Hot Info

10 Drama Jepang Bernuansa Misteri-Detektif Terbaik Sampai Saat Ini


Jepang, selain terkenal akan kecanggihan teknologi –nya, negara sakura ini juga lihai dalam meracik sejumlah film berkualitas yang tak kalah serunya dengan film keluaran hollywood atau bollywood, salah satunya yakni drama jepang atau sering disebut dorama.

Walaupun berlabel drama, drama jepang sangat berbeda dengan film sinetron yang ada di dalam negeri. Salah satu perbedaanya, yakni jumlah episode untuk satu judul drama Jepang lengkap tidak lebih dari 12 atau 13 saja, sedangkan di tanah air, jumlah episode tidak dibatasi.

Bukannya merendahkan kualitas film di dalam negeri, akan tetapai, house production disana lebih mementingkan kualitas dibandingkan kuantitas. Selain itu, jumlah episode juga dipengaruhi oleh musim di Jepang, yakni berjumlah empat musim.

Seperti halnya anime, drama Jepang terbagi kedalam winter drama, spring drama, summer drama dan fall drama. Setiap musim memiliki rentang waktu sekitar 3 bulan, sehingga setiap judul maksimal 3 x 4 minggu, sekitar 12 episode.

Penggemar drama jepang tidak hanya di dalam negerinya saja, namun sampai juga ke luar negeri. Salah satu jenis yang banyak dicari yakni drama jepang bernuansa misteri-detektif. Genre ini memiliki daya tarik teresendiri dalam memikat perhatian para penontonnya, salah satunya bikin penasaran.

Nah, pada kesempatan kali ini, Yuukeren akan mengulas sepuluh drama jepang bernuansa misteri-detektif terbaik yang sayang untuk dilewatkan.

10. Specialist

Specialist, gambar asianwiki.com
Di daftar pertama ada drama Jepang berjudul Specialist. Pertama kali ditayangkan pada 2013 melalui saluran TV Asahi, respon yang diterima para penonton cukup baik, walaupun saat itu hanya berjumlah satu episode saja. Kemudian berlanjut tahun berikutnya dengan jumlah episode yang sama.

Barulah, pada tahun lalu, tepatnya tanggal 14 Januari 2016, TV Asahi menayangkan drama ini secara berbeda dari musim sebelumnya, yakni berjumlah 10 episode. Salah satu daya tarik dari film ini yakni dibintangi salah satu anggota SMAP, Tsuyoshi Kusanagi.

Walaupun tidak sekeren Takuya Kimura (anggota SMAP), Tsuyoshi Kusanagi memiliki mimik wajah yang sangat cocok untuk drama ini. Di sini ia berperan sebagai salah satu anggota kepolisian Tokyo, Yoshito Takuma, yang memiliki kemampuan khusus dalam mengungkapkan berbagai kasus misterius yang sebelumnya tak terpecahkan. Bahkan namanya pun di dalam kesatuannya dirahasiakan.

9. Trick

Trick, gambar movielosophy02.blogspot.com
Membahas drama Jepang bertemakan misteri, kurang afdol jika tidak memasukan film satu ini, Trick. Sejak diputar pertama kali pada tahun 2000 pada saluran TV Asahi, drama ini telah merebut hati banyak pecinta film drama, khusus nya berjenis misteri.

Hingga saat ini, drama ini telah dibuat sebanyak tiga season, dua episode spesial dan empat movie. Inti kisah, menceritakan Naoko Yamada (diperankan Yukie Nakama), ia datang ke Tokyo untuk menjadi seorang magician, mengikuti jejak ayahnya.

Walaupun memiliki wajah cantik dan bertalenta seperti ayahnya, ia kesulitan menemukan pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Akhirnya, ia dipertemukan dengan Jiro Ueda (diperankan Hiroshi Abe), seorang fisikawan yang tidak percaya terhadap hal yang berbau tidak logis, termasuk sulap.

Sang profesor berjanji akan memberikan imbalan uang, jika ada orang yang mampu membuatnya percaya akan sulap. Naoko seketika itu menerima tantang tersebut, lantaran terdesak urusan uang, namun siapa sangka awal pertemuan mereka menyeret pada berbagai kejadian misterius yang menarik untuk dipecahkan.

8. The After Dinner Mysteries

The After Dinner Mysteries, gambar nonstagicadessert.blogspot.co.id
Berdasarkan novel dengan judul yang sama karangan Tokuya Higashigawa, tak disangka drama Jepang satu ini terbilang sukses dalam menarik jutaan penonton saat diputar pertama kali pada 2011 silam.

Awal kisah, menceritakan Kageyama (diperankan Sho Sakurai), yang bekerja sebagai pelayan pada keluarga kaya raya, majikannya Reiko Hosho (diperankan Keiko Kitagawa). Walaupun kaya raya, profesi Reiko adalah seorang detektif dengan skill pas-pasan yang kurang ahli dalam satu hal, yakni insting seorang detektif dalam mendeteksi pelaku sebenarnya.

Namun, Kageyama yang memiliki kemampuan menghafal dan menganalisis hal-hal yang detail, saat Reiko curhat tentang perkerjaanya, kageyama langsung bisa menjawab siapa pelaku sebenarnya.

Karena itu, Kageyama suka mengejek insting Reiko yang kurang bisa mengendus pelaku sebenarnya. Malahan ia menyarankan Reiko untuk tidak usah menjadi seorang detektif. Walaupun gaya bicara kageyama terbilang blak-blakan, Reiko enggan memecat nya, terlebih ia bisa diandalkan untuk menutupi kekurangan analisis, saat Reiko bekerja.

7. Bloody Monday

Bloody Monday, gambar pinterest.com
Drama Jepang yang rilis melalui saluran TBS ini bisa membuat para penonton terkagum-kagum berkat akting Fujimaru Takagi yang berperan sebagai anak siswa SMA yang jago menghacker segala lapisan keamanan jaringan website.

Cerita bloody monday berdasarkan manga dengan judul yang sama karangan Ryo Ryumon’s. Mengisahkan tentang seorang siswa tingka atas yang berusaha untuk membersihkan nama baik ayahnya, karena kasus “bloody Monday” kode misteri yang diumumkan teroris.

Anak siswa SMA tersebut diperankan oleh Haruma Miura. Selain itu, Takeru Satoh (ex Kenshin Himura dan Bakuman) pun ikut bermain sebagai salah satu teman Fujimaru. Drama Jepang  keluaran 2008 ini banyak mendapatkan tanggapan positif, sehingga dibuat juga season keduanya pada tahun 2010.

6. Mr.Brain

Mr.Brain, gambar pinterest.com
Dibintangi oleh Takuya Kimura, drama Jepang satu ini sayang untuk dilewatkan. Mr. Brain merupakan drama jepang besutan TBS yang dirilis pada tahun 2009 dan mengangkat tema pembunuhan misteri bercampur komedi.

Episode awal, diawali dengan kecelakaan yang menimpa Ryusuku Tsukumo (diperankan Takuya Kimura), ia tertimpa rubuhan proyek, menyebabkan kondisi otaknya mengalami gangguan. Bukannya cedera, namun gangguan ini menyebabkan ia mengalami sedikit “kejeniusan”.

Untuk memenuhi rasa penasarannya, Ryu pun bersekolah di jurusan neurology, dan setelah ia lulus, ia masuk departemen khusus bagian reserse di kepolisian pusat. Dengan keahliannya dalam bidang Otak dan Psikologi, Ryu mampu memecahkan kasus kriminal dan skandal yang rumit dan unik.

5. Reverse

Reverse, gambar aiangroup.com
Reverse merupakan drama jepang berjenis misteri yang sedang diputar di saluran resmi TBS pada 14 april lalu. Cerita film drama ini berdasarkan novel dengan judul yang sama Reverse atau Ribasu (dalam bahasa Romanji) karangan Kanae Minato.

Awal kisah, menceritakan seorang lulusan universitas ternama bernama Kazuhisa Fukase yang merasa bosan dengan hidup yang ia jalani. Walaupun ia lulusan sarjana, kemampuan yang dapat dibanggakan dari dia yakni membuat kopi yang enak.

Saat ia membuat secangkir kopi, ia teringat pada teman karib satu kelasnya, Yoshiki Hirosawa, dimana temannya tersebut mendapat kecelakaan saat berseluncur semasa mereka bersekola dulu.

Secara kebetulan, Mihoko Ochi, teman sekelasnya datang ke kedai kopi miliknya, dan Kazuhisa yang lagi jomlo tertarik pada Miho. Singkat kata, mereka jalan sambil mengunjungi almameter mereka karena ada pelepasan profesor yang pensiun. Di sana, mereka bertemu Kosuke Asai, orang yang dulu bermain papan luncur bersama Yoshiki. Disanalah dimulai teka teki kematian Yoshiki terungkap.

Drama jepang ini diramaikan oleh beberapa aktor ternama seperti Tatsuya Fujiwara (Kazuhisa Fukase) yang sebelumnya terkenal saat memainkan Yagami pada movei death note. Lalu ada Erika Toda (Mihoko Ochi) yang dulu pernah main pada drama liar game dan Boss.

4. Liar Game

Liar game, gambar fun-otaku.blogspot.co.id
Liar game merupakan drama jepang misteri terbaik keluaran tahun 2007 yang cerita aslinya diadaptasi dari serial manga dengan judul yang sama. Drama ini dibintangi sejumlah aktor kawakan, seperti Erika Toda dan Shota Matsuda.

Cerita dimulai saat seorang mahasiswi bernama Nao Kanzaki (Erika Toda) secara tidak sengaja ikut terlibat game misterius bernama “Liar Game Tournament” lewat kartu pos yang ia terima. Dari surat tersebut, ia juga menerima sejumlah uang sebesar 100 juta yen atau 1 juta dollar sebagai hadiah utamanya.

Cara agar memenangkan hadiah utama tersebut, yakni setiap pemain harus mengalahkan setiap lawannya, bagaimanapun caranya, termasuk menipu/mengecoh agar ia menyerahkan uang 100 juta yen lawannya. Yang akhirnya, yang menang akan mendapatkan hadiah utama, dan yang kalah akan berhutang.

Drama jepang ini sangat menegangkan dan menghibut karena setiap episode memiliki stage yang memicu rasa penasaran berbeda. Saking populernya, dua tahun setelahnya, dibuat juga season keduanya pada 2009, dua buah movie dan di buat ulang oleh stasiun TV Korea, tvN pada tahun 2014.

3. Galileo

Galileo, gambar dramafever.com
Jika kita ingin mencari film dengan jalan cerita pembunuhan berselubung teka-teki, cobalah untuk menonton Galileo. Drama jepang keluaran tahun 2007 ini cukup unik, karena setiap adegan pembunuhan dapat dijelaskan secara ilmiah oleh seorang profesor Fisika.

Inti kisah, menceritakan Manabu Yukawa, seorang fisikawan dari Universitas Teito, yang selalu dipanggil “Galileo dari Jepang” oleh sebagian koleganya. Ia secara tak sengaja dihadapkan pada sederetan kasus pembunuhan misterius, setelah ia bertemu polisi reserse wanita bernama Kaoru Utsumi (diperankan Kou Shibasaki).

Berkat akting dari Masaharu Fukuyama, karakter Profeseo Yukawa terlihat nyata sebagai seorang ilmuan jenius fisika, dimana ia akan bersemangat jika ada sesuatu hal yang menarik perhatiannya, yang berhubungan dengan fenomena fisika.

Akting polisi wanitanya pun tak kalah menarik, ia selalu berusaha menarik perhatian Prof untuk membantu kepolisian. Drama Jepang ini tergolong banyak penggemarnya dan sukses dipasaran, sehingga dibuatlah Galileo season keduanya pada tahun 2013. Selain itu dibuat juga versi Movie –nya dengan judul Galileo Suspet X .

2. Crisis

Crisis, gambar akibanation.com
Drama Jepang berikut memiliki judul lengkap Crisis Koan Kido Sosatai Tokusohan atau kalau di translit menjadi Crisis: Publik Security Mobile Investigation Unit Special Team. Dari judul nya saja, dapat diprediksi film ini mengangkat tema dunia kepolisian, khusus nya satuan khusus nya, detekif.

Film ini mengisahkan Akira Inami (diperankan Shun Oguri) yang merupakan mantan SDF (dari militer), di nonaktifkan dari kesatuannya karena misi tertentu, kemudian setelah dibuang, ia bergabung dengan satuan khusus kepolisian.

Bersama rekan satu timnya, Sabura Tamaru (diperankan Hidetoshi Nishijima), mereka berdua diminta menyelidiki berbagai kasus yang melibatkan pekerjaan kotor dari dalam tubuh pemerintahan sendiri.

1. Bitter Blood

Bitter Blood, gambar kat.cm.com
Drama jepang bernuansa misteri detektif terakhir versi yuukeren ditempati oleh Bitter Blood, drama yang disiarkan Fuji TV pada 15 April 2014 lalu. Ceritanya sendiri bersumber dari novel dengan judul yang sama karangan Shusuke Shizuku yang terbit tujuh tahun sebelumnya.

Inti kisah, menceritakan Natsuki Sahara (diperankan Takeru Satoh, ex Kenshin Himura) sebagai detektif pemula. Ia ditugaskan di kepolisian Ginza, dan dipasangkan dengan ayahnya sendiri Akimura Shimao (diperankan Atsuro Watabe). Natsuki sangat tidak menyukai ayahnya, karena ayahnya meninggalkan ibunya saat Natsuki berumur 13 tahun.

Saat berumur 13 tahun itulah, Natsuki hanya diasauh oleh kakeknya, sementara ibu dan ayahnya hidup secara terpisah. Sifat ayahnya yang sedikit nyentrik dan senang bermain wanita, membuat Natsuki muak terhadap ayahnya. Akankah tim detektif anak-ayahnya ini lancar dalam menangani kasus demi kasus!!!

Demikian kesepuluh drama Jepang bernuansa misteri-detektif yang sayang untuk dilewatkan, semoga informasi kali ini menjadi acuan dalam mencari hiburan yang berkualitas di hari weekend.

Referensi:
https://en.wikipedia.org/
http://asianwiki.com/
http://www.jdorama.com/

No comments