Hot Info

10 Film Perang Modern Terbaik Sampai Saat Ini


Munculnya perang pada permulaan abad k-19 atau dikenal juga dengan perang dunia ke-1 (PD I), lalu disusul dengan PD II, menandakan dimulainya era perang modern. Fakta sejarah ini dimanfaatkan oleh sejumlah house production film selulruh dunia, termasuk Box Office untuk mendulang dollar dari aspek perjalanan sejarah manusia memilukan ini.

Tak dipungkiri, jenis film ini banyak penggemarnya di seluruh dunia, bukan karena ingin melihat sisi “kejam perang -nya”, namun lebih pada jalan cerita yang disuguhkan, rasa penasaran tentang akan sejarah, penampakan peralatan perang jaman dulu (tank, kapal selam, pesawat terbang), dan suara tembakan, bom hingga visual efek yang disajikan film tersebut.

Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas beberapa film perang modern terbaik hingga saat ini versi Yuukeren

10. Lone Survivor

Lone Survivor, gambar shaanig.com
Film perang modern berbalut drama ini dibintangi oleh Mark Wahlberg dan disutradarai Peter Berg. Cerita aslinya berdasarkan kisah nyata tentara Amerika Serikat yang dibuat buku berjudul “Lone Survivor” karya Marcus Luttrell dan Patrick Robinson.

Inti kisah menceritakan Marcus Luttrell (Mark Wahlberg), ia adalah tentara Navy Seal, bersama timnya berangkat menyelesaikan misi untuk menangkap atau membunuh pemimpin Taliban terkenal Ahmad Shah.

Tim berangkat dari pangkalan udara Bagram ke sebuah desa yang terindikasi sebagai tempat persembunyian Ahmad Shah. Mereka sudah berada di posisi siap tembak, namun karena gangguan komunikasi, perintah menembak pun tak kunjung diberikan, sehingga keberadaan tim ini diketahui, dan dibantai oleh pihak Taliban, menyisakan Marcus seorang diri yang bersembunyi di dalam desa tersebut.

9. Fury

Fury, gambar mbird.com
Film perang keluaran tahun 2014 ini berlatarkan perang dunia ke II, dimana tentara Jerman kala itu telah terjepit oleh serangan Sekutu. Disutradarai oleh David Ayer dan dibintangi aktor papan atas sekelas Bradd Pitt, menjadikan film perang modern ini sayang untuk dilewatkan.

Inti kisah, menceritakan tentara garis depan sekutu yang sedang menyisir sisa-sisa kekuatan Nazi pada suatu kota, tak disangka, saat akan pulang ke basecamp, terdapat sejumlah satu kompi (200 orang Nazi) yang sedang melintasi kota tersebut. Namun, berbekal tank yang rusak dan 20-an orang prajurit loyal, Don Wardaddy Collier (Bradd Pitt), menahan serangan dari tentara Nazi yang sedang melintas tersebut.

8. Bitva za Sevastopol

Bitva za Sevastopol, gambar moviebreak.de
Film besutan 20th Century Fox ini sejatinya kisah nyata seorang tentara wanita, yang berprofesi sebagai penembak jitu, Red Army dari Rusia saat melawan invasi Nazi. Film disutradarai oleh Serhiy Mokrytski dan dibintangi oleh sejumlah aktor dari Rusia dan Inggris.

Kisah bermula saat Eleanor Roosevelt dari Inggris (diperankan Joan Blackham) mengenang kembali saat ia mengunjungi temannya Lyudmila Pavilchenko (diperankan Yulia Pereslid) di Rusia semasa perang dunia II pada 1942.

Saat itu Rusia tengah dinvasi oleh Nazi, dan tak disangka, Lyudmila bergabung dengan tentara Rusia (Red Army) setelah ia lulus dari pelatihan. Karena Luydmila ahli dalam menembak, maka ia ditempatkan sebagai penembak jitu, dan benar saja ia mampu membunuh 300an tentara Jerman saat “Battle of Odessa”, dimana ia mempertahankan kota Sevastopol.

7. Downfall

Downfall, gamabr screenrant.com
Downfall merupaka salah satu film perang modern yang mengambil setting hari-hari terakhir Adolf Hilter, diktator Jerman. Film ini disutradarai oleh Oliver Hirschbiegel dan dibintangi oleh Bruno Ganz (sebagai Hitler), Alexandra Maria Lara (sebagai Traud Junge), Corina Harfouch, Ulrich Matthes, Juliane Kohler (sebagai Eva Braun).

Film ini terbilang sukses, karena mampu menampilkan sisi lain dari kepribadian Hitler yang selalu dianggap misterius. Inti kisah, saat mendekati bulan April tahun 1945, Jerman telah berada diambang kehancuran. Dimana, Jerman telah dikepung disisi timur dan selatan oleh Soviet dan disisi barat dan utara oleh sekutu.

Namun, arogansi Hitler tetap tinggi dan seakan tidak mau menerima fakta kekalahan yang sedang dihadapinya, ia malahan menyuruh para Reich (para petinggi Nazi) untuk berjuang hingga darah penghabisan, alih-alih mengangkat bendera putih.

6. The Thin Red Line

The Thin Red Line, gambar rhystranter.wordpress.com
Perang duna ke II memang banyak menginsipirasi film perang modern, termasuk film satu ini, The thin red line. Film berjenis semi-fiksi yang berasal dari cerita novel karangan James Jones ini layak untuk ditonton, karena salah satu film bertabur bintang, diantaranya John Travolta, George Clooney, Sean Penn, John Cusack, Jim Caviezel, Nick Nolte dan masih banyak lagi.

Cerita bermula, saat prajurit muda (Jim Caviezel) Amerika Serikat dari satuan khusus ditemukan terpenjara di dalam kapal laut yang sedang berlayar di lautan pasifik. Ia sengaja dipaksa dibawa oleh Sersan Pertama (Sean Pean) sebagai balan bantuan untuk mempertahankan pulau Guadalcanal di selatan Pasfik dari serbuan tentara Jepang. 

5. Platoon

Platoon, gambar schmoesknow.com
Platoon mengambil setting saat terjadi perang Vietnam, dimana fakta –nya Amerika merugi besar dalam perang tersebut. Film yang rilis tahun 1986 ini, disutradarai oleh Oliver Stone dan dibintangi oleh Tom Berenger, Wilem Dafoe, Charlie Sheen dan Forest Whitaker.

Cerita dimulai saat tentara yang baru bertugas, Chris Taylor (Charlie Sheen) di sebuah wilayah pedalaman Vietnam. Di sana ia bergabung dengan unit infantri dan memulai pengalamannya dalam tugas perang di hutan. Lalu, ketika ia mendapat pengalaman pahit menjadi seorang tentara di hutan, ia juga menyaksikan sahabatnya ditembak atas pembunuhan ilegal, saat itu juga ia beraksi untuk melawan ketidakadilan tersebut.

4. Letters From Iwo Jima

Letters From Iwo Jima, gambar youtube.com
Film perang modern satu ini diambil berdasarkan pengalaman tentara Jepang dipenghujung perang dunia ke II, tepatnya peperangan di daerah Iwo Jima. Dengan kata lain, Letter from iwo jima merupakan film perang dengan perspektif (sudut pandang) dari Jepang (walaupun diproduksi oleh Warner Bross dan DreamWorks Paramount).

Sejatinya, film ini kelanjutan dari film berjudul: Flag of Our Fathers yang sama sama menceritakan perebutan pulau strategis (Iwo Jima) yang letak di tenggara kepulauan Jepang, namun dengan perspektif dari tentara Amerika Serikat.

Beberapa aktor utama film ini diantaranya Ken Watanabe (pernah main di Batman Begins), Kazunari Ninomiya (pemeran utama Gantz live action). Film ini juga sutradarai dan diproduseri langsung oleh Clint Eastwood serta dibantu oleh Steven Spielberg, yang menjadikannya layak untuk ditonton.

Dikisahkan, Jendral Tadamichi Kuribayashi (diperankan Ken Watanabe) dititahkan untuk memimpin sejumlah pasukan Jepang untuk mempertahankan pulau Iwo Jima, jika ingin meneruskan invasi ke arah timur dan selatan, karena pulau ini sangat strategis. Singkat kata, Tadamichi menggunakan siasat, mengali lubang yang saling terkoneksi untuk menghalau gempuran tentara Amerika yang jumlah banyak dibandingkan tentara Jepang.

3. Black Hawk Down

Black Hawk Down, gambar youtube.com
Film perang modern selanjutnya ada Black Hawk Down, yang di rilis pada 2001 silam. Film yang disutradarai Ridley Scott (ex Gladiator dan Kingdom of Heaven) ini layak untuk jadi bahan tontonan di akhir pekan, apalagi beberapa aktor seperti Orlando Bloom, Josh Hartnett dan Tom Hardy ikut andil dalam film ini.

Film perang ini mengisahkan tentang kota Mogadishu di Somalia yang hancur akibat peperangan antar suku. Hampir 100 US Army Rangers, diperintahkan oleh Kapten Mike Steele, untuk menangkap dua pemimpin pemberontak atas permintaan pemerintah Somalia. Hal ini menyebabkan baku tembak besar dan berlarut-larut antara Angkatan Darat Ranges, US Pasukan Khusus, dan ratusan orang pemberontak  bersenjata Somalia.

2. Pearl Harbour

Pearl Harbour, gambar wired.com
Bersettingkan kisah nyata tentang penyerangan pangkalan angkatan laut Amerika di kepulauan Hawaii, Pearl Harbour, film perang berbalut drama ini sangat sayang untuk dilewatkan. Apalagi pemeran utamanya dibintangi oleh Ben Affleck.

Sudut pandang cerita berasal dari seorang calon prajurit yang mendaftar di kesatuan AL AS. Prajurit itu bernama Rafe McCawley (diperankan Ben Affleck). Dengan sedikit keberuntungan,  Rafe berhasil lolos kesehatan berkat bantuan suster cantik, bernama Kate Beckinsale (diperankan Evelyn Johnson).

Singkat cerita, mereka berdua menjalin asmara dan akan menikah sepulang Rafe menunaikan tugasnya di Eropa sebagai pasukan sekutu yang membantu Inggris melawan Jerman. Naas, pesawat yang dikemudikan Rafe tertembak, dan isu Rafe tewas didengar juga oleh Kate.

Untuk menghibur kesedihan Kate, teman dekat Rafe yakni Danny menghiburnya, dan terjalinlah kisah asmara antara mereka berdua dan mereka pun menikah. Saat bersamaan, Rafe yang diduga tewas, ternyata selamat dan pulang kampung untuk menemui pujaan hatinya.

Saat Rave tiba di Hawaii, Kate tengah mengandung anak Danny, disanalah terjadi perkelahian antara Rave dan Danny, dan keesokan harinya, secara tiba-tiba kampung halaman mereka, Pearl Harbour diserang oleh Jepang.

1. Saving Private Ryan

Saving Private Ryan, gambar openculture.com
Film perang modern terakhir list 4muda yakni Saving Privat Ryan. Film perang besutan DreamWorks dan Paramount Pictures ini disutradarai dan diproduseri langsung oleh Steven Spielberg. Selain itu, film ini juga dibintangi aktor papan atas seperti Tom Hanks dan Matt Damon, menjadikan film perang modern yang layak untuk ditonton.

Mengambil latar perang dunia ke II, dimana saat itu wilayah Normandia sedang diperebutkan. Film ini mengisahkan petualangan Kapten John H Miller (Tom Hanks) bersama beberapa anggota untuk menyelamatkan Perwira AS bernama James Francis Ryan (Matt Damon) yang diduga masih selamat saat terjadi invasi Nazi di Normandia.

Penyelamatan ini langsung dibawah perintah Departemen pertahanan AS, karena untuk meringankan kesedihan ibu Ryan yang telah ditinggal mati oleh tiga anak sebelumnya (saudara Ryan yang gugur saat pertempuran lainnya).

Selain dibawa ke dalam suasana perang dunia ke II, kita pun disentuh dengan berbagai adegan drama dan heroik pada setiap adegannya. Film perang ini tergolong sukses, buktinya Saving private ryan masuk 11 nominasi piala Oscar, dimana Steven Spielberg memenangkan sebagai sutradara terbaik saat itu. Juga, dari sisi finansial, dengan budget 70 juta dollar, film ini meraup keuntungan hampir tujuh kali lipatnya.

Demikian kesepuluh film perang modern terbaik saat ini, semoga informasi kali ini dapat jadi acuan untuk memperoleh bahan film berkualitas di hari weekend.

Referensi:
https://id.wikipedia.org/
http://www.telegraph.co.uk/
http://screenrant.com/

No comments