Hot Info

10 Motor Terlaris di Indonesia Pada 2017


Sejak dibuat pertama kali oleh Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach sekitar tahun 1885, kendaraan roda dua ini sangat bermanfaat sekali untuk mempersingkat waktu tempuh. Sehingga, peranan kuda kala itu telah digeser oleh keberadaan sepeda motor. Saat ini, motor menjadi barang terlaris dipasaran dunia, khususnya di negara berkembang.

Di Indonesia sendiri, motor seakan menjadi barang wajib yang harus dimiliki, karena kegunaanya cukup vital, mulai dari kendaraan cepat ke tempat kerja, sekolah dan aktivitas lainnya. Hal itu dikarenakan, belum tersedianya alat transportasi massal seperti kereta cepat (MRT) yang cepat dan nyaman seperti yang ada di negara maju.

Makanya, konsumsi motor di Indonesia akan terus meningkat setiap tahunnya. Hal itu, tentunya dimanfaatkan oleh para produsen sepeda motor dunia dari Jepang dan India, yang telah berinvestasi besar di Indonesia, mulai dari membangun pabrik perakitan, pabrik spare part, showroom, hingga bengkel perawatan. Tentunya ini adalah bisnis yang menggiurkan!

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Morot Indonesia (AISI), pada tahun 2016, total penjualan motor nasional mencapai 5.931.285 unit. Dimana, motor dengan merek Honda dan Yamaha masih mendominasi pasar.

Rinciannya, Honda menjual sebanyak 4.380.888 unit, disusul Yamaha dengan 1.394.078 unit, lalu Kawasaki 97.622 unit, Suzuki 56.824 unit dan terakhri merek India, TVS 1.873 unit.

Sedangkan melihat trendpenjualan dua bulan terakhir pada tahun ini, penjualan motor terlaris masih dipegang oleh dua merek pabrikan asal Jepang tersebut. Nah, motor terlaris apa sajakah yang akan laris manis di tahun 2017 ini, berikut ulasan lengkapnya.

10. Honda CB150R Street Fire

Honda CB150R Street Fire, gambar idenxdesign.wordpress.com
Honda CB150R Street Fire merupakan sepeda motor sport bermesin 150cc yang diproduksi AHM (Astra Honda Motor) sejak tahun 2012 silam. Hampir mirip dengan CBR150R, namun sasis atau rangka motor berupa Truss Frame.

Posisi Honda CB150R secara kualitas berada satu level di atas Verza dan satu level dibawah CBR150R. Secara teknis, mesin CB15oR hampir sama dengan CBR150R, namun dengan harga lebih murah. Yang membedakannya dari beberapa spare part pendukung, yang menyebabkan CBR150R lebih sporty (terlihat seperti motor balap).

Hal inilah, yang menjadikan Honda CB150R termasuk motor terlaris ke delapan pada tahun lalu, yakni terjual sebanyak 152.263 unit dan diprediksi laris juga pada tahun sekarang.

9. Yamaha Fino Series

Yamaha Fino Series, gambar bmspeed7.com
Bisa dibilang Yamaha Fino merupakan adik dari Yamaha Mio yang telah lebih dulu sukses. Dikeluarkan pertama kali di Indoneseia pada tahun 2012, Yamaha Fino terbilang cukup sukses mengikuti kakak dalah hal penjualan.

Buktinya, pada tahun lalu, Fino laku terjual sebanyak 148.554 unit, menjadikannya motor terlaris kesepuluh tahun 2016. Salah satu daya tarik utama Fino yakni memiliki bentuk dan model feminim yang banyak disukai oleh kaum hawa.

8. Honda Supra X Series

Honda Supra X Series, gambar motomazine.wordpress.com
Dengan jargonnya “Rajanya Morot Bebek”, tidak salah Honda Supra X selalu masuk jajaran motor terlaris tiap tahunnya. Honda Supra X merupakan motor bebek yang disiapkan untuk mengganti motor pendulunya, seperti Honda Astrea, Kirana dan Kharisma.

Varian Motor Honda Supra terbilang banyak, mulai dari Supra X, Supra XX, Supra X 125, New Supra X 125. Berkat inovasi tiada henti dari Honda, menjadikan seri Supra banyak penggemar setianya. Buktinya, pada tahun lalu Honda supra all series telah laku terjual sebanyak 151.822 unit.

Selain itu, disain yang sporty dan dinamis serta ditunjang dengan performa mesin yang cukup mumpuni (walaupun tidak secepat kelas motor sport), Honda Supra sangat cocok untuk segala medan, mulai jalanan perkotaan hingga pedesaan.

7. Honda Revo Series

Honda Revo Series, gambar otomercon.wordpress.com
Honda Revo merupakan salah satu sepeda motor bebek yang diproduksi AHM, diluncurkan pada tahun 2007. Revo bisa dibilang adik sekaligus saingan kakaknya, Supra X 125.

Dari segi model, Revo lebih stylish dibanding Supra X biasa, namun kalah dibandingkan Supra X 125. Namun, dari segi harga, Revo lebih murah dibandingkan Supra X 125, dengan model dan kemampuan yang hampir bersaing (beda dikit).

Makanya, Honda Revo banyak dipilih sebagai pilihan utama motor bebek di Indonesia. Buktinya, pada tahun lalu, penjualan Revo mengalahkan Supra X , menempati posisi ke enam dengan total 159.465 unit.

Sekarang pun, berdasarkan data penjualan dari AISI untuk bulan Januari dan Februari, Revo berada diatas Supra dan diprediksi masuk jajaran motor terlaris tahun 2017.

6. Yamaha V-Ixion

Yamaha V-Ixion, gambar warungasep.net
V-Ixion merupakan salah satu andalah motor sporty Yamaha yang diluncurkan pada tahun 2007 silam. V-Ixion terbilang sukses karena mampu mengalahkan rivalnya di kelas motor 150cc dari produsen lainnya.

Buktinya, penjualan V-Ixion mampu menembus angka 153.128 unit, menempati posisi ke 7 diatas Honda CB150R yang harganya relatif bersaing, yakni dikisaran 25-27 jutaan (tergantung jenis). Berkat penjualan yang tinggi dua bulan terakhir juga, V-Ixion di prediksi masuk jajaran motor terlaris pada 2017.

5. Yamaha NMAX

Yamaha NMAX, gambar youtube.com
Skuter yang diluncurkan pada tahun 2015 silam ini, merupakan salah satu program Yamaha dalam memproduksi Skutik bertipe Maksi-Sporty dengan basis produksi di Indonesia dan akan diekspor ke mancanegara. Skutik ini lebih besar dibandingkan skutik yang ada di pasaran sekarang ini.

Sebelumnya, skutik ini telah populer terlebih dulu di Eropa dan Amerika dengan seri TMAX dan XMAX. NMAX sendiri berbasis rangka model underbone dengan dua peredam kejur teleskopik di bagian depan dan suspensi belakang jenis unit swing arm dengan dua peredam keju coil over di bagian belakang.

Untuk pasar Indonesia, kapasitas mesin yang diusung adalah 155cc. Dengan mesin sebesar ini, NMAX mampu dipacu hingga 11,1 kiloWatt/8000 rpm. Walaupun pendatang baru, NMAX berhasil menembus penjualan sebanyak 254.862 unit pada tahun 2016 silam. Trend serupa juga ditunjukan untuk tahun 2017.

4. Yamaha Mio M3

Yamaha Mio M3, gambar otomercon.wordpress.com
Nah ini dia, motor matik besutan Yamaha yang banyak penggemarnya di Indonesia, Mio. Yamaha Mio merupakan skutik yang memiliki disain yang sporty serta memiliki performa mesin cukup tangguh.

Semenjak kehadirannya pada 2005 silam, skutik ini langsung mendapat respon cukup bagus oleh para konsumen dari Yamaha. Buktinya, pada tahun lalu, penjualan Yamaha Mio M3 mencapai 389.852 unit di posisi ke empat. Tahun ini juga Mio masih mengalami trend penjualan positif, diprediksi Mio masuk jajaran motor terlaris tahun 2017.

3. Honda Scoopy Series

Honda Scoopy Series, gambar spsmotor.com
Sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 2010 silam, Scoopy telah banyak menyita perhatian konsumen Indonesia, khususnya kaum hawa, karena model dan disain yang unik, stylish dan feminim.

Walaupun begitu, pengguna Scoopy banyak juga dari kaum adam, karena bentuknya cukup elegan. Scoopy lebih dulu dikenal di Thailand ketimbang di Indonesia, memiliki tampilan unik, berbeda dari skutik-skutik yang pernah ada sebelumnya.

Animo masyarakat Indonesia terhadap motor ini terbilang besar, buktinya pada tahun 2016 lalu, Scoopy berhasil terjual sebanyak 528.662 unit, menempati posisi ke tiga sebagai motor terlaris di Nusantara. Trend dua bulan belakangan pun, Scoopy masih menempati posisi tiga besar.

2. Honda Vario Series

Honda Vario Series, gambar otomercon.wordpress.com
Siapa sangka motor yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2006 silam ini, masih eksis bertahan sebagai motor pilihan para skuter di Indonesia. Bentuk bodi yang besar, namun elegan menjadi daya tarik utamanya,

Vario tergolong motor matik pertama Honda yang diperkenalkan di Indonesia. Berkat series terbarunya, yakni New Vario Techno eSP CBS-ISS, banyak konsumen memilih Vario sebagai skuter matik keluarga.

Buktinya, pada tahun lalu saja Vario semua jenis terjual sebanyak 1.306.600 unit, menjadikannya motor terlaris kedua di Indonesia.

1. Honda Beat Series

Honda Beat Series, gambar spsmotor.com
Motor terakhir yang bakalan laris manis di pasaran Indonesia, masih dipegang Honda Beat.  Lihat saja, data penjualan dua bulan terakhir yang diterbitkan AISI, yakni Januari dan Februari, selalu menempati  posisi pertama, masing-masing dengan volume 173.438 unit dan 152.703 unit.

Motor terlaris pada tahun 2016 silam ini, merupakan motor berjenis matik bermesin 4 langkah, SOCH-2 katup dengan pendingin udara. Sejak diluncurkan pada 2008 silam, Honda Beat mengalami trend kenaikan penjualan setiap tahunnya. Total sudan terjual hingga 10 juta-an unit.

Untuk memperingati dan meningkatkan kepuasan konsumen, pada agustus tahun lalu, telah diluncurkan Honda Beat eSP (Enhanced Smart Power) tipe CBS-ISS, yang diklaim lebih hemat bahan bakar serta ramah lingkungan.

CBS (Combi Brake System) sendiri merupakan teknologi yang mengkombinasikan antara rem depan dan rem belakang dalam satu rem sehingga dapat melakukan pengereman lebih tepat dan efisien.

Sedangkan ISS ( Idling Stop System) merupakan teknologi yang memungkinkan mesin akan mati secara otomatis ketika kita berhenti lebih dari 3-5 detik (bisa disesuaikan). Dengan adanya tenologi ini, kinerja mesin lebih efisien, heman bahan bakar dan ramah lingkuangan.

Demikian kesepuluh motor terlaris di Indonesia pada 2017, semoga informasi kali ini bermanfaat bagi kita semua.


Referensi:
https://id.wikipedia.org/
http://otomotif.liputan6.com/
http://otomotif.kompas.com/
https://oto.detik.com/
https://www.otomaniac.com/
https://www.hondacengkareng.com/

No comments