Hot Info

11 Situs Indonesia yang Terbukti Membayar Mahal Penulis Artikel

Kamu mau punya penghasilan dari internet?, Jika ia coba deh ikuti tips saya ini.

Untuk menghasilkan uang dari internet salah satu caranya adalah menjadi penulis lepas/penulis online (freelance writer/content writer).

Situs Indonesia yang Terbukti Membayar Mahal Penulis Artikel

Perlu kamu ketahui saya adalah seorang penulis lepas yang sering mendapatkan komisi berupa uang berkat tulisan saya diterbitkan oleh sebuah media.

Nah Jika kamu tertarik untuk menjadi penulis lepas dan mendapatkan penghasilan tambahan seperti apa yang telah saya lakukan, coba kirimkan hasil tulisanmu ke situs yang saya rekomendasikan berikut ini.

Karena dari pengalaman saya, situs Indonesia ini memang terbukti membayar mahal hasil tulisan dari penulis lepas.

Inilah daftarnya :

1. Idntimes.com
Website ini sangat cocok bagi kamu pemula yang ingin terjun dan belajar menjadi penulis lepas.

Kenapa saya bilang begitu, karena di situs ini apabila hasil tulisanmu kurang baik maka dari pihak idntimes masih mau menyempatkan diri untuk membantu mengeditkan artikel buatanmu agar 100% siap diterbitkan.

Untuk memulai menulis artikel di Idntimes langkah pertamanya adalah kamu harus mendaftarkan diri terlebih dahulu sebagai penulis di sini.

Setelah terdaftar cobalah tulis artikel berkualitas yang baik dan benar, supaya tulisanmu cepat diterbitkan oleh pihak Idntimes.

Lalu seberapa banyak bayaran yang akan diperoleh jika artikelmu diterbitkan di Idntimes?.

Jadi di Idntimes sistem upah bagi penulis lepas itu seperti ini :

Setiap artikel yang kamu tulis berhasil diterbitkan oleh idntimes maka kamu akan mendapatkan 100 poin.

Lalu jika artikelmu itu misalnya mendapatkan 100 viewer/pembaca  maka kamu akan mendapatkan 1 poin lagi dan itu akan terus bertambah jika artikelmu semakin banyak dibaca.

Nah disaat poin yang kamu kumpulkan sudah mencapai angka 2500 poin, maka itu bisa dicairkan ke dalam bentuk uang. Perlu diperhatikan di situs Idntimes 2500 poin itu sama dengan Rp 250.000,-.

Caranya adalah melalui proses redeem poin, yaitu pihak idntimes akan mengirim kamu uang sesuai poin yang dicairkan lewat rekening bank.

Namun sayangnya, pihak Idntimes hanya melayani pencairan poin melalui bank BCA, jadi jika kamu tidak memiliki akses ke rekening BCA maka kamu tidak akan pernah bisa mencairkan poinmu yang kamu miliki. (Ralat: Mulai saat ini di situs Idntimes, penulis lepas bisa mencairkan poin melalui berbagai rekening bank)

2. Babe.news
Situs selanjutnya adalah Babe.news, disini setiap satu artikel buatanmu akan dihargai sebesar Rp 10.000,- sampai Rp 100.000,-.

Kenapa setiap artikel memiliki harga yang berbeda beda.?

Jadi pihak Babe membedakan setiap artikel itu menjadi 5 golongan dan seperti inilah cara Babe dalam memberi harga setiap artikel dari kontributornya :

Setelah artikel diterbitkan maka dilihat dari jumblah viewernya dalam kurun waktu 7 hari semenjak diterbitkan.

Jika dalam waktu itu artikel tersebut mendapatkan 100-500 viewer maka akan dihargai Rp 10.000,- dan itu termaksuk golongan 1.

Lalu jika mendapatkan 501-5.000 viewer maka dihargai Rp 20.000,-.

Kemudian di golongan 3 yang biasa di bayar Rp 30.000,- jika artikelnya mampu menarik 5.001-10.000 viewer.

Selanjutnya di golongan ke-4 akan dibayar Rp 50.000,- dengan 10.001-50.000 viewer dan yang terakhir ke-5 dengan jumblah viewer harus lebih dari 50.001 kali akan diupahi dengan uang Rp 100.000,-.

Lalu bagaimana cara menjadi kontributor penulis di Babe.news?.

Tentunya kamu harus mendaftarkan diri terlebih dahulu sebagai penulis di halaman ini.

Sesudah terdaftar coba buatlah artikel yang baik dan berkualitas.

Kemudian seperti apa sih contoh artikel yang baik dan berkualitas serta disukai dan akan diterbitkan oleh pihak Babe?.

Dari pengalaman saya nulis di Babe, mereka itu suka artikel yang orisinil alias bukan hasil menjiplak, informasinya lengkap, harus informatif dan pastinya tidak melanggar kebijakan dari situs Babe.news.

Apabila kamu belum tau kebijakan-kebijakan di Babe bisa dibaca disini.





3. Brilio.net
Salah satu portal hiburan paling banyak dikunjungi di indonesia ini juga menbayar mahal bagi para creator artikel yang tulisannyanya berhasil di terbitkan di situs Brilio, satu artikel yang terbit akan dibayar Rp 200.000,-.

Bagaimana tertaik menulis di Brillio.net?, jika iya silahkan menuju halaman Brilio.net Creators.

4. Jalantikus.com
website yang terkenal membahas tentang seluk beluk di dunia teknologi ini memang termahsyur membayar para kontributornya.

Apabila kamu menulis artikel dan tulisanmu itu diterbitkan di Jalantikus maka kamu akan mendapatkan upah Rp 50.000,- per artikelnya.

Jika kamu tertarik untuk menjadi penulis lepas di situs jalan tikus silahkan terlebih dahulu mendaftar disini dan berikut ini tutorial cara mendaftar dan menulis artikel di Jalantikus.com.

5. Seword.com
Di situs bertema tentang politik ini artikel kamu akan dibayar 3 Rupiah setiap 1 buah viewer, sebagai contoh, jika artikelmu dilihat 100.000 kali maka kamu akan mendapatkan Rp 300.000,-.

Nah untuk menjadi penulis di situs Seword.com pertama kamu harus mengirimkan hasil tulisan asli karyamu yang belum pernah diterbitkan di situs manapun termasuk blog pribadi ke redaksi Seword melalui e-mail menuju alamat redaksi@seword.com atau sewordcom@gmail.com.

Setelah direview kurang lebih 1x24 jam kemungkinan kamu akan diterima menjadi kontributor penulis ataupun ditolak.

Saran saya tulislah artikel bertema politik yang pro terhadap pemerintahan era sekarang, maka peluangmu untuk diterima semakin besar.

6. Nulis.co.id
Para kreator artikel di nulis.co.id, akan mendapatkan Rp 15.000,- setiap artikelnya dan jumlah tersebut akan selalu bertambah karena setiap artikel yang di publish akan dipasangi ads/iklan.

Nah jika artikel beriklan itu banyak yang melihat ataupun mengklik bagian iklannya maka kamu akan mendapatkan tambahan upah.

Lalu disaat pundi-pundi rupiah yang terkumpul sudah Rp 250.000,- maka bisa di cairkan melalui Bank.

Untuk menjadi penulis artikel sukses di Nulis.co.id pastikan bahwa setiap artikel buatanmu itu sesuai dengan kebijakan yang mereka tetapkan dalam membuat artikel berkualitas agar artikelmu selalu diterbitkan pihak Nulis.co.id.

7. Vebma.com
Pasti di situs ini setiap artikel dihargai sebesar Rp 10.000,-, namun jumlah itu bisa terus bertambah dengan sistem pembayaran CPM (Cost Per Mille).

Jadi jika artikelmu mendapatkan 1.000 views maka kamu akan mendapatkan bonus sebesar Rp 1.200,00.

Semisal kamu berhasil mendatangkan 100.000 views pada artikelmu maka maka kamu akan mendapatkan bonus Rp 120.000,00 (100.000/1.000 x 1.200 + 120.000). Apa kamu tertarik?.

Jika tertarik silahkan daftarkan diri kamu terlebih dahulu disini kemudian ikuti panduan menulis di vebma.com, setelah itu terbitkan sebuah artikel  dan kamu akan mendapatkan banyak uang.

8. Basabasi.co
Berbeda dari sebelumnya disitus ini hanya tulisan berupa cerpen, puisi, esai, resensi dan artikel ringan yang mereka prioritaskan untuk diterbitkan.

Lalu seberapa besar upah menulis di Basabasi.co?.

Disitus ini mereka membayar penulis sesuai jenis artikelnya, kurang lebih seperti berikut,  jika artikel yang kamu kirimkan berbentuk Cerpen maka akan dibayar Rp 300.000,-, puisi Rp 250.000,-, esai Rp 300.000,-, rehal buku (resensi) Rp 200.000,- dan hibernasi (artikel ringan) Rp 100.000,-.

Untuk kamu yang ingin tulisannya diterbitkan dan mendapatkan bayaran dari situs Basabasi.co silahkan kirimkan hasil karyamu ke email gerobaknaskah@basabasi.co.

Perlu diperhatikan berikut ini kriteria yang diajukan pihak Basabasi.co dalam menyeleksi tulisan yang akan diterbitkan.

9. Mojok.co
Di situs ini upah bagi kontributor penulis tidak disebutkan secara gamblang berapa jumlahnya, akan tetapi dari pengalaman saya, setiap artikel yang diterbitkan di Mojok.co bisa dihargai dari Rp10.000,- sampai Rp150.000,-.

Bagi kamu yang ingin tulisannya diterbitkan di website Mojok.co silahkan kirimkan tulisanmu ke email redaksi@mojok.co dan tunggu sekitar seminggu sampai pihak mojok.co memutuskan, tulisanmu layak diterbitkan atau tidak.

Inilah sedikit bocoran cara menjadi kontributor dan persyaratannya serta langkah-langkah mengirimkan artikel ke situs Mojok.co.

10. Beautynesia.id
Seandainya kamu suka menulis artikel tentang kecantikan, saran saya coba sesekali kamu kirimkan tulisanmu ke situs Beautynesia.id.

Karena perlu kamu ketahui di situs ini, kamu bisa mendapatkan Rp 20.000,- setiap kali tulisanmu berhasil diterbitkan.

Maka dari itu segeralah daftar dan kirimkan artikelmu ke Beautynesia.id.

11. Uc News
Dengan menulis di Uc News selain tulisanmu banyak yang baca kamu juga berkesempatan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Akan tetapi perlu diperhataikan, menulis di Uc News pendapatan atau upah yang akan kamu peroleh tidak bisa di pastikan berapa jumlahnya.

Karena di Uc News mereka tidak membayar penulis dari setiap artikel yang diterbitkan, tapi dari monetasi iklan, yaitu kamu meminta izin pihak Uc News untuk menampilkan iklan mereka disetiap artikelmu yang terbit. Nah dari iklan tersebutlah mereka akan membayarmu.

Tidak semudah yang dibayangkan memang, tapi ada yang perlu kamu ketahui, dari kabar teman-teman saya yang menulis di Uc News mereka berhasil mendapatkan puluhan sampai ratusan ribu bahkan ada yang jutaan setiap bulannya.

Apa kamu tertarik menulis di platform Uc News?.
 
Jika iya silahkan daftar disini dan selamat mencoba.


Itulah ke-11 situs Indonesia yang terbukti membayar mahal penulis artikel. Tapi perlu diperhatikan informasi diatas bisa sewaktu-waktu berubah akibat pihak yang bersangkutan menganti kebijakan lamanya.

Maka dari itu saya akan berusaha untuk selalu memperbarui artikel ini.

*Artikel ini telah diperbarui pada 10 Februari 2018*




No comments