Hot Info

10 Film Russel Crowe Terbaik Hingga Saat Ini


Siapa bilang untuk menjadi aktor top Hollywood harus berwajah tampan/cantik rupawan serta berkebangsaan Amerika!! Hal itu tidak berlaku bagi Russel Crowe. Aktor satu ini telah membuktikan dengan kemampuan akting yang mumpuni, Crowe dapat melewati semua rintangan untuk masuk jajaran artis ngetop dunia.

Crowe dilahirkan di Wellington, Selandia baru pada 7 April 1964 dengan nama lengkap, Russel Ira Crowe. Ia dikenal sebagai aktor senior berkebangsaan Australia yang telah masuk beberapa nominasi Oscar dan memenangkannya untuk kategori aktor terbaik pada film Gladiator.

Sebelum dikenal sebagai aktor papan atas Hollywood, untuk membantu ekonomi keluarga, Crowe mengawali karir sebagai seorang musisi pada tahun 1980an di tanah kelahirannya. Barulah pada saat umurnya menginjak 21 tahun, ia memutuskan untuk ke Australia menimba ilmu seni dan akting di Institut Nasional of Dramatic Art (NIDA).

Dari NIDA -lah, bakat tersembunyi Russel Crowe mulai terlihat, ia pun mulai berani tampil di teater dan TV series di Australia, Neighbours saat mendekati akhir tahun 80an. Dan benar saja, Russel Crowe menerima tawaran untuk bermain di film pertamnya, The Crossing yang rilis di Australia tahun 1990.

Setelah sukses di Australia, Russel Crowe mulai memainkan film asal kanada, For the Moment pada 1993, dan barulah pada 1995, ia mulai bermain sebagai aktor di film Box Ofice bersama Leonardo Dicaprio pada film The Quick and the Dead. Nah, lengkapnya, pada kesmpatan kali ini 4muda akan mengulas sepuluh film Russel Crowe terbaik sampai saat ini.

10. The Nice Guys

The Nice Guys , gambar trilbee.com
Film Russel Crowe terbaik pertama merupakan film berjenis action-comedy yang rilis pada tahun 2016 silam. Melalui film ini, Crowe bersama Ryan Gosling berhasil memikat para penonton berkat adegan dan dialog yang memancing tawa.

Meski usia Crowe sudah tidak muda lagi dan fisiknya sudah tidak sesegar dulu, tetapi kualitas aktingya memang tidak perlu diragukan lagi. Bagi yang bosan dengan film komedi yang  itu-itu saja, disini kita disuguhkan oleh komedi cerdas dan menarik untuk disimak.

Inti kisah, film ini menceritakan tentang petualangan sepasang penegak hukum swasta dan detektif pribadi untuk menyelidiki kasus yang sama, yakni hilangnya seorang gadis di Los Angeles pada tahun 1977.

9. American Gangster

American Gangster, gambar kompasiana.com
American Gangster merupakan film bertemakan biografi-kriminal yang rilis pada tahun 2007 dan disutradarai oleh Ridley Scott. Selain Russel Crowe, film ini dibintangi juga oleh Denzel Washington.

Film ini mengambil latar belakang masa kelam kota New York era 70an. Saat itu, banyak kelompok gangster bermunculan dan tingkat penjualan obat bius cukup tinggi. Selain itu, oknum polisi pun ikut dalam bisnis haram ini.

Di film ini Russel Crowe berperan sebagai Richie Roberts, seorang detektif yang sedang menyelidiki maraknya nya heron jenis baru “blue magic”. Di sisi lain, Denzel Washington memerankan Frank, seorang supir yang berhasil membangun kembali kerajaan narkoba, peninggalan bos besarnya.

8. 3:10 to Yuma

3-10 to Yuma, gambar 6iee.com
Film keluaran tahun 2007 ini memasangkan Russel Crowe dengan Christian Bale sebagai bintang utamanya. Walaupun film remake dengan judul yang sama, film ini banyak menuai pujian dari berbagai pihak sebagai film berjenis western (koboy) terbaik yang pernah diproduksi.

Crowe berperan sebagai Ben Wade, seorang pemimpin preman koboy, yang sedang ditawan dan hendak di pindahkan ke kota lain. Sherif kota tersebut yakni Dan Evans (diperannkan Christian Bale), merasa kecolongan saat terjadi proses pemindahan ini, karena komplotan geng nya membebaskan Ben di tengah jalan. Karena Ben telah masuk ke wilayah kekuasaan Evans, maka mau tidak mau ia pun memburu Ben walaupun sampai mati.

7. The Insider

The Insider, gambar amazon.com
The Insider, merupakan film pertama yang mengantarkan Russel Crowe untuk masuk nominasi Oscar  dalam kategori Best Actor. Di film ini juga ia berhasil membuktikan sinergi aktingya bersama aktor senior sekelas Al Pacino.

Disutradarai oleh Michael Mann, kisah film ini berasal dari kisah nyata seseorang yang bernama Jeffrey Wigand (diperankan Crowe) berhasil membongkar korupsi dalam industri tembakau di AS. 

Film ini diadaptasi dari sebuah artikel berjudul “The Man Who Knew Too Much”, yang dituli oleh jurnalis Marie Brenner pada Vanity Fair pada edisi Mei 1996. Walaupun secara finansial tergolong kecil, film ini banyak mendapat pujian dari para kritikus film, alhasil The Insider dinominasikan dalam tujuh penghargaan Oscar.

6. Les Miserables

Les Miserables, gambar goldenglobes.com
Les Miserables merupakan sebuah film drama musikal pertama yang diperankan Crowe. Cerita nya sendiri berdasarkan novel Prancis dengan judul yang sama, terbit pada 1862 karangan Victor Hugo.

Selain Russel Crowe, sederet aktor papan atas bermain pada film ini, diantaranya Hugh Jackman, Anne Hathaway, Colm Wikinson dan Eddie Redmayne. Film ini diproduksi Working title film dan disutradarai oleh Tom Hooper.

Karena berjensi drama-musikal, setiap adegan dan dialog pastinya ditampilkan dalam nada dan lagu, ibarat menonton sebuah pentas opera, menuntut seluruh pemeran untuk bisa bernyanyi. Untungnya Crowe memiliki basic musik saat masih muda dulu.

Di sini, Crowe berperan sebagai kepala sipir bernama Inspektur Javert yang mengincar setiap kesalahan Jean Valjean (diperankan Hugh Jackman).

5. Master and Commander

Master and Commander, gambar bristofilmfestival.com
Film Russel Crowe terbaik selanjutnya besettingkan zaman Napoleon Bonaparte. Kisahnya sendiri diadaptasi dari novel karangan Patrick O’Brians dan disutradarai oleh Peter Weir. Film nya sendiri rilis pada tahun 2003.

Di dalam film ini, Russel Crowe berperan sebagai Jack Aubrey’s, kaptain kapal laut Inggris, HMS Surprise yang diperintah untuk memburu kapal laut Prancis, Privateer Ancheron, baik dalam keadaan terbakar, rusak atau utuh. Selain memburu Ancheron, ekspidisi ini pun bertujuan ilmiah, dalam rombongan ikut ahli biologi bernama Dr. Stephen Maturin (diperankan Paul Bettany).

Film ini berbagai pujian dari berbagai kritikus film. Puncaknya, pada penghargaan Oscar ke 76, film ini dinominasikan dalam sepuluh kategori, dua diantaranya menang, yakni untuk kategori best cinematography dan best sound editing. Untuk kedelapan kategori lainnya kalah dari film LOTR: The Return of the King.

4. Noah

Noah , gambar aoutlookaub.com
Film epik berjenis religi ini mengangkat cerita Nabi Nuh tentang bahtera besarnya dan banjir bah yang menghapus sebagain besar kehidupan di Bumi. Film ini disutradarai oleh Darren Arofonsky dan rilis pada 2014.

Setiap adegan, detik demi detik banjir datangnya banjir sungguh terasa nyata dan menegangkan. Bagi yang suka cerita tentang para Nabi, pastinya film ini sayang untuk dilewatkan.

Selain Crowe, film ini juga dibintangi oleh Jennifer Connley, Anthony Hopkins, Logan Lerman, Douglas Booth dan Emma Watson. Dari segi cerita, film ini secara eksplisit tidak memunculkna nama agama manapun, namun lebih menitikberatkan pada peristiwa “pembuatan kapal raksasa” dan banjir bah nya.

3. Robin Hood

Robin Hood, gambar yesmovies.com
Robin Hood merupakan film aksi-perang bercampur drama yang cerita aslinya didasarkan pada legenda “seorang pencuri dermawan” di utara Inggris, Robin Hood. Melalui racikan sutradara Ridley Scott, film ini sayang untuk dilewatkan.

Inti kisah, pada tahun 1199, di utara Inggris, Notingham, ada seorang pemanah ulung, bernama Robin Longstride yang dulunya adalah seorang tentara dari kerajaan Inggris saat Raja Richard masih berkuasa.

Kematian Raja Richard sampai juga ke Prancis, dan ini dimanfaatkan oleh Raja Philip untuk segera menyerang, selagi kepemimpinan Inggris masih lemah. Di film ini, Robin belum digambarkan sebagai seorang pencuri, namun lebih pada mantan tentara raja Inggris yang loyal.

Baru setelah Raja John naik tahta dan tentara Prancis dipukul mundur. Rakyat dibebani pajak yang terlalu tinggi yang menyebabkan kesengsaraan di mana-mana, termasuk Notingham. Hal ini menyebabkan Robin dan penduduk terpaksa mencuri uang dari Raja untuk membantu  ekonomi masyarakat miskin.

2. A Beautiful Mind

A Beautiful Mind, gambar esquireme.com
Selain bisa berpenampilan garang, Russel Crowe juga ternyata bisa menampilkan kepribadian pendiam dan misterius. Berperan sebagai seorang matematikawan jenius, bernama John Nash, yang menderita penyakit Schizophrenia diakhir hidupnya. Melalui film ini,  Crowe berhasil membawa aura spionase era 50an, zaman perang dingin.

Film ini berdasarkan kisah nyata, ceritanya diambil dari buku best seller dengan judul yang sama, karangan Sylvia Nasar. Selain Crowe, film ini dibintangi juga oleh Paul Bettany, Ed Harris, dan Jennifer Connely.

Film besutan Imagine Entertainment, Universal Pictures dan Dream Works ini tergolong sukses besar. Dari sisi keuntungan, dengan budget sekitar 58 juta dollar, mampu balik sekitar lima kali lipat.

Selain laba, film ini memenangkan empat penghargaan Oscar, diantaranya best pictures, best director, best adapted screenplay dan best supporting actress. Berkat film ini juga, nama Ron Howard mulai diperhitungkan sebagai sutradara papan atas.

1. Gladiator

Gladiator, gambar psu.edu
Jika menanyakan film Russel Crowe terbaik, mungkin Gladiator adalah jawabannya. Film berjenis drama epik historical yang rilis tahun 2000an ini disutradarai oleh Ridley Scott, yang juga menyutradarai sejumlah film ngetop seperti The martian.

Berkat akting para pemainnya yang begitu nyata, terutama Russel Crowe, film ini banyak menuai pujian dari pemerhati film dunia kala itu. Puncaknya, Gladiator memenangkan lima penghargaan Oscar, yakni best picture, best actor, best visual effects, best costume design dan best sound.

Gladiator mengisahkan perjalanan seorang jenderal besar romawi kala itu, Maximus Decimus Meridius yang dikenal sebagai pemimpin yang banyak memenangkan peperangan bagi kerajaan Romawi.

Saat ia berniat akan pensiun dari jabatannya, ia dikhianati oleh anak raja romawi yang baru naik tahta dan memiliki ambisi kotor. Ia tidak ingin pengaruh Maximus lebih besar dari dirinya, sehingga ia menuduh Maximus membelot dan menitahkan membunuh Jendral ini dan seluruh anggota keluarganya.

Singkat cerita, Maximus lolos dari eksekusi mati oleh anak buahnya sendiri, lalu segera berkuda dan berhasil sampai di kampung halamannya, namun saat sampai di rumahnya, ia menemukan istri dan anaknya telah tidak bernyawa. Keadaan ini membuat Maximus berjanji akan membalaskan dendam nya terhadap siapapun, termasuk Kaisar Romawi, Commodus.

Bagi suka akting dari Russel Crowe, semoga kesepuluh film diatas dapat menjadi bahan untuk mencari judul film yang diinginkan. Akhir kata, semoga informasi kali ini bermanfaat bagi kita semua.

Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/Russell_Crowe
https://en.wikipedia.org/wiki/Russell_Crowe_filmography
https://www.thetoptens.com/
https://greatestmovies.quora.com/

No comments