternyata membuahkan hasil dan otak Will benar-benar berpindah ke dalam chip tersebut. Setelah Will menjadi super komputer, ia mampu membobol sejumlah uang dari Bang lewat internet dan menyuruh Evelyn untuk mengembangkan dirinya lebih jauh dengan membangun sebuah fasilitas rahasia. Langkah istrinya ini ternyata membawa bencana bagi dunia dan mengancam eksistensi umat manusia.

2. Alice in Wonderland Series
Alice in Wonderland Series, gambar schmoesknow.com
Film besutan Walt Disney ini merupakan film berjenis fantasi-petualangan yang cerita aslinya berasal dari buku dengan judul yang sama karangan novelis dari Inggris, Lewis Caroll. Saat ini, film Alice sendiri telah dibuat sebanyak tiga kali, dimana dua film terakhir dibintangi Johnny Depp.

Film 3D ini tergolong sukses, baik dari sisi finansial (meraup keuntungan hampir 1 miliar dollar pada film Alice 2010) dan memenangkan beberapa penghargaan oscar, diantaranya untuk best art direction dan best costume design serta nominasi untuk best visual effects.

Pada film ini, Depp memerankan the Mad Hatter, seorang karakter fiksi yang merasa diracuni oleh pemerintahan red Queen. Namun, pada akhirnya sifat baik Hatter tetap ada saat Red Quen akan dibunuh.

1. Pirates of the Caribbean Series
Pirates of the Caribbean Series, gambar disney.wikia.com
Pastinya setiap orang setuju bahwa saat film Pirates of the caribbean pertama kali tayang di layar kaca, kemunculan karakter kapten Jack Sparrow lah yang paling dinanti-nanti dalam setiap adegannya. Hal itu dikarenakan, akting Johnny Depp saat memerankan Jack sungguh konyol, lucu dan elegan.

Dari kesuksesan ini pula, nama Johnny Depp melambung dan menjadi salah satu aktor Box Ofice papan atas dengan bayaran termahal. Saat ini, terdapat lima seri pirate of the caribbean yang telah dirilis, mulai dari the curse of the black pearl (2003), dead man’s chest (2006), at world’s end (2007), on strager tides (2011) dan yang terbaru dead men tell no tales (2017).

Perlu diketahui, jika Depp tidak mengambil peran ini, bisa jadi karakter Jack Sparrow diperankan oleh Hugh Jackman (pemeran si brewok Logan, X-Man). Untungnya pihak disney menginginkan yang memerankan Jack harus memiliki karakter unik dan dan misterius. Berkat akting Depp yang memukau sebagai Jack, ia pun masuk nominasi oscar sebagai aktor terbaik pada 2003.

Demikian kesepuluh film Box Ofice yang diperankan Johnny Depp, semoga informasi kali ini dapat menjadi bahan referensi dan menambah wawasan kita semua.
 
Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/Johnny_Depp

No comments