Hot Info

10 Terowongan Keren Yang Ada Di Dunia


Terowongan atau tunnelsawalnya dibangun untuk memperoleh barang tambang yang letaknya jauh di bawah pegunungan. Lalu, saat perang dunia meletus, banyak terowongan dibangun sebagai bagian dari parit pertahanan atau tempat persembunyian.

Namun, seiring berkembangnya zaman, terowongan dibangun untuk memperlancar aktivitas ekonomi, seperti terowongan untuk sistem jalan raya, sistem kereta api, saluran air bersih, jaringan alat telekomunikasi, hingga untuk saluran pengendalian musibah banjir.

Perlu diketahui, setiap negara mendefinisikan terowongan secara berbeda-beda, seperti negara Inggris, mendefinisikan sebuah terowongan jika panjangnya lebih dari 150 meter, namun di Amerika, jika panjangnya lebih dari 23 meter dengan diameter lebih dari 1,8 meter. 

Sedangkan para ahli teknik sipil di Indonesia, tembusan bawah tanah disebut terowongan jika panjangnya minimal 0,1 mil atau 161 meter, sedangkan kurang dari itu disebut underpass.

Nah, tahukah pembaca setia yuukeren, ternyata di dunia terdapat beberapa terowongan mengaggumkan, baik karena panjangnya, nilai histrosisnya, penerapan teknologi hingga keunikannya sendiri.

Berikut 10 Terowongan Keren Yang Ada di Dunia


10. Seikan Tunnel (Jalur Kereta Api Yang Menembus Tanah 140 Meter Di Bawah Permukaan Laut)

Seikan Tunnel, gambar academic.ru
Terletak di negara matahari terbit, Seikan tunnel menghubungkan pulau utama Jepang, Honshu dengan pulau Hokkaido. Yang menjadi unik, yakni hampir setengah dari panjang keseluruhan, yakni 23 kilometer terletak 140 meter di bawah permukaan laut, menjadikannya tunnel paling dalam di dunia sebelum Gotthard base tunnel rampung dibangun.

Dibutuhkan waktu 24 tahun untuk melubangi 53 kilometer Seikan tunnel. Hal itu dikarenakan pengeboran yang tadinya menggunakan mesin bor, tidak sanggup melubangi batuan di bawah laut, sehingga sisa pengerjaan menggunakan dinamit.


9. Gotthard Base Tunnel (Terowongan Kereta Api Paling Panjang Dan Dalam Sedunia)

Gotthard Base Tunnel , gambar fsmedia.net
Melubangi pegunungan Alpen, sepanjang 57 kilometer dari kota Erstfeld di utara Swiss dan keluar di Kota Bodio, Gotthard Base Tunnel merupakan terowongan kereta api paling panjang sekaligus paling dalam di dunia. Kedalamannya sekitar 2.300 meter di bawah puncak gunung Alpen.

Dibutuhkan waktu 20 tahun, akhirnya Gotthard dibuka pada bulan juni tahun lalu. Dengan adanya tunnelini, waktu perjalanan antara Zurich (Swiss) ke Milan (Italia) dapat dipangkas sekitar satu jam, karena kecepatan kereta yang melewati lorong ini dapat di pacu hingga 250 km/jam atau sekitar 20 menitan.


8. Marmaray Tunnel (Menghubungkan Benua Eropa Dan Asia)

Marmaray Tunnel, gambar sbs.com.au
Menjadi salah satu proyek prestisius Turki, menelan waktu pembangunan selama 9 tahun, akhirnya pada 2013 lalu, Marmaray tunnel resmi dibuka. Terowongan ini sungguh strategis,  karena para pelancong dari Asia yang ingin menyebrang ke Eropa atau sebaliknya dapat menggunakan kereta api bawah laut.

Sesuai namanya, tunnel ini menembus di bawah permukaan tanah, tepatnya diatas laut Marmara, yang didalamnya terdapat jalur kereta api atau ray, sehingga disebut Marmaray. Konon, tunnel sepanjang 5,4 km ini dibangun anti-gempa, karena Turki merupakan negara yang rawan bencana tektonik.


7. Channel Tunnel (Menghubungkan Daratan Inggris Dan Benua Eropa-di Prancis)

Channel Tunnel, gambar huffpost.com
Ambisius dan prestisius, mungkin dua kata ini tepat untuk menggambarkan keberadaan Channel Tunnel atau Euro Tunnel. Dua negara yang pernah bermusuhan selama 100 tahun, ternyata pada abad ini wilayahnya terhubung melalui terowongan kereta bawah tanah, tepatnya di bawah selat Inggris.

Memakan waktu enam tahun pembangunan untuk melubangi 50 kilometer tanah, dari selatan Inggris sampai utara Prancis. Dengan adanya tunnel ini, pulau Inggris terhubung dengan benua Eropa. Proyek ini direncanakan sangat matang, sehingga hasilnya yakni dua terowongan selebar 7,6 meter, sebagai lalu lintas utamanya, yakni kereta api yang dapat mencapai kecepatan 100 mil/jam dan sebuah tunnel kecil untuk emergency.


6. Eisenhower Tunnel (Tembusan Jalan Raya Paling Tinggi Diatas Permukaa Laut)

Eisenhower Tunnel, gambar pinterest.com
Panjang totalnya hanya 2,7 kilometer, namun terowongan ini tingginya 3.401 meter diatas permukaan laut. Eisenhower merupakan terowongan jalan raya paling tinggi di dunia.  Terletak di Colorado, AS, tepatnya di dalam taman nasional hutan Arapaho, dan merupakan titik tertinggi jalan raya higway sistem AS. Dibuka sekitar 1970, tunnel ini memiliki lebar 12 meter dan tingginya 14,6 meter. D


5. SMART Tunnel (Jalan Raya Plus Pengendali Banjir Kota Kuala Lumpur)

SMART Tunnel, gambar amazonaws.com
Sepertinya negara kita harus belajar ke negara sebelah dalam urusan “banjir”. Lihat saja, sejak di buka pada 2007 silam, kota Kuala Lumpur terbebas dari ancaman banjir, karena kota ini memiliki SMART (Stromwater Management and Road Tunnel), yaitu sebuah terowongan multi fungsi untuk mengatasi banjir sekaligus mengatasi kemacetan.

Dengan adanya tunnel ini, semua air luapan langsung di alilrkan masuk ke dalam SMART, dan hanya butuh waktu beberapa jam untuk kembali berfungsi menjadi jalan raya lagi. Panjang tunnel ini sekitar 1,2 kilometer, namun sangat penting bagi kota Kuala lumpur.


4. Tokyo Bay Aqua Line (Jalur Transportasi Unik Dengan Pulau Buatannya)

Tokyo Bay Aqua Line, gambar ciekawe.org
Jika kita berkunjung ket Tokyo, sempatkanlah berkendara menuju Tokyo bay di seksi 60-mil, karena disini terdapat terowongan super keren, dimana jalan raya yang tadinya diatas permukaan air tiba-tiba ditembuskan kebawah permukaa air pada sebuah pulau buatan (Umihotaru Island).

Tujuan awal pembangunan tunnel ini yakni untuk memperlancar aktvitas dua kawasan industri padat di Tokyo, yakni Kawasaki dan Kisarazu. Dengan adanya tunnel ini, waktu tempuh dua area tersebut, yang tadinya 90 menit menjadi hanya 15 menit saja.


3. Thames Tunnel (Terowongan Bawah Air Pertama Di Dunia)

Thames Tunnel, gambar wikimedia.org
Terowongan ini mungkin tidak secanggih dan semodern tunnel yang dipaparkan sebelumnya, namun nilai historis yang dikandung nya merupakan pijakan penting manusia untuk membuat tunnel-tunnel berikutnya.

Thames tunnel merupakan terowongan bawah air pertama yang dibangun menggunakan peralatan seadanya. Tidak heran walaupun waktu pengerjaan nya memakan waktu 18 tahun (sempat di terbelangkalai 7 tahun). Sekarang Thames tunnel masih digunakan sebagai jalur kereta api di London.


2. Jungfraujoch (Tembusan Kereta Api Paling Tinggi,  Menuju Puncak Alpen)

Jungfraujoch, gambar panoramio.com
Sebelumnya ada tunnel jalan raya paling tinggi di Eisenhower, sekarang ada tunnel kereta api paling tinggi di dunia, yakni Junfraujoch di Swiss. Terowongan ini berada di ketinggian 3445 meter dibawah permukaan laut!!!. Dibutuhkan satu dekade atau 100 tahun untuk melubangi gunung batuan, es dan salju di Bernese-Alpen sepanjang 6,9 kilometer.

Selain tunnel, Jungfraujoch memiliki stasiun paling tinggi di dunia. Untuk mencapai stasiun kereta api ini, para pengunjung harus melewati tunnle Jungfraujoch, lalu daerah Eiger dan Monch sejauh 1 mil, lalu  berhenti sementara di Eigerwand (Eiger Wall), dan Eismeer selama lima menit, dan akhirnya sampai di Stasiun Jungfraujoch. Total waktu yang dibutuhkan sekitar 50 menit.


1. Laerdal Tunnel (Tembusan Jalan Raya Paling Panjang Di Dunia)

Laerdal Tunnel, gambar pinterest.com
Dinobatkan sebagai terowongan jalan raya paling panjang di dunia, Laerdal tunnel dibuka pada 2000 lalu, menghubungkan kota Oslo dan Bergen. Sebelumnya tunnel ini di buka, para pengendara dari Oslo ke Bergen dan sebaliknya harus melewati pegunungan sempit yang selalu di selimuti salju. Namun sekarang, mereka dapat berkendara dengan aman dan nyaman.

Memiliki panjang total 24,5 kilometer, tunnel di disain oleh para insinyur dengan memperhatikan faktor keamanan pengendara, seperti claustrophobia (ketakutan terhadap hal-hal sempit) dan tiredness (kelelahan). Sehingga para ahli teknik sipil, memberi sentuhan pencahayaan yang berbeda di dalam setiap lorong, sehingga para pengendara tidak merasa bosan.

Hasilnya, setiap 6 kilometer bentuk lorong dan cahaya berbeda. Pengendara dapat melewati tunnel sekitar 20 menit.

Demikian kesepuluh terowongan keren yang ada di dunia, semoga informasi kali ini menambah wawasan kita semua.

Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_long_tunnels_by_type
http://www.popularmechanics.com/

No comments