Hot Info

10 Paus Terbesar Yang Masih Hidup Di Bumi


Sebagai mamalia terbesar di dunia, paus (whale) merupakan salah satu dari beberapa hewan misterius yang menarik untuk diteliti. Kemunculan mereka di lautan selalu dinanti orang selama ratusan tahun yang lalu.

Walaupun hidup di dalam air, paus bukan termasuk keluarga ikan (pisces), karena memiliki sifat-sifat sebagai berikut:
1. Bernapas menggunakan paru-paru, sedangkan ikan menggunakan insang.
2. Mempunyai sedikit rambut (pada paus dewasa), sedangkan ikan tidak.
3. Berdarah panas, sedangkan ikan berdarah dingin (poikiloterm).
4. Mempunyai kelenjar susu.
5. Mempunyai jantung dengan empat ruang.
6. Berkembang biak dengan cara melahirkan, sedangkan ikan dengan bertelur.

Jika paus bukan ikan, kenapa ia bisa hidup di dalam air?? Jawabannya tidak lainnya, karena mereka ber-evolusi. Berdasarkan pendapat para ahli, asal mula kehidupan mereka yakni di daratan, namun pada pertengahan zaman Eocene(50 juta tahun yang lalu), mereka bermigrasi ke lautan. Nenek moyang sekaligus paus pertama yang telah punah, yakni Basilosaurus.

Saat ini, para ahli membagi paus dalam dua kelompok: Pertama disebut paus bergigi (Odontoceti) dan paus tidak bergigi (Mysticeti). Odontoceti merupakan jenis yang suka memangsa ikan, sotong dan hewan laut lainnya, dengan ciri mempunyai satu lubang pernapasan. Mereka berkerabat dekat dengan lumba-lumba dan pesut.

Sedangkan Mysticeti merupakan jenis paus ukurannya lebih besar dari Odontoceti dan mempunyai struktur yang dikenal sebagai balin, yakni sistem penyaring makanan seperti sisir, yang letaknya pada mulut. Struktur ini berguna untuk menyaring plankton, makanan utama mereka. Ciri lainnya, Mysticeti bernapas dengan dua lubang.

Berikut sepuluh paus terbesar yang masih hidup di dalam samudra Bumi. Enjoy read!!


10. Minke Whale (10,5 meter)

Minke whales, gambar thewhalediaries.blogspot.co.id
Paus terbesar pertama jatuh pada minke whale. Umumnya minke memiliki warna kulit hitam, namun ada juga yang berwarna abu-abu dan hitam keunguan. Minke termasuk tipe balin, namun makanan utamanya adalah ikan, sehingga ia termasuk kategori paus pembunuh.

Di alam terdapat dua kelompok utama jenis ini, pertama yang mendiami utara bumi dan kedua di antartika. Masa hidup mereka rata-rata sekitar 40-50 tahun. Mereka sanggup bertahan di dalam air selama 20 menit sekali selam.


9. Bryde’s Whale (14 meter)

Bryde’s Whale, gambar dailymail.co.uk
Bryde’s whale merupakan sebutan paus yang ditemukan pertama kali oleh John Bryde. Ia adalah berkebangsaan Norwegia yang ikut mendirikan stasiun pengamat mamalia pertama ini di  Afrika Selatan.

Aktivitas kelompok Bryde menemukan bahwa jenis ini banyak ditemukan di pesisir selatan Afrika, namun ditemukan juga di Meksiko, Caribbean, Hawai dan Kalifornia. Sehingga jenis balin ini dipastikan penghuni perairan tropis dan subtropis.

Ciri utama Bryde whales, yakni warna kulitnya abu-abu hitam dengan panjang bisa mencapai 14 meter dan berat 25 ton!!!. Biasanya mereka hidup berpasangan, namun mereka juga ditemukan dalam kelompok yang besar.


8. Gray Whale (15 meter)

Gray Whale , gambar nbcsandiego.com
Jenis gray whale menghuni perairan tropis dan subtropis. Mereka memiliki sebutan pasifik gray atau california gray, karena mereka banyak ditemuka di perairan tersebut. Namun, sebelum abad ke-18, mereka pernah ditemukan hidup di perairan atlantik utara.

Sesuai dengan namanya, ciri utama gray whale yakni warna kulit abu-abu, dengan tanda lahir di tubuhnya. Rata-rata mereka dapat tumbuh hingga 15 meter dan berat mencapai 36 ton!!!. Ciri lainnya, mereka memiliki semacam jambang di sekitar mulutnya yang berfungsi untuk mendeteksi lingkungan sekitar.


7. Sei Whale (16 meter)

Sei Whale, gambar wikimedia.org
Sei whale merupakan paus dari jenis balin yang dapat tumbuh lebih besar dari jenis minke whale. Saat remaja saja beratnya bisa mencapai 28 ton!!. Apabila telah dewasa panjangnya bisa mencapai 16 meter.

Jenis sei dapat dikenali dari warna kulitnya yang abu-abu kehitaman dengan warna agak putih di sekitar depan tubuhnya. Sei whale juga memiliki rostrum atau bentuk mulut  yang berbeda dengan tipe bryde.


6. Humpback Whale (16 meter)

Humpback Whale, gambar nationalgeofraphic
Humpback whale atau paus bungkuk merupakan salah satu jenis paus paling atraktif, karena saat persediaan oksigen habis, mereka akan berenang cepat ke atas permukaan laut dan melakukan salto.

Terdapat lima jenis humpback yang baru ditemukan sampai saat ini. Ciri utama mereka yakni terdapatnya semacam sirip yang tumbuh di area dada. Dari kejauhan, sirip ini menyerupai tangan.

Jenis ini juga tercatat sebagai whales yang sering mengeluarkan suara, dengan durasi 10 sampai 20 menit dalam satu jam, saat musim kawin tiba. Mereka dapat tumbuh hingga beratnya mencapai 30 ton.!!!


5. Bowhead Whale (18 meter)

Bowhead Whale, gambar worldwildlife.org
Bowhead whale atau paus kepala busur merupakan salah satu jenis whales yang tidak memiliki sirip di belakang punggunya. Mereka menghuni perairan dingin, mulai dari sub-arktik hingga greenland. Mereka bisa tumbuh sepanjang 18 meter dengan berat hingga 100 ton!!. Selain itu, mereka juga memiliki lapisan lemak setelah 45 cm untuk menahan dingin.

Tidak seperti jenis whales lainnya, mereka enggan bermigrasi, demi makanan atau  bereproduksi. Umur merekapun terbilang panjang, konon usia mereka ada yang mencapai 200 tahun!!. Karena pernah ditemukan harpoon yang dibuat pada abad ke-18, masih menancap pada punggung tubuh bowhead.


4. Right Whale (18,3 meter)

Right Whale, gambar brianskerry.com
Jenis ini memiliki tiga kelompok besar, yakni penghuni atlantik utara, selatan antartika dan utara pasifik. Walaupun tempat hidupnya berbeda, jenis ini memiliki ciri  mulai dari bentuk tubuh panjang, memiliki lubang semburan berbentuk V dan kulitnya berwarna hitam legam.

Right whales termasuk paus yang memiliki cadangan lemak paling banyak diantara jenis yang lainnya. Rata-rata mereka dapat tumbuh hingga 18 meter lebih dengan berat mencapai 100 ton!!.


3. Sperm Whale (20,5 meter)

Sperm Whale, gambar bbci.co.uk
Mengenali sperm whale tidak lah sulit. Lihat saja bentuk kepalanya yang super besar dan mulutnya terletak agak menjorok ke dada. Sperm whale juga merupakan paus bergigi paling besar yang masih hidup dan menempati hampir semua perairan di dunia.

Perlu diketahui, sperm whale berkelamin perempuan hidup secara berkelompok, sedangkan sperm laki-laki hidup menyendiri, kecuali saat musim kawin tiba. Mereka dapat tumbuh sepanjang 20,5 meter dan berat 56 ton (sperm whale perempuan).


2. Fin Whale (27,5 meter)

Fin Whale, gambar flickr.com
Fin whale dikenal juga dengan nama razorback, finback atau rorqual whale. Fin termasuk tipe balin atau tidak bergigi. Kulit mereka coklat kehitam-hitaman dengan warna putih di area bawah mulut dan dadanya.

Jenis ini hampir dapat ditemukan di semua perairan, mulai dari arktik sampai pasifik, greenland hingga atlantik. Fin dewasa bisa tumbuh sepanjang 27,5 meter dengan berat mencapai 125 ton!!, membuat jenis fin whale berada diurutan ke dua sebagai paus terbesar didunia.


1. Blue Whale (30 meter)

Blue Whale, gambar pinterest.com
Blue whale merupakan jenis paus paling besar di dunia, bahkan hewan mamalia terbesar yang masih hidup di planet Bumi. Lihat saja ukurannya, untuk whale dewasa panjangnya bisa mencapai 30 meter dengan berat  bisa mencapai 173 ton bahkan lebih!!!.

Seperti namanya, paus jenis balin ini berwarna biru kehitam-hitaman. Habitat asli mereka di utara atlantik dan pasifik. Namun sayang, populasi mereka kian menyusut dikarenakan seringnya terdamparnya di pantai dan eksploitasi berlebihan manusia.

Demikian kesepuluh paus terbesar yang masih hidup di dalam samudra Bumi, semoga informasi kali ini menambah wawasan kita semua.

Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Paus_(mamalia)
http://www.softilmu.com/
https://www.kaskus.co.id/

No comments