Hot Info

Cara Alami Untuk Meningkatkan Metabolisme Tubuh


Metabolisme merupakan sebuah proses kimiawi yang terjadi di dalam tubuh seseorang, berguna untuk mengubah makanan yang ia makan menjadi energi. Energi yang dihasilkan inilah digunakan seluruh organ tubuh untuk melakukan fungsinya setiap hari.

Selain metabolisme, mengistirahatkan tubuh pada malam hari juga penting. Karena saat malam hari, walaupun metabolisme tubuh menurun, energi yang dihasilkan pada siang harinya berguna untuk memperbaiki sel-sel yang rusak, melancarkan aliran darah dan mengembalikan kebugaran tubuh pada pagi harinya.

Pada umumnya, metabolisme yang buruk dapat meningkatkan resiko negatif pada tubuh, seperti mudah terkena flu, mudah gemuk, kulit kering, mudah terserang sakit perut, mudah lelah, denyut lemah dan tekanan darah rendah. Sehingga sangat penting sekali menjaga metabolisme tubuh agar tubuh bekerja optimal.

Berikut  Beberapa Cara Alami Untuk Meningkatkan Metabolisme Tubuh


1. Rutin Berolahraga

Hampir semua artikel yang mengangkat tema yang sama, pastinya memasukan cara ini. Olahraga rutin merupakan jalan terbaik dan alami untuk meningkatkan metabolisme tubuh seseorang.

Ketika kita berolahraga, semua nutrisi makanan yang masih tersisa di dalam lambung dan lemak tubuh akan diolah menjadi energi yang digunakan oleh sel-sel tubuh saat berolahraga.

Alhasil, tubuh akan memanas, pori-pori kulit akan membuka, mengeluarkan uap keringat, secara tidak langsung mengeluarkan racun di dalam tubuh, seperti nikotin. Yang lebih penting lagi, saat berolahraga, sel-sel akan melepaskan sejumlah energi yang baik untuk perkembangan tubuh.

Kita dapat memilih olahraga sesuai hobi dan kesanggupan masing-masing, misalnya yang suka bersepeda, jika dilakukan secara rutin, maka dapat dikategorikan olahraga. Bahkan di beberapa negara maju, bersepeda ke kantor atau ke sekolah telah menjadi gaya hidup masyarakat modern.

2. Menjaga Asupan Makanan

Selalu mengkonsumsi makanan sehat, merupakan cara alami untuk memelihara metabolisme tubuh, apalagi jika mengetahui kandungan nutrisi yang kita makan, karena beberapa jenis makanan seperti sayuran dan buah-buahan dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Berikut beberapa tips, untuk meningkatkan metabolisme tubuh dengan mengatur pola makanan:
  • Jika badan kita termasuk jenis yang mudah kehilangan berat badan, selalu sempatkannlah makan malam, setidaknya 2 jam sebelum tidur. 
  • Konsumsilah cemilan yang menyehatkan perut antara jam makan. 
  • Makanlah secara teratur, sarapan di pagi hari (porsi sedang), makan siang (porsi besar) dan makan malam (porsi sedang).
Cara diatas tidak hanya dapat memelihara berat badan, tapi juga dapat memelihara tubuh dari serangan penyakit.

3. Banyak Mengkonsumsi Vitamin D

Pengaruh utama vitamin D pada tubuh yakni mendorong kecepatan metabolisme tubuh seseorang, sehingga vitamin ini sangat dibutuhkan untuk mencegah orang kehilangan berat badanya.

Dari penelitian memperlihatkan, kurangnya vitamin D pada tubuh dapat menyebabkan penumpukan lemak, karena metabolisme tubuh menurun. Makanya, untuk meningkatkan metabolisme tubuh, tubuh kita harus selalu menerima asupan vitamin D secara berkala.

Sumber vitamin D bisa berasal dari suplemen, makanan yang kaya vitamin D, seperti telur, lemak ikan, olahan susu dan dari sinar matahari di pagi hari, karena sejatinya tubuh kita memiliki kemampuan untuk memproduksi vitamin D secara alami.

Baca juga: Beberapa vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh

4. Menjaga Kadar Air Dalam Tubuh

Satu lagi cara ampuh dan alami untuk memelihara metabolisme tubuh, yakni dengan selalu minum secara berkala. Berdasarkan penelitian, mengkonsumsi 500 ml air dapat menolong meningkatkan metabolisme tubuh rata-rata 30%.

Sebaliknya, jika tubuh kita kekurangan cairan, akan menurunkan sistem metabolisme tubuh. Berikut beberapa tips mudah untuk menjaga cairan tubuh:
  • Setelah makan, biasakan selalu minum air putih. 
  • Perbanyaklah makanan kaya serat dan cairan, seperti sayuran, dan buah-buahan. 
  • Minumlah 8-10 gelas air putih tiap hari. 
  • Minumlah air teh saat pagi atau sore hari.

5. Jahe

Jahe memiliki sifat thermogenik, artinya saat kita memakan jahe, suhu tubuh akan meningkat dengan sendirinya. Hal ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh secara alami.

Selain itu, jahe juga efektif untuk membunuh kuman yang masuk beserta makanan yang kita makan, dan rasanya pun melegakan perut. Tidak salah, bahan ini selalu ada di dapur sebagai salah satu rempah-rempah wajib. Berikut beberap tips penggunaan jahe agar metabolisme tubuh meningkat:

Bersihkan jahe dari kotroan, iris kecil-kecil, lalu seduhlah dengan air panas. Diamkan hingga 15-20 menit agar nutrisi di dalam jahe pindah ke air. Campur beberapa bahan, seperti teh dan madu. Minum ramuan jahe ini sesuai kebutuhan.

6. Air Lemon Hangat

Salah satu lagi cara paling ampuh untuk meningkatkan metabolisme tubuh, yakni dengan rutin mengkonsumsi air lemon hangat. Kenapa? karena air lemon bersifat alkali terhadap tubuh atau mempercepat proses metabolisme.

Air lemon hangat sangat efektif dan alami dalam menjaga tubuh dari dehidrasi dan menghilangkan rasa lapar. Ada beberapa cara untuk membuat air lemon hangat, peningkat metabolisme:

Cuci bersih lemon, kemudian kupas bagi dua, peras airnya, lalu campurkan dengan air hangat. atau Campur irisan lemon, masukan ke dalam satu gelas air hangat. Terpenting, konsumsilah secara teratur agar mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Memperbanyak Makanan Yang Mengandung Serat

Dari penelitian, menunjukan bahwa serat bisa membantu tubuh membakar lemak hingga 30 persen. Logikanya, saat tubuh kekurangan serat, maka proses pencernaan akan melambat, sehingga konversi karbohidrat menjadi energi pun lebih lama.

Namun, jika tubuh cukup serat, maka makanan seketika itu akan diolah menjadi energi, Makanya, saat kebutuhan serat terpenuhi, perut akan senantiasa kenyang.

8. Prioritaskan Memilih Makanan Organik

Sebuah studi menunjukan bahwa pestisida bisa memicu keracunan dan kenaikan berat badan. Sehingga, hindari racun dari makanan yang dikonsumsi. Usahakan memilih buah-buahan dan sayuran yang tumbuh secara alami atau organik (bebas bahan kimia).

Penelitian lainnya memperlihatkan bahwa tubuh yang terlalu banyak menyimpan racun beresiko menyebabkan kesulitan dalam menurunkan berat badan. Hal ini mungkin karena racun di dalam tubuh yang memperlambat proses pembakaran energi dalam tubuh.

9. Green Tea

Pada penelitian terbatas di Universitas Geneva, Swiss pada 1999, memperlihatkan baha saat seseorang mengkonsumsi teh hijau secara teratur, maka kecepatan rata-rata metabolisme orang tersebut meningkat.

Kemampuan teh hijau ini disebabkan oleh keberadaan zat anti-oksidan kuat dan flavonoid pada green tea. Selain itu, cara kerja teh hijau dalam meningkatkan metabolisme tubuh pun cukup unik, yakni secara silmutan atau bertahap.

Saking pentingnya teh hijau, saat ini kita dapat menjumpai nya dalam bentuk kapsul siap minum. Menurun anjuran para ahli, agar metabolisme tubuh optimal, diperlukan 300 sampai 400 mg ekstrak green tea tiap harinya.

10. Tidur yang Cukup

Saat seseorang tertidur, tubuh akan menghasilkan sejumlah hormon yang berguna untuk pertumbuhan dan metabolisme. Sehingga tidur selama 6 hingga 8 jam setiap harinya mendorong terjaganya fungsi  metabolisme tubuh tetap optmal.

Tidur juga memainkan peranan dalam penurunan ataupun kenaikan berat badan Logikanya, seseorang yang kekurangan tidur beresiko mengalami ‘kelaparan’ sehingga cenderung berlebihan mengonsumsi makanan. Demikian juga orang yang kelebihan tidur, ketika ia bangun yang dirasa justru hasrat untuk makan.

Kekurangan tidur juga memicu stres, yang sangat bersiko tinggi dapat menganggu proses mtabolisme tubuh dan menganggu regenerasi sel tubuh. Stres juga memicu seseorang untuk makan secara berlebihan.

Demikian kesepuluh cara alami untuk meningkatkan metabolisme tubuh, semoga informasi kali ini menambah wawasan kita semua.

Referensi:
http://www.well-beingsecrets.com/increase-metabolism-naturally/
http://www.top10homeremedies.com/how-to/increase-metabolism.html

No comments