Hot Info

10 Film Petualangan Terlaris Adaptasi Dari Novel Legendaris


Kemajuan teknologi saat ini memungkinkan house production membuat film yang tadinya mustahil diwujudkan, misalnya film petualangan bergenre fantasi, sci-fiction. Berkat ditemukannya teknologi CGI (Cinematographic Intelligent), maka semustahil apapun adegannya, bisa di tampilkan.

Rata-rata film petualangan bersettingkan dunia imajinasi, yang tidak ada di dunia nyata. Biasanya settingdunia di dalam film tersebut berasal dari ciptaan seorang pengarang novel fantasi atau fiksi ilmiah, yang telah dulu dikenal oleh para penikmat buku.

Berkat di buat versi film-nya juga, kadangkala novel yang tadinya kurang dikenal oleh khalayak ramai, jadi terkenal dan membuat nama pengarangya melambung. Pada kesempatan kali ini, Yuukeren akan mengulas 10 film petualangan terkenal yang ternyata kisahnya diadaptasi dari kisah sebuah buku novel legendaris. Keep read!!! 

 

1. Lotr Trilogy (2001, 2002, 2003)

Sebagian besar orang hampir setuju jika The Lord of the Rings masuk jajaran film petualangan fantasi paling laris yang pernah dibuat, berjumlah tiga seri dan disutradarai oleh Peter Jackson. Film ini berdasarkan novel terkenal karangan JRR Tolkien.

Judul filmnya sendiri, yakni The Fellowship of the Rings, The Two Towers, dan The Return of the Kings. Ketiganya dibuat dan didistribusikan oleh house production, New Line Cinema dengan bantuan Wings Nut Film. Film ini termasuk salah satu film ambisius dan proyek besar, menghabiskan anggaran sebesar 280-300 juta dollar serta delapan tahun persiapan sampai difilmkan pertama kali pada 2001 silam. 

2. Harry Potter Series (2001-2011)

Siapa yang tak kenal tokoh berkacamata dengan logat Inggris British yang kental. Yup, Harry Potter series merupakan salah satu film petualangan fantasi terlaris berikutnya, dengan jumlah 8 seri. Berbeda dengan LOTR, di setiap serinya film Harrry Potter disutradarai oleh orang yang berbeda-beda. Namun, semua film Harry bersumber dari novel terkenal karangan JK Rowling.

Film pertama diputar pada tahun 2001 dan seri terakhir pada 2011, dengan biaya keseluruhan mencapai 1,2 miliar dollar. Semua seri di buat dan didistribusikan oleh Warner Bros Picture. Aktor sentral pada filmini yakni: Daniel Radclife (Harry Potter), Rupert Grint dan Emma Watson.

3. Game Of Throne (GOT) (2011-2018)

Film yang akan memasuki babak pamangkus nya ini telah melegakan dahaga para pecinta film petualang fantasi di seluruh dunia. Namun sayangnya, film ini hanya dapat disaksikan lewat internet (HBO Chanel), karena tidak di tayangkan di bioskop, alias berjenis serial drama.

Terbit perdana pada april 2011 silam, diprediksi akan selesai pada tahun 2018 di season ke-8. Kisah film ini diadaptasi dari novel fantasi populer karangan George R.R Martin, yang berjudul A song of Ice and Fire.

4. Alice in Wonderland (2010, 2016)

Dibintangi oleh aktor papan atas semacam Johnny Depp, film petualangan keluaran walt disney tahun 2010 ini dijamin seru untuk di tonton. Apalagi ceritanya pun imajinatif dan cocok untuk semua kalangan. Saking larisnya, keuntungan film ini (2010) menembus angka 1 miliar dollar.

Cerita nya sangat imajinatf  namun logis inilah yang membuat film ini banyak di tonton. Kita harus berterimakasih kepada empunya alice, yakni Lewis Carrol. Ia adalah seorang novelis dari Inggris yang banyak memberikan pengaruh kepada para penulis fantasi lainnya, semisal C.S Lewis dan JK Rowling.

5. The Chronicles of Narnia Series (2005, 2008, 2010)

Film ini merupakan salah satu film petualangan fantasi besutan Walt Disney Pictures, yang diadaptasi dari novel The Lion, the witch and the wardrobe, karangan C.S.Lewis. Novelnya sendiri sejaman dengan The Hobbit karangan JRR Tolkien.

Kisah utama film, seputar kerajaan tersembunyi yang hanya dapat dimasuki oleh anak-anak terpilih, mereka berempat dapat memasuki dunia dimana terdapat dua raja yang sedang bersengketa, yakni penyihir (the white witch) dan raja Hutan (Arslan).

6. The Hobbit Series (2012, 2013, 2014)

Satu lagi film petualangan yang diadaptasi dari novel karangan Tolkien, The Hobbit, telah mengingatkan kembali masa-masa jaya nya film LOTR. Walaupun tidak semengagumkan pendahulunya, film ini telah menghasilkan keuntungan yang hampir sama (sekitar 3 miliar dollar) dengan LOTR.

Sejatinya kisah the hobbit terjadi sebelum cerita LOTR dimulai, yakni menceritakan tentang penemuan cincin sakti sauron oleh Bilbo (Martin Freeman) tanpa sengaja di dalam gua.  Beberapa aktor papan atas, seperti Ian Mckellen, dan Orlando Bloom masih bermain di film ini.

7. The Hunger Game Series (2012, 2013, 2014, 2015)

Kemampuan keluar dari sesulit apapun, mystery dan futuristic, mungkin tiga hal ini yang membuat The Hunger Game laris manis dipasaran. Lihat saja, pada seri pertamanya saja dengan budget yang minim sekitar 78 juta dollar, bisa menghasilkan hampir 700 juta dollar. Wuihh.

Film petualangan bergenre sci-fi ini diadaptasi dari novel terkenal karangan Suzanne Collins, dan disutradarai oleh Gary Ross. Berkat film ini juga, beberapa aktor yang tadinya kurang dikenal melambung namanya, seperti Jennifer Lawrence. Yang menarik dari film ini, alur cerita yang sulit ditebak dan futuristik.

8. Jurasic Park (2015)

Pertama kali rilis pada 1993, Jurasic Park merupakan film petualangan fiksi-ilmiah yang masih digemari, karena ceritanya yang cukup menarik. Ternyata film ini berasal dari karangan Michael Crichton, sebuah novel dengan nama yang sama, dan populer pada tahun 90an. 

Cerita utama, menceritakan adanya sebuah taman misterius yang terletak di pulau fiksi, di tengah-tengah samudra pasifik, dekat pesisir negara kosta rika. Pulau ini dimiliki oleh seorang milyuner, dan menjadi tempat atraksi kebun binatang termahal dengan dinosaurus sebagai atraksi utamanya.

9. Journey to the center of the earth (2008)

Berikutnya mungkin film favorite kita semua, Journey to the center of the earthmerupakan film petualangan fantasi, sci-fi tergokil yang penulis tahu,  bayangkan saja di dalam perut bumi kita masih ada kehidupan dari sisa-sisa binatang era jusic. Hmmm..
Ternyata ide pembuatan film ini berasal dari seorang novelis prancis, Jules Verne, yang tiada lain penulis yang banyak mengilhami banyak ilmuan terkenal dunia, berkat tulisannya dari novel: from the earth to the moon.

Film ini di bintangi oleh Branden Fraser (sebagai Prof. Trevor), Josh Hutcherson dan Anita Briem. Mereka bertiga tejebak di dalam gua saat berteduh dari badai yang melongsorkan dinding gua.  Dari sinilah dimulai petualangan mereka di dalam perut bumi paling dalam, yang ternyata ada kehidupan di sana.

10. Fantastic Beast and Where to Find Them (2016)

Film yang rilis november tahun lalu ini telah menghilangkan rasa dahaga para pecinta film petualangan fantasi di dunia, khususnya penggemar film Harry Potter, karena film ini diadaptasi dari pengarang yang sama, yakni J.K. Rowling.

Khusus untuk film ini, JK Rowling turut banyak andil, mulai sebagai sutradara, dan penulis naskah skenario. Untuk cerita film nya sendiri, mengambil dunia sebelum Harry Potter lahir. Konon, buku sihir yang menjadi penyebab permasalahan di masa depan Harry poter berada, diceritakan asal usulnya di sini.

Film petualangan-fantasi ini terbilang sukses, dengan budget pembuatan film sebesar 180 juta dollar, keuntungan kotor di hari pertamanya saja mencapai 812 juta dollar. Aktor utama film ini yakni Eddie Redmayne (sebagai newt Scamander), yang dulu pernah bermain sebagai Stephen Hawking pada film The Theory of Everything.

Demikian kesepuluh film petualangan terlaris yang diadaptasi dari novel terkenal, semoga informasi kali ini menambah wawasan kita semua.

Referensi :
https://en.wikipedia.org
https://www.goodreads.com/shelf/show/books-made-into-movies
http://www.ranker.com/crowdranked-list/the-best-movies-based-on-books

No comments