Hot Info

10 Film CGI Terbaik Pemenang Piala Oscar


Computer Generated Imagery(CGI) merupakan sebuah pencitraan yang dihasilkan oleh komputer. Saat ini, CGI marak digunakan dalam dunia hiburan, mulai dari pembuatan iklan, video game, termasuk juga dalam pembuatan film Box ofice.

Perlu diketahui, untuk membuat satu adegan film CGI yang durasinya hanya satu menit saja, dibutuhkan waktu berminggu-minggu. Namun, scene film yang dihasilkan pun memuaskan, sepadan dengan waktu yang dihabiskan, makanya, profesi orang yang terjun di dunia ini cukup dihargai.

Ada beberapa langkah dasar untuk memproduksi film CGI, yakni:
1. Menyiapkan perangkat komputer dengan kemampuan grafik tinggi.
2. Menginstal perangkat lunak (software), 
    Software yang dibutuhkan seperti 3ds Max, Autodesk maya, Autodesk   Softimage 
   XSI, Light Wafe 3D, Blender dan software pendukung lainnya seperti Adobe after 
   effect.
3. Kamera dengan resolusi tingkat tinggi.
4. Green screen with lightining (sebagai latar pengambilan gambar).
5. Selanjutnya, pengambilan objek/shooting dengan kamera.
6.Masuk proses Rendering, Tracking, Editing dan Proses lainnya dengan menggunakan  
   software diatas.

Nah, pada kesempatan kali ini, Yuukeren akan mengulas sepuluh film CGI terbaik pemenang piala oscar kategori efek visual terbaik. Keep Read!!

10. Jungle Book

Jungle Book, gambar hdwallpapers.in
The Jungle Book merupakan film keluaran walt disney, yang rilis pada bulan april tahun lalu. Hampir semua adegan pada film ini menggunakan teknik CGI, sehingga tak heran jika film ini mampu menyingkirkan para nominator oscar lainnya, seperti film Doctor Strange dan Rogue One, untuk kategori best visual efect.

Dilihat dari segi keuntungannya pun, film CGI ini pun terbilang sukses, yakni meraup 5,5 kali dari biaya produksi (per desember 2016). Tidak dapat dipungkiri, kesuksean film ini tak terlepas dari arahan sutradara yang sebelumnya menangani film Iron Man, Jon Favreau. Berkat film ini juga, pemeran Mowgli yakni Neel Sethi mendadak terkenal.

Singkatnya, Mowgli merupakan anak yang terlantar setelah ayah nya terbunuh oleh raja hutan, shere khan. Mowgli kecil, lalu diurus oleh bagheera, black panther dan segerombolan srigala yang menganggap Mowgli kawanan mereka. Namun, shere khan tidak senang dengan keberadaan Mowgli di hutan tersebut, sehingga berupaya untuk membunuh Mowgli.

9. Ex Machina

Ex Machina, gambar wired.com
Siapa bilang dengan biaya minim tidak dapat menghasilkan film CGI berkualitas? Malahan memenangkan piala oscar lagi. Yah, Ex Machina, merupakan salah satu contohnya. Dengan biaya sekitar 15 juta dollar, film ini mampu mengalahkan para nominator oscar lannya seperti mad max: furry road, the martian, the revenant dan stars wars: the force awakens.

Film CGI ini menceritakan seorang pemuda, Caleb Smith (diperankan Domhnall gleeson) yang berhasil memenangkan undian untuk menginap selama satu minggu di rumah CEO Blue Book, Nathan Bateman (diperankan Oscar Isaac). 

Di film itu, blue book merupakan perusahaan mesin pencari paling handal (kaya google). Rumah yang dituju Caleb lokasinya terpencil, jauh dari keramaian. Ternyata, ada rahasia di rumah CEO tersebut, yakni Proyek human robot, yang bernama Ava. Caleb diberi kesempatan untuk menguji Ava selama satu minggu selama ia diam disana.

8. Interstellar

Interstellar , gambar kym-cdn.com
Semua orang pastinya setuju jika Interstellar merupakan film sci-fi yang dapat membuka mata kepala kita akan keajaiban hukum fisika tentang ruang dan waktu. Selain itu, film CGI ini juga mampu membangkitkan rasa penasaran akan jalan cerita selanjutnya dari menit ke menit.

Berasal dari tulisan duo Nolan (adik kaka), dan disutradari langsung oleh Christopher Nolan, yang sebelumnya sukses menangani film The Prestige (2006) dan The Dark Knight Trilogy (2005-2012), tak heran Interstellar yang rilis pada bulan november 2014 silam juga meraup kesuksesan. Puncaknya, film CGI ini menyabet piala oscar, mengalahkan captain amerika: the winter soldier,  Dawn of the planet of the apes, guardian of the galaxy, dan x-men: days of future past.

Interstellar, menceritakan kondisi bumi yang sudah tak layak huni, sehingga memaksa pemerintah AS melakukan misi pencarian planet baru yang dapat dihuni. Misi yang terbilang mustahil ini, melibatkan seorang veteran astronot yang seharusnya telah pensiun, namun tergugah untuk ikut setelah melihat pesawat yang akan membawanya ke luar angkasa sana.

7. Gravity

Gravity , gambar hashem.com
Satu lagi, film CGI bergenre sci-fi luar angkasa, Gravity. Film besutan warner bross ini memperlihatkan dengan budget yang terbilang kecil (untuk seukuran film CGI), namun menghasilkan keuntungan berlipat, hingga 7 kali dari biaya produksi.

Disutradarai Alfonso Cuaron (ex. sutradara Harry Potter and the Prisoner of Azkaban), seakan jadi jaminan kesuksesan film ini. Selain itu, tokoh utamanya pun terbilang sarat pengalaman, dibintangi sandra bullock dan george clooney.

Inti kisah, gravity menceritakan kegiatan rutin seorang astronot yang sedang memperbaiki teleskop luar angkasa Hubble. Di tengah misi pengerjaan, tiba-tiba satelit tua yang dihancurkan oleh misil Rusia, serpihannya berhamburan ke orbit Hubble, sehingga mengakibatkan reaksi berantai, Pesawat ulang alik, Hubble dan Internationl Space Station pun terkena imbasnya.

6. Life of Pi

Life of Pi, gambar wixstatic.com
Cerita film ini cukup menarik dan bikin geleng-geleng kepala, pasalnya setelah bencana kapal laut yang menewaskan seluruh keluarga pemiliki kebun binatang, yang tersisa hanya pemuda bernama Piscine Molitor (diperankan Suraj Sharma), dengan ditemani beberapa hewan kebun binatang, termasuk harimau bernama Richard Parker. Bayangkan saja, bertahan hidup ditengah samudra terombang –ambing di dalam sekoci, berdua bersama seekor harimau. Sepertinya mustahil untuk dilakukan.

Flm berjenis drama-survival ini disutradarai oleh Ang Lee (ex. sutradara Hulk), dan cerita nya diambil dari novel fantasi petualangan karangan Yann Martel. Tentu saja, saat proses syuting, digunakan teknik khusus, sehingga pemain seakan bersama-sama denga seekor harimau, sehingga termasuk salah satu film CGI terkeren. Puncaknya, film ini memenangkan piala oscar pada 2012, mengalahkan Marvels: The Avengers, The Hobbit: an Unexpected Journey, Prometheus dan Snow White and the Huntsman.

5. Inception

Inception , gambar taylorholmes.com
Tidak dapat dipungkiri, keberhasilan film CGI selanjutnya, Inception, berkat ide tulisan sekaligus arahan sutradara Christopher Nolan. Selain itu juga, dukungan aktor papan atas seperti Leonardo Dicapria, Joseph Gordon-Levitt dan Ken Watanabe, jadi alasan lainnya film ini layak untuk di tonton.

Saat kita melihat film ini, visual efek yang disuguhkan sangat terasa, memanjakan mata yang melihatnya, ditambah jalinan cerita yang cukup kompleks dan bikin penasaran. Tak salah, jika Inception pada 2010 memenangkan piala oscar sebagai film dengan efek visual terbaik, mengalahkan Iron Man 2, Harry Potter and The Deathly Hallows Part 1, Alice in Wonderlanddan Hereafter.

4. Avatar

Avatar, gambar avatarmovie.com
Berbicara film CGI, kita tidak boleh melewatkan film keluaran tahun 2009, Avatar. Avatar merupakan film fiksi ilmiah 3D yang cerita utama –nya ditulis langsung oleh sutradara, James Cameron. Hampir seluruh adegan di film ini diambil melalui teknik CGI, Alhasil biaya produksinya terbilang mahal (246 juta dollar), namun keuntungan yang didapat sebelas kali lipatnya!!

Avatar mengisahkan tentang konflik di planet bernama Pandora. Planet yang dihuni oleh semacam makhluk berkulit biru, berpostur dua kali lipat manusia. Untuk berkomunikasi dengan penduduk setempat, manusia bumi membangun teknologi yang disebut Avatar, sehingga pikiran manusia dapat terhubung dengan tubuh penduduk yang sebelumnya di lumpuhkan.

3. The Curious Case of Benjamin Button

The Curious Case of Benjamin Button, gambar empireonline.com
Jarang ada film yang menggabungkan drama kehidupan dengan fantasi . Namun, keberanian David Fincher, selaku sutradara The Curious, menjamin bahwa film ini bakalan sukses. Buktinya, film CGI yang terbit pada 2008 silam ini mampu mengalahkan The Dark Knight, dan Iron Man dalam hal visual efek, sehngga menyabet piala oscar saat itu.

Film ini menceritakan perjalanan hidup Benjamin (diperankan Brad Pitt), yang memiliki siklus hidup terbalik dari manusia normal, yaitu dari tua menjadi muda. Selain Brad Pitt, artis sekelas Cate Blachett pun ikut meramaikan film ini.


2. King Kong

King Kong, gambar amazonaws.com
King Kong merupakan film aksi-petualangan yang riis pada tahun 2005. Disutradarai oleh Peters Jackson (ex. sutradara LOTR), alur cerita film CGI ini dijamin seru untuk di tonton.

Cerita King kong bermula dari eskpedisi sebuah kru pembuat film, mengunjungi pulau misterius bernama Skull Island. Tak disengaja, disana terdapat satu spesies gorilla kuno raksasa yang masih hidup. Singkat cerita, hewan langka ini di bius dan ditangkap untuk dipertontonkan di New York.

Perlu diketahui, film ini remake dari film king kong tahun 1933. Selain itu, salah satu tempat syuting King Kong ternyata berada di Indonesia, tepatnya di air terjun pulau Mursala.

1. The Matrix

The Matrix, gambar screenrant.com
Walaupun jadul, the matrix termasuk film CGI yang dulunya memenangkan piala oscar. Ditulis dan disutradarai langsung oleh duo Wachowski bersaudara, melalui the matrix mereka memperoleh pencapaian yang terbilang sukses. Buktinya, film rilisan tahun 1999 ini, dengan budget 63 juta dollar, mendulang keuntungan 7 kali lipatnya.

Setelah sukses dengan film pertamanya, the matrix dibuat lanjutannya dengan judul: The Matrix Reloaded dan The Matrix Revolutions. Dari segi pendapatan, kedua film tersebut mengikuti pendulunya, namun minim penghargaan.

The Matrix, menceritakan tentang dunia masa depan, dimana seluruh manusia kala itu pikiran, tubuh dan jiwanya di kontrol oleh AI komputer. Namun, ada seorang hacker terpilih bernama Neo (di perankan Keanu Reeves), bersama kelompoknya, mereka berupaya menyelamatkan sisa umat manusia dari ambang kehancuran.

Demikian kesepuluh film CGI terbaik pemenang piala oscar, semoga informasi kali ini menambah wawasan kita semua.

Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/Academy_Award_for_Best_Visual_Effects#Early_Awards_for_Special_Effects
https://en.wikipedia.org/wiki/Computer-generated_imagery#Virtual_worlds
https://www.kaskus.co.id/

No comments