Hot Info

Mengenal Spirulina Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh


Mungkin sebagian besar dari kita masing asing jika mendengar kata Spirulina. Spirulina merupakan makhluk hidup bersel satu yang hidupnya di dalam air dan masuk dalam keluarga Cyanobacteriaatau mikroalga.

Orang pada umumnya mengenal spirulina dengan nama ganggang hijau-biru, dan biasanya diambil sebagai bahan dasar untuk membuat suplemen atau bahan makanan super. Spirulina sendiri telah menguhuni bumi sejak 3,5 milyar tahun yang lalu.

Perlu diketahui, sampai saat ini sekitar dua ribu jenis spirulina telah di teridentifikasi, namun dari semua itu, penelitian menunjukan hanya dari spesies Arthrospira saja yang aman untuk dikonsumsi. Ada dua ganggang yang telah di budidayakan, yakni Arthrospira platensis dan Arthrospira maxima.
Olahan spirulina, gambar vitacost.com
Yang menjadikannya makanan super yakni, sumber makanan ini mengandung zat GLA (Gamma-Linolenic Acid), yang juga ditemukan pada ASI (air susu ibu), yang merupakan faktor penting menunjang pertumbuhan seorang bayi.

Dewasa ini spirulina telah banyak di budidayakan serta di olah menjadi sumber suplemen atau makanan lainnya bagi para pekerja keras, yang kekurangan gizi atau orang yang sedang diet, tapi ingin asupan nutrisinya tetap terjaga.
Manfaat spriulina, gambar essenatura.com
Selain kandungan nutrisinya lengkap, spirulina juga mudah dicerna dan baik mendukung fungsi sistem pencernaan tubuh. Lalu, semua nutrisi nya secara alami membersihkan, mendorong mengeluarkan semua racun yang berkumpul di dalam tubuh.

Berikut beberapa manfaat spirulina bagi kesehatan dan kecantikan tubuh


Manfaat Spirulina Bagi Kesehatan:

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Spirulina memiliki kandungan nutrisi makro dan mikro paling lengkap dibandingkan makanan lainnya, kandungan nutrisi mikro yang penting seperti: zeaxanthin, beta-karoten, dan phycocyanin. Ketiga senyawa ini memiliki peranan sebagai zat anti-oksidan super.

2. Menurunkan Resiko Terkena Kanker
Spirulina mengandung phytonutrients kuat yang bersifat menangkal serangan kanker. Umumnya, bahan makanan yang memiliki warna biru-hijau sangat baik untuk membunuh sel-sel kanker.

Selain itu, kandungan klorifilnya sangat tidak disukai oleh koloni kanker. Lalu, kandungan seleniumnya baik untuk mencegah datangnya radikal bebas, cikal bakal timbulnya kanker.

3. Baik Untuk Liver/hati
Makanan ini melindungi tubuh dari berbagai gangguan akibat kerusakan hati atau sirosis. Berkat kandungan vitamin E, B, beberapa mineral seperti zat besi, tembaga, mangan, zink, selenium dan protein, membuat makanan ini mampu mengobati kerusakan organ hati.

4. Mencegah Peradangan
Ini dia salah satu manfaat terbaik dari ganggang hijau-biru ini, yakni mencegah berbagai peradangan. Pigmen hijau pada makanan super ini yang disebut phycocyanin, memiliki manfaat sebagai anti-peradangan alami terbaik. 

Para ahli pun menyarankan para pasien lanjut usia yang sering mengalami gangguan ini, harus banyak memakan makanan kaya pigmen hijau, seperti ganggang ini.

5. Menyehatkan Mata
Mungkin kebanyakan orang berpikir, makanan yang baik untuk mata adalah wortel. Namun, perlu diketahui, kandungan vitamin A pada spirulina 10x lebih banyak daripada wortel.!!!

Selain kaya vitamin A, ganggang hijau-biru ini juga kaya akan zeaxanthin. Kedua zat ini sangat dibutuhkan untuk melindungi mata dari berbagai macam gangguan. Fakta ini membuat makanan super ini berpotensi sebagai senjata ampuh untuk melawan katarak dan penyakit mata lainnya.

6. Meningkatkan Sistem Pencernaan
Makanan ini meningkatkan kinerja beberapa bakteri baik, seperti bifidobakteria dan lactobacillus, yang berguna melawan bakteri jahat seperti E.Coli, sehingga nutrisi yang diserap tubuh lebih optimal.

7. Mengobati Alergi
Apabila kita mengkonsumsi spirulina secara teratur selama enam bulan, maka berbagai macam gangguan alergi, mulai dari alergi musiman (akibat perubahan musim), alergi dikarenakan debu, dan hewan akan jauh dari tubuh kita.

8. Mencegah Diabetes
Nah, bagi yang belum tahu manfaat luar biasa dari ganggang hijua-biru ini, yakni mampu mencegah timbulnya diabetes. Keampuhan ini berasal dari gabungan vitamin, mineral, asam amino, dan phycocyanins yang dikandung spirulina.

9. Bersfiat Detoxifier
Makanan ini berwarna hijau, tanda kaya akan zat klorofil. Sedangkan klorofil sendiri merupakan salah satu zat penetral racun alami yang mampu mengurangi laju kerusakan ginjal dan hati.

10. Memelihara Berat Badan
Selain bernutrisi, makanan ini dapat menolong seseorang untuk mempertahankan berat badan idealnya. Makanan ini rendah karbohidrat, namun membuat kenyang.

11. Mengurangi Gangguan Menopausal
Bagi kaum hawa sempatkanlah memakan makanan ini, karena mampu mengurangi beberapa gangguan menopause (datang bulan) seperti badan terasa panas, kegelisahan, dan depresi.

12. Mengembalikan Level Energi
Spirulina memiliki efek meningkatkan laju metabolisme tubuh dan mengembalikan level energi kesedia kala. Lalu, kandungan phycocyanin dan klorofil nya menyebabkan tubuh secara efisien merubah karbohidrat menjadi energi.

13. Mempercepat Kesembuhan Luka
Spirulina bersifat anti-inflammatory dan anti-bakteri, sehingga sangat baik untuk mempercepat sembuhnya luka.

14. Mengurangi Resiko Alzheimer
Mencegah kepikunan atau alzheimer adalah salah satu manfaat terbaik dari spirulina. Penyakit alzheimer saat ini tidak hanya menyerang kaum lanjut usia, namun menyerang juga orang-orang yang kekurangan asupan nutrisi penting.

15. Meningkatkan Mood
Walaupun tidak banyak, spirulina mengandung asam amino L-tryptophan, yaitu komponen yang bertanggung jawab dalam menciptakan serotonin dan melatonin, yakni zat yang mendorong perasaan mood dan semangat.

16. Menyehatkan Pertumbuhan Bayi
Terakhir, manfaat kesehatan paling penting dari spirulina yakni menjadi salah satu makanan atau suplemen bagi bayi. Seperti yang telah disinggun diatas, makanan ini mengandung gamma-linoleic acid, yakni komponen penting yang terdapat dalam ASI, berperan dalam proses pertumbuhan bayi. 


Manfaat Spirulina Bagi Kecantikan:

1. Masker Anti-Penuaan Dini
Ganggang hijau ini kaya akan vitamin E atau tocopherol, selenium dan tyrosine. Semua nutrisi tadi dikenal sebagai zat anti penuaan dini. Caranya, gunakan bubuk spirulina plus air untuk membuat masker wajah, oleskan pada wajah selama 20 menit, lalu basuh dengan air bersih.

2. Mengurangi bintik-bintik hitam
Mengurangi garis-garis halus serta bintik-bintik hitam merupakan salah satu manfaat terbaik dari spirulina bagi kesehatan kulit. Bersifat detoxifier (penetral racun) alami, nutrisinya menurunkan pembentukan bintik-bintik hitam dan mengurangi warna gelap pada area mata.

3. Mencerahkan Warna Kulit
Umumnya, keberadaan vitamin C, E, A, K dan vitamin B-kompleks, zinc, zat tembaga phosphor, zat besi, mangan, potasium, kalsium dan selenium pada ganggang hijau ini, membuatnya sangat baik untuk mencerahkan warna kulit.

4. Membersihkan Kulit
Makanan ini mendorong sistem metabolisme tubuh, dan bersifat penetral racun. Lalu, kosentrasi klorofil nya membuat kulit tampak halus dan bersih.

5. Memelihara Kecantikan Kuku
Membuat kuku selalu sehat adalah manfaat selanjutnya dari makanan satu ini. Kaya akan zat besi, klorofil, vitamin B12, dan A, membuat ganggang hijau ini baik untuk peremajaan jaringan tulang rawan, termasuk kuku.

6. Makanan Anti-Jerawat
Sumber makanan ini bersifat anti-bakteri alami yang cepat menghilangkan sel-sel mati, termasuk sel-sel kulit wajah yang terkena infeksi bakteri, misalnya jerawat.

7. Mencegah Kerontokan Rambut
Kerontokan merupakan gangguan serius bagi sebagian orang, karena dapat mengurangi rasa percaya diri. Makanan kaya zat tembaga dan besi seperti pada makanan ini, sangat baik untuk menghentikan laju kerontokan.

8. Obat Anti-Ketombe Alami
Umumnya, ciri utama sehatnya rambut yakni tidak adanya ketombe yang menempel pada sehelai rambut pun. Makanan super ini kaya akan zat anti-oksidan yang mampu melawan datangnya ketombe.

9. Mempercepat Tumbuhnya Rambut
Mendorong tumbuhnya rambut adalah salah satu manfaat terbesar dari makanan satu ini. Keampuhan ini berasal dair beta-karoten dan lemak yang dikandung ganggang hijau ini.

Demikian urain tentang makanan super, spirulina beserta manfaatnya. Semoga informasi kali ini menambah wawasan kita semua.

Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/Spirulina_(dietary_supplement)
http://www.sehat100.com/
http://www.homeremedyhacks.com/

No comments