Hot Info

10 Pulau Indonesia Terbaik Yang Patut Untuk Di Kunjungi


Ujung paling tenggara dari benua Asia, yang secara langsung dilewati garis equator, terdapat sebuah negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia. Indonesia merupakan negara yang terbentuk dari 18 ribu pulau dengan menyimpan sejuta keunikan tersendiri.

Walaupun jumlah pulau di Indonesia terbilang banyak, namun tidak semua ditempati, terdapat lebih dari 6 ribu pulau tidak berpenghuni. Pulau paling dikenal yakni Jawa, Sumatera, Borneo, Sulawesi, dan Papua merupakan pulau paling besar yang membentuk negara kesatuan ini, bahkan tiga diantaranya termasuk pulau paling besar di dunia.

Diantara pulau indonesia tersebut, terdapat sejumlah “surga duniawi”, mulai dari pantai indahnya, pemandangan skenik gunung berapinya, tempat menyelam (diving), surfing, hingga tempat memancing yang tidak ada di tempat lain, bahkan di belahan dunia lain sekalipun.

Nah, pada kesempatan kali yuukeren akan mengulas sepuluh pulau indonesia terbaik yang patut untuk dikunjungi.

10. Pulau Ternate
Pulau Ternate, gambar jawarakampung.blogspot.com
Pulau indonesia pertama yang patut untuk dikunjungi yakni pulau ternate. Pulau ini termasuk gugusan kepulauan Maluku, yang dulunya merupakan satu-satunya tempat di Bumi, sebagai penghasil pala, bunga pala, cengkeh dan rempah-rempah berharga lainnya.

Namun hari ini, selain penghasil rempah-rempah, pulau ternate telah berubah menjadi salah satu pulau yang banyak di kunjungi para wisatawan, lebih-lebih setelah pulau ini menjadi ibu kota Maluku utara.

Di pulau ini kita dapat menemui beberapa reruntuhan benteng, seperti benteng Oranje-dibuat oleh Belanda, dan benteng Tolukko-dibuat oleh Portugis, lalu diperbaiki oleh Belanda kemudian Spanyol.

Di sini juga terdapat tempat indah untuk berenang dan berjemur, yakni di pantai Sulamadaha. Jangan lupa, pulau ini juga mempunyai gunung berapi yang eksotis, gunung Gamalama.

9. Lombok
Lombok, gambar headlineislam.com
Sebelah timur dari Bali terdapat pulau yang tak kalah indah, pulau Lombok namanya. Pulau ini terkenal di kalangan traveler karena pantainya yang indah serta ombaknya cukup menantang sebagai tempat surfing.

Di pulau ini pun terdapat beberapa kota yang menyimpan keindahan tersembunyi, salah satunya kota Mataram. Di sini terdapat istana yang dibangun sekitar abad ke-18. Yang menjadi daya tarik istana ini yaitu taman Mayura atau sering disebut juga taman Narmada,

Taman ini merupakan kuil yang dibangun oleh penganut agama Hindhu, dan tempat ini sering dijadikan tempat bersantai para raja zaman dulu. Bagi yang suka hiking, di pulau ini juga terdapat gunung Rinjani, yang tingginya sekitar 3.200 meter.!!

8. Wakatobi
Wakatobi, gambar uprint.id
Jauh ke arah tenggara dari pulau sulawesi terdapat gugusan kepulauan yang dilindungi, yakni taman nasional wakatobi. Di kompleks ini terdapat deretan pulau cantik lengkap dengan resort dan hotel.

Berkat keindahan dunia bawah lautnya, tempat ini ramai dikunjungi oleh para penyuka olahraga diving. Ada dua titik terbaik untuk menikmati seluruh keindahan wakatobi, yakni pulau Tomia (terkenal akan keragaman jenis ikan hiasnya) dan pulau Hoga (terkenal akan keindahan batuan karangnya).

7. Bangka-Belitung
Pulau Bangka-Belitung, gambar sobatwisata.com
Terletak di sebelah timur pulau sumatera, tepatnya sebelah timur laut provinsi sumatera selatan terdapat dua pulau besar yang menyimpan keunikan tersendiri, yakni pulau bangka dan belitung.

Daya tarik utama kedua pulau ini yakni pantainya yang panjang hingga berkilo-kilometer. Pantai panjang tersebut dimahkotai pasir putih bersih, air laut yang jernih dan batuan pantai.

Di sini juga terdapat beberapa mercusuar peninggalan Belanda yang dibangun pada abad ke-19, karena dulunya tempat ini merupakan tempat singgah sementara para pedagang yang akan menuju Batavia (Jakarta).

6. Pulau Banda
Pulau Banda, gambar pinterest.com
Di selatan pulau seram terdapat gugusan pulau Banda. Dulunya tempat ini masuk dalam peta tujuan para pelaut barat, karena banda adalah salah satu penghasil rempah-rempah terbaik kala itu.

Sempat di kuasai Portugis lalu Belanda, bahkan Inggris pun pernah bercokol di pulau ini, menciptakan kebudayaan yang cukup unik di tempat ini. Jangan mengharapkan resort mahal atau hotel bintang lima, di tempat ini, yang jadi daya tarik utama yakni pemandangan skenik yang tidak ada di tempat lain di nusantara.

Pulau indonesia ini memiliki spot-spot andalan diantaranya, tempat hiking, diving, snorkeling dan fishing.

5. Pulau Flores
Pulau Flores, gamabar rakatshare.blogspot.co.id
Salah satu pulau indonesia terbesar di gugusan kepulauan nusa tenggara timur, yakni pulau Flores. Saat bangsa portugis mendarat di pulau ini, mereka merasa tak percaya akan keindahan tersembunyi yang dimiliki pulau ini, sehingga mereka menyebut pulau tersebut flowers (bunga) atau flores.

Ada dua destinasi populer di pulau ini. Pertama danau kelimutu, yakni tiga buah danau berwarna. Ketiga danau ini menempati bekas kaldera gunung api dan akibat mineral, senyawa kimiawi vulkanik, menyebabkan air diatasnya berubah-ubah, menjadikannya pemandangan skenik yang hanya ada di Indonesia.

Kedua, taman nasional komodo. Taman nasional ini dapat di tempuh dari Labuanbajo, yakni dermaga di sebelah barat pulau Flores. Di dalam taman nasional ini terdapat gugusan pulau, dimana hidup binatang kadal raksasa, komodo. Konon hewan ini merupakan sisa-sisa keturunan naga yang masih hidup.!!!

4. Bunaken
Bunaken, gambar squarespace.com
Beberapa ratus kilometer ke arah utara dari kota Manado, terdapat taman nasional yang terdiri dari beberapa pulau dan telah diakui dunia sebagai salah satu cagar alam bawah laut yang harus dilindungi, yakni Bunaken.

Bunaken merupakan rumah bagi 70% lebih spesies ikan endemik Indo-Asia pasifik bagian barat. Sangat mudah untuk melihat kehidupan ikan di sela-sela anemon dan terumbu karang. Itu sebabnya, para pecinta diving dan snorkling di seluruh dunia selalu mendatangi tempat ini setiap tahunnya.

3. Pulau GIli
Pulau GIli, gambar wisata.club
Dulunya pulau indonesia ini merupakan trio pulau yang sepi pengunjung. Letaknya di barat laut pulau lombok, memerlukan “jiwa petualang” untuk mencapai gugusan pulau satu ini, karena dulu belum ada ferry untuk mencapai ketiga pulau itu.

Namun sekarang, telah dibangun fasilitas penginapan, resort yang memudahkan para petualang menjajal pulau yang masih asri ini. Salah satu pulau terbesarnya, pulau gili trawangan, merupakan tempat yang sempurna untuk melakukan aktivitas diving, atau surfing.

Lalu, pulau gili meno terkenal akan suasana romantis, dimana tempat ini cocok untuk melangsungkan bulan madu para pasangan yang baru menikah. Terakhir, pulau ketiga, Gili Air, merupakan spot populer para scuba divers yang menginginkan kondisi arus tenang dan air super bersih.

2. Raja Ampat
Raja Ampat, gambar scubadivingresource.com
Di wilayah papua barat terdapat lebih dari 600 pulau individu, dimana terbagi lagi menjadi empat gugusan pulau utama, waigeo, misool, batanta-salawati dan raja ampat. Diantara keempat gugusan pulau ini, raja ampatlah yang memiliki keanekaragaman hayati atas permukaan dan bawah laut paling besar.

Di pulau indonesia ini, kita dapat menemukan beberapa burung yang hampir punah, seperti cenderawasih dan burung wilson atau burung surga. Pulau-pulau disini pun dianugrahi pasir putih bersih dan air lautnya biru jernih.

Ciri utama raja ampat, yakni terdpat banyak lagoon atau danau-danau di pinggir laut, terbentuk dari batuan koral, membuatnya tempat yang spesial di wilayah timur indonesia untuk di kunjungi.

1. Bali
Pulau Bali, gambar wisataterbaru.wordpress.com
Bali telah dikenal dunia sebagai salah satu pulau indonesia paling populer. Setiap tahunnya jutaan turis mancanegara mengunjungi pulau yang mereka sebut “island of gods”.

Menelisik dari sejarahnya, pulau ini merupakan tempat pelarian terakhir sisa-sisa kerajaan majapahit, makanya tak heran di sini banyak ditemukan kuil-kuil bercorak Hindhu.

Salah satu spot menarik di bali yakni kota Ubud, disini banyak kuil, hutan yang dipenuhi monyet liar, para artis (pemahat dan pelukis) dan gedung-gedung galeri.

Bagi yang suka hiking, bersepeda, disini terdapat ratusan tempat menarik untuk dijelajahi,  mulai dari daerah pesawahan unik dan indah, pemandangan gunung Batur, dan bukit-bukit yang diatasnya berdiri pura.

Bali juga terkenal akan keindahan pantai kuta-nya serta akomodasi di sini terbilang sangat lengkap, mulai dari hotel berkelas, restoran, perlengkapan surfing, kayaking, fishing, yoga, diving dan akomodasi lainnya yang memanjakan liburan menyenangkan di pulau indonesia paling skenik ini.

Demikian kesepuluh pulau indonesia terbaik yang patut untuk dikunjungi, semoga informasi kali ini menambah wawasan kita semua.

Referensi:
http://blog.eoasia.com/best-islands-indonesia/
https://www.buzzfeed.com/maharm/12-indonesian-paradise-islands-you-should-totally-5osg?utm_term=.poPQwWbPz#.lxjxRy2wB

No comments